Page 1 of 6 123 ... LastLast
Results 1 to 20 of 107

Thread: Kopdar Regional Bogor - KM Goes to Cibinong ngobrol bareng adik2 Panti Tuna Grahita

  1. #1
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,028

    Kopdar Regional Bogor - KM Goes to Cibinong ngobrol bareng adik2 Panti Tuna Grahita

    Prambule:
    Bukannya tidak ada woroworo. Namun sempat dibahas di thread [Tanya] Seputar Bogor (lagi).
    Kopiers yang berada di Bogor dan sekitarnya berencana untuk pergi mengunjungi adikadik di Panti Tuna Grahita, Cibinong.
    Dari thread itu, baru ketahuan ternyata banyak juga kopiers yang tinggal di sana.
    Sayangnya beberapa ada yang sibuk dan berhalangan. Mungkin next time yah.

    Formasi gathering kemarin :
    etca, waks!!, gandrung, heihachiro, itsreza, bradon heat dan miyagikun.

    Boleh dibilang, meski kami ke sana dengan hanya segelintir orang, tanpa konsep acara. Saweran alakadarnya.
    Dengan segala yang kesederhanaan itu, atau boleh dibilang sangatsangat sederhana.
    Kami diijinkan Sang Pencipta untuk berkumpul bersama adikadik di Panti Tuna Grahita, bercanda bersama mereka.
    Bertemu dengan temanteman yang selama ini hanya berinteraksi melalui media
    Dimudahkan untuk semuanya, segalanya lancar tanpa halangan berarti.
    Bahkan waktunya pas. Perpindahan dari satu lokasi ke lokasi lainnya.
    Dan terimakasih untuk tukangtukang jepret , bradonheat, heihachiro, gandrung.
    Juga fasilitas mobil pinjaman dari itsreza untuk mobilitas selama kami di sana.
    Terimakasih teman, terimakasih adikadik panti Tuna Grahita, terimakasih para pengurus.
    Terimakasih Tuhan untuk segala pembelajaran, dan berkatMu yang berlimpah.


    Jakarta ke Bogor Via Commuter Line

    di stasiun, segala menjelma perjalanan.
    ke mana akan pergi? dari mana datang? semua melulu arah juga tujuan.
    lalu kota-kota dalam ingatan.. - sireumhideung



    Perjalanan menuju kota Bogor dari Jakarta, kami berdua. etca dan gandrung menuju Stasiun Kota dari rumah masingmasing.
    Dari sana kami menggunakan jasa Commuter Line AC - Bogor berangkat pukul 08.57 WIB.


    tiket kereta api



    Interior dalam kereta, bersih dan pinky. Kami sendiri berada di gerbong khusus wanita.
    Foto ini diambil pas jalan di dalam gerbong (nunut adem) sebelum keluar gerbong.



    para penumpang kereta



    weiitss ada iklan mas Iko Uwais di gerbong untuk laki-laki



    kereta Comuter Line



    Kereta Commuter Line



    mirip dengan bis transjakarta dan kereta api pramex Jogja - Solo, di atas pintu gerbong terdapat rute perjalanan,



    Bogor!! Akhirnya kami tiba di Bogor



    Lalu berjalan keluar dari Stasiun melalui lorong menuju Matahari Dept Store sebelah stasiun untuk menunggu dijemput itsreza.

  2. #2
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,028
    Itsreza berpikir kami baru berangkat ketika saya sms dia. Padahal sebenarnya sudah berangkat beberapa waktu.
    Kereta datang lebih cepat dari dugaan itsreza. Meskipun demikian kami tidak lama menunggu itsreza.
    Matahari Dept Store penuh dengan orang. Yah namanya juga mau lebaran, orang berbondongbondong membeli baju lebaran.
    Lalu timbul akal jahil etca, "drung, kita nunggu di bagian underwear aja... pasti relatif lebih sepi"

    Akhirnya kami ngeringsek menuju areal itu. Benar, lebih lenggang daripada yang lain.
    Matahari Dept Store ini relatif kecil daripada yang di Jakarta.
    Tak lama kemudian, telp masuk dari itsreza, dia sudah tiba namun mau parkir dulu.
    Tadinya sih menurut saya tak perlu parkir segala, tapi menurut itsreza agak susah.
    Untungnya sebelah bagian underwear adalah tas dan jam tangan.
    Jadi ketemuannya itsreza di sana.

    Yak ketemu juga dengan itsreza, terlihat lebih kurusan daripada saat ketemu pertama kali dulu.
    Katanya sih menyesuaikan, sekarang sudah jadi mahasiswa lagi dan efek puasa.
    Dari sana kami lalu keluar menuju lokasi untuk makan siang.
    Berhubung gandrung sedang tidak berpuasa, lumayan ada temen makan siang.

    Menuju Bebek pak Slamet ternyata tutup, bener juga tuh kata bradon.
    Puasa-puasa banyak yang tutup.
    Lalu pilihan jatuh ke Macaroni Panggang di Jl. Salak No 24 - Bogor.
    Sekalian makan siang dan beli oleh-oleh buat orang rumah.
    Fyi, meski itsreza orang Bogor tapi dia minim pengetahuan tentang kuliner di Bogor.


    Macaroni Panggang


    Tampak dari luar gedung kuno resto Macaroni Panggang



    salah satu etalase



    menyesuaikan tema bulan ramadhan dengan roti berbentuk ketupat



    lupa namanya



    macaroni panggang



    tampak dari dalam



    lontong opor



    ayam panggang.



    Taman Kencana, taman yang hanya terlihat agak indah di foto.
    Kami menyusuri taman itu untuk jalan pintas menuju ke parkiran mobil.



    Petanya ngenes banget yak

  3. #3
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,028
    Usai dari MP, kami lalu menjemput bradon dan miyagikun di depan halte Telkom.
    Dengan berbekal memberikan pesan singkat bahwa mereka akan dijemput dengan mobil plat F sekian sekian.
    Maka ketika hampir tiba di lokasi, itsreza sudah melihat bradon dan miyagikun dudukduduk di halte.
    Tampak bragon melongok melihat nopol mobil yang lewat.

    Don, don... janganjangan tiap mobil warna hijau/biru gelap kamu pelototin NoPolnya

    OTW ke Cibinong




    STOP PRESS

    Mungkin beberapa kalian ada yang heran, mengapa ke Panti Tuna Grahita Ciungwanara?
    Ada sedikit kisah yang ingin saya share pada kalian... .

    Alkisah di tahun 2008 (bah! pakai alkisah ). Oke, itu artinya 4 tahun yang lalu.
    Saya diajak gandrung untuk pergi ke Cibinong, ke Panti Tuna Grahita.
    Tanpa banyak tanya saya mengiyakan ajakan tersebut.
    Agak banyak yang lepas dari ingatan sebetulnya, kami mencoba merefresh ingatan beberapa hari yag lalu.

    Kami menuju ke Pasar Rabu sebelum ke Cibinong. Di sana saya bertemu dengan Cici teman SMA gandrung.
    Perempuan yang terlihat tegar. Itu yang terlintas di kepala saya ketika melihatnya.
    Dengan mengenakan celana ala army, perempuan itu menenteng sekardus makanan kering untuk di bawa ke panti.
    Waktu itu kami merasakan perjalanan yang jauh. Mungkin karena naik bus dari Pasar Rabu.
    Lalu nyambung naik angkot warna putih. *nah ini menjadi perdebatan kami kemarin, di bogor tidak ada angkot putih. Nah lo!
    Setelah itu nyambung jalan kaki, karena pada waktu itu belum ada angkot yang lewat di sana.

    Hanya sebentar kami di Panti Tuna Grahita.
    Bertemu dengan ibu pengasuh, lalu menyerahkan sekardus kuekue kering itu.
    Kami pun berkeliling hanya sebentar.
    Sempat bertemu dengan salah satu penghuni Panti, "Ini kakaknya Bimo kan?"

    Cici sempat terhenyak, anak kecil itu masih mengingatnya.
    "Iya ini kakaknya Bimo," sahutnya.
    Saya melihat di sudut mata Cici. Air matanya mulai membasahi pelupuk matanya.
    Cici lalu bercerita, "Setiap ke sini, aku selalu membawa kue-kue kering kesukaan Bimo. Dan temantemanya pasti juga kebagian."

    Bimo. Sebuah nama. Dan saya baru ngeh kalau Cici adalah kakaknya Bimo.
    Sebetulnya Bimo adalah Kakaknya Cici.
    Namun karena Bimo adalah penyandang Tuna Grahita dengan bermental seperti kanakkanak.
    Posisinya pun berubah seperti adiknya Cici.
    Lalu di manakah Bimo?
    Saya tak banyak tanya hari itu.

    Ya sangat sebentar kami di sana, sempat masuk di ruang kantor panti.
    Lalu ngobrol-ngobrol sejenak dengan pengurus panti itu.

    Dari sana, kami berjalan kaki. Menuju sebuah desa di belakang Panti Tuna Grahita.
    "Kita mau ke mana?" tanyaku dalam hati.
    Tapi saya hanya diam saya. Mulut tetap terkatup dan berjalan mengitari dusun menuju sebuah rumah.
    Rumah yang sangatsangat sederhana. Terbuat dari papan kayu.
    Saya ingat kami dijamu teh hangat di sana.
    Ternyata Cici ingin menemui bapak pengurus Panti yang tinggal di sana. Namun beliau sedang pergi.
    Agak lupa dari ingatan pembicaraan apa saja di sana
    Lalu ada seorang nenek, yaitu ibu dari bapak pengurus itu mengantarkan kami ke suatu tempat.

    Kembali kami menyusuri desa itu, kali ini lebih masuk lagi ke dalam.
    Melewati pematang sawah, menyeberangi sungai kecil melalui sebuah papan.
    Berjalan menaiki tanah yang curam. "Oh God... ini mau kemana?" tanyaku dalam hati.

    Sampailah kami ke suatu pemakaman.
    Oh.. speechless.

    Kami berdiri di sebuah gundukan tanah yang tampak *maaf* tidak terurus.
    Kami lalu membersihkan ilalang di sekitar makam.
    "Ini makam Bimo." ujar Cici menahan isak.
    Kami mencoba menyeka air matanya sambil menepuk bahunya tanpa kata.
    Sempat saya menanyakan dalam hati, "Di manakah orang tua mereka? hingga makam Bimo pun begitu jauh dari rumah."

    Usai berdoa di sebelah makam Bimo.
    Kami pun menuju kota Bogor.
    Apakah kami pulang?
    Tidak. Kami tidak langsung pulang saat itu.
    Melainkan mampir ke Rumah Sakit Jiwa H. Marzoeki Mahdi Bogor.
    Hanya untuk menemani Cici berkeliling di rumah sakit itu.
    Tempat di mana Bimo pernah dirawat hingga ajal menjemputnya.
    Di sanalah Cici bercerita tentang Bimo kakaknya yang Tuna Grahita.
    Ia harus berjuang seorang dia menghidupi Bimo dan dirinya sendiri semenjak orang tuanya tiada.
    *speechless... .

    Sebelum meninggalkan kota Bogor, diamdiam saya berkata,
    "Oneday bila diijinkan Sang Pencipta, saya ingin kembali menyinggahi adikadik di Panti Tuna Grahita itu."

    Cici sudah menikah sekarang dan dikaruniai seorang anak. Lega mendengar kabar itu.
    Cici sebenarnya ingin ikut, namun karena kami belum pasti apakah ada mobil selama di Bogor
    Maka kami pun mengeman bayinya dan menyarankan untuk tidak usah ikut.

    Puji Tuhan, kemarin DIA sudah menggenapi keinginan saya beberapa tahun silam.
    Dengan ditemani temanteman

  4. #4
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,028
    Panti Tuna Grahita Ciungwanara, Cibinong

    Sampailah kami tiba di lokasi. Cepet euy?!! Apa karena perjalanan kali ini tidak menggunakan angkot di Bogor yah?
    Formasi kami berlima, etca, gandrung, itsreza, bradon heat, miyagikun dan heihachiro menyusul menggunakan motor.



    plang depan Panti Tuna Grahita



    Pendopo ucapan selamat datang



    Gedung Depan



    Lagi gedung milik Dep Sos

  5. #5
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,028
    Panti Tuna Grahita Ciungwanara, Cibinong part 2

    Kedatangan kami yang dadakan ini pun disambut oleh pengurus.
    Lingkungan tampak sepi.
    Adikadik penghuni panti sebagian besar sudah dijemput keluarganya untuk berlibur Lebaran.
    Hanya tinggal belasan adikadik yang ada di sana.

    Lingkungan yang tampak bersih dan asri ini benarbenar terawat.
    Keadaan ini sama sekali tidak ada perubahan yang berarti dengan empat tahun yang silam ketika kami ke sana.


    Bersama mewujudkan Kemandirian
    Amin! Semoga adikadik penghuni Panti Tuna Grahita bisa belajar untuk mandiri.



    undakan yang bersih



    Lorong Panti



    Lorong menuju Asrama




    kamar Asrama Lakilaki. Rapiii kan?? Mereka sendiri loh yang merapikan. Saling bantu merapikan. Saya aja kalah rapi



    dengan salah satu penghuni panti



    Lagi kamar mereka



    Rak Tempat sepatu dan Televisi



    Hoo ternyata kamar inilah yang juara untuk kerapihan.

  6. #6
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,028
    Panti Tuna Grahita Ciungwanara, Cibinong part 3



    Kami lalu ngobrolngobrol dengan adikadik di sana
    Asli kocakkkkk banget. Senang banget bisa ngeblend dengan mereka.
    Tingkah polos mereka benarbenar membuat banyak pembelajaran.



    ini mau siapsiap dengerin ismiyati nyanyi



    ismiyati yang duduk. guelis majalengka yang pinteerrr banget ngeles
    kalau yang berdiri pinter nari katanya tapi maluuu buat nari depan kita.



    nah ada anak kecil yang sebenarnya di bawah umur untuk tinggal di Panti ini
    tapi berhubung dia Tuna Grahita tidak memiliki ortu dan sempat tinggal di jalanan.
    oleh panti asuhan anak dirujuk ke Panti Tuna Grahita ini



    gandrung asik ngobrol



    aang dan ismiyati

  7. #7
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,028
    Panti Tuna Grahita Ciungwanara, Cibinong part 4 - Rencana Dadakan

    Melihat adikadik di panti itu hanya sedikit,
    Dan kami tidak membawa apaapa, sempat sedikit menyesal juga.
    Pertimbangan kami sebelumnya adalah kalau adik2 itu melihat kami membawa sesuatu dan ternyata kurang.
    Takutnya malah membuat kecewa mereka.

    Setelah speak2 dengan anakanak
    Saya colek heihachiro karena dia yang membawa motor dan tinggal di Cibinong,
    Jadi relatif tahu keadaan di sana.



    Kami pun berboncengan. Sempat2nya moto di atas motoy



    sok sibuk mau bayar



    tas heihachiro penuh dengan aneka wafer buat adikadik Panti



    Sekembalinya ke Panti, kami melihat Juli berada di depan sendirian dan sibuk menggambar bulatbulat.



    kami pun membujuk Juli agar ikut bergabung dengan temanteman yang lain.
    Ga bisa sekali dua kali membujuk dia, musti berkalikali



    dan kami pun kembali ke rombongan.



    miyagikun bagibagi wafer




    sudah terima wafernyaaaa

  8. #8
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,028
    Panti Tuna Grahita Ciungwanara, Cibinong part 5 - Ngobrol Santai



    bertiga



    Januar in Action



    Januar in Action



    Januar in Action



    Januar in Action



    Januar in Action



    Sinta ini ikutikutan noleh ke belakang,
    karena saya ngobrol ama reza ngomongin gimana baiknya... pulang jam berapa.
    ehh tibatiba... Gubraaks!! Sinta jatuh
    dia ini keknya emang gampang jatuh, soalnya sering nunjukin luka2 dia.
    serupa anak kecil kalau sakit atau punya luka selalu tunjukkin ke orang dewasa

  9. #9
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,028
    Panti Tuna Grahita Ciungwanara, Cibinong part 6 - Time To Remember






    dita yang selalu tersipu-sipu









  10. #10
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,028
    Panti Tuna Grahita Ciungwanara, Cibinong part 7 - Time To Remember





















  11. #11
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,028
    Panti Tuna Grahita Ciungwanara, Cibinong part 8 - Time To Remember


















  12. #12
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,028
    Panti Tuna Grahita Ciungwanara, Cibinong part 9 - Di Kantor


    Kami pun menuju kantor untuk memberikan sedikit buat adikadik di sana.
    sekaligus pamit untuk pulang.

    Sempat gandrung, miyagikun dan bradon, heihachiro lama masuk ke ruangan kantor.
    Sampai saya meminta itsreza untuk memanggil mereka.
    Ga tahunya mereka sedang membujuk Juli untuk mau mandi.


    ngobrol dengan salah satu pengurus di sana



    dapat buklet




    buklet dan brosur




    wafer dan agar2 yang lebih untuk adikadik



    Ada pengalaman unik dari bapak pengurus.
    ketika menjadi Imam untuk memimpin sholat,
    Sedang khusuk sholat, beliau tibatiba dicolek oleh salah satu adik panti
    "Pak saya mau pipis."

    Usai sholat bapak itu tertawa.
    Baru kali itu beliau jadi imam tibatiba dicolek untuk ijin mau pipis


    Usai ngobrol-ngobrol, kami pun pamit pulang.




    4 warga yang diduga lakilaki



    sebelum pulang masih sempat futu2 lagi



    perjalanan menuju Bogor




    Hooo sebentar lagi tiba di Bogor lagi

  13. #13
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,028
    Buka Bersama

    Heihachiro yang naik motor lebih cepat sampai di lokasi Bukber,
    lalu diapun bertugas untuk membooking lokasi, ternyata bebek Pak Slamet sudah penuh.
    itsreza sibuk mencari parkiran lalu ketemu di restoran yang parkirannya masih kosong.
    heihachiro padahal sudah mencari alternatif bookng di resto sebelahnya.
    akhirnya harus dibatalkan karena kami ga enak kalau nunut parkir doank tapi ga makan di sana




    lokasi dinner



    sayur asem, gratong



    ice buah



    nasi ayam kremes




    nasi ayam kremes

    ini menunya sama semua yang dipesen yaitu nasi ayam kremes
    minumnya cuma ice juice jeruk, air putih, dan ice buah. yang difutuin cuma ice buahnya doank.



    betapa banyaknya anak yang nyusul malam itu

  14. #14
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,028
    Ada KW-an atau memang Kopier?


    Lagi asiknya makan, tibatibaaa heihachiro berkata, "Itu matsugawa dana?"
    "Mana?" kami pun melihat ke arah keluarga yang baru masuk.



    Iya.. ck ck ck ck ... artinya matsugawa dana sudah punya istri dan anak yah?



    Setelah makan selesai, mereka pun sholat lalu pulang
    saya, gandrung dan waks!! diantar itsreza ke stasiun

  15. #15
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,028
    Perjalanan Pulang ke Jakarta




    suasana dalam kereta menuju Jakarta. Kali ini sofanya warna merah, bukan pinky

    waks!! turun di stasiun kota, gandrung turun entah di mana,
    dan saya yang pertama kali turun, yaitu di stasiun tebet
    mengingat akses umum menuju rumah lebih gampang.
    *males naik P6 kalau dari stasiun Cawang

    sampai rumah pukul 21.45 wib.
    cepet euy?!

    gadrung dijemput kakaknya dan masih kena macet,
    tak lama kemudian dapat kabar waks!! udah sampai di kostan.
    gileee tuw si waks!! makasih banyak ya non,
    dibelabelain dari jakarta pulang gawe nyusul ke bogor buat bukber
    lalu balik lagi ke jakarta.

    bradon ga langsung pulang melainkan mampir di rumah sodaranya miyagikun
    dan malah nonton bola dulu
    mereka sampai rumah pukul 02.00 dini hari.

    entah kalau reza dan heihachiro.
    Buat arieim maaf belum sempat singgah ke lapakmu yah non.


    Makasih banyak temanteman untuk seru-seruan hari itu.

  16. #16
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,028
    Seperti biasa, booking dulu lapak premium.
    Silahkan komen2 bagi yang mau komen

  17. #17
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    sambil menunggu reportase etca, yuk dibalik dulu halamannya

  18. #18
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,028
    Hihihi kalian ini, ok sudah nambah 1 postingan.
    sempat kebawa mellow barusan

  19. #19
    pelanggan setia ul.malik's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    C.G.H City
    Posts
    2,594
    etcaaaa...
    ga ngomong kalo ke panti...
    tau gitu aq bela"in ke JKT...

  20. #20
    pelanggan tetap waks!!'s Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    1,490
    ini keknya ul.malik ga baca tret seputar bogor dari awal

Page 1 of 6 123 ... LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •