Page 6 of 6 FirstFirst ... 456
Results 101 to 111 of 111

Thread: Tiga Pribadi dalam ke Esa an

  1. #101
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Kisah kematian Yesus bukan hanya tertulis di 4 injil namun ada di perjanjian lama dalam bentuk nubuat.


    Mazmur 22:1

    Mazmur Daud.
    Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku? Aku berseru, tetapi Engkau tetap jauh dan tidak menolong aku.

    ---------- Post Merged at 06:27 PM ----------

    Yesaya 53:3-9

    Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kita pun dia tidak masuk hitungan.

    Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.

    Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

    Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.

    Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.

    Sesudah penahanan dan penghukuman ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya? Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, dan karena pemberontakan umat-Ku ia kena tulah.

    Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya.

    ---------- Post Merged at 06:31 PM ----------

    Mazmur 22:16-18

    (22-17) Sebab anjing-anjing mengerumuni aku, gerombolan penjahat mengepung aku, mereka menusuk tangan dan kakiku.

    (22-18) Segala tulangku dapat kuhitung; mereka menonton, mereka memandangi aku.

    (22-19) Mereka membagi-bagi pakaianku di antara mereka, dan mereka membuang undi atas jubahku.

  2. #102
    pelanggan tetap purba's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    1,672
    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    Firman Tuhan diturunkan melalui nabi, bukan melalui penyair.
    Ayat diatas itu diucapkan oleh Daud sendiri, tertulis jelas di kalimat awal.
    Maksudnya seperti ada sebuah buku, kemudian tertulis karya tuhan? Apakah ente otomatis mengakui buku tsb karya tuhan?

    Demikian juga dgn Mazmur, kira-kira sumber apa (di luar Mazmur sendiri) yg menyebutkan bahwa Mazmur adalah karya Daud?

    Sebab ada pendapat dari peneliti Bible (link?), bahwa Mazmur bukan karya Daud, meski menceritakan ttg Daud.


    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    Meskipun bible diwahyukan melalui inspirasi, namun memiliki konsistensi karena sumbernya satu: Tuhan.

    Orang kristen tidak boleh menaruh ide apapun diatas kitab suci.

    Misalnya SY punya ide "wah kayaknya lebih enak kalau tidak ada neraka"
    Lalu ide ini membuat SY memutar balik kitab suci agar sesuai dengan ide tersebut.

    Itu tidak boleh.

    Orang harus mau menaklukkan pikirannya dibawah otoritas kitab suci.
    @Casanova mengatakan bahwa konsep trinitas dirumuskan oleh gereja. Bible tidak secara langsung mengajarkan trinitas, tapi perlu dirumuskan dulu oleh agen di luar Bible itu sendiri. Ini artinya ide ditaruh di atas Bible.


  3. #103
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Trinitas adalah konsekuensi logis dari isi kitab suci.

    Sebaliknya, orang yg tak mau menerima trinitas akan menemui banyak ketidak sesuaian dengan kitab suci.

    Maka waktu saya berdebat dengan saksi2 yehova, mereka mengalami kesulitan besar saat saya tunjukkan berbagai ayat.

    Contohnya, mereka tidak percaya Yesus itu Tuhan. Mereka bilang Yesus manusia biasa.
    Waktu saya tanya mengapa Yesus bisa berkata bahwa Ia sudah ada sebelum Abraham ?
    Mereka kemudian mengatakan bahwa Yesus adalah malaikat, Yesus penjelmaan michael.

    Lalu saya tunjukkan dua ayat, yg pertama ayat yg menceritaksn malaikat yg tidak mau menerima sembah sujud manusia. Yg kedua ayat yg menunjukkan Yesus menerima sembah sujud manusia.
    Lalu ayat Yesus berkata bahwa Ia adalah alfa dan omega, ayat yg menunjukkan Yesus adalah sang pencipta (kitab kolose), segala sesuatu dicipta oleh dia, untuk dia dan didalam dia.

    Total lebih dari 15 orang saksi yehova datang kerumah saya.

    Intinya konsep ke ilahian Yesus tak terbantahkan, juga keilahian Bapa dan ke Ilahian Roh Kudus.


    Konsep ke Esa an Allah juga tak terbantahkan.

    Dari semua ini, harus kita akui bahwa kita manusia tak mampu memahami Allah 100%.
    Konsep trinitas adalah konsep yg paling dekat untuk memahami Allah.

  4. #104
    pelanggan Casanova Love's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    451
    Quote Originally Posted by purba View Post
    Bagaimana dengan kristiani yg tetap mengimani PL dan PB tapi tidak mengindahkan trinitas? Toh dia melihat konsep trinitas adalah produk gereja. Bagaimana jika dia melihat Yesus seperti Musa di Yahudi dan Muhammad di Islam?

    Ya itu tserah mreka.

    Tp kl mreka mau bpendapat bgitu dan mau mbuktikannya, maka mreka harus mlakukan perubahan signifikan thd tulisan fundamental Alkitab dan/atau memakai buku lain utk mjelaskan Alkitab.

    Contoh SSY,
    Mreka harus rilis Alkitab terjemahan mreka sndiri (yg tidak dirilis siapa saja pnerjemahnya).
    Atau misalnya Mormon, mreka mnggunakan sumber slain Alkitab.

    Jika kedua cara itu tidak dgunakan, akan tjadi banyak kontroversi ketika jemaat mulai baca sendiri Alkitabnya.

    ---------- Post Merged at 04:14 PM ----------

    Quote Originally Posted by purba View Post
    Bagaimana memastikan bahwa Mazmur (Psalm) tsb adalah kata-kata Daud? Bagaimana jika itu semata kata-kata penyair (bukan Daud)? Kenapa "tuanku" tidak diartikan Daud sendiri? Ayat tsb bermaksud mengatakan Tuhan-nya Daud menundukkan musuh-musuh Daud sbg tumpuan kaki Daud. Ini sesuai dgn Daud sebagai sang raja yg berdiri di atas musuh-musuhnya.
    Ini sih soal iman ya.
    Iman dari org Yahudi dan Kristen adalah bhw ayat ini mrujuk kpd Kristus dan diucapkan oleh Daud.

    Jaman dulu ngga ada kamera yg moto pemazmurnya shg diyakininya dg iman.

    Menurut ane, sah saja Saksi Jehuva menafsirkan seperti itu. Toh, kristiani yg lain menafsirkannya dengan suka-suka juga.
    Emang ndak apa Sob.
    Jaman skrg ini mreka ngga akan diparang, atau dipenggal, atau dibakar.
    Hanya saja kl mau fair ya jangan mngaku diri Kristen.

    Mengapa ane bisa bilang begitu? Karena Bible bukanlah kata-kata tuhan langsung (tidak seperti Quran yg diklaim oleh muslim sbg kata-kata tuhan langsung yg didiktekan pada Muhammad), melainkan tulisan-tulisan yg diinspirasikan oleh tuhan. Artinya Bible sangat longgar utk ditafsirkan menjadi apapun. Sangat tidak mengena jika Bible ditafsirkan secara tekstual.

    Kok saya liatnya ngga bgitu ya...????

    Bhw Alkitab bisa dtafsirkan sbebasnya (saat ini) adl krn tidak ada larangan maupun ancaman hukuman utk mreka yg bpendapat beda dari Kristen mainstream.

    ---------- Post Merged at 04:19 PM ----------

    Quote Originally Posted by Asum View Post
    apapun namanya, 3 oknum tuhan tsb melakukan reuni di sungai Jordan
    btw, klo tidak ada 3 oknum, maka dalam iman Kristen, tidak ada Tuhan (atheisme)
    Bedanya gini Sobb,
    Org Muslim saat mlihat gambar itu, mreka mlihat 3 Allah (3 sudut dalam segitiga).
    Org Kristen saat mlihat gambar itu, mreka mlihat 1 Allah (yaitu Segitiga itu).

    Kamu bisa argue dg kekeh-sumekeh kl org Kristen pcaya 3 Allah, tp org Kristen sndiri ngga pernah myakini ada 3 Allah.
    Jato-jatonya kami heran mngapa teman-teman Muslim mrasa lebih ngerti konsep keilahian versi-Kristiani pdhl bukan spt itu yg kami yakini.

    ---------- Post Merged at 04:25 PM ----------

    Quote Originally Posted by Asum View Post
    Bukti sudah ada, bahwa 3in1 merupakan cipta karya manusia, selepas kematian yesus di kayu salib akibat kedengkian dan fitnah para tetua Yahudi.

    Dan utk meredam amuk masa, dibuatlah seolah2 itu penebusan dosa yesus bagi dosa umat manusia akibat perbuatan Bunda Eve.

    Kisah tsb bisa anda baca ulang dlm alkitab baik versi Mark, Luke, dll
    Hehehe...
    Banyak evidence yg bisa dgunakan utk mbantah pnyataan ini.
    Tp ya sudahlah, namanya juga imannya beda.

    Kl iman udah beda ya udah beda aja.
    Kl didebatin ngga ada abisnya.

  5. #105
    pelanggan Casanova Love's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    451
    Quote Originally Posted by purba View Post
    Casanova mengatakan bahwa konsep trinitas dirumuskan oleh gereja. Bible tidak secara langsung mengajarkan trinitas, tapi perlu dirumuskan dulu oleh agen di luar Bible itu sendiri. Ini artinya ide ditaruh di atas Bible.

    Bisa aja deh Sob,
    Gini...

    Casanova mngatakan:
    1. Injil disebarkan awal mulanya oleh tradisi lisan yang disebarkan turun-temurun
    2. Tradisi lisan kemudian dilanjutkan dg tradisi tulisan (surat-surat rasuli)
    3. Surat-surat rasuli dikumpulkan dan dibukukan dg mengacu pada tradisi lisan
    4. Dari surat-surat rasuli dan tradisi lisan, muncullah konsep 'tritunggal'

    Jadi casanova TIDAK mengatakan bhw Alkitab disusun atas konsep tritunggal.
    Mlainkan konsep tritunggal dsusun atas dasar tradisi lisan dan tradisi tertulis.

    Urusan orang pcaya ato ngga, itu soal iman dan iman tidak dapat dipaksakan.

  6. #106
    pelanggan tetap purba's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    1,672
    Quote Originally Posted by Casanova Love View Post
    Ini sih soal iman ya.
    Iman dari org Yahudi dan Kristen adalah bhw ayat ini mrujuk kpd Kristus dan diucapkan oleh Daud.

    Jaman dulu ngga ada kamera yg moto pemazmurnya shg diyakininya dg iman.
    Ya gak harus moto, pake kepala juga cukup.

    Btw, jika itu iman, berarti seperti ane duga sebelumnya bahwa indikasi trinitas dlm PL dipaksakan oleh iman tsb. Ok, ane gak perdebatkan itu. Tapi kalo mau obyektif, tidak ada indikasi trinitas dlm PL.

    Quote Originally Posted by Casanova Love View Post
    Emang ndak apa Sob.
    Jaman skrg ini mreka ngga akan diparang, atau dipenggal, atau dibakar.
    Hanya saja kl mau fair ya jangan mngaku diri Kristen.
    Memangnya nama Kristen milik pengiman trinitas saja?

    Quote Originally Posted by Casanova Love View Post
    Kok saya liatnya ngga bgitu ya...????

    Bhw Alkitab bisa dtafsirkan sbebasnya (saat ini) adl krn tidak ada larangan maupun ancaman hukuman utk mreka yg bpendapat beda dari Kristen mainstream.
    Bandingkan misalnya ente menerima pernyataan SBY langsung dengan pernyataan SBY yg dituliskan oleh media. Ada perbedaan. Ketika ente menerima pernyataan SBY dari media, ente perlu mempertimbangkan juga media tsb, di samping pernyataan SBY tadi.


  7. #107
    Sekedar intermezzo

    Quote Originally Posted by Casanova Love
    Quote Originally Posted by purba
    Menurut ane, sah saja Saksi Jehuva menafsirkan seperti itu. Toh, kristiani yg lain menafsirkannya dengan suka-suka juga.
    Emang ndak apa Sob.
    Jaman skrg ini mreka ngga akan diparang, atau dipenggal, atau dibakar.
    Hanya saja kl mau fair ya jangan mngaku diri Kristen.
    Sikap/kondisi ini mirip dng yng terjadi pada kalangan penganut ajaran islam
    yng merasa mayoritas (baca mainstream) cenderung ingin memonopoli penafsiran
    sehingga merasa berhak menghakimi kelompok lain yng berbeda pemahaman
    entah itu terkait doktrin primer maupun sekunder.

    Sindrom tsb tidak hanya diidap oleh kalangan penganut Kristen dan islam saja
    dan fenomena itu lumrah dlm pluralitas, yng tdk lumrah adalah akibat yng ditimbulkannya
    Last edited by pasingsingan; 29-01-2014 at 06:39 AM.
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  8. #108
    Pada akhirnya kok saya merasa kalo Trinitas itu cuma sekedar politik identitas (seperti yg dibahas dalam tread lain).
    Kristen itu identitasnya ya Trinitas. Kalo nggak mengamini Trinitas ya bukan kristen.

  9. #109
    pelanggan tetap 234's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    737
    Ikutan intermezo, tapi intermezonya panjang ndak pa2 yak...

    Kalo menurut saya, terlepas dari ajaran agama tertentu atau apapun, (konsep) "Trinitas" (dlm tanda kutip) adalah sebuah keniscayaan ketika Tuhan ditempatkan sebagai sesuatu yg terpisah dari (atau tidak terjangkau oleh) manusia, sehingga perlu adanya semacam "interface" antar keduanya...eh keduanya atau keduaNya yak?

    Konsekuensinya, konsep tsb tidak diperlukan dlm pantheism maupun deism. Pantheism tidak perlu adanya interface krn Tuhan adalah (bagian utuh dari) alam semesta itu sendiri termasuk manusia didalamnya (semesta). Sedangkan deism tidak perlu interface krn interface itu sendiri memang tidak ada, dus antara Tuhan dan manusia benar2 terpisah meskipun seorang deist tetap percaya Tuhan itu ada.

    ***
    Saya seorang theist, dus bukan atheist. Inilah dasar (dari) belief saya.

    Tapi saya bukan pantheist dan juga bukan deist. Atau, sebaliknya, bisa disebut juga pantheist sekaligus deist atau sering disebut panentheist.

    So, sbg konsekuensi dan implikasi dari hal tsb...:

    Apakah saya perlu (konsep) "Trinitas" seperti dlm penjelasan singkat pada bagian atas? Jawabnya: YA dan TIDAK.

    YA, karena saya bukan pantheist juga bukan deist. TIDAK, karena saya panentheist (pantheist sekaligus deist).

    Lalu, jika YA, (konsep) "Trinitas" seperti apakah yg saya perlu?

    ***
    Nah ini dia...

    DJISAMSOE adalah Trinitas. Tiga "pribadi" (DJI, SAM dan SOE) dalam ke-Esa-an (DJISAMSOE).

    Lalu apa itu DJI? DJI adalah DJI. Ndak bisa dijelaskan dgn kata2. Sangat misterius. Ndak bisa dijangkau dgn logika. Ndak bisa dirasakan dgn indera. Nonsense, alias tidak bisa dicerna dgn senses. Pokoke, DJI adalah DJI. Titik.

    Terus apa itu SAM? Ada yg menyebut SAM itu adalah Roh Kudus. Ruhul Qudus. Ada juga yg menyebut (malaikat) Jibril.

    Lha trus kalo SOE itu apa? Yesus kah? Daud? Ibrahim? Musa? Muhammad? Sidharta Gautama? Ataukah Siti Jenar? Al-Hallaj? Atau malah Mother Theresa? Gandhi? Atau jgn2 malah Hitler? Pol Pot? Mmm...atau malah aku (234)?

    Lho tapi kenapa (SOE) bukan Mak Lampir? Ya bukan lah..., Mak Lampir kan lelembut! Kalo Superman? Batman? Gundala Putera Petir? Ndak mungkin, mereka kan fiktif! Atau matahari? Bulan? Piramida Mesir? Ka'bah? Menara Pisa? Masjid? Gereja? Pura? Atau malah Gunung Galunggung? Merapi? Ah makin meng-ada2 aja, itu semua kan benda mati!

    Ooo...berarti at least bisa disimpulkan dong, bahwa SOE itu (wujud) manusia alias wong, bukan lelembut, bukan superhero fiktif dan bukan benda mati.

    So, mengutip dari "signature 234"...:

    Gusti iku dumunung ing atine wong kang becik, mulo iku diarani: Bagusing Ati. Eh maksudku, DJI iku dumunung ing SAM-e SOE, mulo iku diarani: DJISAMSOE.

    ***
    (Nama) DJISAMSOE itu lazim dipanggil dgn nama utuh DJISAMSOE, atau bisa dgn panggilan pendek DJI ataupun SOE, atau bisa juga dgn nama panggilan SAMSOE. Yang ndak lazim itu panggilan SAM, DJISAM maupun DJISOE.

    Kenapa (bisa) DJI atau SOE tapi bukan SAM? Karena DJI dan SOE itu masing2 bisa berdiri sendiri sbg "pribadi". Sedangkan SAM itu sebenarnya hanya "atribut", bukan "pribadi". So, SAM tidak bisa berdiri sendiri tanpa adanya "pribadi" yg menyertai.

    Lalu kenapa ndak bisa/lazim (dipanggil) DJISOE? Karena DJI dan SOE ndak bisa "disatukan" tanpa menyertakan SAM.

    Tapi kenapa bisa (dipanggil) SAMSOE? Karena SAM memang bisa disatukan dgn SOE tanpa menyertakan DJI. Bahasa gaulnya, itu (analoginya) disebut "atheist". Bagi theist, SAM itu (meng)ada karena SOE ada, dimana SAM diperlukan sebagai interface bagi SOE untuk "sampai kepada" DJI.

    Lho?! Trus kenapa dgn DJISAM? Mestinya itu juga bisa/lazim dong (sebagai nama panggilan)? Kan sebagai interface, bukankah SAM itu juga interface bagi DJI? Jawabnya: Bukan! SOE lah yg membutuhkan DJI, bukan DJI membutuhkan SOE. So, SAM tidak bisa disatukan dgn DJI (sebagai DJISAM) tanpa menyertakan SOE.

    So, mengutip dari sebuah "ayat 234"...:

    "SOE lah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada yang sampai kepada DJI kecuali melalui SOE, dengan SAM sebagai interface tentunya." (Dji Sam Soe Fatsal-5 Ayat 234).

    Note:
    DJI dianalogikan sbg "Tuhan"
    SAM analogi untuk roh...eh "hati kudus" ding
    SOE analoginya adalah "aku (manusia)"


    Last edited by 234; 29-01-2014 at 02:41 PM.

  10. #110
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Quote Originally Posted by danalingga View Post
    Pada akhirnya kok saya merasa kalo Trinitas itu cuma sekedar politik identitas (seperti yg dibahas dalam tread lain).
    Kristen itu identitasnya ya Trinitas. Kalo nggak mengamini Trinitas ya bukan kristen.
    Menjadi Kristen itu intinya ada di Kristus, percaya kepada Yesus.

    Trinitas itu theologi, banyak orang kristen sama sekali tak paham hal ini, tidak jadi masalah, toh nanti di surga ketemu Tuhan langsung jadi bisa tahu semua.

    Yg penting di dunia mau menyambut tawaran keselamatan yg sudah dirancang Allah untuk manusia.

  11. #111
    pelanggan tetap purba's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    1,672
    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    Menjadi Kristen itu intinya ada di Kristus, percaya kepada Yesus.

    Trinitas itu theologi, banyak orang kristen sama sekali tak paham hal ini, tidak jadi masalah, toh nanti di surga ketemu Tuhan langsung jadi bisa tahu semua.

    Yg penting di dunia mau menyambut tawaran keselamatan yg sudah dirancang Allah untuk manusia.
    Lan, coba ente jelaskan apa itu Yesus, Allah, Roh Kudus, Tuhan, Bapa, dan (mgk) ada yg lain?


Page 6 of 6 FirstFirst ... 456

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •