Page 3 of 4 FirstFirst 1234 LastLast
Results 41 to 60 of 69

Thread: Mekkah future

  1. #41
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910

  2. #42
    pelanggan setia et dah's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Land Between Solar Systems
    Posts
    3,911
    Quote Originally Posted by cha_n View Post
    ngaco kenapa?
    udalah positif thinking aja ngga usah ngejelek jelekin (middle fingrer lah, tanduk setan lah, tamasya lah, ka'bah-nya di bilang kecil dibandingkan gedung-gedung yg megah, air zam-zam di korbanin lah, disamain sama sin city las vegas lah , dll)
    ini kan buat jamaah juga. buat kenyamanan juga. kalau kita ngga ngerasain buat anak cucu kita lah seengaknya.
    apa mau lama2 disana tanpa ac ,hotel masih kelas ecek-ecek, dll.. ngga nyaman kan?
    itu cuman fasilitasnya aja ... lha ibadahnya kan dimana-mana nomer satu.
    sy hampir ngga pernah denger orang mau ke tanah suci niatnya cuma mau nginep di hotel yg keren atau belanja-belanja barang mahal haji atau umroh itu prioritas mereka yg utama. itu urusan mereka dengan yg diatas. gausah nge-judge!

  3. #43
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Maksudnya jangan menjelek2an (rajanya) arab SAUDI? Kalo yang lain boleh ya?

    Lagian bukan fasilitas kok yg gw kritik, tapi design. Kenapa harus begitu? Kenapa musti tertinggi kek menara babel? kenapa musti deket2 kabah? Di video youtube dikatakan gedung tsb telah menggusur tempat2 bersejarah islam.

    Sorry, maksudnya menara babel.
    Last edited by ndableg; 06-06-2015 at 07:31 PM.

  4. #44
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,417
    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    ]t'rus bulan sabit mirip tanduk setan.



    Bukan mirip tanduk setan, tapi Barad-dûr


    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

  5. #45
    pelanggan setia et dah's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Land Between Solar Systems
    Posts
    3,911
    coba bersukur aja ada yg membangun supaya jadi lebih nyaman..

    Tsk! dasarnya manusia banyak berkritik

    dan gw belom pernah ke jaman babylon jd ngga akan berkomentar soal design-nya sama atau engga.

    bro, srsly babel atau babylon nih .. hihi
    Last edited by et dah; 06-06-2015 at 08:03 PM.

  6. #46
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Jadi kritik apa ngaco nih?

    “Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu berbuat terhadap kaum ‘Aad? (yaitu) penduduk Iram yang mempunyai bangunan-bangunan yang tinggi yang belum pernah dibangun (suatu kota) seperti itu di negeri-negeri lain , dan kaum Tsamud yang memotong batu-batu besar di lembah dan kaum Fir’aun yang mempunyai pasak-pasak (tentara yang banyak), yang berbuat sewenang-wenang dalam negeri, lalu mereka berbuat banyak kerusakan dalam negeri itu, karena itu Tuhanmu menimpakan kepada mereka cemeti azab,” (QS. 89:6-13)”

  7. #47
    pelanggan setia et dah's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Land Between Solar Systems
    Posts
    3,911
    ngaco! nyamain makkah sekarang sama kota kaum 'ad.. hati-hati ah kalau kritik salah salah jadi ngaco.. dan ngerasa bener!
    Last edited by et dah; 06-06-2015 at 07:59 PM.

  8. #48
    pelanggan setia TheCursed's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    3,231
    Quote Originally Posted by mbok jamu View Post
    Bukan mirip tanduk setan, tapi Barad-dûr


    Gue baru mau bilang.
    Arab... Arab... Baitullah kok malah jadi Sarang Sauron ?!

    Kapan sih orang2 ini mudeng, bahwa yang namanya "Bermegah-megah" <> "Modern". Sekali lagi.... (karena sekali aja, nggak cukup)

    BTW, kaum 'Aad ?
    Gue, malah, ngerasanya Baitullah balik lagi kayak jaman kafir quraish sebelum Rasulullah. Sama2 di kelilingi 'berhala'.
    Kalo dulu, literal, berhalanya benaran patung Latta, Uzza, dan semua derivatnya.
    Yang sekarang, 'berhala'nya, Presidential Suite, 5 star dinner, Gold Card... dkk. Lebih subtle, tapi tetep, rasanya lebih di utamakan daripada 'Bertamu dan/atau Mengadu ke Rumah Allah'.
    Kayak jaman dulu Latta dan Uzza juga lebih 'di utamakan'.

    ---------- Post Merged at 09:12 PM ----------

    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Katanya ikut nabi.
    Padahal raja saudi.
    kalo ikut nabi, dia nggak akan jadi raja Saudi.

    ---------- Post Merged at 09:14 PM ----------

    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    http://skyscrapercenter.com/building...tower-hotel/84
    said:
    Owner/Developer: Saudi Bin Laden Group.. sahabat bush..
    Ya know... that Al-Qaeda guy...
    Last edited by TheCursed; 06-06-2015 at 11:08 PM.
    A proud SpaceBattler now.

  9. #49
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Quote Originally Posted by et dah View Post
    ngaco! nyamain makkah sekarang sama kota kaum 'ad.. hati-hati ah kalau kritik salah salah jadi ngaco.. dan ngerasa bener!
    Kenyataannya, ada bangunan segitu tinggi.

  10. #50
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,948
    Yak, bayangin betapa ngirinya ketika membaca berita pasar kuno tempat socrates mengoceh ditemukan dan jadi situs arkeologi.
    Sementara bangunan2 masa Nabi dihancurkan dan kita tidak bisa lagi belajar sejarah bagaimana dulu mereka hidup dsb.

    Untung masih ada dikit2 di museum Turki peninggalan masa tsb. Kalo nggak makin jauh aja nabi dengan umat setelahnya.
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  11. #51
    pelanggan setia hajime_saitoh's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Mataram Lombok NTB
    Posts
    2,004
    saya bingung harus berkomentar apa disini.......... saya cuman bisa bilang kalo memang tujuan pemerintah Saudi melakukan pembangunan besar2an adalah untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi semua jemaah haji yang ada ya sudahlah... tapi kalo tujuannnya cuman bermewah2an saja saya juga gak tau dah ..

  12. #52
    pelanggan setia et dah's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Land Between Solar Systems
    Posts
    3,911
    Ngga usah komentar lah ..
    Makkah itu sensitif ..
    Biar aja orang mau ngejelekin gmn juga..
    Saya sendiri sih udh ada gambaran arah pembicaraan tread ini mau kemana

  13. #53
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,417
    Kenyamanan berbelanja?
    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

  14. #54
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,366
    belanja apaan di sana?

    baju? Saya jarang beli baju
    jam tangan? Mendingan beli di negeri sendiri
    ponsel/tablet? Ngapain nanti settingannya bahasa di sono, lol, bukan masalah besar ini mah
    CURE SUNSHINE WA KAKKOSUGIRU.

  15. #55
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    5,137
    Yak, bayangin betapa ngirinya ketika membaca berita pasar kuno tempat socrates mengoceh ditemukan dan jadi situs arkeologi.
    Sementara bangunan2 masa Nabi dihancurkan dan kita tidak bisa lagi belajar sejarah bagaimana dulu mereka hidup dsb.

    Untung masih ada dikit2 di museum Turki peninggalan masa tsb. Kalo nggak makin jauh aja nabi dengan umat setelahnya.
    yang diteladani itu sikap dan perjuangan Rasullullah
    dan para sahabat, bukan bangunan-bangunannya

    ---------- Post Merged at 08:27 PM ----------

    Yak, bayangin betapa ngirinya ketika membaca berita pasar kuno tempat socrates mengoceh ditemukan dan jadi situs arkeologi.
    Sementara bangunan2 masa Nabi dihancurkan dan kita tidak bisa lagi belajar sejarah bagaimana dulu mereka hidup dsb.

    Untung masih ada dikit2 di museum Turki peninggalan masa tsb. Kalo nggak makin jauh aja nabi dengan umat setelahnya.
    yang diteladani itu sikap dan perjuangan Rasullullah
    dan para sahabat, bukan bangunan-bangunannya

    ---------- Post Merged at 08:30 PM ----------

    Quote Originally Posted by hajime_saitoh View Post
    saya bingung harus berkomentar apa disini.......... saya cuman bisa bilang kalo memang tujuan pemerintah Saudi melakukan pembangunan besar2an adalah untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi semua jemaah haji yang ada ya sudahlah... tapi kalo tujuannnya cuman bermewah2an saja saya juga gak tau dah ..
    selagi thawaf dan kissbye.... eh ada gedung tinggi men
    julang


    disekitaran Bandara saja, ngga boleh ada bangunan ting
    gi lebih dari 3 lantai... masa Ka'bah kalah sterille..

    Betewe, memang ada jamaah haji yang nginap di Menara
    Jam itu? hotel bintang 7 kayanya

    ---------- Post Merged at 08:30 PM ----------

    Quote Originally Posted by hajime_saitoh View Post
    saya bingung harus berkomentar apa disini.......... saya cuman bisa bilang kalo memang tujuan pemerintah Saudi melakukan pembangunan besar2an adalah untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi semua jemaah haji yang ada ya sudahlah... tapi kalo tujuannnya cuman bermewah2an saja saya juga gak tau dah ..
    selagi thawaf dan kissbye.... eh ada gedung tinggi men
    julang


    disekitaran Bandara saja, ngga boleh ada bangunan ting
    gi lebih dari 3 lantai... masa Ka'bah kalah sterille..

    Betewe, memang ada jamaah haji yang nginap di Menara
    Jam itu? hotel bintang 7 kayanya
    "And this world of armchair bloggers who created a generation of critics instead of leaders, I'm actually doing something. Right here, right now. For the city. For my country. And I'm not doing it alone. You're damn right I'm the hero."

    --Oliver Queen (Smallville)

  16. #56
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,948
    Masa meneladani bangunan, aya aya wae
    Konteknya ya sebagai hard evidence dari culture, sejarah dll.
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  17. #57
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    5,137
    Hard Evidence nya ya Al Quran.... done..

    pilgrimage nya ya Arafah, Mina dan Jabal Rahmah

    Ngapain iri, kebudayaan lain punya hard evidence
    yang berbeda.... ngga harus sama toh standar nya



    ---------- Post Merged at 06:50 AM ----------

    Hard Evidence nya ya Al Quran.... done..

    pilgrimage nya ya Arafah, Mina dan Jabal Rahmah

    Ngapain iri, kebudayaan lain punya hard evidence
    yang berbeda.... ngga harus sama toh standar nya

    "And this world of armchair bloggers who created a generation of critics instead of leaders, I'm actually doing something. Right here, right now. For the city. For my country. And I'm not doing it alone. You're damn right I'm the hero."

    --Oliver Queen (Smallville)

  18. #58
    pelanggan setia TheCursed's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    3,231
    Quote Originally Posted by Ronggolawe View Post
    ...
    Jam itu? hotel bintang 7 kayanya
    THIS.
    WHY ?!
    Bukannya berhaji itu seharusnya kita sebisa mungkin berzuhud-ria sampe pakaian normal berjahit aja di tanggalkan ? bukannya Ihram sendiri fungsinya mengingatkan manusia bahwa di dalam lingkungan kegiatan berhaji nggak ada jabatan/label bikinan manusia yang penting di muka pintu Rumah Allah ?

    kalo abis dari 'sekedar muterin gundukan batu kuno 7 kali' terus, karena punya pohon duit, bisa pulang ke Hotel Bintang 7(di atasnya bintang 5 !) dan makan malam di layani chef dengan michelin star... sebelah mana bagian penyadaran 'semua muslim adalah sama di depan Allah'-nya ?

    IMHO, mau yang megah2(or hedon2 ?) kayak gini, kumpulin di Dubai aja, deh.
    Maaf2, pekarangan Rumah-nya Allah jangan di kotorin sama sampah dunia kayak gini, napah ?




    Kecuali, kalo ternyata, bangunan besar tadi fungsinya bukan buat hotel. Tapi buat penginapan layak GRATIS, buat semua jama'ah haji. Jadi nggak ada lagi tuh, jama'ah yang sampe tidur2 nge-gembel di pinggir jalan karena nggak punya duit.
    Kalo peruntukannya kayak gini... feel free buat ngeratain itu 'situs sejarah'. Toh, bahaya juga 'situs sejarah' tadi buat di biarin, karena bisa(sering !) bergeser nilainya jadi 'locus of magic'(gue liat sendiri yang ini).
    Last edited by TheCursed; 12-06-2015 at 05:23 AM.
    A proud SpaceBattler now.

  19. #59
    [MENTION=200]TheCursed[/MENTION] :

    jadi ibadah haji atau umrah itu mengalami pergeseran makna yak?

    dari ritual suci menjadi semacam wisata religi gitu?


    btw
    kenapa tdk ada ulama berpengaruh yng berani keluarin fatwa (baca ijtihad)
    spt misal, haji itu dapat dilaksanakan kapan saja (baca sepanjang tahun)
    sehingga hal2 semacam berikut dapat diminimalisir

    - perluasan masjidil haram tiada henti
    - batasan quota jamaah
    - living cost reduction
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  20. #60
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    5,137
    haji itu Arafah, dan hari Arafah itu 9 Dzulhijjah...
    "And this world of armchair bloggers who created a generation of critics instead of leaders, I'm actually doing something. Right here, right now. For the city. For my country. And I'm not doing it alone. You're damn right I'm the hero."

    --Oliver Queen (Smallville)

Page 3 of 4 FirstFirst 1234 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •