Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 22

Thread: Biji Kopi

  1. #1
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288

    Biji Kopi

    Tadi gw ke pasar tradisional yang becek dan bau.

    Trus iseng2 beli kopi giling, bentuknya masih biji kopi trus langsung di giling oleh pedagangnya.

    Gw kira akan dapet kopi wangi dengan harga murah, tapi ternyata waktu dicium dirumah baunya... sama kayak bau pasar ! campuran antara bau daging mentah, ikan asin, ayam potong, sayur busuk dll...

    Ini problem dari pedagang kopi,
    kopi yg sudah di panggang itu sangat kering, benda kering seperti ini sangat menyerap uap air diudara, termasuk molekul bau2an disekitarnya.
    Memang selagi masih berbentuk biji kopi maka hanya bagian luarnya saja yg terkontaminasi udara bebas, bagian dalamnya mungkin masih murni, tapi gw udah keburu ilfil, kopinya gak gw coba sama sekali, cuma dicium doang trus dibuang.

    Selain itu biji kopi yang murah bentuknya meragukan, bijinya berbentuk 2 gumpalan aneh, kalo biji kopi mahal kan bentuknya seperti yang di gambar2 itu, butiran lonjong coklat tua dengan garis liku2 disatu sisi.

    Kalau dibandingkan, gw lebih milih kopi murah yang dikemas dengan baik seperti kopi kapal api atau kopi abc, meskipun murahan tapi bau kopinya masih terjaga oleh kemasan plastik-aluminium.
    Last edited by AsLan; 12-01-2012 at 04:56 PM.

  2. #2
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    wow....

    kopi varitas baru ya
    aroma pasar tradisional

  3. #3
    pelanggan setia hajime_saitoh's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Mataram Lombok NTB
    Posts
    2,004
    wah ana sih bukannya gak suka ngopi, gw ngopi tapi tidak sampai tingkatan rutin.... so kurang begitu tau tentang kopi.... paling2 ngopi kopi sachetan....

  4. #4
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Quote Originally Posted by hajime_saitoh View Post
    wah ana sih bukannya gak suka ngopi, gw ngopi tapi tidak sampai tingkatan rutin.... so kurang begitu tau tentang kopi.... paling2 ngopi kopi sachetan....
    kopi sachetan lumayan koq, minimal baunya masih bau kopi...

  5. #5
    Barista deddy's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Mahakam
    Posts
    2,250
    bung aslan....mungkin yang dijual dipasar tardisional tersebut jenis biji kopi apkiran dan tergolong kopi yang masih mudah...... jadi tidak mengeluarkan aroma sama sekali dan rasanyapun pasti tidak enak ..
    GARUDA DI DADAKU

  6. #6
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    iya... bentuknya aja aneh.

    Ada juga sih kopi mahalnya, tapi lihat cara penyimpanannya kayak gitu gw udah males nyoba.

  7. #7
    kopi yang sering gw minum bentuknya juga aneh, ada bentuk bubuk sempurna, tapi kadang nyangkut bentuk kerikil, yah gw kunyah-kunyah aja sekalian kalau kaga nahan tinggal di cuh gitu.

  8. #8
    Barista deddy's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Mahakam
    Posts
    2,250
    Quote Originally Posted by bidawang View Post
    kopi yang sering gw minum bentuknya juga aneh, ada bentuk bubuk sempurna, tapi kadang nyangkut bentuk kerikil, yah gw kunyah-kunyah aja sekalian kalau kaga nahan tinggal di cuh gitu.
    itu bukan kopi yg berbentuk kerikit tapi emang kerikil beneran .......
    GARUDA DI DADAKU

  9. #9
    coba-coba biomedical's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    Jakarta Timur
    Posts
    27
    hhihihihi..
    namanya juga tradisional om, trcampur berbagai aroma

    mungkin sisi lainnya jadi tau yang namanya biji kopi yah ?
    Ingat 16x adukan ke kiri untuk sebuah kenikmatan coffe

  10. #10
    coba-coba
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    4
    salam knal bang aslan......,kayak nya yang anda bli to jenis kopi peaberry (kopi yang bakal bijinya utuh tidak pecah kayak kopi pada umumnya),klo di daerah jember orang bilang kopi lanang.klo temperatur sangrainya kurang biasanya kopi terlihat agak kering (tidak keluar cairan yg terkandung pd kopi)dan rada bau gosong plus apek, tpi klo sampe bau yang laen2 itu mah udah terkontaminasi tangan pedagangnya.......saya heran aroma kopi saset kok bisa bertahan lama malah saya ragu jangan2 ada tambahan aroma esense pada kopi pabrikan.
    salam kenal bwt smua kususnya moderatornya bang deddy

  11. #11
    pelanggan tetap
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    670
    yang disebut kopi terbaik itu yang tumbuh di daratan tertentu, suhu tertentu, kadar tanahnya juga dll juga yah, katanya kopi siborong2 juga bagus tuh (gw liat di starbucks selalu habis)

  12. #12
    Barista deddy's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Mahakam
    Posts
    2,250
    Quote Originally Posted by heang View Post
    salam knal bang aslan......,kayak nya yang anda bli to jenis kopi peaberry (kopi yang bakal bijinya utuh tidak pecah kayak kopi pada umumnya),klo di daerah jember orang bilang kopi lanang.klo temperatur sangrainya kurang biasanya kopi terlihat agak kering (tidak keluar cairan yg terkandung pd kopi)dan rada bau gosong plus apek, tpi klo sampe bau yang laen2 itu mah udah terkontaminasi tangan pedagangnya.......saya heran aroma kopi saset kok bisa bertahan lama malah saya ragu jangan2 ada tambahan aroma esense pada kopi pabrikan.
    salam kenal bwt smua kususnya moderatornya bang deddy
    ok salam kenal kembali ......

    Quote Originally Posted by Joyko View Post
    yang disebut kopi terbaik itu yang tumbuh di daratan tertentu, suhu tertentu, kadar tanahnya juga dll juga yah, katanya kopi siborong2 juga bagus tuh (gw liat di starbucks selalu habis)
    kopi aceh, medan bengkulu dan lampung jenis kopi pilihan semua tuh ..... dan didaerah pegunungan seperti toraja juga penghasil kopi enak ....
    GARUDA DI DADAKU

  13. #13
    pelanggan setia Bi4rain's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Neverland
    Posts
    2,539
    Di swalayan kan ada tuh dijual kopi hasil gilingan, susah seduhnya yak? Ga bisa seduh biasa pake air hangat kayak kopi sachet, rasanya malah asem gitu. Kudu ada trik kali...
    A kid at heart

  14. #14
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    ^^
    Iya di supermarket biasa ada mesinnya juga tuh... Saya belom pernah sih coba beli...

    Gimana sih nyeduhnya ? Pake disaring segala ya ?

    Btw kalo yang dibilang @bidawang , saya juga pernah tuh kayak nyangkut ampas kopi , padahal saya minum yang sachet an lo...
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  15. #15
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Kopi yg hasil giling sendiri harus diseduh dengan air mendidih, gak bisa pake air hangat.
    Katanya sih paling bagus pake air 90'C

    Masalah ampasnya, ada beberapa teknik.
    Misalnya ampas kopi dibiarkan mengendap, itu namanya kopi tubruk.
    atau di tekan kebawah dengan saringan, ini tekniknya french press.
    Ada juga yg disaring pakai kertas saring kopi, atau dibiarkan menetes dari saringan Mocca Pot.

    Kopi yg bagus, semua ampasnya tenggelam.
    Kopi yg kurang bagus, banyak ampas kopi yg ngambang di permukaan.

    Kopi instan gak ada ampasnya sama sekali.

  16. #16
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    ^^
    Tadi swmpat salah baca , 90C kebaca WC... Sampe kaget

    Ow berarti kemaren kopi nya bagus ya , soalnya ampasnya tenggelam semua...

    TFS on Aslan
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  17. #17
    pelanggan setia Bi4rain's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Neverland
    Posts
    2,539
    Oh salah gw, air panas koq. Dari dispenser air. Tapi yg kubicarakan disini bukan yg sachet ya....kopi bubuk, ada yg rada susah seduhnya, entah kenapa rasa kopinya asem. Kalau sachet gw suh setuju pasti dikasih zat lain entah essence kopi atau ada penetral rasa kali ya? abisnya diseduh juga rasanya tetap gitu-gitu aja.
    Ga kayak kopi bubuk gilingan yg....tricky.
    A kid at heart

  18. #18
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Quote Originally Posted by Bi4rain View Post
    Oh salah gw, air panas koq. Dari dispenser air. Tapi yg kubicarakan disini bukan yg sachet ya....kopi bubuk, ada yg rada susah seduhnya, entah kenapa rasa kopinya asem. Kalau sachet gw suh setuju pasti dikasih zat lain entah essence kopi atau ada penetral rasa kali ya? abisnya diseduh juga rasanya tetap gitu-gitu aja.
    Ga kayak kopi bubuk gilingan yg....tricky.
    makaya ada profesi yg namanya Barista...
    biar orang gak usah susah2 berusaha bikin kopi enak, tinggal beli dari mereka

    ---------- Post Merged at 12:07 AM ----------

    Quote Originally Posted by lily View Post
    ^^
    Tadi swmpat salah baca , 90C kebaca WC... Sampe kaget

    Ow berarti kemaren kopi nya bagus ya , soalnya ampasnya tenggelam semua...

    TFS on Aslan
    ya ampun lily... doyan ya minum air WC... maksudnya biar hemat ya ?
    hemat juga gak perlu sampe getoh kalee...

  19. #19
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    ^^
    Salah baca kali...

    Om Aslan nakal
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  20. #20
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    ada yg lagi flirting

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •