Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 29

Thread: Wisata Kuliner Borneo

  1. #1
    Barista Nharura's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Di Hatimu
    Posts
    5,072

    Wisata Kuliner Borneo

    Kalau ada kesempatan berjalan-jalan ke pulau Borneo tepatnya daerah Kalimantan Timur antara lain Samarinda, Tenggarong dan Balikpapan... liburan atau tugas kerja, tidak ada salahnya mampir ke warung2 kuliner yang uenak tenan disini...

    DAERAH SAMARINDA

    Tipe : depot, tidak terlalu mahal, dan murah meriah. Tempatnya enak dan asri.

    1. Warung Ayam 89 (daerah jalan Pandan Wangi, didepan SMU 7)
    Top Menu
    -Ayam Penyet dengan bumbu lombok yang enak
    -Ayam bakar dengan bumbu kacang khas Banjar
    -Ayam Kremes
    - Sayur oseng kangkung kuah udang
    -Sayur oseng kangkung kuah hati dan ayam
    -Puding buah
    -Es buah, es kacang hijau

    2. Warung Seafood depan Hotel Samarinda (Jalan Pahlawan)
    Tipe: Restoran berpenampilan depot, Harga: sedikit mahal, namun disesuaikan dengan hidangan yang lezat.

    Top Menu
    -Kepiting Asam manis Khas Borneo
    -Udang asam manis
    -cumi2 asam manis dengan kuah yang khas
    -rebus seefood today, semangkok penuh, bumbu khas.
    -Bermacam-macam Ikan (Trakulu, Kakap, Nila, Emas)

    3. WARUNG AMADO (Jalan PAngeran Dipenogoro)
    Tipe: Restoran Depot, rata2 20 Ribu Rupiah seporsi
    Top Menu
    -Soto Banjar yang manyos (tak ada tandingannya)
    -Sate Ayam, dan Daging (dengan daging yang besar)

    4. Warung Ayam Banjar (Jalan Abul Hasan dan Jalan Antasari)
    Tipe: depot, standar.
    Top Menu
    -Ayam Banjar dengan bumbu gurih
    -Sayur asam dan sayur santan khas banjar

    5. Sabindo (Jalan Pembangunan, disamping Jalan anggur)
    Tipe: Restoran, Standar. (Makanan khas Malaysia)
    Top Menu
    -Nasi goreng Thailand/Malaysia
    -Roti Tissue
    -Roti Canai kuah kari
    -Nasi Goreng Pattaya
    -Kwitau Siram

    6. Jagung Bakar Khas borneo (Jalan dipenogoro)
    Tipe : Warung, harga seporsi 5000 rupiah
    Top Menu
    -Jagung Bakar di printil dan diberi kuah super pedas.. enak

    7. Warung Bubur Ayam (Jalan Antasari, Muara)
    Tipe: Warung, Harga seporsi 13.000 plus hati
    Top Menu
    -Bubur Ayam yang uenak!

    8. Es krim enak (Toko Simpang damai) depan Mall Ramayana
    Tipe: Harga : 2500
    Top Menu : es krim duren, es krim kacang hijau, es krim pandan.. nyummi...

    9. (Next... yang mau nambahin silahkan...)
    Penulis Sastra, Penyayang Hewan, PNS biasa

    "Sedekah Aja "

    Sastra - > Dear Diary Inspirasi

    Kucing - > Semua Tentang Kucing

    PNS - > Sukses Mengabdi Pada Negara

  2. #2
    Barista Nharura's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Di Hatimu
    Posts
    5,072
    DAERAH TENGGARONG

    Tenggarong, adalah salah satu Kota di Kalimantan Timur, yang berbatasan dengan samarinda dan Balikpapan, tenggarong adalah tempat kerja saya dahulu , sebuah kabupaten kecil, namun banyak isu terhangat disini,, namun.. kita bukan bicarain isunya,, tapi makanannya..

    makanannya disini yang saya bahas, wisata kuliner yang murah meriah,, kalau yang mahalan,, gak begitu enak rasanya,, udah lama nunggunya,, makanannya juga masih enakan di warung2 biasa tapi lezattt...
    yuks..maree...

    1. Depot Pojok (Jalan samping pasar Tangga arung) paling ujung dan di pojok
    menu top : -aYAM GORENG lengkap
    -nASI GORENG Lengkap
    -sOP ayam

    2. Bakso Taman dan Sup Buah Lengkap (beserta buah Naga)
    (Di jalan mawar, taman Kota tenggarong)
    -Bersih, enak, tempatnya bisa untuk bawa anak2.
    -bAKSO taman plus sup ceker ayam seporsi 10.000
    -Sup buah lengkap 6000 rupiah.

    3. Warung Seafood Bang doyo
    -daerah tepian tenggarong, dekat pos polisi, penyebrangan ke pulau wisata kumala
    -Bermacam2 sea food murah meriah

    4. Bubur Kacang Hijau
    -pASAR Tangga Arung, disamping Kantor disnaker tenggarong
    -hARGA 5000, buburnya enak, kental dan banyak isinya.

    5. Makanan2 di daerah tepian (dibawah jembatan Mahakam II)
    -Bervariasi, dan yang paling enak adalah es sarang burung wallet... lezaaaat!
    (Patut dicoba..)
    Penulis Sastra, Penyayang Hewan, PNS biasa

    "Sedekah Aja "

    Sastra - > Dear Diary Inspirasi

    Kucing - > Semua Tentang Kucing

    PNS - > Sukses Mengabdi Pada Negara

  3. #3
    Barista Nharura's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Di Hatimu
    Posts
    5,072
    DAERAH BALIKPAPAN

    -Depot Ayam Goreng dan Ayam Bakar paling enak di balikpapan (warung dibelakang kantor POS)
    (kumpulan warung2 ayam, tapi cari yang didepannya ada aquarium penuh dengan Ikan2...) diseberangnya jalan menuju lapangan tenis.

    top Menu;
    -ayAM gORENG Gedhe... ukurannya tanggan kalau mau kita jengkalkan itu loh,, hehe.. enakkk...
    -aYAM BAKAR ,, Bumbunya lain dari yang lain....
    -Bumbu cabenya,, pedass...pedaaass

    (kalau di Balikpapan, memang daerah kelahiran ibu saya,, tapi kalau ke Balikpapan,, gak pernah ke kuliner mana2,,kecuali satu tempat,, Ayam goreng warung Pos,, kalau ada yang tahu warung2 kuliner enak lainnya dibalikpapan,, bisa share disini..
    Penulis Sastra, Penyayang Hewan, PNS biasa

    "Sedekah Aja "

    Sastra - > Dear Diary Inspirasi

    Kucing - > Semua Tentang Kucing

    PNS - > Sukses Mengabdi Pada Negara

  4. #4
    pelanggan setia gembel's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    perbatasan
    Posts
    2,068
    Bubur Pedas



    Bubur pedas terbuat dari beras yang ditumbuk halus dioseng, kemudian diberi bumbu2 seperti bawang merah, bawang putih,lada hitam, sere, daun salam tak lupa garam dan gula. Bumbu-bumbu tersebut ditumbuk halus kecuali sere, daun salam tentunya, lalu dioseng juga seperti beras tumbuk. Kemudian bumbu dimasukkan kedalam air mendidih yang kita isi dengan daging atau tetelan tulang sapi, bersama dengan beras tumbuk.

    Setelah beras dan bumbu tercampur kedalam kaldu sapi, maka kita masukkan berbagai macam sayuran seperti kangkung, daun pakis, jagung yang telah dipipil, kentang, daun kunyit dan daun kesum (untuk daun kesum mungkin terasa asing dan hanya ada di Kalbar). Daun kesum ini membuat bubur pedas beraroma khas tetapi jika terlalu banyak juga terasa tidak enak bubur pedas nantinya. Apabila telah masak maka bubur pedas siap dihidangkan bersama dengan krupuk, kacang tanah goreng, kecap manis, sambal dan bawang goreng, serta tambahkan pula perasaan air jeruk.
    belajar nge-blog di ferylife.blogspot.com

  5. #5
    Barista deddy's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Mahakam
    Posts
    2,250
    Jika sedang berada di kota Bontang, jangan lupa mampir disini nih .......

    SATE PRASOJO

    Tepatnya disamping Ramayana (sebrang jalan) dekat lampu merah
    menu : sate kambing, gulai kambing dan sate ayam, rasanya mak nyuss.....sambel kacang atau sambel kecap tinggal pilih sesuai selera ada juga menu tambahan lain jika tidak selera dengan sate bisa menikmati ikan bakarnya......

    warung Cak Ali

    Berada disamping Polres Bontang atau disamping Hotel Tiara Surya menu utamanya adalah ikan bakar, tapi berbagai macam makanan laut ada semua, ikan baronang, kakap merah, putih dll. sambelnya mantab..... tempatnya bersih dan nyaman untuk santai2 bersama keluarga.....

    Warung Melati

    Berada didepan Polres Bontang (agak menyamping ke kikiri) menu spesial kepiting, Udang dan tidak ketinggalan menu ikan bakarnya.... tidak pernah sepi dari pengunjung karena tamu2 dari perusahaan banyak yang menyukai menu spesial tersebut....

    Maaf gak sempat hadirkan foto2nya.... masih banyak lagi warung enak di kota Bontang .... tunggu aja..... ekekekek
    GARUDA DI DADAKU

  6. #6
    pelanggan setia Kilat's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    2,203
    pengen ke Warung Seafood untuk makan kepiting asam manis khas Borneo .. belum pernah makan kepiting
    kemudian ke Warung Ayam 89 untuk makan ayam kremes
    kemudian ke Sate Prasojo untuk makan sate kambing .. enaknya sate kambing
    lalu ke Jagung Bakar Khas borneo, suka jagung bakar soalnya
    terakhir ke Es krim enak untuk makan es krim pandan

    habis itu pasti kenyang
    mau bikin signature baru tapi kehilangan teksnya

  7. #7
    Barista deddy's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Mahakam
    Posts
    2,250
    jangan lupa mampir juga ke mpek - mpek juara...

    menu utama : mpek - mpek palembang rasanya mak nyuss aroma tenggirinya sangat khas betul-betul sarat pengunjung.....es campur dan es juss menjadi pilihan utama setelah menikmati mpek-mpek yang pedas dan nikmat .... berada disamping warung melati depan polres ...
    GARUDA DI DADAKU

  8. #8
    pelanggan setia Kilat's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    2,203
    wah, mpek mpek
    mau bikin signature baru tapi kehilangan teksnya

  9. #9
    Wah gue barusan ke sabindo, tp cabang surabaya baru 5 bulan buka hehehe... enakkk

    kalo ke balikpapan, jelas harus wajib ya kepiting kenari lah... sama nasi kuning, ada rusa lada hitam.. auwwww enakk

  10. #10
    sabindo?

    semacam warung, resto, K-5 atau apa neh
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  11. #11
    pelanggan setia eve's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    4,116
    borneo.... ingatnya eve, pernah makan sayur nanas di pontianak... yummy... TOP banget deh... sayang gak nemu lagi...

    pernah makan sate rusa di banjarmasin, empuk dan gurih daripada kambing... yummy juga.. ^^

    kalau di palangkaraya makan seafood di -malioboro_nya- palangkaraya... ama satenya(yang jual orang jawa) enak2 juga.. nymmmy... ^^ seafoodnya masih fresh gitu...

    itu yang berkesan...
    hai hai hai......

  12. #12
    Barista Nharura's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Di Hatimu
    Posts
    5,072
    Quote Originally Posted by desah_angin View Post
    Wah gue barusan ke sabindo, tp cabang surabaya baru 5 bulan buka hehehe... enakkk

    kalo ke balikpapan, jelas harus wajib ya kepiting kenari lah... sama nasi kuning, ada rusa lada hitam.. auwwww enakk
    kepiting kenari? dimana itu mbah..? rusa lada hitam? mirip payau lada hitam? kalau mirip,, pasti enak sekali,, saya suka daging payau..
    Penulis Sastra, Penyayang Hewan, PNS biasa

    "Sedekah Aja "

    Sastra - > Dear Diary Inspirasi

    Kucing - > Semua Tentang Kucing

    PNS - > Sukses Mengabdi Pada Negara

  13. #13
    Barista Nharura's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Di Hatimu
    Posts
    5,072
    Quote Originally Posted by pasingsingan View Post
    sabindo?

    semacam warung, resto, K-5 atau apa neh
    semacam resto begitu... klw siang duduk didalam,, klw malam,, bisa sampai teras-nya,,itu klw yang di samarinda,, makanan khas malaysia,, ada makanan thailand juga
    Penulis Sastra, Penyayang Hewan, PNS biasa

    "Sedekah Aja "

    Sastra - > Dear Diary Inspirasi

    Kucing - > Semua Tentang Kucing

    PNS - > Sukses Mengabdi Pada Negara

  14. #14
    pelanggan setia Kilat's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    2,203
    masakan Thailand biasanya enak








    tapi masakan Indonesia lebih enak lagi
    mau bikin signature baru tapi kehilangan teksnya

  15. #15
    Barista deddy's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Mahakam
    Posts
    2,250


    kepiting kenari Balikpapan ..... 1 porsi isinya jumbo sangat mantab palagi kepiting yang bertelur .......
    GARUDA DI DADAKU

  16. #16
    Barista deddy's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Mahakam
    Posts
    2,250
    ini yang pas makannya ....dulu pernah ku upload .....

    Mak nyusss .......

    GARUDA DI DADAKU

  17. #17
    Barista Nharura's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Di Hatimu
    Posts
    5,072
    wuahh pak deddy,,, itu di balikpapan toh,, mantap kepitingnya,, pasti enak dibukanya,, *jadi kangen pengen makan kepiting,,,,

    sip..sip,, thnks photonya pak deddy..

    klau di Balikpapan,, alamatnya dimana? tahu gak ? dekat apa begitu,,? jadi bisa disamperin klw pas ada di balikpapan...

    bunda kilat: betung..betung...betung...^_^
    Penulis Sastra, Penyayang Hewan, PNS biasa

    "Sedekah Aja "

    Sastra - > Dear Diary Inspirasi

    Kucing - > Semua Tentang Kucing

    PNS - > Sukses Mengabdi Pada Negara

  18. #18
    pelanggan setia Kilat's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    2,203
    duh kepiting itu bikin ngilir .. padahal saya belum pernah makan kepiting, malah belum pernah melihat kepiting bentuk itu di piring apapun di meja apapun di manapun .. hanya lihatnya di foto ..

    muahal banget di sini ..
    mau bikin signature baru tapi kehilangan teksnya

  19. #19
    Barista deddy's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Mahakam
    Posts
    2,250
    Nha ....... (Kalo gak salah jln. KS Tubun ) dari airport menuju ke kota balikpapan atau menuju stal kuda.....berada disebelah kanan jalan.....tapi jika dari stal kuda menuju airport ya berada di kiri jalan, tidak begitu jauh dari airport..... tulisan didepan besar sekali " kepiting kenari " kalo gak salah .... siap antri dan sabar menanti .... jika datangnya 2 orang cukup pesan 1 porsi aja....dijamin sudah puass.... hehehehe
    GARUDA DI DADAKU

  20. #20
    Barista Nharura's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Di Hatimu
    Posts
    5,072
    bunda kilat: mahal kah bun,,klw kepiting?

    pak deddy: thanks.. sip bener... informasinya...
    Penulis Sastra, Penyayang Hewan, PNS biasa

    "Sedekah Aja "

    Sastra - > Dear Diary Inspirasi

    Kucing - > Semua Tentang Kucing

    PNS - > Sukses Mengabdi Pada Negara

Page 1 of 2 12 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •