Results 1 to 16 of 16

Thread: Midnight Call [cerita tentang insomnia]

  1. #1

    Midnight Call [cerita tentang insomnia]

    Barusan baca soal insomnia, kebetulan aq juga mengidap penyakit susah tidur akhir2 ini...


    midnight call

    Aku terbangun oleh dering telepon itu. Pertama aku biarkan karena jika penting, pasti akan ada dering sesudah itu. Dan aku masuki kamar/studioku, membuka laptop. Kemudian dering itu terdengar lagi…. kring…kring…. Aku angkat.

    “Maaf tengah malam begini. Saya XXX temannya Gen. Gen ada?” Hmmm kayaknya sih tidak penting, dan aku tahu Gen sulit dibangunkan.
    “Wah maaf Gen sulit dibangunkan. Dia baru tidur…”
    “Imelda?”
    “Ya…saya. ”
    “Masih ingat pada saya?”
    “Ya saya ingat…. ”
    “Maaf ya saya menelepon malam-malam begini.”
    “Tidak apa kok. Kebetulan saya sudah terbangun. Ada apa? Kamu mau cerita pada saya?”
    “Saya baru menutup telepon dengan orang lain. Teman saya, sahabat saya. Dulu saya selalu menemani dia, mendengarkan curhatnya. Tapi tadi saya mau curhat, dia tidak mau dengar…..”
    “Hmmm mungkin dia mengantuk, dan besok perlu bangun pagi. Anggap saja begitu. Bukannya dia tidak mau dengar kamu.”
    “Iya ya…pasti begitu ya….”
    “Begini… setiap orang kan memang berubah. Yang dulu bisa, menjadi tidak bisa. Dan itu tidak bisa dielakkan. Setiap kehidupan itu berputar terus. Memang menyedihkan. Tapi kita harus menyesuaikan diri. ”
    “Terima kasih ya mau mendengarkan saya. Padahal sudah malam begini. Iya memang semua berubah….”

    Pembicaraan selanjutnya mengenai keluarga saya, mengenai masa lalunya, mengenai perceraiannya dan lain-lain. Tak terasa 2 jam berlalu… sudah jam 3 pagi. Dan meskipun saya berkata, kamu boleh telepon lagi lain kali, dan kalau aku terbangun kita bicara lagi… sejak itu dia tidak pernah telepon.

    Semoga dia baik-baik saja…

    Dan paginya waktu aku bercerita pada Gen, dia mengucapkan terima kasih atas apa yang kuperbuat untuk temannya itu. Dan terus terang Gen memang bilang dia tidak bisa mendengarkan curhat dari temannya. Hei laki-laki! kamu bisa tidak sih bersahabat dengan sesama jenis? Saling mendengarkan curhat dengan sesama jenis? Kalau wanita, dia bisa bergaul dengan laki-laki dan perempuan. Wanita memang lebih terbuka.

    Padahal apa yang kuperbuat sehingga dia berterima kasih begitu? Hanya menemani temannya dan mendengarkan dia bicara. Tapi… itu yang memang “mewah” dalam kehidupan di Jepang.

    In the wee hours, pada jam jam aneh di malam hari… di dini hari. Manusia yang kesepian amat merasa limbung, gamang ingin ditemani. Tapi… tidak ada orang yang dapat diajak bicara. Karena itu lah saya juga mengetahui bahwa ada beberapa pendeta buddha yang membuka jalur telepon “diskusi kehidupan 24 jam” untuk mendengarkan curhat mereka yang membutuhkan. Kebanyakan orang yang menelepon mempunyai perasaan kuat untuk bunuh diri.

    Tidak kurang dari 30.000 orang Jepang bunuh diri setiap tahunnya. Seberapapun orang berusaha angka ini ditekan… tidak efektif. Mungkin orang Jepang perlu mengkaji kembali hubungan pertemanan mereka.

    Apakah saya “aman” dari rasa limbung itu? Tidak! saya pun selalu mengalami masa-masa sepi dan ragu di malam-malam yang mencekam. Memang siapa sih yang bisa “bebas” dari masalah? Tapi saya punya Tuhan, bisa lari ke Tuhan dengan berdoa. Dan saya juga punya teman-teman baik yang kadang available di jam-jam aneh di dunia maya sana. Bertukar pikiran atau blogwalking juga bisa meringankan pikiran.

    Memang sulit bagi pengidap insomnia untuk melewatkan waktu-waktu di mana orang seharusnya tidur. Dan malam hari memang menggoda manusia untuk berpikiran macam-macam dan merasa labil. Atau karena banyak pikiran itulah maka menjadi insomnia.

    Saya tidak akan bercerita mengenai insomnia lebih mendetil karena itu di luar ranah saya. Tapi kemarin saya tertawa membaca sebuah tulisan dalam bahasa Jepang begini:
    Di Jepang satu dari 10 orang mengidap insomnia. Insomnia ditimbulkan oleh stress atau kondisi badan yang tidak baik, dan salah satu penyebabnya adalah kekurangan vitamin D. Bagi penderita insomnia cobalah makan makanan yang banyak mengandung vitamin D seperti ikan tuna, butter, hati dan lain-lain. Bahan-bahan ini banyak terdapat di Izakaya (tempat minum minuman keras) ya? Cobalah makan dan minum di Izakaya… Mungkin dengan demikian Andapun bisa tidur lelap…..

    Tahu kenapa saya tertawa? Ya jelas kalau minum minuman keras bisa mabuk atau tertidur kan? Bukan karena vitamin D nya… Tulisan di atas memang sebuah tulisan di majalah Gourmet, sehingga bisa saja dikategorikan “Iklan Menggoda” kalau bukan “Iklan Menyesatkan” seperti yang ditulis Bro Neo.

    Semoga teman-teman pengidap insomnia bisa mendapatkan teman curhat, atau mendapatkan “obat” yang ampuh untuk mengatasi penyakit modern ini. Kalau mau midnight call ke saya juga boleh … tapi nanti jangan malah tambah insomnia memikirkan tagihan telepon interlokal ya…. hihihihi…..

    Sumber

    ---------- Post Merged at 01:13 AM ----------

    nanti kurapikan kalo dah pake PC
    Last edited by Nowitzki; 16-09-2012 at 10:42 AM.

  2. #2
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,673
    loh, saya juga pembaca blog bu imelda ini nih

    saya juga sering dituduh insomniac
    biasanya kalo lagi ada pikiran (yang mana sering), insomnia sering terjadi

  3. #3
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,118
    Ini masih melek karena tadi siang bobo ciang.
    dan sebelumnya juga udah bobo.

    kurang capek n bobo siang kali, makanya insomnia.
    gw sih selama di rumah sendiri gampang bobo.
    kecuali kalau di rumah ortu, hari 1 pasti susah bobo.
    kalau di rumah orang lain susaaaahh. masih mendingan di perjalanan gampang bobo

  4. #4
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,673
    saya juga ga ada kebiasaan tidur siang. kalo siangnya tidur, alamat malem bakal susah tidur.

    selain menghindari tidur siang, dulu dokterku pernah suruh, jangan lakukan segala aktivitas di atas tempat tidur, misalnya baca buku, maen komputer, kerja, belajar, bikin pe er, makan, dll, semua itu lakukan pada tempatnya masing2, jangan di tempat tidur. alasannya tempat tidur supaya khusus buat tidur aja, dan badan dilatih untuk itu.

    itu teorinya. cuman dalam prakteknya, saya sih tetep aja

    cuman buatku, suara brisik tidak menggangguku tidur (walo saya termasuk light sleeper). tapi selama ada hal exciting yang membuat otakku aktif, ato kebanyakan pikiran, itu udah cukup bikin saya insomnia.

  5. #5
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    5,137
    meski gw sering juga online tengah malam ampe
    menjelang subuh, tapi gw bukan penderita insom
    nia... gw bisa tidur kapan pun gw pengen tidur...

    syukurlah

  6. #6
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,366
    ^

    sama, kalo perlu saya tidur ketika sedang ngajar

    ....paling nanti muridnya yg bengong
    CURE SUNSHINE WA KAKKOSUGIRU.

  7. #7
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    kalo akhir2 ini insomnia, itu gara2 cuaca yg kelewat panas
    Popo Nest

  8. #8
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,366
    ^
    itu mah gerah, beda atuh
    CURE SUNSHINE WA KAKKOSUGIRU.

  9. #9
    Quote Originally Posted by Yuki View Post
    ^

    sama, kalo perlu saya tidur ketika sedang ngajar

    ....paling nanti muridnya yg bengong

    Enak kayaknya jadi muridnya mbak ini..
    Masih pemula,, harap maklum kalo banyak yang salah ya..


  10. #10
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    Quote Originally Posted by Yuki View Post
    ^
    itu mah gerah, beda atuh
    kalo gitu yuki cocok ngajarin g, karena g sering banget ketiduran di kelas
    bahkan tepat di muka gurunya
    Popo Nest

  11. #11
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    sama po. padahal tiap kuliah duduk paling depan. kalau udah ngantuk ya tetap ketiduran
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  12. #12
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    kalo ngantuk siang2 ya nyari kafein... gw sih begitu.

  13. #13
    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    kalo ngantuk siang2 ya nyari kafein... gw sih begitu.
    hohohoho.. Sama bang.. Makanya saya kuliah dulu bolos terus,, karna belum apa2 sudah sibuk nyari kafein..
    Masih pemula,, harap maklum kalo banyak yang salah ya..


  14. #14
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    insomnia ya... udah beberapa waktu sejak bulan July kayanya , sampe mata kayak panda...

    biasanya sih jam 1 paling telat bobo , soalnya jam 6.30 udah wajib depan laptop...

    tapi emang sih setau saya minum minuman beralkohol bakal buat cepet tidur , teler soalnya...
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  15. #15
    Hari minggu aku bangun jam 12.30 siang.. dan tdk tidur sampai ke esokan harinya (hari ini), aku sempat tidur tadi sekitar 1 jam, terbangun karena ada konsumen yg mau lihat2 undangan. Dan sampai saat ini aku belum tidur, rasa kantuk dan lelahku sudah hilang. Tetapi aku tdk menganggap aku penyakit Insomania. Ini hanya kebetulan saja, jika puncak rasa lelah itu bisa dihilangkan dengan tidur yg tepat (saat benar2 ngantuk) meski hanya 1-2 jam pun badan bisa seger kembali, itu sebabnya para politikus yg sedang kampanye meski jarang tidur mereka bisa tetap seger dan fit, selain karena makan mereka bagus, mereka tahu trik tidur yg tepat dan tentu saja punya tukang pijit yg profesional...
    Kita tidak pernah bisa melihat masa depan, tetapi kita bisa menatanya dengan baik sesuai keinginan kita hari ini ( Fitri Purnama Sari )

  16. #16
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    kalo ngantuk siang2 ya nyari kafein... gw sih begitu.
    ga ngaruh, lan....
    kalo udah ngantuk ya ngantuk aja
    Popo Nest

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •