Results 1 to 14 of 14

Thread: Kuliner Purwokerto

  1. #1
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288

    Kuliner Purwokerto

    Kalo ke purwokerto, ada beberapa makanan yg wajib dicoba


    1. Soto Jalan Bank
    Ini soto ayam bening + ketupat + krupuk warna warni + krupuk mie + sambel kacang.
    Lokasi warungnya ada di jalan bank, dulu cuma ada 1 warung yaitu warungnya pak Sungeb, tapi sekarang ada banyak dan rata2 sama enaknya.
    Menurut gossip yg tak bisa dipertanggung jawabkan, warungnya pak sungeb ini bisa rame karena pak sungeb nya ngelmu ,y syarat ilmunya adalah gak boleh mandi

    gak tau dah, paling gosip orang sirik, yg pasti kalo mudik ke purwokerto gw bisa tiap hari makan soto di sini.
    Semangkok paling cuma goceng...

    2. Toko Roti Go
    Ini toko roti yg legendaris, tau gak toko roti ini sudah berdiri berapa lama ? 110 tahun !
    yg gw suka itu roti sobek isi coklat, empuknya gak terlalu empuk, lembutnya gak terlalu lembut, gak terlalu basah gak terlalu kering, enak dah pokoknya...
    (ni gw ngetik sambil makan roti sobeknya Roti Go )

    3. Mendoan
    Mendoan itu tempe yg digoreng setengah mateng pake tepung aci, dari awal tempe mendoan itu di jamurkan perlembar dalam bungkusan daun pisang, jadi bukan sekedar tempe yg di iris2, kalo diperhatikan maka keliatan bahwa mendoan itu biji kedelainya masih butiran, tidak ada yg teriris seperti tempe biasa.
    Yang jual banyak, tapi gw gak tau yg mana yg enak soalnya biasanya bokap gw yg beli hohoho...

    4. Kupat tahu
    Yang ini ketupat + tahu + krupuk + kuah bawang manis mirip tahu gejrot, tapi gw gak tau gimana cara bikinnya, biasanya gw makan kupat tahu ini malem2 bareng bokap nyokap, jadi gw gak tau juga lokasinya dimana soalnya tinggal ngikut doang

    5. Mie Cahaya Mas
    Gw gak yakin kalo mie ini halal
    mie ini mirip kayak cwi mie malang yaitu mie nya tipis2 dan warnanya pucat, pake daging ayam dicincang halus + irisan daun bawang.
    Temen2 gw yg dari jakarta sih bilang mie ini biasa2 aja, klo dipikir memang masalah mie di jakarta lebih dahsyat, mau yg gimanapun ada.

    6. Mie Karjo
    Kalo yg ini pasti halal, lebih dikenal sebagai mi goreng jawa, banyak yg jual kalo malem2 di pinggir jalan.
    Pilihannya kalo gak mie goreng ya mi godog (rebus), yg pasti pake kecap manis cukup banyak sehingga warnanya coklat gelap, bumbunya buket dan pake suwiran ayam.

  2. #2
    pelanggan setia Fere's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Depan RSJ-KM
    Posts
    6,120
    yang nomer 1 itu bukannya soto sokaraja ya..?

    gw malah gak tau jalan bank itu dimana, yg pasti sokaraja ini berbatasan dengan purwokerto

    kalo soto sokaraja ini gw pernah nyobain, awalnya sih agak aneh,
    tapi enak juga..

    gambarnya kurang lebih kek gini :


  3. #3
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,138
    gw taunya juga yang soto sokaraja,
    cuma sekali ke purwokertoo, dalam artinya emang singgah di kota sana n keliling2 ya
    emang kota pensiunan, enak teduh.

    trus itu sotonya pake bumbu kacang, agak aneh
    tapi bisa abis juga

  4. #4
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,138
    Toko Roti Go ama roti babah setoe tuaan mana ya?
    gw kemarin dibawain nyokap roti babah setoe
    dulu bungkusnya khas banget tapi sekarang udee ganti pake plastik

  5. #5
    opera's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    http://www.opera.com/
    Posts
    4,852
    wah ada mie adong...

  6. #6
    pelanggan setia heihachiro's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    little nong
    Posts
    2,613
    soto jalan bank beda ama soto sokaraja

    Sokaraja itu di arah timur Purwokerto, sedangkan jalan Bank itu di bagian agak ke barat Purwokerto. Dinamakan jalan bank karena di ujung jalan itu ada bank BRI cabang Purwokerto, yg gedungnya sepertinya merupakan peninggalan jaman Belanda

    dan soto di jalan bankn kuahnya bening, sedangkan soto Sokaraja itu buthek

    ngomong2 kuliner Puerto Rico Purwokerto, ada warung siomay &pempek enak di jalan Masjid di seberang gedung DPRD, warung jakarta atao apa, saya lupa namanya , itu enak juga. Di situ tulisannya jualan mie ongklok (makanan Wonosobo) juga, cuman pas ke situ lagi ngga ada mie ongklok-nya

    kalo ke Baturraden, jangan lupa makan pecel kecombrang dan sate kelinci

    jadi pengen ke sana lagi
    next year™

  7. #7
    Barista fullmoonflower's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    antara maya dan nyata
    Posts
    739
    dari Purwokerto, gw cuma suka mendoan dan getuk goreng...

    CAPPUCCINO AND TIRAMISU LOVER

  8. #8
    pelanggan setia Fere's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Depan RSJ-KM
    Posts
    6,120
    ^

    getuk goreng bukannya dari sokaraja juga ya..?

  9. #9
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Mendoan is da best lah..

  10. #10
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    jadi kepengen mendoan yg di es pocong margo
    udah lama ga makan itu
    Popo Nest

  11. #11
    ad jg nh yg terlupakan lepet, ketupat & lontong keculi saat lebaran perajinindonesia.blogspot.com/2013/01/ketupat-lontong-dan-lepet-purwokerto.html


  12. #12
    Barista kupo's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Jog Ja karta
    Posts
    3,849
    ada lagi yang enak.. es durian.. sebetulnya aslinya es ini yg jualk di purbalingga, tapi sekarang buka cabang di purwokerto didepan GOR. yg jualan anaknya yg jual di purbalingga n rasanya sama dengan yg pusat... layak dicoba..

    ---------- Post Merged at 02:46 PM ----------

    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    Kalo ke purwokerto, ada beberapa makanan yg wajib dicoba

    6. Mie Karjo
    Kalo yg ini pasti halal, lebih dikenal sebagai mi goreng jawa, banyak yg jual kalo malem2 di pinggir jalan.
    Pilihannya kalo gak mie goreng ya mi godog (rebus), yg pasti pake kecap manis cukup banyak sehingga warnanya coklat gelap, bumbunya buket dan pake suwiran ayam.
    setahu aku yg jual (pak Arjo) nya udah meninggal, sekarang yg jual anaknya, di dekat pasar pakai nama arjo putro.. tapi rasanya udah agak berbeda ga seperti waktu jaman bapaknya... mungkin yg domisili di purwokerto ada yg lebih tahu?

  13. #13
    ....................inyong asli wong purwokerto jadi bangga ada thread ginian

    Jangan lupa jg cobain "Sego Bandem" (Nasi timpuk?) di pasar wage deket kelenteng. Model2 nya kaya nasi kucing gitu, porsi kecil, buka malem.

    Disebelahnya ada warung mi jowo jg, sedia bakmi goreng, bakmi rebus, nasi goreng, cap cay yang imo lebih enak dari mie arjo.

    Alternatif yg ga demen soto sungeb/soto jalan bank, bisa cobain soto ani. Klo ini model kuah kuning santan.

    Sate kambing 2 saudara di daerah banaran jg layak dicoba. Sate kambing di daerah Purwokerto dan sekitarnya cenderung dibakar setengah matang, sehingga bagi sebagian orang luar kota menganggapnya belum matang. Disajikan dengan Hot Plate, pokoke maknyus.

    Sahoun Ayam Pak Kartim. Kayaknya Sahoun cm ada di purwokerto deh, ga pernah liat di tempat lain. Sahoun itu seperti mie hanya sajah berwarna putih dan tebal, disajikan dengan kuah ayam segar dan suwiran ayam.

  14. #14
    Barista kupo's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Jog Ja karta
    Posts
    3,849
    Quote Originally Posted by Delacroix View Post
    ....................inyong asli wong purwokerto jadi bangga ada thread ginian

    Sate kambing 2 saudara di daerah banaran jg layak dicoba. Sate kambing di daerah Purwokerto dan sekitarnya cenderung dibakar setengah matang, sehingga bagi sebagian orang luar kota menganggapnya belum matang. Disajikan dengan Hot Plate, pokoke maknyus.

    Sahoun Ayam Pak Kartim. Kayaknya Sahoun cm ada di purwokerto deh, ga pernah liat di tempat lain. Sahoun itu seperti mie hanya sajah berwarna putih dan tebal, disajikan dengan kuah ayam segar dan suwiran ayam.
    ooo.. asli purwokerto to kang... inyong cilikane nang purbalingga..
    sate kambing 2 sodara? bukannya 3 sodara? ...

    hmm sahoun ... enak tu... orang diluar kota purwokerto ga banyak yg tahu makanan ini..

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •