Page 2 of 4 FirstFirst 1234 LastLast
Results 21 to 40 of 72

Thread: R.A. Kosasih vs DC & Marvel

  1. #21
    Barista lighterheaven's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    B.P.R.D. Headquarters.
    Posts
    1,301
    R. A. Kosasih is a maestro, he's a living legend. Memang cerita yang dia gambar adalah cerita pewayangan versi Jawa, tetapi gayanya yang khas Indonesia dan konsistensi+endurance nya dalam menghasilkan karya, itu yang sampe sekarang belum ada yang nyaingin.

    Kelemahan superhero asli Indonesia, Godam, Gundala, you name it lah.. itu adalah bentuknya yang masih mirip superhero luar. Gundala yang mirip the flash, dsb. Si Buta dari Gua Hantu dan Panji Tengkorak, yang justru main elemen budaya dan unsur lokal, justru punya peluang besar sebenarnya, hanya saja perlu diberi pendekatan yang berbeda, karena sebagian besar masyarakat Indonesia udah males liat film jaman pendekar Majapahit begitu, thanks to sinetron abal2 Indos*ar.

    Mungkin pendekatannya musti lebih artsy kaya film "Hero"nya Zhang Yimou, biar gak norak..

  2. #22
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    14,954
    Hehehe... sh!tnetron indosiar emang ngerusak indra

    Superhero ini juga dibuat di Indosiar kan?



    Dandanan a la Optimus Prime tapi boncel

    Jadinya a la tokustasu macam Kamenrider nya jepun

    Jalan ceritanya standar sh!tnetron lah ya... bully mem bully, gap miskin vs kaya, bla3x yada3x


    Quote Originally Posted by ul malik
    ga kenal R.A. Kosasih.

    komik indonesia berseri yang pernah saya baca cuma 'Keleawar bersayap tunggal-jan mintaraga' ama 'Tanduk Menjangan Merah'

    komiknya masih ada di rumah, dan kayaknya seru tuh kalo di remake atau ada film layar lebarnya.
    dengan serius tentunya.

    Sama gw juga gak tau R.A Kosasih. Kalo komik pas kecil gw ingetnya komik...

    Lucky Luke...




    Tintin...




    Mimin Si monyet...




    Satria Tumaritis karya Tatang S...




    Sama komik Tiger Wong...

    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  3. #23
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,029
    horeee ternyata banyak yang ga tahu R.A Kosasih itu siapa
    sample-nya dong...

    eniw thx light buat pencerahannya

  4. #24
    Pakar Memematika Ray Surya's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,449
    sibuta versi modern: daredevil
    R*y Sury* Ditunjuk Presiden SBY Jadi Menpora

  5. #25
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,349
    Quote Originally Posted by lighterheaven View Post
    R. A. Kosasih is a maestro, he's a living legend. Memang cerita yang dia gambar adalah cerita pewayangan versi Jawa, tetapi gayanya yang khas Indonesia dan konsistensi+endurance nya dalam menghasilkan karya, itu yang sampe sekarang belum ada yang nyaingin.

    Kelemahan superhero asli Indonesia, Godam, Gundala, you name it lah.. itu adalah bentuknya yang masih mirip superhero luar. Gundala yang mirip the flash, dsb. Si Buta dari Gua Hantu dan Panji Tengkorak, yang justru main elemen budaya dan unsur lokal, justru punya peluang besar sebenarnya, hanya saja perlu diberi pendekatan yang berbeda, karena sebagian besar masyarakat Indonesia udah males liat film jaman pendekar Majapahit begitu, thanks to sinetron abal2 Indos*ar.

    Mungkin pendekatannya musti lebih artsy kaya film "Hero"nya Zhang Yimou, biar gak norak..
    gw setuju RA kosasih is a legend, gw ingat punya komik dari mahabrata,dll sampe 2 set, saking senangnya, malah gw leibh memilih koleksi bharatayuda daripada Tintin, pada tahun 80an bahkan tiger wong(komik hongkong) masih kalah kualitas gambarnya menurut gw, tapi sekarang kualitas gambar Long hu men (komik Hongkong) udah berapa kali lipat dari komik indo.
    kalo gak salah ada nama andy seto (eks asisten tony wong) kan sekarang yg buat komik, tapi berkaryanya diluar negri
    selama pembuat komik ga bisa hidup dari hasil karyanya, selam itu juga komik lokal ga bisa jalan

    back to topic : gw sangat setuju statement thanks to shitnetron, image film2 perang kayak bharatayudha rusak hancur, bahkan gara2 shitnetron gw jadi malas nonton bahkan sekedar baca review tentang pilem indo
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  6. #26
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    pas googled masih inget banget ini salah satu sampul karya RA Kosasih yg pernah saya baca


  7. #27
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,900
    Quote Originally Posted by etca View Post
    horeee ternyata banyak yang ga tahu R.A Kosasih itu siapa
    sample-nya dong...

    eniw thx light buat pencerahannya
    Waduh.. orang jawa ga tau ra kosasih ki piyeee???

    http://lambiek.net/artists/k/kosasih_ra.htm

    Coba baca dari wayang purwa sampe parikesit.. Kalo gak mabok wayang nanti..
    http://sastrokomik.blogspot.nl/2010/...ata-komik.html
    Last edited by ndableg; 24-07-2012 at 01:23 AM.

  8. #28
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,900
    Quote Originally Posted by lighterheaven View Post
    R. A. Kosasih is a maestro, he's a living legend. Memang cerita yang dia gambar adalah cerita pewayangan versi Jawa, tetapi gayanya yang khas Indonesia dan konsistensi+endurance nya dalam menghasilkan karya, itu yang sampe sekarang belum ada yang nyaingin.
    Terima kasih atas pembelaannya mas..

    Si Buta dari Gua Hantu dan Panji Tengkorak, yang justru main elemen budaya dan unsur lokal, justru punya peluang besar sebenarnya, hanya saja perlu diberi pendekatan yang berbeda, karena sebagian besar masyarakat Indonesia udah males liat film jaman pendekar Majapahit begitu, thanks to sinetron abal2 Indos*ar.

    Mungkin pendekatannya musti lebih artsy kaya film "Hero"nya Zhang Yimou, biar gak norak..
    Mungkin si buta ambil adegan2 dari r.a kosasih..
    SAya sendiri ga pernah liat komiknya si buta atau panji tengkorak. Tapi keknya ga ngalahin r.a. kosasih deh..

  9. #29
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,900
    Quote Originally Posted by itsreza View Post
    pas googled masih inget banget ini salah satu sampul karya RA Kosasih yg pernah saya baca

    Wah.. ini mungkin versi baru kali ya.. gambar bima kok kaya preman terminal...

    Kalo ini kan kayak rano karno..


    Kalo liat sampul yg ini, langsung inget masa kecil..

    Last edited by ndableg; 24-07-2012 at 01:27 AM.

  10. #30
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,900
    Quote Originally Posted by kandalf View Post
    Gue lebih suka kalau ceritanya benar-benar asli Indonesia dulu. Kalau ngomongin soal komik, maka mau gak mau, gue lebih memilih untuk ada film adaptasi dari komik-komik seperti Ophir, Katalis, atau minimal Kecoak.

    Tapi kalau ngomongin visual efek, kalau mau ambisius, mending cerita wayang yang juga asli Indonesia seperti Arjuna Sasrabahu yang mengisahkan dari lahirnya Rahwana sampai Anoman melawan Dewa Surya.
    Oh C'mon.. INi asli Indonesia man.. Mahabharata sampe Bharatayudha itu walaupun disadur atau memakai judul dari india, tapi ceritanya beda, settingnya beda, dan tokoh2nya pun ada yg punya latar belakang beda dgn aslinya india.

    Lalu karya tersebut berlanjut dgn Pandawa Seda, dan Parikesit dimana india ga ada kisah pandawa seda.
    Wayang purwa pun (kelahiran siwa, hanoman, dan rahwana) awal dari arjuna sasrabahu dan ramayana di mana sudah termasuk asli jawa di mana wayang purwa mengisahkan sebelum mahabharata.
    Last edited by ndableg; 24-07-2012 at 01:25 AM.

  11. #31
    pelanggan sejati Urzu 7's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Posts
    7,940
    Pria ternyata gw kira R.A =raden ajeng

  12. #32
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,900
    Ud yg belon baca, sana diborong.. Pokoknya masih lebih berharga daripada betmen..

    Paling enggak, karya orang indonesia..
    Last edited by ndableg; 24-07-2012 at 02:14 AM.

  13. #33
    pelanggan setia Fere's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Depan RSJ-KM
    Posts
    6,115
    setau gw jaman dulu nama RA. Kosasih itu sangat terkenal, tapi jujur aja gw belum pernah baca
    komik2 dari dia, tapi meski begitu gw suka banget sama cerita wayang, terutama mahabharata


  14. #34
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    memang masih ada yang jual ya? atau reproduksi. yang jelas ada
    banyak pesan moral di dalam ceritanya. kalau dibandingkan mungkin
    bukan dengan DC/Marvel, tapi dengan komik oriental cc low macam
    sam kok, yue fei, tepi air, dll.

  15. #35
    pelanggan tetap
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    670
    tapi kadang membedain antara komik ramayana sama dc/marvel kayak membedain 2 masa antara masa revolusi industri sama masa sebelum, dc/marvel masa pop culture dan ramayana sebelum itu, tdk bisa disatukan....

  16. #36
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    14,954
    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Ud yg belon baca, sana diborong.. Pokoknya masih lebih berharga daripada betmen..

    Paling enggak, karya orang indonesia..
    Ada dimanga-scan ato manga-raw gak bleg? *ngacirrr
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  17. #37
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    14,954
    Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un...

    Baru beberapa hari topiknya diangkat sama si ndableg, sang maestro udah wafat

    Terima kasih atas karya-karya anda yang hebat, semoga segala amal kebaikan anda bisa diterima oleh Allah SWT


    Bapak Komik Indonesia R. A. Kosasih Tutup Usia





    Quote Originally Posted by detiknews
    Jakarta Bapak Komik Indonesia, RA Kosasih wafat di usia 93 tahun. Jenazah Kosasih disemayamkan di kediamannya, Jalan Cempaka Putih III Nomor 2 Rempoa, Ciputat, Jakarta Selatan.

    "Tadi saya kontak dengan cucunya Adin, Bapak RA Kosasih meninggal dunia," kata Wakil Ketum Gerindra Fadli Zon kepada detikcom, Selasa (24/7/2012).

    Kosasih yang dikenal dengan karya-karyanya seperti Sri Asih, Mahabharata dan Ramayana meninggal dunia pada pukul 01.00 WIB.

    Berdasarkan catatan yang dilansir Wikipedia, karya Kosasih banyak berhubungan dengan kesusastraan Hindu dan sastra tradisional Indonesia, terutama dari sastra Jawa dan Sunda.

    Kosasih memulai kariernya pada penerbit Melodi di Bandung. Namun karya-karyanya yang terkenal diterbitkan oleh Maranatha. Akhir-akhir ini pada dasawarsa tahun 1990-an karya-karyanya diterbitkan ulang oleh Elex Media Komputindo dan penerbit Paramita di Surabaya.
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  18. #38
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,029
    R.I.P untuk sang maestro komik, R.A Kosasih.

    Sayang gw baru tahu ttg beliau menjelang ajalnya *sigh

  19. #39
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,049
    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Oh C'mon.. INi asli Indonesia man.. Mahabharata sampe Bharatayudha itu walaupun disadur atau memakai judul dari india, tapi ceritanya beda, settingnya beda, dan tokoh2nya pun ada yg punya latar belakang beda dgn aslinya india.

    Lalu karya tersebut berlanjut dgn Pandawa Seda, dan Parikesit dimana india ga ada kisah pandawa seda.
    Wayang purwa pun (kelahiran siwa, hanoman, dan rahwana) awal dari arjuna sasrabahu dan ramayana di mana sudah termasuk asli jawa di mana wayang purwa mengisahkan sebelum mahabharata.
    Bleg,
    gue udah baca RA Kosasih sebelum gue baca komik Spiderman, sebelum gue nonton Knight Rider dan MacGyver.
    Dan sekedar memberitahumu:

    1. Mahabharata dan Bharatayuda-nya RA Kosasih justru mengambil versi India, bukan versi Indonesia
    2. RA Kosasih memang maestro, paling produktif tetapi bukan satu-satunya yang bikin komik wayang, masih ada Teguh Santosa dan Oerip (gue paling suka Oerip).

    Dan seperti yang gue bilang,
    kalaupun mau ambil cerita wayang, mending yang asli Indonesia,
    dalam hal ini cerita Wayang sebelum Ramayana seperti kelahiran Rahwana dan Anoman.

    Ya, benar, gue juga baca komik RA Kosasih yang itu. Komik gue dulu lengkap. Sekarang tinggal beberapa.


    Dan komik Indonesia gak cuma komik Wayang.
    Sampai sekarang pun, sampai punya buntut, gue masih suka melirik-lirik komik Indonesia.

    Makanya, gue sempat menyebut judul-judul seperti 'Ophir' atau 'Katalis'. Percayalah, dua komik tahun 90-an akhir itu keren.
    Terus masih ada komik seperti Alakazam.
    Kalau superhero semacam 'Gunturgen', entah kenapa menurut gue masih gak sreg.

    Btw,
    ini adalah salah satu adaptasi komik Indonesia ke TV:


    Dulu gue pernah baca komik mereka, Dua Warna, dan kemudian Vienetta dan Stupid Aliens.
    Lomba peluk2an di Citos: 30 November 2013
    Lomba dorong2an di Candra Naya (dkt Glodok): 8 Desember 2013

  20. #40
    pelanggan tetap win66ih's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    1,035
    RIP R.A Kosasih.
    ENAKNYA, DI KOPIMAYA SIH KITA NGGAK PERNAH KEPENUHAN APALAGI MAIN TENIS

Page 2 of 4 FirstFirst 1234 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •