Page 1 of 7 123 ... LastLast
Results 1 to 20 of 139

Thread: kosakata baru

  1. #1
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,673

    kosakata baru

    ini versi kosakata indonesia apakah ada kosakata2 baru yang baru kamu pelajari hari ini ato baru2 ini?

    *edit*
    kompilasinya di bawah aja. dan rata2 ini buat referensi saya sendiri sih.. input2 temen2 yang laen, saya ikut kompilasiin juga biar gampang nyarinya..
    Last edited by ndugu; 07-04-2011 at 12:14 PM.

  2. #2
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,673
    ini hasil kompilasi:

    ababil - abege labil
    abal-abal - kurang lebih artinya tiruan
    Bakwan - kalau di daerah Jateng gorengan yang merupakan campuran terigu, tauge, wortel dst. Kalo di Jatim, bakso campur2..
    benyek - istilah untuk makanan yang lembut, kenyal tapi masih digigit, atau kental.. yang pasti sih mengandung banyak air...
    Boncos - kantong bolong, miskin, orang susah
    Deponering - (belanda) menyerahkan, melaporkan, mendaftarkan, deposito
    bodong - digunakan untuk menyebut udel yg nongol keluar
    gajebo - ga jelas bo
    getrongan - gratisan
    hode - user berjenis kelamin laki-laki namun suka menyamar menjadi wanita, entah itu dari sisi nama user ID, avatar, maupun tulisannya yang menyerupai karakteristik wanita.
    jidat - dahi
    KUDAPAN - cemilan, makanan ringan, jajanan yng tidak membuat kenyang
    ungkep - itu sesuatu yg ditutup rapat dalam keadaan panas.
    makzul - berhenti memegang jabatan; turun takhta;
    mengkonfrontir - itu mengkonfrontasi, mempertentangkan, memperhadapkan, mempertemukan, menyemukakan
    pak tani - bajakan
    SAUJANA - Sejauh mata memandang
    seponering - (belanda) menghentikan atau menyampingkan perkara
    udel - pusar yang di perut
    wandu - wanita duplikat alias banci
    Last edited by ndugu; 09-04-2011 at 05:58 AM.

  3. #3
    pelanggan setia Kilat's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    2,203
    Quote Originally Posted by ndugu View Post
    hari ini saya blajar :

    benyek - istilah untuk makanan yang lembut, kenyal tapi masih digigit, atau kental.. yang pasti sih mengandung banyak air...
    sama, saya juga baru belajar kata benyek ..
    terus kata ungkep
    mau bikin signature baru tapi kehilangan teksnya

  4. #4
    pelanggan tetap Asum's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    1,217
    ungkep itu sesuatu yg ditutup rapat dalam keadaan panas.
    أَلَا سَأَلُوا إِذْ لَمْ يَعْلَمُوا ؟ فَإِنَّمَا شَفَاءُ الْعِيِّ السَّؤَالُ
    ”Mengapa mereka tidak bertanya jika tidak mengerti ? Sesungguhnya obat dari kebodohan adalah bertanya” (Sunan Abu Dawud no.336)

  5. #5
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    ungkep? nyungsep kali..

  6. #6
    Quote Originally Posted by ndugu View Post
    oh.. trus beberapa istilah baru laennya...

    getrongan - gratisan
    pak tani - bajakan
    gajebo - ga jelas (?)
    tapi itu versi bhs gaul yak

    yng versi standar ayo ada yng bisa memberi contohnya tdk?

    umm ..... apa yak

    eng .... anu, KUDAPAN = cemilan, makanan ringan, jajanan yng tidak membuat kenyang

    kudapan masuk kosa kata baru dlm KBBI gak yah?
    Last edited by pasingsingan; 05-03-2011 at 12:29 AM.
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  7. #7
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,673
    ya termasuk bahasa gaul juga deh.. soalnya di sini kan banyak pake bahasa gaul tuh

    kudapan kok saya ga pernah denger.. apa dari bahasa jawa?

  8. #8
    entahlah
    sptnya bkn serapan (absorbsi) dari unsur bhs jawa
    tapi belakangan ini istilah kudapan sudah sering diterapkan
    sbg kosa kata resmi, terutama kalangan media
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  9. #9
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,673
    kok saya ga pernah denger istilah itu.
    dan saya heran kenapa istilah itu bisa mulai populer memandang sudah ada istilah2 alternatif resmi (?) yang sering digunakan dan dikenal orang2 (cemilan, makanan ringan)?

  10. #10
    ya memang maseh jarang digunakan dipercakapan sehari2
    tapi sudah dipopulerkan oleh pers dan bahasa penulisan formal lainnya
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  11. #11
    pelanggan bonny gooner's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Bandung
    Posts
    152
    lucu kalo lagi acara kumpul2.
    "jangan lupa beli kudapannya, ya..."

    dan yang terlihat selanjutnya adalah tampang2 bloon yang nggak ngeh apa itu kudapan...

  12. #12
    Kudapan dari dulu kok ada dalam bahasa Indonesia
    cuma kalah populer oleh cemilan dan snack
    ´There are two ways to conquer and enslave a nation. One is by the sword. The other is by debt´
    -John Adams-

  13. #13
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Tahukah anda kata "ba jingan" sebenarnya artinya adalah profesi seorang penarik gerobak di jawa tengah.
    Tapi sekarang kata ba jingan dipakai untuk memaki orang.

    Kata "bang sat" artinya kutu, kata ini juga dipakai untuk memaki.

  14. #14
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    karena bang sat tuh kek bang sat.. Lagi santai di bale2 mata riep2... tau2 cekiiiiiiiittt... bang sat!!!

  15. #15
    Saya mau memasukkan kosakata BI yang jarang kita dengar atau
    kita sering dengar tapi tak mengerti maknanya.
    ´There are two ways to conquer and enslave a nation. One is by the sword. The other is by debt´
    -John Adams-

  16. #16
    SAUJANA
    Sejauh mata memandang
    ´There are two ways to conquer and enslave a nation. One is by the sword. The other is by debt´
    -John Adams-

  17. #17
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,673
    Nanya donk, bodong itu apa sih artinya?

  18. #18
    ^ aslinya, itu digunakan untuk menyebut udel yg nongol keluar (gak melangsek ke dalam)

    kemudian diplesetkan utk menyebut sesuatu yg kira-kira artinya "abal-abal"

    cmiiw
    you can also find me here

  19. #19
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,673
    udel itu pusar (yang ada di perut) itu kan? dan jidat itu dahi, bukan? saya sering ketuker2 definisi jidat dan udel

    trus, abal2 itu apa?

  20. #20
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,673
    Nambah nanyanya...
    Ababil apa sih?

Page 1 of 7 123 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •