Page 2 of 2 FirstFirst 12
Results 21 to 29 of 29

Thread: Cadangan minyak habis 2024, DPR bikin UU hemat energi

  1. #21
    sumber daya alam yg dapat diperbaharui vs sumber daya alam yg tidak dapat diperbaharui. itu maksutnya?
    you can also find me here

  2. #22
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    intinya sih tetep aja bakal semakin tipis, namanya aja ga bisa diperbaharui. ga mungkin jadi makin banyak
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  3. #23
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    iya mus, itu maksudnya. jadi pasti minyak pasti abis, biar mau eksplor kemana2 juga

  4. #24
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Ada 2 pihak yg berkepentingan disini, negara penghasil minyak dan negara pembeli minyak.

    Negara penghasil minyak ingin mengekspose kelangkaan sumber minyak dimasa depan agar harga naik terus, negara pembeli minyak ingin mengecilkan potensi kelangkaan ini agar harga jangan naik terlalu cepat.

    Kalau cadangan minyak bumi masih sangat banyak, maka manusia punya cukup waktu untuk mengkonversi sumber energi sehingga tidak terjadi kelangkaan minyak, konversi energi akan berjalan dengan mulus,
    tapi kalau minyak keburu langka sebelum manusia siap mengubah sumber energi utamanya, maka akan terjadi krisis besar.

    Semua butuh waktu, contohnya kalau kita ingin menghemat energi dengan cara mengubah lampu neon dengan lampu LED, kalau buru2 dilakukan maka kita harus membeli lampu LED dengan harga mahal, tapi kalau sabar dulu maka kita bisa menikmati lampu LED yang harganya sudah turun.

    Atau kalau kita mau memakai Solar Cell, kalau beli sekarang harganya mahal dan efisiensinya masih rendah, tapi sejalan dengan waktu akan ada solar cell tipe2 baru yg lebih murah dan lebih efisien.

    Jadi, minyak akan semakin langka, harganya akan semakin mahal, teknologi pengganti minyak akan semakin mendapat angin.

    Semua dengan catatan, cadangan minyak masih cukup banyak untuk menjamin mulusnya pergantian teknologi.

  5. #25
    pelanggan setia choodee's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Posts
    2,988
    maw minyak di indo udah langka atau belum langka, intinya indo itu memang kudu riset bahan energi alternatif. kalopun minyak di indo masih banyak, ya syukur alhamdulillah, berarti kita masih dikasi kesempatan sama Tuhan buat riset energi alternatif tanpa kekurangan minyak dulu, kalo minyak udah defisit, itu namanya udah telat, maw riset ga ada uang, ga riset maw dikasi makan apa rakyat? kalo maw bijaksana memang ga bisa kita cuman depend sama satu sumber energi, listrik pake minyak, kendaraan pake minyak, pam make minyak (karena pam pake listrik juga) apa2 pake minyak ya sekalinya minyak dikasi habis kan kewalahan.

    gw bingung dari dulu dpr ini wacana mulu, dan uu hemat energi memang penting, tapi kalo udah keadaan darurat, uu itu efeknya cuman secuil buat menyelematkan konsumsi energi di indonesia. maw dihemat tetap juga make, sehemat2nya ga mungkin bisa motong konsumsi hingga 50%. kalo kek gini terus bukannya sama aja kek jaman suharto? rakyat dibuai sama harga murah yang pada kenyataannya harga itu ga relevan dari sisi ekonomi. dan yang kasian bakal kena imbasnya adalah generasi mendatang. serba salah memang, karena rakyat kecil (yang ga berpendidikan) dikasi taw gitu mana ngerti, taunya ya mereka bakalan sangat menderita kalo bbm naik, dan jumlah rakyat yang menderita kalo bbm naik ini cukup relevan buat suara memenangkan pilpres dan pemilihan lainnya. susah dari dulu diajarkan indonesia nanem bisa tumbuh emas, airnya air susu, jadi udah tepatri di pikiran bahwa indonesia kaya melimpah ruah untuk selamanya, padahal seperti yang disebutkan, kekayaan2 itu sebagian sda yang tak terbaharui.

  6. #26
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    5,134
    Pemerintah sekarang maunya instant.... dana riset
    milyaran saja susah turun, buat ngemplangin pengu
    saha korup, trilyunan kaya metik daun saja...

  7. #27
    pelanggan setia choodee's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Posts
    2,988
    soalnya kalo jadi pengusaha korup, kalo indonesia dijual pas bangkrut, bisa pindah jadi warga negara spore

  8. #28
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    5,134
    emang ganti KTP doang bisa merubah mentalitas?
    Yang ada NK Republik Singapore yang berubah sta
    tus menjadi negara terbelakang

  9. #29
    pelanggan smile's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    mbandung
    Posts
    72
    kok yang kerasa malah soal mentalitas instan-nya pemerintah Indonesia ya?
    maunya yang gampang aja, yang cepet, yang nggak bikin ribut dan aman-aman aja... yang jadi prioritas bukan lagi kesejahteraan jangka panjang buat rakyat, tapi "cari aman" demi kepentingan politik jangka pendek...

    saya nggak ngerti soal perminyakan sih, cuma ya karena minyak memang termasuk sumber daya alam yang nggak bisa diperbarui, wajar kan ya kalo dia ada habisnya? dan yang kepikir di orang awam macem saya ya cuma cari sumber energi alternatif... lah kalo minyak beneran habis, sementara sebagian besar kegiatan manusia di Indonesia butuh suplai energi, mau nggak mau kan harus ada sumber lain untuk mendukung kegiatan itu?
    kalo nggak gitu, ya berasa tinggal nunggu Indonesia jadi jajaran kota-kota mati lah...

Page 2 of 2 FirstFirst 12

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •