Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 31

Thread: arwah

  1. #1
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679

    arwah

    saya gak tau mau dimasukin ke thread mana nih. Barista, kalau salah laak tolong dipindah ya

    ini masalah arwah. Kalau sudah meninggal bener gak sih, seperti kata orang2 Jawa, bahwa selama 40 hari arwahnya masih ada di rumah, mengawasi keluarganya?

    Tadinya saya termasuk golongna yang gak percaya. Tapi gegara saya sering nyium bau kembang tiap menjelang subuh di ruang mama dan juga tempat wudlu, mau gak mau jadi mikir, apa bener ya arwah ada di rumahnya sampai 40 hari?

  2. #2
    yg percaya tidak bisa buktikan, yg tidak percaya juga tidak bisa buktikan..............maka yg menganggab benar maka benar, kalo dianggab tidak benar maka tidak benar

    kalo masalah kepercayaan mustinya jangan ditanya kebenarannya

  3. #3
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    5,137
    Bu, kalau boleh saya urun bicara, pemikiran saya
    simple saja, bahwa setiap lahir anak Adam, maka
    satu iblis akan bertugas menyesatkannya. Entah
    si iblis berhasil atau tidak, ketika si anak Adam ta
    di berpulang kepada Allah, si iblis, kehilangan job,
    tapi ngga kehilangan akal, giliran keturunan si a-
    anak Adam tadi yang hendak disesatkannya, sem
    bari ngebantu tugas juniornya yang lain.

    Jadi roh setiap manusia saat ia wafat, akan kembali
    kepada Allah, tanpa terkecuali. Si iblis yang selama
    ini menggoda almarhumah lah yang kemudian mem
    beri kesan bagi keluarga yang ditinggalkan, seolah-
    olah arwah almarhumah masih ada di rumah yang
    ditinggalkan. Harapannya, ngga bisa nyesatin almar
    humah, maka anak keturunannya yang disesatkan.

  4. #4
    Quote Originally Posted by BundaNa View Post
    saya gak tau mau dimasukin ke thread mana nih. Barista, kalau salah laak tolong dipindah ya

    ini masalah arwah. Kalau sudah meninggal bener gak sih, seperti kata orang2 Jawa, bahwa selama 40 hari arwahnya masih ada di rumah, mengawasi keluarganya?

    Tadinya saya termasuk golongna yang gak percaya. Tapi gegara saya sering nyium bau kembang tiap menjelang subuh di ruang mama dan juga tempat wudlu, mau gak mau jadi mikir, apa bener ya arwah ada di rumahnya sampai 40 hari?
    itu adalah PEKERJAAN JIN (Islam)

    itu adalah Halusinasi (Ilmu Psikologi)

    itu adalah impuls-impuls dari otak atas bank data (tiap-tiap sel otak menyimpan ribuan data) yang terolah tanpa di instruksi (kesadaran) hingga sampai masa instruksi tiba maka ingatan tersimpan kembali (bau sudah hilang)

    point nya...

    apapun itu yang kamu sebutkan bukanlah hal yang BENAR - BENAR terjadi

    sebab tidak ada orang mati KEMBALI KEDUNIA walau hanya RUH nya saja

    telah datang BATAS atas dirinya maka BATAS itu tidak dapat MELEWATI nya....
    Sombong Itu Selendang Allah

  5. #5
    pelanggan tetap
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    1,352
    Quote Originally Posted by Darrul_Iman View Post
    itu adalah PEKERJAAN JIN (Islam)

    itu adalah Halusinasi (Ilmu Psikologi)

    itu adalah impuls-impuls dari otak atas bank data (tiap-tiap sel otak menyimpan ribuan data) yang terolah tanpa di instruksi (kesadaran) hingga sampai masa instruksi tiba maka ingatan tersimpan kembali (bau sudah hilang)

    point nya...

    apapun itu yang kamu sebutkan bukanlah hal yang BENAR - BENAR terjadi

    sebab tidak ada orang mati KEMBALI KEDUNIA walau hanya RUH nya saja

    telah datang BATAS atas dirinya maka BATAS itu tidak dapat MELEWATI nya....
    tau darimana itu kerjaan jin ?
    kasian jin disalahin mlulu

  6. #6
    pelanggan setia et dah's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Land Between Solar Systems
    Posts
    3,911
    pernah baca buku tapi lupa lagi judulnya
    tentang kehidupan setelah kematian jd dia (orang yang mati ini) datang kerumahnya lagi pas malam jumat biasanya buat ngeliat keluarganya (biasanya kita kirimin doa)

    cmiiw

  7. #7
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Suatu hari di pedalaman China ada sekeluarga yang baru menganut agama Kristen.
    Tidak lama setelah mereka convert menjadi kristen, anak mereka yg usianya 7 tahun meninggal dunia.

    Menurut tradisi China, orang meninggal harus diberi makan/sesajen dan disembayangi, tapi hal itu dilarang dalam agama kristen, maka keluarga itu tidak menyembayangi anak tersebut.

    Malamnya dirumah keluarga itu ada suara si anak, semua orang terbangun dan semua mendengar anak itu menangis kelaparan. Lalu suara menghilang.
    Esoknya muncul lagi suara tersebut, dan esoknya muncul lagi, selalu pukul 1 malam.
    Keluarga itu pun ragu, apakah mereka harus meberikan sesajen ?

    Akhirnya seorang pendeta dipanggil dan menunggu hingga tengah malam, tepat pukul 1 suara anak itu muncul, menangis dan minta makan.

    Sang pendeta bertanya pada suara tersebut, suara tersebut menjawab bahwa dialah si anak yg meninggal itu dan di bisa menjawab semua pertanyaan dari keluarga tersebut.

    Pendeta itu berdoa lalu menghardik suara tersebut dalam nama Tuhan, suara itu diam.
    setelah tiga kali dihardik, akhirnya terdengar jawaban yg menggelegar: SAYA IBLIS !
    Lalu tidak pernah muncul lagi.

  8. #8
    pelanggan tetap
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    1,352
    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    Suatu hari di pedalaman China ada sekeluarga yang baru menganut agama Kristen.
    Tidak lama setelah mereka convert menjadi kristen, anak mereka yg usianya 7 tahun meninggal dunia.

    Menurut tradisi China, orang meninggal harus diberi makan/sesajen dan disembayangi, tapi hal itu dilarang dalam agama kristen, maka keluarga itu tidak menyembayangi anak tersebut.

    Malamnya dirumah keluarga itu ada suara si anak, semua orang terbangun dan semua mendengar anak itu menangis kelaparan. Lalu suara menghilang.
    Esoknya muncul lagi suara tersebut, dan esoknya muncul lagi, selalu pukul 1 malam.
    Keluarga itu pun ragu, apakah mereka harus meberikan sesajen ?

    Akhirnya seorang pendeta dipanggil dan menunggu hingga tengah malam, tepat pukul 1 suara anak itu muncul, menangis dan minta makan.

    Sang pendeta bertanya pada suara tersebut, suara tersebut menjawab bahwa dialah si anak yg meninggal itu dan di bisa menjawab semua pertanyaan dari keluarga tersebut.

    Pendeta itu berdoa lalu menghardik suara tersebut dalam nama Tuhan, suara itu diam.
    setelah tiga kali dihardik, akhirnya terdengar jawaban yg menggelegar: SAYA IBLIS !
    Lalu tidak pernah muncul lagi.

    Gejala arwah lapar itu sering terjadi
    Biasanya pada fenomena kesurupan. Dalam keadaan ini tubuh fisik manusia yang hidup di pinjam oleh arwah, sehingga arwah bisa merasakan enaknya makan atau rasanya air.

    Makanya di setiap agama selalu ada ritual puasa, tidak lain adalah untuk melatih diri kita lepas dari keterikatan dengan makan-minum.
    Sebab rasa lapar dan haus ini kalau tidak dilatih akan menjadikan bentuk kelekatan.
    Kelekatannya ya itu, udah mati koq minta minum padahal yg butuh minum adalah tubuh fisik.
    Kalo sudah mati, makanannya ya energi, energi hasil ibadah selama hidup.
    Kalo yang bekal makanan (energi) nya gak banyak biasanya dikirimin doa sama yang masih hidup
    Atau bagi beberapa orang yang sudah tingkatan suci, bisa memberikan energi sehingga arwah menjadi tenang.

    Jadi kalo saya ditanya, apakah selama 40 hari arwah masih disekitar rumah ? Saya jawabnya iya
    Kecuali arwah bayi ya, karena arwah bayi itu dimemory nya gak ada gambaran dunia. Tubuh fisiknya tidak merekam rasa enaknya makanan, rasa haus, atau rasa senang dan kangen sama orang tua.
    Last edited by sedgedjenar; 11-01-2012 at 03:36 PM.

  9. #9
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Menurut saya bau2 harum itu bukan iblis. Bukan jg setan. Mgk karena semua yg ada di rumah itu merasa ditinggalkan. Termasuk bundaNa, kompor gas, laba2 penghuni dapur, dll, shg timbul proyeksi bau2 harum.

    Bayangkan ketika meninggal seseorang mengalami pengalaman baru di dunia baru, explore dunia baru, terlalu sibuk kayaknya utk seliweran di bumi terus. Apalagi dapur di rumah, bosen rasanya. Ud seumur idup liat dapur, ud mati balik2 lagi ke dapur. Jangan dibayangkan arwah2 pada pengangguran dong..

  10. #10
    pelanggan tetap
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    1,352
    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Menurut saya bau2 harum itu bukan iblis. Bukan jg setan. Mgk karena semua yg ada di rumah itu merasa ditinggalkan. Termasuk bundaNa, kompor gas, laba2 penghuni dapur, dll, shg timbul proyeksi bau2 harum.

    Bayangkan ketika meninggal seseorang mengalami pengalaman baru di dunia baru, explore dunia baru, terlalu sibuk kayaknya utk seliweran di bumi terus. Apalagi dapur di rumah, bosen rasanya. Ud seumur idup liat dapur, ud mati balik2 lagi ke dapur. Jangan dibayangkan arwah2 pada pengangguran dong..
    ada juga lho ketika suaminya atau istrinya dikubur pasangannya gak rela ketika mau dimasukin liang lahat
    terus potonya masih diliatin
    padahal udah hidup bareng berpuluh tahun

    sama juga dengan arwah
    kalo tingkat spiritual orangnya rendah, maka bisa lebih dr 40 hari tuh gak pergi2
    karena masih belum ikhlas melepas, belum rela menerima kenyataan kalo sudah tidak ada di dunia fisik lagi

  11. #11
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    aduh...kog gue jadi merinding ya...mana anak gue pake nglindur manggil2 utinya

  12. #12
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    5,137
    Quote Originally Posted by BundaNa View Post
    aduh...kog gue jadi merinding ya...mana anak gue pake nglindur manggil2 utinya
    keknya gw ama aslan sepakat, kalau itu bukan
    roh almarhum, bu

  13. #13
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Quote Originally Posted by sedgedjenar View Post
    ada juga lho ketika suaminya atau istrinya dikubur pasangannya gak rela ketika mau dimasukin liang lahat
    terus potonya masih diliatin
    padahal udah hidup bareng berpuluh tahun

    sama juga dengan arwah
    kalo tingkat spiritual orangnya rendah, maka bisa lebih dr 40 hari tuh gak pergi2
    karena masih belum ikhlas melepas, belum rela menerima kenyataan kalo sudah tidak ada di dunia fisik lagi
    Kalo manusia yg sudah mati, ya sudah ga bisa apa2, yg bisa melakukan apa2 itu yg masih idup. Entah jadi terobsesi dgn dunia spirit, entah jadi gendut, stress. Ga heran kalo akhirnya siapa/apa pun yg mengaku2 sbg orang yg sudah mati, orang masih idup tuh percaya. Akhirnya hubungan ama jin dah..

    Seandainya arwah tadi keluar dari tubuh orang mati, apa ga ada mahluk2 lain yg bakal dijumpai? Kalo memang arwah itu ada, berarti mahluk2 lain spt arwah ada juga dong. Nah kalo mahluk2 lain ada juga, berarti bisa berinteraksi antar mahluk yg sama kadarnya dong. Entah dapet ajaran2 baru, entah menanggung perbuatan2/pikiran2nya yg dia tanamkan di dunia, entah menikmati cinta, entah apalah... Artinya, ga mungkin tuh orang mati masih bisa menggeluti dunia yg sudah ditinggalkannya. Sedangkan manusia yg ditinggalkan masih tersangkut dalam dunia nyata, ndak rela ditinggalkan.

    Kalo utk bundaNa sih saya pikir anda musti pikir positip bahwa ibunda itu sekarang sedang menikmati keberadaannya di dunia lain. Jangan diganggu dgn pikiran2 sedih kehilangan.

  14. #14
    pelanggan setia hajime_saitoh's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Mataram Lombok NTB
    Posts
    2,004
    aduh...kog gue jadi merinding ya...mana anak gue pake nglindur manggil2 utinya
    banyakin baca ayat2 muawidzatain (Al-Falaq, An-Nas, sama Al-Ikhlas) plus ayat Kursi, InsyaAllah anda akan terbebas dari hal demikian....

  15. #15
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    setahu saya dalam ajaran islam arwah orang yang sudah meninggal tidak lagi di dunia. kalau ada kejadian orang yang lihat atau ngerasa arwah orang gentayangan itu jin yang menyerupai
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  16. #16
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Quote Originally Posted by BundaNa View Post
    aduh...kog gue jadi merinding ya...mana anak gue pake nglindur manggil2 utinya
    ini mungkin murni urusan psikologis, namanya manusia kalo merasa tertekan dalam suatu hal biasanya kebawa mimpi.
    ada baiknya untuk sementara dikasi perhatian lebih...

  17. #17
    pelanggan tetap
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    1,352
    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Kalo manusia yg sudah mati, ya sudah ga bisa apa2, yg bisa melakukan apa2 itu yg masih idup. Entah jadi terobsesi dgn dunia spirit, entah jadi gendut, stress. Ga heran kalo akhirnya siapa/apa pun yg mengaku2 sbg orang yg sudah mati, orang masih idup tuh percaya. Akhirnya hubungan ama jin dah..
    Nah, masalahnya di situ bleg
    Orang yang sudah mati, ada yg gak terima dia sudah mati dan masih pengen atau ngerasa bisa apa-apa lagi di dunia fisik. Itu yg disebut siksaan alam arwah, tersiksa karena mati gaya (karena sudah gak punya tubuh fisik lagi).

    Saya juga gak menutup mata, bahwa banyak jin bahkan banyak sekali jin yang iseng.
    Tapi saya gak menutup fakta berhubungan sama dunia arwah juga bisa, dan kalo tingkatan spiritual seseorang itu tinggi maka bisa menghindari tipu daya jin. Bisa mbedain mana jin dan mana yang arwah asli.

    Biasa kalo manggil arwah, mau dialog nanti arwah akan datang dalam penampakan pakaian yang sering dia pakai semasa hidup.
    Nah prosedur pertama saat sudah datang, di cek dulu beneran nggak. Masing2 praktisi punya metode tersendiri dalam ngecek kebenarannya.
    Nah, kalo prosedur ngecek ini terlewat, pasti bakal dikerjain sama jin.

    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Seandainya arwah tadi keluar dari tubuh orang mati, apa ga ada mahluk2 lain yg bakal dijumpai? Kalo memang arwah itu ada, berarti mahluk2 lain spt arwah ada juga dong. Nah kalo mahluk2 lain ada juga, berarti bisa berinteraksi antar mahluk yg sama kadarnya dong. Entah dapet ajaran2 baru, entah menanggung perbuatan2/pikiran2nya yg dia tanamkan di dunia, entah menikmati cinta, entah apalah... Artinya, ga mungkin tuh orang mati masih bisa menggeluti dunia yg sudah ditinggalkannya. Sedangkan manusia yg ditinggalkan masih tersangkut dalam dunia nyata, ndak rela ditinggalkan.
    Jangankan setelah meninggal, sebelum meninggal aja dia udah jalan2 ke dunia arwah.
    Ketemu sanak kerabat yg udah meninggal, atau kalau punya hub darah dengan tokoh spiritual (wali, sunan, habib) biasanya yang datang duluan ya mereka ini. Kerabat yang masih hidup nganggepnya ngigo, mata melek nunjuk2 pintu bilang : "ada yg datang, pake sorban, senyum2 tuh di pintu"

    Ya pokoknya kalo yg pernah nungguin orang yg deket2 mati pasti ngalamin hal-hal gini.

    Kata siapa orang mati tidak menggeluti dunia ?
    Kalo orang jaman dulu yang suka sabung ayam, kalo mati maka dia akan sering nongkrong disana.
    Yang suka ke mol, pasti akan nongkrong disana (makanya banyak mol yg serem)
    Nah, tradisi macam ini kental di hindu, menghormati para leluhur (malah terlalu menghormati sehingga banyak yg "kalah"/ sering kesurupan)

    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Kalo utk bundaNa sih saya pikir anda musti pikir positip bahwa ibunda itu sekarang sedang menikmati keberadaannya di dunia lain. Jangan diganggu dgn pikiran2 sedih kehilangan.
    Ya makanya sering dibilang, jangan terlalu sedih nanti yg sudah meninggal akan ikut sedih. Tapi kalo ikhlas, almarhumah yang melihat juga akan senang. Bahkan mungkin jadi pembelajaran bagi beliau untuk bisa ikut ikhlas.

    Semoga kita semua bisa menjadi orang yg ikhlas

  18. #18
    pelanggan tetap
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    1,352
    Anggap aja tulisan saya ini buat nambah wawasan
    Kalo sampeyan2 sudah pernah tau info ini dari saya, kalau nanti mati gak akan kaget
    Paling nggak akan mbathin, ooo saya pernah tau hal seperti ini dari sedge. Ternyata apa yg dikatakan sedge benar
    Atau, ooo ternyata sedge salah karena mati itu gak seperti yg dia tulis. Ternyata benar yang ada di agama bahwa roh langsung kembali ke Allah

    Jadi santai aja menyikapinya ya kop

  19. #19
    Quote Originally Posted by hajine_saitoh
    aduh...kog gue jadi merinding ya...mana anak gue pake nglindur manggil2 utinya
    banyakin baca ayat2 muawidzatain (Al-Falaq, An-Nas, sama Al-Ikhlas) plus ayat Kursi, InsyaAllah anda akan terbebas dari hal demikian....
    weew.....
    ternyata ayat quran bisa jg dijadikan jampi2/mantra pengusir jin or setan yak
    jadi teringat serial film dracula atau sinetrong klenik lainnya neh
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  20. #20
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    emang bisa
    ada hadis nya. sori pake hape
    kisahnya rasul pernah digunakan-guna sampai sakit keras. lalu didatangi malaikat. lalu diajari cara menangkalnya dengan membaca 3 ayat terakhir itu
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •