Page 1 of 5 123 ... LastLast
Results 1 to 20 of 109

Thread: Sifat Tuhan

Hybrid View

Previous Post Previous Post   Next Post Next Post
  1. #1
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288

    Sifat Tuhan

    Tadi saya baca status di FB, ada yg menulis "aku beriman kepadaNya karena aku takut Neraka-Nya"

    wah sedih saya bacanya...

    Benarkah Tuhan akan menyiksa seseorang hanya karena orang itu tak percaya kepada Tuhan ?
    Kalau memang Tuhan seperti itu berarti Tuhan moralnya lebih bejad dari manusia.

    Kenapa saya masukkan topik ini di Filsafat ? karena saya ingin mengajak orang untuk berpikir secara logis, sebetulnya sang pencipta itu seperti apa ?

    Apakah dia begitu kejam dan mirip2 psikopat yg suka menyiksa manusia ?

    Coba pikir, kalau Tuhan begitu kejam, mengapa manusia bisa menjadi lebih lembut dan penuh kasih daripada sang penciptanya ?

  2. #2
    pelanggan Sauron's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    Middle Earth
    Posts
    356
    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    Tadi saya baca status di FB, ada yg menulis "aku beriman kepadaNya karena aku takut Neraka-Nya"

    wah sedih saya bacanya...

    Benarkah Tuhan akan menyiksa seseorang hanya karena orang itu tak percaya kepada Tuhan ?
    Kalau memang Tuhan seperti itu berarti Tuhan moralnya lebih bejad dari manusia.

    Kenapa saya masukkan topik ini di Filsafat ? karena saya ingin mengajak orang untuk berpikir secara logis, sebetulnya sang pencipta itu seperti apa ?

    Apakah dia begitu kejam dan mirip2 psikopat yg suka menyiksa manusia ?

    Coba pikir, kalau Tuhan begitu kejam, mengapa manusia bisa menjadi lebih lembut dan penuh kasih daripada sang penciptanya ?

    Hukum sebab-akibat tetap berlaku kan?

    Azab dan hukuman adalah sebuah akibat/konsekwensi dari sebuah sebab. Apa sebab
    jatuhnya suatu azab, tentu saja ada. Nikmat dan hadiah juga akibat dari suatu sebab.

    Menurut saia, tidak beralasan mengatakan Tuhan itu bejat semata-mata karena adanya siksa/hukuman.

    Tuhan menghukum seseorang jelas ada sebabnya.
    Ahhh...

  3. #3
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Yup, hukum sebab akibat itu berlaku, dan Tuhanlah yg jadi Hakimnya.

    Nah karena ini forum filsafat, maka coba pikirkan apakah adil bila Tuhan menyiksa orang dalam api selama-lamanya karena orang itu tidak percaya agama tertentu ?

    Bagi saya, rasa keadilan itu ada dalam hati tiap orang karena Tuhan sendiri yg memperlengkapi manusia dengan sifat tersebut.

    Maka dengan sifat pemberian Tuhan itu, mari pikirkan apakah Adil bila seorang Atheis yg hidupnya sangat baik dan lembut pada sesama akhirnya dibakar dineraka hanya karena dia menolak percaya agama tertentu ?

  4. #4
    pelanggan Sauron's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    Middle Earth
    Posts
    356
    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    Yup, hukum sebab akibat itu berlaku, dan Tuhanlah yg jadi Hakimnya.
    Benar, dalam hal ini mas Aslan saia asumsikan percaya dengan adanya konswekwensi atas segala tindakan.

    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    Nah karena ini forum filsafat, maka coba pikirkan apakah adil bila Tuhan menyiksa orang dalam api selama-lamanya karena orang itu tidak percaya agama tertentu ?
    Ini perlu diluruskan dahulu, Tuhan menurut yang mana nih? Kudu jelas dulu. Tentang penyiksaan ke dalam api, juga kudu dijelasin dulu. Karena proses itu hanya dipercayai dalam ranah agama, dalam ranah filsafat tidak dikenali sama sekali.

    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    Bagi saya, rasa keadilan itu ada dalam hati tiap orang karena Tuhan sendiri yg memperlengkapi manusia dengan sifat tersebut.
    Tuhan yang mana yang dimaksud di sini?

    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    Maka dengan sifat pemberian Tuhan itu, mari pikirkan apakah Adil bila seorang Atheis yg hidupnya sangat baik dan lembut pada sesama akhirnya dibakar dineraka hanya karena dia menolak percaya agama tertentu ?
    Kalau meninjau dari sudut filsafat, perlu dipertanyakan balik loh, neraka itu seperti apa? bagaimana kadar kepercayaan yang harus dipunyai seseorang agar terhindar dari hukuman tersebut? Bagaimana sistem penyiksaan tersebut? Menggunakan api seperti apakah? Apa bahan bakarnya? dll.

    Tapi, kalau meninjaunya dari sudut agama, tentu saja berbeda.

    Bai de wei, tahu dari mana mas Aslan bahwa seorang Atheis pasti dibakar di neraka?

    *ngopi dulu mas Aslan*
    Ahhh...

  5. #5
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    Yup, hukum sebab akibat itu berlaku, dan Tuhanlah yg jadi Hakimnya.

    Nah karena ini forum filsafat, maka coba pikirkan apakah adil bila Tuhan menyiksa orang dalam api selama-lamanya karena orang itu tidak percaya agama tertentu ?

    Bagi saya, rasa keadilan itu ada dalam hati tiap orang karena Tuhan sendiri yg memperlengkapi manusia dengan sifat tersebut.

    Maka dengan sifat pemberian Tuhan itu, mari pikirkan apakah Adil bila seorang Atheis yg hidupnya sangat baik dan lembut pada sesama akhirnya dibakar dineraka hanya karena dia menolak percaya agama tertentu ?
    Tuhan itu maha adil dan maha tahu lan.. jadi anggap saja tuhan itu memang bener2 tahu ttg detil kehidupan seorang atheis (ataupun theis) yg baik (ataupun buruk) dan bisa berlaku adil layaknya hakim lulusan s3 pengalaman ratusan tahun anti kkn. So ga ada yg perlu elu pertanyakan kalo emang elu percaya yg maha tahu dan maha adil itu.

    Kalo ada orang pegang semboyan takut masuk neraka, ya biar saja, selama ga mengganggu privasi anda.

    Diaduk dulu dong kopinya.. tambah gula?

  6. #6
    Salam

    wahai tetanggaku yang saya hormati

    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    Yup, hukum sebab akibat itu berlaku, dan Tuhanlah yg jadi Hakimnya.

    Nah karena ini forum filsafat, maka coba pikirkan apakah adil bila Tuhan menyiksa orang dalam api selama-lamanya karena orang itu tidak percaya agama tertentu ?

    Bagi saya, rasa keadilan itu ada dalam hati tiap orang karena Tuhan sendiri yg memperlengkapi manusia dengan sifat tersebut.

    Maka dengan sifat pemberian Tuhan itu, mari pikirkan apakah Adil bila seorang Atheis yg hidupnya sangat baik dan lembut pada sesama akhirnya dibakar dineraka hanya karena dia menolak percaya agama tertentu ?
    sungguh dari tiap-tiap GOLONGAN terdapat orang-orang yang mendapatkan petunjuk

    tahukah siapa dia...??

    yang selalu WASPADA terhadap dirinya sendiri

    yang menghukum dirinya adalah dirinya sendiri

    pilihan itu ada setelah kamu mampu MEMILIH dan mempertanggung jawabkan apa pilihan itu

    bagai mana kamu menggunakan pilihan itu, bagaimana melakukan pilihan itu

    jika kamu menganggap bahwa SATU TUHAN lah yang menurunkan semua AGAMA, mengapa kamu meremehkan PILIHAN orang itu

    bukankah KEBEBASAN manusia untuk memilih dan setiap pilihan itu KAMU HARUS MEMPERTANGGANG JAWABKAN

    TATAP MUKA LANGSUNG KEPADA TUHAN setelah kita semua meninggal,

    titik inilah yaitu MENINGGAL maka KITA AKAN MENGETAHUI .....BENARKAH PILIHAN KITA ITU...??

  7. #7
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Ada orang yg takut neraka, itu memang tidak mengganggu privasi saya, maka saya juga tidak mengganggu dia. Saya hanya membawa topik tersebut ke forum filsafat untuk dipikirkan bersama.
    Saya mengajak orang berfikir, sang pencipta itu kira2 sifatnya seperti apa ?

    Orang boleh punya standar yg berbeda2, tapi kalau semua jujur dengan hati nurani tentu derajad perbedaannya tidak akan terlalu jauh.

    Misalnya ada seorang anak kecil yg mencontek di kelas, lalu gurunya menghukum dia dengan cara dilempar ke jurang hingga tewas.
    Saya rasa sebagian besar orang yg jujur dengan hati nuraninya akan berkata bahwa hukuman semacam itu terlalu kejam dan tidak adil.

    Yang saya pikirkan, Sang Pencipta itu sifatnya seperti apa ?
    apakah Dia itu Adil ? atau condong kearah kejam (cenderung menghukum lebih berat dari kesalahan) atau lembek (cenderung menghukum lebih ringan atau tidak menghukum sama sekali) ?

    Saya rasa masalah ini cukup familiar bagi orang2 beragama, terutama agama semit (Yahudi, Kristen, Islam)
    Dalam Kristen banyak orang yg takut hukuman Tuhan.

    Takut hukuman Tuhan bisa bersifat positif dan bisa negatif.

    Kalau Takutnya membuat hormat dan sadar akan keadilan Tuhan, itu baik.
    Tapi kalau Takutnya sampai mebuat Image Tuhan sebagai penguasa yang kejam, itu fitnah.

    Seperti orang tua yg menakut2i anaknya "nanti kamu ditangkap polisi lalu disiksa" itu sebuah fitnah terhadap polisi.

    Bleg, kalau kamu meyakini bahwa Tuhan itu maha tahu dan menghakimi dengan adil, maka pemahamanmu tentang Tuhan itu mirip sekali dengan saya, apakah pemahaman kita itu benar ? itulah yg perlu kita uji di forum filsafat.

  8. #8
    pelanggan Sauron's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    Middle Earth
    Posts
    356
    Terasa agak aneh ya, mencoba mengukur standar keadilan Tuhan dengan neraca yang dipakai manusia.

    Jawabannya: Kagak nyambung dong...

    Jadi, kalau mas Aslan asumsikan Tuhan itu adil, bagaimana seharusnya Tuhan bersikap terhadap hal itu?
    Ahhh...

  9. #9
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Mana ada guru menghukum murid melempar ke jurang. Apa kagak dituntut ame ortunye? gila tuh dosen

    Lagian darimana ente tau tuhan tidak kejam dan selalu baik hati? Mungkin karena elu membayangkan tuhan itu manusia. Coba elu bayangin tuhan itu seorang professor peneliti dan manusia adalah robot ciptaannya. Kalo seandainya professor itu memusnahkan robot ciptaannya, apakah sang professor jahat? Kalo misalnya professor bikin virus lalu membuat anti virus yg MEMBUNUH virus tsb, apakah professor kejam?

    Surga neraka ceritanya diciptakan tuhan, lalu manusia diciptakan tuhan. Manusia diciptakan menghuni bumi, lalu sapa yg baek masuk surga dan sapa yg jahat masuk neraka. That's it. Mgk bagi manusia proses tsb amat sangat maha complicated, tapi bagi pencipta itu sudah RENCANA Nya, proyek selesai, tutup buku, masuk box, cari proyek lain.

    Manusia di dunia ini merupakan takdir. Takdir manusia. Memang sudah diRENCANAkan bahwa manusia ada dibumi, bunuh2an ato saling mencinta, lalu kiamat. End of story. Jadi mau tuhan itu maha baik ataupun maha kejam, gw rasa ga ngepek deh..

  10. #10
    Tadi saya baca status di FB, ada yg menulis "aku beriman kepadaNya karena aku takut Neraka-Nya"

    wah sedih saya bacanya...
    harusnya orang yng punya keimanan kyk gitu yng dibahas
    "iman krn takut hukuman semata".

    "patuh krn ada pak polisi"

    "tunduk krn takut gak digaji"

    dll, dsb
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  11. #11
    kalo saya denger-denger dari manusia sekeliling kok Ya Tuhan itu bersifat seperti manusia ya? Hanya saja dengan embel-embel maha -- seperti maha penyayang, maha pengasih, dan maha-maha yang lain.

  12. #12
    pelanggan tetap PERMANDYAN's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    denpasar - bali
    Posts
    1,790
    Quote Originally Posted by danalingga View Post
    kalo saya denger-denger dari manusia sekeliling kok Ya Tuhan itu bersifat seperti manusia ya? Hanya saja dengan embel-embel maha -- seperti maha penyayang, maha pengasih, dan maha-maha yang lain.

    mmmm....
    menoeroet permandyan
    boekan toehan bersifat seperti manoesia, namoen toehan memberikan sifatnja kepada manoesia dan manoesia diberikan kebebasan oentoek menggoenakanja

  13. #13
    pelanggan setia serendipity's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,769
    seharusnya kita berpikir bahwa menyembah Tuhan bukan hanya untuk masuk surga, tapi karna kita memang ingin menyembah Tuhan,dan sadar bahwa menyembah karna Tuhan sudah terlalu baik pada kita

  14. #14
    Quote Originally Posted by serendipity View Post
    seharusnya kita berpikir bahwa menyembah Tuhan bukan hanya untuk masuk surga, tapi karna kita memang ingin menyembah Tuhan,dan sadar bahwa menyembah karna Tuhan sudah terlalu baik pada kita
    klo menurut gw, idealnya, manusia ya nyembah Tuhan karena Tuhan memang yang pantas disembah, dan manusia adalah ciptaanNya. statusnya udah kayak gitu. sama kayak misal, punya nyokap pemabok pun, anak harus tetep hormat sama nyokapnya. anak kalo nggak hormat sama nyokapnya ya salah, walaupun anak itu sendiri nggak merasa minta untuk dilahirkan. (ini analoginya cocoknya buat manusia yang merasa kalo Tuhan emang semena-mena tanpa ada alasan yang bagus)

    jadi seandainya Tuhan nggak baik sama kita pun, mestinya kita tetep nyembah. tapi ya yang namanya manusia, pastilah ada sombong2nya dan memberontak2nya.. jadinya banyak yang nggak nyembah karena nggak merasa Tuhan baik sama dia atau sama dunia.

    bahkan Tuhan baik pun, masih banyak yang nggak nyembah. kayaknya Tuhan emang tau sifat manusia, makanya sampe bikin sistem pahala dan dosa. udah pake sistem pahala dan dosa aja masih banyak yang nggak nyembah.

    tapi gw pribadi sih yakin, kalo Tuhan ngasih gw masalah yang bener2 kayak ta*, tetep ada alasan bagusnya. Misal, supaya kita bisa bersabar, dan bersabar itu bagus untuk jiwa manusia. (ya mungkin bukan itu alesannya, tapi nanti ada alesan lain )

  15. #15
    @dana:
    embael2 maha tuh sebenernya salahkaprah
    krn maseh ada maha yng laen

    - mahaguru
    - mahasiswa
    - mahameru
    - maharani
    - apalage neh
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  16. #16
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Mana ada guru menghukum murid melempar ke jurang. Apa kagak dituntut ame ortunye? gila tuh dosen
    Nah kita bisa menilai si guru itu keterlaluan, atau mungkin gila.
    Lalu bagaimana kalau ada orang yg mengajarkan bahwa Tuhan itu perilakunya seperti si guru itu ? apakah kita mau percaya begitu saja ?

  17. #17
    pelanggan Sauron's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    Middle Earth
    Posts
    356
    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    Nah kita bisa menilai si guru itu keterlaluan, atau mungkin gila.
    Lalu bagaimana kalau ada orang yg mengajarkan bahwa Tuhan itu perilakunya seperti si guru itu ? apakah kita mau percaya begitu saja ?
    Mana ada ajaran di dunia ini yg mengajarkan kalau Tuhan suka melempar orang ke jurang?

    Perasaan... Baru dengar kali ini deh.

    Apa saia yg kurang baca, kali ya.

  18. #18
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Yah.. tuhan bukan manusia kok.. disama2in..

  19. #19
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Meskipun Tuhan bukan manusia, tapi Tuhan dan manusia sama2 punya rasa keadilan. Ini karena manusia diciptakan oleh Tuhan.

    Tapi kalau ada orang yg mengajarkan Tuhan yg moralnya jauh dibawah manusia, ya harus kita pertanyakan apakah ajaran tersebut benar.

  20. #20
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    Meskipun Tuhan bukan manusia, tapi Tuhan dan manusia sama2 punya rasa keadilan. Ini karena manusia diciptakan oleh Tuhan.

    Tapi kalau ada orang yg mengajarkan Tuhan yg moralnya jauh dibawah manusia, ya harus kita pertanyakan apakah ajaran tersebut benar.
    Lah, ajaran agama katanya datang dari tuhan, masa menjatuhkan moral tuhan.. ada2 aja jalan pikiran lu lan.. Berati tu ajaran dari setan.

Page 1 of 5 123 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •