Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 31

Thread: Glaze Pottery

  1. #1
    pelanggan setia red>,<hair's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    kanatakara
    Posts
    2,824

    Glaze Pottery

    @ lily : kagak berkembang karena abis itu gw gawe d glaze pottery

    Anugurihiitusomi

  2. #2
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    @ red : Glaze Pottery itu kayak menggambar - mengecat guci ya red ?
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  3. #3
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,662
    Pottery itu bikin keramik gitu bukan.
    Waduh, asik ya. saya pengen banget belajar itu juga. Kalo sempat pengen nyoba ngambil beberapa kelas pottery juga.

    Red, pasang donk hasil2 karyanya

  4. #4
    pelanggan setia red>,<hair's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    kanatakara
    Posts
    2,824
    @ lily : belom perna ngecat guci tp ampir mirip2 kek gt n bahan yg d pke beda bukan cat tp glazir

    Anugurihiitusomi

  5. #5
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    googling pake bebe , ga jelas hiks...

    Liat dong red...

    Sampe sekarang ya disana ?
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  6. #6
    pelanggan setia red>,<hair's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    kanatakara
    Posts
    2,824
    @ dugu : iya kek gt tp gw bagian ornamennya

    itu dah lama gawe d sananya n hasil kerja gw d jamin dah g ada
    searching barusan nemu t4t gawe gw

    ternyata gw masih ada nyimpen poto d t4t gawe , ini salah satu produk yg d buat d t4t gawe tp masih bentuk mentah ( gw ambil poto ini buat tugas kuliah )


    #eh ini apa g tambah OOT y
    Last edited by red>,<hair; 15-12-2012 at 12:43 PM.

    Anugurihiitusomi

  7. #7
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    Oalah dah ga disana ya...

    Buat sendiri aja red , buka usaha sendiri kayak begitu hehehehe...
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  8. #8
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,662
    Glazed itu setau saya seperti bahan cat transparan gitu, dan mengkilap gitu. Bener ga sih?

    Saya ada kenalan juga yang jadi potter, bikin untuk dijual. Ada pameran ke galeri juga. Mahal2 pula. Satu vas gitu bisa ribuan dolar. Buset.

  9. #9
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,662
    Wah red, kamu harus bikin thread khusus pottery nih
    Itu topik yang cukup luas untuk dibahas tuh
    Sekalian crita2 gimana kerjaan di bidang ini.
    I will be interested to learn more

  10. #10
    pelanggan setia red>,<hair's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    kanatakara
    Posts
    2,824
    iya hasil jadi glaze kek gt ... ada yg transparan ada juga yg engga ....
    bahan yg d gunakan macam2 ... gw paling suka klo glazenya hanya setengah n setengahnya masih keliatan tanah putih/merahnya
    kangen pengen bikin kek gt lg


    iya ne keknya kudu bikin trit khusus biar g OOT

    Anugurihiitusomi

  11. #11
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,662
    Eh lucu ya hasilnya
    Yang kaya telor itu apa sih, tempat lilin ya? Dan yang paling kanan potpourri?
    Yang kaya kura2 lucu juga bentuknya

  12. #12
    pelanggan setia red>,<hair's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    kanatakara
    Posts
    2,824
    yg d poto kebanyakan pewangi ruangan yg pke lilin d bawahnya, yg bentuk telur juga sama tp tanpa lilin > ini biasanya pesenan buat spa klo g hotel
    klo kura2 seingat gw tempat perhiasan/cincin > biasanya buat souvenir

    Anugurihiitusomi

  13. #13
    pelanggan setia Bi4rain's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Neverland
    Posts
    2,534
    red, ada foto jadinya ga yah?
    kalo ada kelas belajar ini biayanya berapa?
    A kid at heart

  14. #14
    pelanggan setia red>,<hair's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    kanatakara
    Posts
    2,824
    hedew poto jadinya gw g ada ... kapan2 gw dolan k sana buat poto2 de > klo inget y
    kelas belajar ada tp g tau berapa, tiap nanya ama temen yg bertanggungjawab d sana malah d kasi cengiran
    dlu pas gawe d sana ada beberapa bule yg belajar glaze pottery n gw g sengaja ngerusak karya mereka
    Last edited by red>,<hair; 15-12-2012 at 05:25 PM.

    Anugurihiitusomi

  15. #15
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,662
    Eh biasa saya liat orang pottery gini, biasanya kan ada alat kaya piring yang muter2 ya, itu kan buat bikin barang2 yang circular/bulet di mana radiusnya sama. Tapi kalau bikin ornamen seperti di atas, perlu pake alat apa tuh? Kan bentunya ga bulet persis, apa dimold pake tangan aja? Tapi kok bisa rapi dan mulus gitu ya?

  16. #16
    pelanggan setia Bi4rain's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Neverland
    Posts
    2,534
    kenapa dikasih cengiran? ga sopan.

    glazed apakah nanti permukaannya smooth seperti kaca/keramik yah? kemudian warna yang dihasilkan juga apakah bening tapi intense deep color....kan ada tuh kaca yang berbagai warna terus disatukan untuk bikin lampu hias/jendela besar, duh lupa gw namanya apa.
    A kid at heart

  17. #17
    pelanggan setia red>,<hair's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    kanatakara
    Posts
    2,824
    Quote Originally Posted by ndugu View Post
    Eh biasa saya liat orang pottery gini, biasanya kan ada alat kaya piring yang muter2 ya, itu kan buat bikin barang2 yang circular/bulet di mana radiusnya sama. Tapi kalau bikin ornamen seperti di atas, perlu pake alat apa tuh? Kan bentunya ga bulet persis, apa dimold pake tangan aja? Tapi kok bisa rapi dan mulus gitu ya?
    seperti ini y ? namanya subang


    d tempat gawe ada juga alatnya , biasanya klo ada pesanan yg khusus yg megharuskan pengerjaan memakai alat ini
    gw perna maen k tempat temen yg daerahnya terkenal pengrajin gerabah yg unik
    mengapa gw sebut unik , karena subang yg d gunakan tidak datar seperti d atas, tapi miring




    konon ada ceritanya kenapa subang yg d gunakan miring
    Spoiler for awal mula:
    dahulu banyak pengrajin gerabah berasal dari kaum perempuan. Mereka biasa bekerja membuat gerabah dengan menggunakan kebaya dan kain jarik. Untuk menjaga kesopanan, para perempuan ini menggunakan teknik putaran miring yang mengharuskan mereka duduk miring. Dengan posisi miring seperti itu, mereka menjaga etika kesopanan dengan tidak membuka paha ketika bekerja. Ditambah lagi, secara ergonomis, teknik putaran miring memberikan kemudahan kaum perempuan yang memakai kain jarik panjang untuk bekerja karena mereka tidak harus menekuk kakinya.

    Teknik putaran miring memudahkan tanah liat yang akan dibentuk untuk melebar karena adanya gaya gravitasi sehingga produk dapat dibuat dengan mudah dan cepat tanpa mengeluarkan tenaga yang lebih seperti pada teknik putaran datar. Untuk membuat satu produk gerabah dengan menggunakan putaran miring diperlukan waktu sekitar 3-5 menit tergantung tingkat kesulitannya. Adapun kelemahan dari teknik putaran miring ini adalah gerabah yang dihasilkan harus dalam ukuran kecil dan pendek dan tidak bisa digunakan untuk membuat gerabah dalam ukuran besar dan tinggi. Ukuran maksimal gerabah yang dihasilkan adalah dengan lebar maksimal 23 cm dan tinggi maksimal 30 cm.

    untuk gerabah yg atas pembuatan dengan cetakan > nanti akan gw jelaskan lebih detil beserta foto2nya
    khusus buat KM gw akan meliput k sana de

    Quote Originally Posted by Bi4rain View Post
    kenapa dikasih cengiran? ga sopan.

    glazed apakah nanti permukaannya smooth seperti kaca/keramik yah? kemudian warna yang dihasilkan juga apakah bening tapi intense deep color....kan ada tuh kaca yang berbagai warna terus disatukan untuk bikin lampu hias/jendela besar, duh lupa gw namanya apa.
    dia nyengir coz ngira gw canda
    glaze kan intinya d lapisi dengan lapisan kaca (salah satu unsur g tau nama kimianya apa ) jadi hasil akhirnya akan menjadi halus
    untuk warna biasanya glazir ada pewarna sendiri > gw sering main warna d sini yg percayalah warna awalnya g sama dg warna setelah jadi, gw sering harap2 cemas nungguin habis pembakaran warna, apa hasil warna akan sesuai dg yg d inginkan ato meleset jauh
    klo kaca yg d satukan itu bukannya namanya mozaik y? jauh bgt itu ....
    Spoiler for kek gini y?:

    itu cuma kaca yg bermacam2 warna d potong sesuai model dan d satukan dengan list dr logam(g tau sebutannya ) dan d lem dengan kawat n solder > perna bikin juga d sekolah

    Anugurihiitusomi

  18. #18
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,662
    Ini pertama kali saya denger istilah gerabah gerabah itu maksudnya produk keramik ya?

    Btw, saya pernah juga tuh dikasi hadiah sama temen, bahan buat bikin sejenis mozaik warna warni itu. Lupa namanya. Tapi bahan mentahnya cuman kaya paste, kaya odol gitu, trus didekorasi ke bahan kaca, dalam eksperimenku saya pake gelas. Didiemin 24 jam, Hasilnya jadi warna warni gitu deh, seperti jendela2 kaca yang kita liat di jendela gereja. teksturnya waktu dipegang agak2 kaya karet / rubbery gitu waktu jadinya, tapi kalo dilihat sekilas seperti glaze / mozaik warna warni deh.

    Duh, ntah masi ada ga gelas itu. Jaman dari sma soalnya

    Btw, ditunggu ya foto2 dan cerita liputannya red jadi wartawan km nih. Btw, kerjaan di industri gini kaya gimana sih? Saya pernah dibawa ortu berkunjung ke tempat kerajinan tangan keramik. Biasa identik dengan kerja buruh sepertinya. Cuman itu udah puluhan taon yang lalu. Padahal kupikir ini skill yang sangat spesial. Gimana dengan sekarang? Apa ada banyak anak muda yang melakukan ini?
    Last edited by ndugu; 16-12-2012 at 07:48 AM.

  19. #19
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,073
    redhair, ikoootttttttttttttttt
    pas ke kasongan ikut dong,
    ya ya yaaaaaaaaaa....
    itu nama daerahnya kasongan bukan?


    gw inget banget tuh dulu awal2 kuliah diajakin ke kasongan ama kawan.
    cuma modal nekat ga tahu daerahnya blas.
    nyasar2 d.

  20. #20
    pelanggan setia red>,<hair's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    kanatakara
    Posts
    2,824
    Quote Originally Posted by ndugu View Post
    Ini pertama kali saya denger istilah gerabah gerabah itu maksudnya produk keramik ya?
    Gerabah adalah bagian dari keramik yang dilihat berdasarkan tingkat kualitas bahannya, tp ada juga yg berpendapat gerabah bukan termasuk keramik, karena benda-benda keramik adalah benda-benda pecah belah permukaannya halus dan mengkilap seperti porselin dalam wujud vas bunga, guci, tegel lantai dan lain-lain. Sedangkan gerabah adalah barang-barang dari tanah liat dalam wujud seperti periuk, belanga, tempat air, dll.
    klo gw berpendapat gerabah tu hanya melalui pembakaran 1x sedang keramik proses pembakarannya 2x dg suhu tinggi
    Btw, saya pernah juga tuh dikasi hadiah sama temen, bahan buat bikin sejenis mozaik warna warni itu. Lupa namanya. Tapi bahan mentahnya cuman kaya paste, kaya odol gitu, trus didekorasi ke bahan kaca, dalam eksperimenku saya pake gelas. Didiemin 24 jam, Hasilnya jadi warna warni gitu deh, seperti jendela2 kaca yang kita liat di jendela gereja. teksturnya waktu dipegang agak2 kaya karet / rubbery gitu waktu jadinya, tapi kalo dilihat sekilas seperti glaze / mozaik warna warni deh.

    Duh, ntah masi ada ga gelas itu. Jaman dari sma soalnya

    Btw, ditunggu ya foto2 dan cerita liputannya red jadi wartawan km nih. Btw, kerjaan di industri gini kaya gimana sih? Saya pernah dibawa ortu berkunjung ke tempat kerajinan tangan keramik. Biasa identik dengan kerja buruh sepertinya. Cuman itu udah puluhan taon yang lalu. Padahal kupikir ini skill yang sangat spesial. Gimana dengan sekarang? Apa ada banyak anak muda yang melakukan ini?
    yg pke pasta itu malah belom perna denger .... gw dulu bener2 cari kaca warna warni d potong sesuai pola dan d satuin pke frame logam trus d solder
    pas kerja d sana g kerasa tu klo jd buruh ... tempat gawenya enak bgt, kekeluargaan, bosnya uda kek babe sendiri
    salary sangat minim tp kami yg kerja serasa d orangkan jd pada betah > d tempat gawe bukan bikin gerabah lo tp keramik
    klo pengrajin gerabah emang kek buruh

    Quote Originally Posted by etca View Post
    redhair, ikoootttttttttttttttt
    pas ke kasongan ikut dong,
    ya ya yaaaaaaaaaa....
    itu nama daerahnya kasongan bukan?


    gw inget banget tuh dulu awal2 kuliah diajakin ke kasongan ama kawan.
    cuma modal nekat ga tahu daerahnya blas.
    nyasar2 d.
    yakin Ca ... besok nyampe d jogja jam berapa?
    Last edited by red>,<hair; 16-12-2012 at 09:44 AM.

    Anugurihiitusomi

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •