Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 20 of 41

Thread: Update pelajaran masa sekolah

  1. #1
    pelanggan setia Bi4rain's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Neverland
    Posts
    2,534

    Update pelajaran masa sekolah

    Gini...dulu waktu saya sekolah diajarin klo cacing dan ular bergerak dengan tubuhnya/perut

    baru-baru ini ada teman yg bilang sebenarnya ular bergerak dengan kaki, cacing dengan kaki semu
    hal ini diajarkan di jenjang SMP, sementara SD diajarkan konsep bergerak dengan tubuh
    (mungkin karena pengenalan ke anak SD dilakukan bertahap, masi belum ngerti konsep semu)

    awalnya oh..gitu. Lama-lama jadi eneq, apalagi yah ketinggalan gw??
    pendidikan kan pasti jalan terus, jadi silakan koreksi lagi ya klo ada yg salah dengan statement diatas

    sekaligus tambahkan lagi hal-hal baru dalam pelajaran sekolah sekarang yg berbeda dengan jaman dulu.

    Makasih...
    A kid at heart

  2. #2
    dulu di forum yg udah tutup, ada banyak contoh ttg materi-materi yg "direvisi" seperti hal tsb. saya lupa contoh satu-satunya (mungkin member yg berkecimpung di dunia pendidikan bisa memberikan contoh), tapi yg saya inget beberapa:

    - konsep "peta rasa" di lidah (depan manis, pinggir asin, pangkal pahit, dst) mestinya udah dicoret dlm kurikulum karena studi ttg hal tsb amat lemah
    - di buku matematika SD ponakan saya, sy udah gak menemukan lagi kata "lebih besar dari/"lebih kecil dari" utk simbol ">"/"<", karena istilah tsb sama sekali gak tepat. yg benar adalah "lebih dari" dan "kurang dari"
    - dll (ntar ditambah kalo inget)
    you can also find me here

  3. #3
    pelanggan tetap red_pr!nce's Avatar
    Join Date
    Aug 2012
    Location
    BSD City
    Posts
    580
    Sebagai guru, gw menjadi saksi bagaimana materi yang berubah. Anak-anak sekarang lebih stress dibanding anak-anak dulu. Kalau dulu, waktu gw masih kelas 4 SD, gw gak belajar tentang sistem pemerintahan negara. Gw belajar tentang sistem pemerintahan negara di pelajaran Tata Negara waktu SMU kelas 3 IPS. Tapi sekarang, anak-anak kelas 4 SD aja udah belajar tentang sistem pemerintahan negara serta globalisasi.

  4. #4
    pelanggan
    Join Date
    May 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    346
    Materi pendidikan skrg yang lebih advanced ini sebenarnya meningkatkan kecerdasan murid gak sih? Atau cuma nambahin stres anak aja?

  5. #5
    pelanggan tetap red_pr!nce's Avatar
    Join Date
    Aug 2012
    Location
    BSD City
    Posts
    580
    Kecerdasan anak tidak ditingkatkan dari materi. Kecerdasan itu kemampuan berpikir efisien dan efektif, yang mana itu harus dilatih dengan latihan pemecahan studi kasus.

    Tapi kalau kepintaran anak sih mungkin aja bisa ditingkatkan dari materi. Kepintaran itu kemampuan untuk mengetahui banyak hal sekaligus dalam sesuatu waktu tertentu.

    Yang gw liat selama ini sih, murid-murid gw jadi pada stress kalau belajar ilmu-ilmu sosial macam PKN dan IPS karena bahannya seabrek-abrek.

  6. #6
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    Masih awal pelajaran, gwe blum nemu yang berat2, malah kayak ngulang dari tk untuk bhs indonesia, matematika dan bahasa inggris. Ga tau ya kalo udah tengah semester

  7. #7
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,053
    kelas 1 - 3 SD masih gampang kok mbak.
    kalau kelas 4 - 6 SD, gw sebagai tantenya ponaan yang tiap malam ngedampingi dia belajar
    ikutan mabok nelitiin PR atau bantuin nerangin PR dia

    berhubung gw pulangnya malam,
    sampai2 gw ajarin tips2 gugling dengan pemilihan kata kunci yang tepat
    soalnya di buku pelajarannya sering kali ga ada jawabannya, apalagi kalau soal IPS dan sebangsanya

    sekarang entah kenapa SMP ude jarang nanya2 ke gw,
    mungkin karena emaknya sering di rumah, jadi nanya-nya ke emaknya.

  8. #8
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    Wah bagus ca, brarti opsi les online ke etca buat naomi pas kelas 4 ya?

  9. #9
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,053


    10 chars

  10. #10
    pelanggan tetap red_pr!nce's Avatar
    Join Date
    Aug 2012
    Location
    BSD City
    Posts
    580
    Quote Originally Posted by etca View Post
    ksoalnya di buku pelajarannya sering kali ga ada jawabannya, apalagi kalau soal IPS dan sebangsanya
    Ini juga salah satu problem yang gw hadapi di ruang kelas.

    Jadi kalau ada latihan biasanya gw bahas barengan sama murid-murid gw. Kalo mereka gak liat jawabannya di buku itu, kan bisa langsung gw kasih tau jawabannya.

    Murid-murid lebih bisa menerima cara belajar yang kayak begini karena mereka merasa terbantu dengan pengetahuan yang dimiliki gurunya. Ortu murid pun lebih senang karena mereka gak usah repot-repot cariin jawaban dari soal-soal itu di rumah. Ya, tau sendiri ortu-ortu sekarang macam gimana. Maunya instan, gak mau repot.

  11. #11
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    ^eh gwe termasuk ortu mau repot lho. Kalo naomi dapet hal2 baru dari sekolah trus gwe masih kurang jelas, ya minta tolong diajarin sama guru kelasnya.

    Semisal ada lagu2 baru yg gwe ga tau pas jaman TK, terutama lagu2 bhs inggris, dan naomi nyanyinya missing sama beberapa liriknya, gwe pasti minta daftar lirik lagu ke gurunya trus gwe benerin spellnya naomi. Jadi gwe juga dapet ilmunya

    Ini naomi les jarimatika gwe juga ikut memantau tehkniknya, trus di rumah gwe terapkan ke naomi. Jadi ga ngelesin trus lepasin gitu aja. Gwe juga ikut ngeles juga

  12. #12
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,053
    Quote Originally Posted by red_pr!nce View Post
    Ini juga salah satu problem yang gw hadapi di ruang kelas.

    Jadi kalau ada latihan biasanya gw bahas barengan sama murid-murid gw. Kalo mereka gak liat jawabannya di buku itu, kan bisa langsung gw kasih tau jawabannya.

    Murid-murid lebih bisa menerima cara belajar yang kayak begini karena mereka merasa terbantu dengan pengetahuan yang dimiliki gurunya. Ortu murid pun lebih senang karena mereka gak usah repot-repot cariin jawaban dari soal-soal itu di rumah. Ya, tau sendiri ortu-ortu sekarang macam gimana. Maunya instan, gak mau repot.
    err dengan metodologi seperti itu apa ga bikin murid pas ulangan musti merapal apalan mati2an yah?
    soalnya susah nyantol kalau tibatiba sudah dapat jawabannya secara instant.

    pengalaman ponaan kemarin, dia kan ama emaknya dijejalin les, supaya memaksa buat belajar.
    di rumah tinggal ngerjain PR n sesuka dia.
    PR aja udah mabok2 saking banyaknya

    untung UN ga ada mata pelajaran IPS.
    yang IPA aja nilai UN dia jeblok, karena gw minta belajar sambil coretcoret ga mau.
    yawdh sukses IPA dapat nilai 7an, jomplang banget ama bahasa Indonesia dan Matematika yang bisa dapat nilai 10
    kalau diungkit dia akan berseloroh, "Itu aibbb tante .. aiibbbbb"

    Quote Originally Posted by BundaNa View Post
    ^eh gwe termasuk ortu mau repot lho. Kalo naomi dapet hal2 baru dari sekolah trus gwe masih kurang jelas, ya minta tolong diajarin sama guru kelasnya.

    Semisal ada lagu2 baru yg gwe ga tau pas jaman TK, terutama lagu2 bhs inggris, dan naomi nyanyinya missing sama beberapa liriknya, gwe pasti minta daftar lirik lagu ke gurunya trus gwe benerin spellnya naomi. Jadi gwe juga dapet ilmunya

    Ini naomi les jarimatika gwe juga ikut memantau tehkniknya, trus di rumah gwe terapkan ke naomi. Jadi ga ngelesin trus lepasin gitu aja. Gwe juga ikut ngeles juga
    Naomi dan Nadhira beruntung
    emaknya ibu rumah tangga sejati, jadi bisa totalitas mendampingi putri2nya dalam belajar.
    tidak semua orang tua bisa begitu meski mereka punya keinginan seperti itu.

  13. #13
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    ^iya kali ya? Bersyukur juga sih ca, gwe jadi update isi kepala gwe juga jadi tampak pintar depan anak2 gwe entar. Malu ah ntar pas ditanya anak, gwe ga ngarti

  14. #14
    pelanggan tetap red_pr!nce's Avatar
    Join Date
    Aug 2012
    Location
    BSD City
    Posts
    580
    Quote Originally Posted by etca View Post
    err dengan metodologi seperti itu apa ga bikin murid pas ulangan musti merapal apalan mati2an yah?
    soalnya susah nyantol kalau tibatiba sudah dapat jawabannya secara instant.
    Oh tentu tidak. Mereka cari dulu jawabannya di buku itu. Kalo gak ketemu, baru soalnya kita bahas bareng-bareng.
    Malah mereka lebih cepet nyantol karena jawaban itu jd semacam "hadiah" setelah mereka sulit mencarinya di buku.

  15. #15
    pelanggan setia Bi4rain's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Neverland
    Posts
    2,534
    Rame curhatan juga yah
    klo bisa tolong tambahin dong materi baru dalam pelajaran anak serta apa saja perubahan data.

    Science kelas VI
    ada pengajaran tentang sistem saraf dan beberapa penyakit yg khusus menyerang sistem saraf
    namely: alzheimer, huntington chorea, multiple sclerosis, etc
    disebutkan juga ciri penyakit dan penyebabnya.

    very advanced studying imo. Saya kenal huntington sama multiple sclerosis saja diumur 'senja' ini dari nonton serial House M.D.

    ini semakin mengukuhkan umur tua saya
    A kid at heart

  16. #16
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    sekarang anak SD jadwalnya seragam ya dari senen sampe kamis?

    Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris

  17. #17
    Dulu ada materi bahasa Indonesia untuk menulis telegram. Sepertinya saat ini materi tersebut sudah dicabut ya? Materi-materi sains yang sudah kadaluarsa (seperti pluto bukan planet ke-9), dan lain-lain semestinya membuat buku-buku sains lebih sering dirombak.

    Dahulu anak-anak SD sering disuruh menghafal nama-nama mentri. Apakah sekarang masih? Mengingat kegiatan reshuffle sering dilakukan. Berbeda dengan mentri-mentri era Orba dan Reformasi yang relatif stabil.

    Karma: No need for revenge. Just sit back and wait. Those who hurt you will eventually screw up themselves and if you're lucky, God will let you watch

  18. #18
    pelanggan setia Bi4rain's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Neverland
    Posts
    2,534
    ^sepertinya nama mentri engga, tapi masih menghapal pemekaran provinsi. Telegram ga dimasukkan karena udah ga umum dipake.
    A kid at heart

  19. #19
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    ^diganti tata cara bikin SMS sama BB

  20. #20
    Iseng w liat ke toko buku tadi malam. Di buku SD yang "murah" kelas 4, disebutkan bahwa contoh-contoh serangga adalah laba-laba, kaki seribu, kupu-kupu, kalangjengking, dll beserta gambar.

    Lalu buat perbandingan, membuka buku SD dari penerbit yang lebih bonafide, dan hasilnya berbeda. Contoh-contoh serangga seperti kupu-kupu, semut, lebah (masuk kelas insekta) tetapi tidak mencantumkan kaki seribu dan kelabang (masuk subfilum myriapoda), kalajengking dan laba-laba (arakhnida).

    Karma: No need for revenge. Just sit back and wait. Those who hurt you will eventually screw up themselves and if you're lucky, God will let you watch

Page 1 of 3 123 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •