Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 25

Thread: kuku jari dan kulit di bawahnya

  1. #1
    pelanggan setia Bi4rain's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Neverland
    Posts
    2,534

    kuku jari dan kulit di bawahnya

    belakangan memotong kuku jadi saat yang ga nyaman buat gw.

    ada jaringan kulit di bawah kuku yang masih 'hidup' en menyatu dengan kuku, sehingga bikin gw merasa ga nyaman. kulit bawah kuku ini sakit kalo kesentuh atau dicoba untuk dipisahkan dari kuku, jadi klo gunting kuku gw ga bisa gunting tuh kuku sampe habis, tapi harus nyisain sedikit kuku agar jaringan kulit di bawahnya tidak terpotong. Hanya terjadi di jempol kanan en telunjuk kiri saja.

    kuku gw kecil2, dan seiring umur gw perhatikan sih mulai bertambah panjang bagian pink-nya. tapi selama pertumbuhan itu kuku2 gw masih bisa dipotong sampe abis batasnya. aneh banget sih.
    gw ga sadar sampe sekitar 2-3 minggu ini. gimana ya cara ngatasinnya?
    A kid at heart

  2. #2
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    15,212
    Belom pernah nemu kasus kayak begini, maap belom bisa bantu
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  3. #3
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    bikin percobaan2 aja, misalnya dibalut untuk beberapa lama, mungkin suatu saat bisa terjadi pemisahan yg baik.
    atau sering2 dikasi alkohol, mungkin jaringan hidup itu bisa mengering dan mati.

    atau kalo brani coba dikasi collomac atau obat anti kutil lainnya, obat ini isinya acid yg gunanya untuk mematikan kulit dan mengelupas.

    kalo disentuh sakit, mungkin ada tanda2 infeksi, coba diolesin obat anti bakteri seperti garamicin atau fucidin.

  4. #4
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    Haduh Bi , sorry ga bisa komen.

    Soalnya saya ga pernah gunting kuku.

    Kebiasaan gigitin kuku di tangan
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  5. #5
    pelanggan setia bradon heat's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    ~Yooniverse~ xD
    Posts
    5,057
    bisa di poto ???
    pernah coba manjangin kuku gak ???
    ampe itu jaringan kedorong keluar ,...

    pengalaman sih , ada warna + darah di tengah kuku ,
    di diemin *walau perih+sakit* akhirnya kedorong ampe bersih lagi ...
    BEYOND GENIUS !!!!!!!!


  6. #6
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    coba difoto disni, bi....
    kalo cuma dijelasin sih ga ngerti
    Popo Nest

  7. #7
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    akibat potong kuku terlalu pendek tuh. dulu juga suka potong sampai batas,
    gak sadar ternyata batasnya terus semakin kebawah. akibatnya luka dan bengkak.
    sekarang saya potong kuku selalu disisain sekitar 1-2mm, ga bersih sih

  8. #8
    pelanggan setia Bi4rain's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Neverland
    Posts
    2,534
    nudel: ga papa del. btw kudu perhatikan kuku tangan kalian ya, kedengarannya sih simpel, tapi sakitnya lumayan juga

    om aslan: kayaknya sih ga luka terbuka, tapi klo coba dipisahin terasa sakitnya. pake alkohol boleh juga tuh buat keringin si jaringan hidup.

    bradon + podo : klo difoto kok jadi kurang kelihatan ya, nanti saya coba lagi klo lagi ga males. (suer lagi males, sekarang aja belom mandi *bangga* )

    lily: hah, pendekin kuku pake gigi?? ck ck....kalah si kuda lumping makan beling. ga papa tuh perut?

    bradon + reza : ga khusus manjangin sih, klo kelihatan panjang gw potong. mungkin, mungkin ya, karena kuku gw yang lengket ma kulit (klo penampakan dari atas, yg warna pink di kuku itu loh) pendek, jadi seiring waktu dia makin tumbuh memanjang. bablas deh.

    jadi klo biasanya bisa selipin/masukin kuku satu ke kuku lainnya, sekarang ga bisa.
    A kid at heart

  9. #9
    pelanggan setia choodee's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Posts
    2,988
    Loh, bukannya malah bagus bagian pinknya malah manjang. Kuku gw juga kecil2, pengen banged manjangin kuku, tp ga bisa, krn bagian pink gw pendek, dan gw suka bagian putihnya, soalnya jadinya kotor, jd harus dipotong dulu

  10. #10
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    g ga tau ini kasusnya sama ga sih dengan elo, bi
    di jempol kanan tangan g juga, bagian tengah kukunya kaya terbelah 2 gitu, ada jalur putih memanjang
    kalo di ujung kuku luarnya, bakalan kelihatan kulit di bawah kuku itu numbuh sendiri keluar
    jadi tiap kali potong kuku sih, di bawahnya g potong lagi supaya rapi
    kalo ditarik sakit banget, soalnya kaya nyabut sampe ke akar kan tuh
    mungkin efek dari pertumbuhan kuku yg kurang bagus, lupa pernah terjepit atau apa gitu dulu.....jadinya kaya gini
    tapi kulit bawah ini ga nempel ke kukunya, cuma numbuh panjang aja

    ga pernah manjangin kuku, soalnya bentuknya sendiri udah panjang gitu
    tapi ga pernah motong sampe super pendek juga, habis gitu
    soalnya kadang kuku yg baru tumbuh bisa kena daging di pinggirnya dan itu bakalan sakit banget >.<
    Popo Nest

  11. #11
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    Ga tau Bi , kebiasaan dari kecil , gigitin kuku , apalagi pas nervous , makin abis.

    Sometimes sampe berdarah.

    Sampe mantan pacar pernah bilang gini , "Mei coba kamu liat kuku kamu ama kukuku , bagusan kukuku , padahal aku cowok."

    Tapi ya dia mah udah tau that's my bad habit.
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  12. #12
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    15,212
    Quote Originally Posted by bi4rain
    nudel: ga papa del. btw kudu perhatikan kuku tangan kalian ya, kedengarannya sih simpel, tapi sakitnya lumayan juga
    Kasus yang pernah gw alamin beda bi, kuku pernah kepentok/ketiban sesuatu yang keras mpe akhirnya kayak darah mati gak ngalir gitu di balik kukunya. Sakit

    Trus pernah juga kulit disamping kuku itu melendung bernanah gitu, kayak cantengan. Kalo kesenggol sakit

    Gw kalo gunting kuku biasanya mpe pas banget sama kulitnya sih, kalo potong kuku mpe kulitnya keliatan pasti ngilu-ngilu sakit dipegang
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  13. #13
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    kebiasaan lily disebut onychophagia. kasian kuku lho digigit-gigit.
    memang terasa lebih nyaman ya kalau nervous ngegigit kuku?

  14. #14
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    Ga tau za... Kebiasaan dari kecil. Dulu pas kecil , sering lo jari saya dipukul ama Papa pake penggaris satu - satu , soalnya kukunya rusak.

    Dan seremnya saya gigitin kuku saya sampe berdarah...

    Saya baca malah ada yang sampe jarinya abis. Duh syukur sih saya ga sampe segitunya...

    Pernah sekali kuku jari telunjuk saya lepas gara - gara saya suka gigitin jari saya , sampe berdarah trus infeksi dan kukunya dilepas ama dokter. Nangis ga karuan pas itu.

    Tapi ternyata sampe sekarang masi gitu.

    Btw bukan saya feeling better abis gigitin kuku , tapi... Itu refleks aja za...

    Kok bisa gitu ya , padahal di keluarga saya ga ada yang gitu ?
    Last edited by lily; 27-01-2013 at 08:54 PM.

  15. #15
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    ga tau juga sih,tapi pasti ada penyebabnya.
    pernah konsultasi ke dokter atau psikolog?

  16. #16
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    15,212
    Quote Originally Posted by lily View Post
    Ga tau za... Kebiasaan dari kecil. Dulu pas kecil , sering lo jari saya dipukul ama Papa pake penggaris satu - satu , soalnya kukunya rusak.

    Dan seremnya saya gigitin kuku saya sampe berdarah...

    Saya baca malah ada yang sampe jarinya abis. Duh syukur sih saya ga sampe segitunya...

    Pernah sekali kuku jari telunjuk saya lepas gara - gara saya suka gigitin jari saya , sampe berdarah trus infeksi dan kukunya dilepas ama dokter. Nangis ga karuan pas itu.

    Tapi ternyata sampe sekarang masi gitu.

    Btw bukan saya feeling better abis gigitin kuku , tapi... Itu refleks aja za...

    Kok bisa gitu ya , padahal di keluarga saya ga ada yang gitu ?
    Gw syerem baca cerita lily, terutama yang dibold
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  17. #17
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    waktu kuku telunjuk lepas, darah menetes banyak ga ke lantai?
    aroma darah segar dan bercak darah yang banyak bisa bikin lemas

  18. #18
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Beberapa masalah kuku:

    - kuku yg cantengan, kesenggol sakit.
    ini karena infeksi bakteri, kasi salep antibiotik seperti garamicin, sebentar sembuh.

    - kuku yg bergaris putih, pecah2, mengelupas, berlapis2.
    ini karena infeksi jamur, kasi salep anti jamur dan dijaga selalu bersih dan kering

  19. #19
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    Quote Originally Posted by itsreza View Post
    waktu kuku telunjuk lepas, darah menetes banyak ga ke lantai?
    aroma darah segar dan bercak darah yang banyak bisa bikin lemas
    waktu kukunya dilepas dokter , ga ada darahnya sama sekali kok za...

    2 kali kuku saya lepas. 1 lepas sendiri , 1 dilepas dokter , ga ada tuh darahnya.

    tapi saya udah nangis meraung - raung sih , takut
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  20. #20
    pelanggan setia Bi4rain's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Neverland
    Posts
    2,534
    ternyata nudel seremnya ma yang beginian... kagak bisa tonton film class B semacam the dentist dokter gigi gila yang nyabutin gigi pasien en menyiksanya dengan alat kedokteran dong.....
    reza nakutin nudel ah...

    cudi; tenang...klo dibiarin (kayak sering manjangin kuku waktu lama baru digunting, ternyata bisa micu pertumbuhan si bagian pink itu, kayak gw)
    podo: mirip, tapi si daging nyatu ma kuku gw nih, ga nyaman.
    lily: gw juga punya kebiasaan gitu, tapi gigit kulit mati sekitar kuku. akalin pake kuteks aja, klo udah pake kuteks kan ga bakal dikunyah2. bakal ketelan tuh kuteks.

    ok, so update tentang kuku gw, akhirnya daging yang nyatu dengan kuku udah mulai lepas. Horeeee......
    caranya sering gw 'mainin' atau coba pisahin pelan2 pake kuku juga atau kain. terus kadang kasih toner beralkohol. legaa....
    A kid at heart

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •