Results 1 to 15 of 15

Thread: ngutang

  1. #1
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,662

    ngutang

    terinspirasi dari thread sebelah mengenai debt collector

    sebenarnya menurut kalian.. problem ngutang (secara umum maupun ngutang seperti kasus credit card), itu salah konsumer ato salah bank/peminjam hutangnya sih?

  2. #2
    Kalau buat saya sih, utang itu karena darurat, jadi sebaiknya tidak dilakukan

    Tapi dalam praktik ekonomi modern, rasanya utang itu menjadi dasar kegiatan
    perekonomian. Contoh penggunaan kartu kredit.

    Untuk kartu Kredit, saya termasuk kolot bin kuno : merasa tidak perlu kartu
    kredit meski kadang2 jadi puyeng karena untuk transaksi2 tertentu, mensyaratklan
    KK. Misal reservasi hotel secara online.

    Saya sering merasa aneh terhadap orang-orang yang untuk transaksi bersifat
    konsumtif yang kerap nominalnya semisal dua ratus ribu, menggesek KK. Ngapain
    coba?


    Saya pernah membaca tulisan seorang ahli perihal KK. Di Indonesia karena
    perilaku konsumtif masyarakat, bank doyan menerbitkan dan menawarkan
    KK (ketimbang menyalurkan kredit untuk usaha mikro misalnya karena
    lebih beresiko). Penggunaan KK di Indonesia kebanyakan untuk konsumsi
    bukan untuk usaha produktif. Jadi KK orang Indonesia kebanyakan untuk
    beli barang-barang.


    Itu soal Kartu Kredit.


    Kembali ke utang. Dalam bisnis kan mengajukan kredit ke bank kan utang juga.
    Nyicil rumah, utang juga.


    Dalam hal ini, utang harus jangan sampai tidak terkuasai, artinya kita berhitung
    kesanggupan membayar.


    Kalau saya sih prinsip saya: sebaiknya tidak berhutang. Kalau ada kes, kes aja.
    kalau belum, nabung dulu.
    ´There are two ways to conquer and enslave a nation. One is by the sword. The other is by debt´
    -John Adams-

  3. #3
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,662
    saya termasuk yang apa2 pake KK tuh, barang 30ribuan juga saya pake KK kadang memang pake KK namanya ngutang, tapi yang terpenting kan mampu terbayar, alias pengeluaran tidak lebih dari pemasukan? sehingga buatku make KK cuman numpang lewat duit aja karena ga sampe berbunga, tapi disamping itu dapet berbagai bonus dan kepraktisan, dalam arti tidak perlu bawah cash, transaksi cepet, dan keuntungan ada garansi2 barang belajaan yang tercover oleh KK, sekalian ngumpulin poin buat hadiah

    tapi di luar plus minusnya pake KK... yang sering saya liat sih perdebatan antara nasabah dan bank/penyedia kredit ini.. yang satu nuduh pihak seberang serakah dan kapitalis, yang satu nuduh yang laen ga bertanggung jawab dan ga bisa memanage finansial pribadi..

    jadi, salah sapa ini?

  4. #4
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Menurut gw kartu kredit gunanya cuman utk jaminan aja. Misalnya booking ato nraktir tapi kagak punya duit cash. Kalo bisa sih ga usah dipake lah..

    T'rus kalo ngutang itu tidak ada yg salah. Yg salah itu kalo sampe ngutang tanpa tau bagaimana bayarnya. Lalu memberikan piutang juga musti liat2. Kalo kira2 tuh orang ga bisa bayar, ya jgn diutangin. So kalo ada masalah, ya salah dua2nya lah.

  5. #5
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Sebetulnya Problem hutang yang paling berat itu ada di Amerika.

    Perusahaan2 keuangan sangat agresif memasarkan kartu kredit, banyak anak2 umur 18 tahun yg sudah terlibat hutang KK sangat besar.
    Selain itu jiwa konsumerisme di Amerika sangat parah, menyebabkan banyak sekali orang terjerat dalam hutang.

    Negara maju tidak menjamin setiap rakyatnya pandai mengelola keuangan.

  6. #6
    Bukannya Kartu kredit ke bank yang menyebabkan krisis di amerika kemaren ya ? terus ada yang bayar pake rumah, alhasil rumah menumpuk di tangan bank dan ga ada yang mau beli.

    Ngutang sebenarnya kalo aku termasuk yang terpaksa aja. Kalo bisa jangan ngutang. Kalo ngutang ada managementnya. Bagi orang bisnis yang suka mengambil resiko tinggi kayak pengusaha, utang kadang-kadang termasuk nyawa bisnis. Masuh inget aburizal bakery ? doi kan utangnya gila-gilaan pas krisis moneter 97. Tapi negonya buat restrukturisasi utang sama management utangnya bagus sehingga asetnya terselamatkan.

  7. #7
    pelanggan tetap purba's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    1,672
    Sebenarnya waktu buat KK kan ada syarat2 yg harus dipenuhi misalnya penghasilan per bulan sekian, dst. Artinya pihak bank sebenarnya tidak boleh memberikan KK begitu saja pada calon nasabahnya. Bank juga harus memperhatikan kemampuan membayar hutang nasabah tsb, dst. Sebaliknya juga begitu, nasabah pun jangan main terima aja KK tsb, tetapi pikirin juga kemampuan buat bayar nanti, dst. Itu idealnya. Tetapi kenyataannya syarat2 tsb cuman formalitas doang. Tambahan lagi buat Indon, punya KK gengsinya gede, apalagi yg gold atau premium atau apalah, bayar ini itu tinggal esek-esek, padahal itu kartu ngutang. Kesimpulannya, menurut ane, baik bank maupun nasabah sama2 gak beres.


  8. #8
    kalau untuk yang punya penghasilan tetap sih bisa diprediksi lebih pas, nah yang nggak tetap kayak pengusaha/wiraswasta gimana tuh ? dulu bisa aja saingan belum banyak, tapi belakangan saingan tambah banyak, atau ada faktor yang lain, bisa jadi salah perhitungan. itu kasusnya kredit produktif, kalau dipake untuk keperluan konsumtif tambah gaswat.

    untuk yang punya penghasilan tetap, ada juga faktor2 kayak gitu, tapi mungkin relatif lebih sedikit jumlahnya ya.

  9. #9
    Barista DH1M4Z's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    kutaradja
    Posts
    817
    Kalau kita punya CC berarti kita masih miskin

    Kalau kaya ngapain punya CC tinggal pakai Kartu Debet soalnya uang di rekening sudah sedemikian banyak.
    Meski tlah jauh....

  10. #10
    skrg punya CC banyak malah dianggap gengsi <dompet yg banyak kartunya menunjukan status lebih bergengsi drpd dompet yg isinya uang (receh) mulu. apa ini trik sugesti bank?

  11. #11
    pelanggan setia heihachiro's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    little nong
    Posts
    2,591
    ga tertarik pake kartu kredit sih

    lebih nyaman pake kartu debit, soalnya pasti kemampuan belinya ya yg ada di rekening

  12. #12
    ^ tp seringnya, pas mau belanja duit di rekening gak cukup
    you can also find me here

  13. #13
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,072
    trus yang ada kredit langsung di temennya yang diajakin belanja..

  14. #14
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    ini kasusnya utang kan?
    utang selama terencana dan produktif sebenarnya g ada masalah, bahkan bisa untung dengan berhutang.
    sayangnya banyak yang utangnya konsumtif, bukannya untung malah buntung
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  15. #15
    pelanggan setia heihachiro's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    little nong
    Posts
    2,591
    Quote Originally Posted by E = mc² View Post
    ^ tp seringnya, pas mau belanja duit di rekening gak cukup
    LOL makanya itu belanjanya sesuai kemampuan ;p

    Quote Originally Posted by etca View Post
    trus yang ada kredit langsung di temennya yang diajakin belanja..
    ini juga bener

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •