Results 1 to 19 of 19

Thread: [share] a liter of light

  1. #1
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,673

    [share] a liter of light



    dari http://isanglitrongliwanag.org/

    Cuman mo share aja video ini
    sangat simpel, tapi ide bagus dan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas kehidupan mereka..
    oya, ini di filipina

  2. #2
    wow. keren. idenya sangat sederhana sekali yah?
    you can also find me here

  3. #3
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,118
    Critain dunk. Gw lg d tengah sawah nih keretanya. Huhu.
    Dapat signalnya edge doank

  4. #4
    pelanggan setia porcupine's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Bintan
    Posts
    4,132
    Keren....
    @ Etca, ngga seru kalo diceritain..mending nonton langsung
    ~Radio Kopimaya~

  5. #5
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,118
    Signal di pedesaan Losari, Brebes masi edge
    belum bisa liat youtubena

  6. #6
    pelanggan setia porcupine's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Bintan
    Posts
    4,132
    Ngga apa Etca...sabar aja ya...lebih bagus ditonton sendiri

    *bikin etca ngga bisa tidur karena penasaran*
    ~Radio Kopimaya~

  7. #7
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,118
    udahhhhhhhhhhhhh liat!! huhuhuhuhu
    beneran tuh cuma dikasi air doank,
    kalau ujan ntar dempulannya yang buat nyelipin botol itu jadi rembes gimana?

  8. #8
    pelanggan setia porcupine's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Bintan
    Posts
    4,132
    ^ itu airnya ditambah bleach Etca...
    ~Radio Kopimaya~

  9. #9
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,118
    gw mikir, buat beli dempulannya ama buat beli lampu mahalan mana?
    kalau cuma semen, dipanggang matahari bukannya retak ya?
    makanya material buwat nambal genteng atau talang genteng harganya agak mahal bila dibanding sekedar semen *cmiiw

  10. #10
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,673
    dempulan itu apa ca? maksudnya tambalannya itu?
    emangnya mahal ya? kan cuman kepake dikit aja, dan bisa disimpen, ato dipake buat yang laen2. kalo semen gimana tuh?
    tapi kurasa point utamanya sih, ide ini difokuskan ke daerah2 yang underdeveloped dan yang ga kejangkau jaringan listrik kali ya, ato yang rumah/gubuknya ga da pemasangan elektrik yang memadai. kalo daerah yang udah dibangun dan ada fasilitas sambungan listrik yang baik mah ga perlu lah cara ini

    landak: bleach itu cuman untuk supaya botolnya tidak tumbuh lumut / algae deh..
    Last edited by ndugu; 31-10-2011 at 04:43 AM.

  11. #11
    pelanggan setia porcupine's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Bintan
    Posts
    4,132
    gw kira efek campuran air, bleach dan matahari bikin efek kimia sehingga botolnya berpendar
    ternyata cuma biar ngga lumutan aja

    terlalu canggih kali ya otak gw
    ~Radio Kopimaya~

  12. #12
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,118
    jadi kesimpulannya cuman air putih doank??

    btw genteng yang diganti genteng kaca kan bikin terang ruangan di bawahnya juga kan?
    *keinget rumah di desa2 biasanya ada 2 biji genteng kaca.

  13. #13
    di rumahqu masih dikasih loh genteng kaca, soalnya mepet pet sama rumah sebelah, jadi dikasih genteng kaca biar terang.

  14. #14
    pelanggan setia bradon heat's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    ~Yooniverse~ xD
    Posts
    5,057
    Quote Originally Posted by etca View Post
    gw mikir, buat beli dempulannya ama buat beli lampu mahalan mana?
    kalau cuma semen, dipanggang matahari bukannya retak ya?
    makanya material buwat nambal genteng atau talang genteng harganya agak mahal bila dibanding sekedar semen *cmiiw
    lah emang listrik masuk ke rumah2 itu ???
    begaimana beli lampu kalau gk da listrik ??
    BEYOND GENIUS !!!!!!!!


  15. #15
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,673
    landak: kecanggihan ndak! saya waktu pertama liat ini, juga penasaran, emangnya ada apa dengan bleach? sampe ngegoogle untuk ngerti apa fungsi bleach di sini, dan mo tau bakal ada reaksi seperti apa antara bleach dan air dan matahari. ga taunya cuman buat lumut - padahal kan itu reaksi alami banget ya, tapi ga kepikiran

    etca, nowitzki: ho oh.. bisa juga tuh kalo pasang genteng kaca. apt saya skarang juga ada loh atap semi lebar (skylight) gitu, tapi dari plastik, jadi terang kalo siang2. cuman efeknya panas sih kalo lagi udara panas, efek rumah kaca.

    tapi kalo dibandingkan dari segi efisiensi antara genteng kaca dan botol gitu, kupikir lebih efisien botol air itu ya. dengan lebar lobang yang ga seberapa, tapi pancaran cahayanya jauh lebih besar karena efek refraksi (pembiasan? ato pemantulan?) dengan area exposure yang lebih gede dalam botol.

    ---------- Post added at 10:34 PM ---------- Previous post was at 10:30 PM ----------

    Quote Originally Posted by bradon heat View Post
    lah emang listrik masuk ke rumah2 itu ???
    begaimana beli lampu kalau gk da listrik ??
    iya, bener. kupikir trik ini memang berguna kalo pas lagi ga ada listrik
    kemaren2 saya sempat baca, ternyata ide ini muncul dari seseorang di brazil, saat di sana lagi kena masalah mati listrik gede2an / major power outage..

    kekurangannya, ya cara ini tergantung dengan matahari. tapi yah, namanya juga cara alternatif, dibandingkan kalo ga ada penerangan sama skali ya

  16. #16
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Ribet amat, sebagian atapnya diganti pake lembaran atap plastik kan beres...

  17. #17
    pelanggan setia porcupine's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Bintan
    Posts
    4,132
    ^ panas lah bro kalo siang siang...pake genting kaca 2 buah aja udah bikin dapur dirumah panas
    ~Radio Kopimaya~

  18. #18
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,673
    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    Ribet amat, sebagian atapnya diganti pake lembaran atap plastik kan beres...
    kena angin sepoi dikit, terbang donk plastiknya

  19. #19
    pelanggan arieaim's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Bogor
    Posts
    243
    wiiihhh.. Bapaknya pinteeerr..
    Terharu gt liat video td..
    "..like my fave a cup of a coffee, u can find more the bitter from the coffee and less the sweetness from the sugar all at once..becomes the best taste in a cup..taste of Life.." -aim-

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •