Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 20 of 49

Thread: Tentang Pencitraan

  1. #1

    Tentang Pencitraan

    Sepemahaman saya saat ini istilah pencitraan jadi berkonotasi jelek
    dalam politik.

    Padahal kan politik memang sebuah kerja pencitraan.
    Bagaimana citra seseorang di mata publik. Jadi pencitraan
    sih harusnya normal normal saja dalam dunia politik dan tidak
    jelek. Bahkan merupakan sebuah keniscayaan.
    Last edited by danalingga; 06-11-2012 at 03:28 PM.

  2. #2
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    pencitraan itu bagus, bermakna positif. politisi memang butuh
    membangun citra tertentu di depan publik untuk berhasil.

    dianggap negatif karena penggunaan kata tersebut di media
    masa untuk merujuk politisi yang lebih mementingkan citra
    dibandingkan kinerja.

  3. #3
    Nah, itu padahal kalopun melakukan pencitraan asal
    kinerjanya sesuai atau paling tidak mendekati, yah harusnya
    fine2 saja toh.

    Kalo nggak melakukan pencitraan, yah mana mungkin dikenal secara
    luas dan alhasih agak susah untuk terpilih dalam pertarungan
    politik.

  4. #4
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    memberikan kesan baik sama menjilat itu beda....kalo pencitraannya memberi kesan baik dengan kinerja yang baik, so what?

  5. #5
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    5,135
    itu sih awak media saja yang kurang kerjaan

    Si Dahlan lagi buka pintu Tol, ada saja kameramen
    yang ngikutin. Coba kalau diam-diam, lalu nanti be
    ritanya muncul dari para pengemudi yang bercerita
    tadi pintu tol dibuka pak Dahlan dan digratiskan, ma
    ka akan lebih manis beritanya...

    kalau sibuya sih, memang kemana-mana bawa media,
    namanya juga ***** tampil yang selalu ingin eksis.

    sekarang yang lagi gw prihatinin, media yang lebay
    ngikuti Jokowi kemana-mana

  6. #6
    pelanggan tetap purba's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    1,672
    Quote Originally Posted by danalingga View Post
    Sepemahaman saya saat ini istilah pencitraan jadi berkonotasi jelek
    dalam politik.
    Namanya juga bahasa, sifatnya dinamis.

    Padahal kan politik memang sebuah kerja pencitraan.
    Bukan. Berpolitik itu bernegara. Bagaimana bernegara dgn baik agar tujuan negara tercapai.

    Bagaimana citra seseorang di mata publik. Jadi pencitraan
    sih harusnya normal normal saja dalam dunia politik dan tidak
    jelek. Bahkan merupakan sebuah keniscayaan.
    Pencitraan yg dipahami sekarang sebagai penipuan, seolah-olah berprestasi, padahal tidak.


  7. #7
    Bukan. Berpolitik itu bernegara. Bagaimana bernegara dgn baik agar tujuan negara tercapai.
    Kalo soal politik aja lo pake pengertian yang baku dan bener Pur.
    Tapi kalo pencitraan lo pake pengertian yang lain.
    Dasar Purba.

    ---------- Post Merged at 04:45 PM ----------

    Si Dahlan lagi buka pintu Tol, ada saja kameramen
    yang ngikutin. Coba kalau diam-diam, lalu nanti be
    ritanya muncul dari para pengemudi yang bercerita
    tadi pintu tol dibuka pak Dahlan dan digratiskan, ma
    ka akan lebih manis beritanya...
    Iya lebih manis sih. Tapi dengan masuk media
    efeknya jadi lebih luas. Memang ada yang nggak suka,
    tapi sepertinya yang suka lebih banyak.

    Jadi masih untung tuh kalo mau itung2 an.

  8. #8
    pelanggan tetap ga_genah's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    1,653
    media skrg emang sedang lebay

  9. #9
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    5,135
    Quote Originally Posted by danalingga View Post
    Iya lebih manis sih. Tapi dengan masuk media
    efeknya jadi lebih luas. Memang ada yang nggak suka,
    tapi sepertinya yang suka lebih banyak.

    Jadi masih untung tuh kalo mau itung2 an.
    gw takut tokoh-tokoh yang kita harapkan ini, keca
    paian meladeni media yang tidak kenal waktu mengum
    bar kelebay-annya

  10. #10
    pelanggan tetap purba's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    1,672
    Quote Originally Posted by danalingga View Post
    Kalo soal politik aja lo pake pengertian yang baku dan bener Pur.
    Tapi kalo pencitraan lo pake pengertian yang lain.
    Yah beda... Pernyataan "politik adalah kerja pencitraan" adalah pendapat ente, karena itu ane bantah. Sedangkan kata "pencitraan" yg berkonotasi negatif memang dipakai di media, bukan pendapat ane. Kalo gak suka dgn konotasi tsb, bisa saja pake kata lain misalnya "cari muka", sehingga kalimatnya "Dahlan Iskan sedang cari muka".



    Iya lebih manis sih. Tapi dengan masuk media
    efeknya jadi lebih luas. Memang ada yang nggak suka,
    tapi sepertinya yang suka lebih banyak.

    Jadi masih untung tuh kalo mau itung2 an.
    Dulu juga begitu, SBY menjadi presiden karena rakyatnya suka dgn pencitraan. Sekarang SBY disesalkan karena pencitraan tsb. Nanti DI jadi presiden karena rakyatnya banyak yg suka pencitraan. Kemudian DI disesalkan karena pencitraan tsb. Kok gak belajar dari pengalaman?


  11. #11
    Quote Originally Posted by Ronggolawe View Post
    gw takut tokoh-tokoh yang kita harapkan ini, keca
    paian meladeni media yang tidak kenal waktu mengum
    bar kelebay-annya
    Berarti bagusnya sih medianya tidak usah dilayani.
    Tapi nanti pasti muncul tuduhan negatif lagi,
    nggak koperatif ama media, gimana dengan rakyat.

    Negara serba salah memang.

    ---------- Post Merged at 10:30 PM ----------

    Yah beda... Pernyataan "politik adalah kerja pencitraan" adalah pendapat ente, karena itu ane bantah. Sedangkan kata "pencitraan" yg berkonotasi negatif memang dipakai di media, bukan pendapat ane. Kalo gak suka dgn konotasi tsb, bisa saja pake kata lain misalnya "cari muka", sehingga kalimatnya "Dahlan Iskan sedang cari muka".
    Nah, kalo diganti dengan cari muka kan jelas tujuannya. Membantahnya pun lebih enak.

    Tapi khusus thread ini saya pengen fokus ke pencitraan itu.
    Dan saya berpendapat pencitraan sah sah saja dalam politik.
    Bahkan bagus asal memang citra yang dibangun itu sesuai
    dengan kinerjanya.

    ---------- Post Merged at 10:34 PM ----------

    Dulu juga begitu, SBY menjadi presiden karena rakyatnya suka dgn pencitraan. Sekarang SBY disesalkan karena pencitraan tsb. Nanti DI jadi presiden karena rakyatnya banyak yg suka pencitraan. Kemudian DI disesalkan karena pencitraan tsb. Kok gak belajar dari pengalaman?
    Kalo soal ini berarti rakyat tidak bisa melihat apakah kinerjanya sesuai dengan citra yang dibangun.
    Jadi bukan salah politik pencitraannya. Toh semua saingan SBY juga saat itu juga membangun citra.

  12. #12
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Quote Originally Posted by Ronggolawe View Post
    sekarang yang lagi gw prihatinin, media yang lebay
    ngikuti Jokowi kemana-mana
    Bener. Pertanyaan2nya nyebelin.

  13. #13
    pelanggan tetap purba's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    1,672
    Quote Originally Posted by danalingga View Post
    Kalo soal ini berarti rakyat tidak bisa melihat apakah kinerjanya sesuai dengan citra yang dibangun.
    Jadi bukan salah politik pencitraannya. Toh semua saingan SBY juga saat itu juga membangun citra.
    Gegara pencitraan, rakyat tertipu oleh SBY. Jadi pencitraan baik atau tidak?

    ---------- Post Merged at 08:18 AM ----------

    Quote Originally Posted by Ronggolawe View Post
    gw takut tokoh-tokoh yang kita harapkan ini, keca
    paian meladeni media yang tidak kenal waktu mengum
    bar kelebay-annya
    Media begitu karena pemirsa di rumah memang senang dgn berita pencitraan. Kok jadi media yg disalahkan? Kenapa bukan pemirsa di rumah?

  14. #14
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    kok pemirsa yang disalahkan ? makin aneh aja purba.

    kalau dalam bisnis pencitraan itu mirip membangun branding.
    apple punya branding position tertentu, kalau ada yang bilang apple bakal punya bayangan gedget mahal berkelas, gaul blablabla..
    dalam politik kurasa ga beda jauh, sama2 jualan.
    itu kalau emang niat "jualan"
    dalam hal ini DI yang ngejar2 wartawan, yang lebai media napa dia yang dituduh mau jualan?
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  15. #15
    Gegara pencitraan, rakyat tertipu oleh SBY. Jadi pencitraan baik atau tidak?
    Baik. Karena tanpa pencitraan malah tidak tahu sama sekali tentang kandidat.
    Emang mau beli kucing dalam karung?

    ---------- Post Merged at 09:40 AM ----------

    Btw, ini buat semua -- bukan purba saja.
    Kalo boleh tahu pengen tahu apa ada pemilu
    di negara mana saja yang tanpa pencitraan ya?

  16. #16
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    ya ga ada lah... obama ama roomney juga jualan program kerja dan mencitrakan diri mereka ke calon pemilih
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  17. #17
    Btw, tentang SBY.
    Mungkin bagi kita pencitraannya
    tidak sesuai dengan kinerja.
    Tapi bagi sebagian orang mungkin
    sudah sesuai. Contoh bagi guru,
    citranya kan menaikkan gaji guru,
    dah sesuai tuh.

  18. #18
    pelanggan tetap purba's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    1,672
    Quote Originally Posted by danalingga View Post
    Baik. Karena tanpa pencitraan malah tidak tahu sama sekali tentang kandidat.
    Emang mau beli kucing dalam karung?

    Btw, ini buat semua -- bukan purba saja.
    Kalo boleh tahu pengen tahu apa ada pemilu
    di negara mana saja yang tanpa pencitraan ya?
    Ane jadi pengen tanya, memangnya apa yg ente pahami sbg pencitraan?

    Kalo ane begini. Pencitraan misalnya iklan Abu Rizal Bakri pake baju Jawa trus memberikan penghargaan kepada para dalang wayang kulit. Tujuannya utk memberikan citra atau kesan kepada masyarakat Jawa bahwa ARB perhatian dgn budaya Jawa meski ARB bukan orang Jawa.

    Sedangkan debat calon gubernur DKI yg lalu, itu bukan pencitraan, tapi pemaparan visi misi mereka sbg calon gubernur DKI. Demikian juga debat Obama vs Roomney, mereka memaparkan program-program mereka jika terpilih menjadi presiden AS nanti. Jadi pemilu tidak identik dgn pencitraan.

    Kalo ente TIDAK MAU membeli kucing dalam karung, JUSTRU ente harus menghindari pencitraan, bersamaan dgn itu beralih menilai program-program yg ditawarkan calon pejabat. Dan, pemaparan program dlm pemilu adalah bukan pencitraan.

    Last edited by purba; 07-11-2012 at 06:57 PM. Reason: dobel

  19. #19
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,398
    Quote Originally Posted by danalingga View Post
    Baik. Karena tanpa pencitraan malah tidak tahu sama sekali tentang kandidat.
    Emang mau beli kucing dalam karung?
    Mas Lingga mau beli karungnya atau kucingnya?

    Mbok pikir pencitraan itu bisa seperti beli kucing dalam karung sutra padahal kucingnya kurus kering dan budukan.

  20. #20
    pelanggan tetap purba's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    1,672
    Quote Originally Posted by cha_n View Post
    kok pemirsa yang disalahkan ? makin aneh aja purba.
    Lha media membuat berita sesuai keinginan pemirsa. Kalo kagak, dapet duit dari mana? Ini Bambang Harimurti (direktur Tempo) lho yg bilang (dlm salah satu acara Sugeng Sarjadi setiap senin malam).

    Jelaslah tingkah DI yg tidak biasa di kalangan pejabat akan menjadi berita menarik bagi rakyat Indonesia. Beda dgn Obama di AS yg rakyatnya terbiasa dgn budaya rasional dan egaliter. Seandainya Obama melakukan aksi seperti DI, tidak akan populer di mata rakyat AS.


Page 1 of 3 123 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •