Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 30

Thread: Politik itu harus kotor?

  1. #1

    Question Politik itu harus kotor?

    Politik itu kotor

    Pasti teman-teman sering mendengar ujar-ujar diatas. Nah pertanyaan saya apakah memang politik itu harus kotor ya?

    Terus terang saya sendiri berpandangan politik itu memang harus kotor jika berdasarkan pengalaman saya dalam mengamati kehidupan berpolitik di Indonesia. Jika tidak kotor sepertinnya pasti akan tergilas. Bahkan sebuah partai/group/individu yang tadinya bersih, begitu ikut politik jadi kotor. *lirih PKS dan beberapa aktivis mahasiswa yang dulunya idealis*

    Bagaimana pendapat teman-teman?

    Note: politik yang saya maksud adalah politik praktis yang melibatkan partai politik.
    Last edited by danalingga; 26-02-2011 at 10:27 PM.

  2. #2
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Politik tidak kotor.. hanya saja karena menjadi politik praktis yg dipraktekan manusia, makanya jadi kotor. Seperti hutan, sebelum ada manusia datang, masih asri dan alami, tapi menjadi rusak stlh ada campur tangan manusia.

    Kesimpulannya manusia = kotor... hehehe...

    Anyway, politik pada dasarnya selalu melibatkan kekuasaan, shg selalu melibatkan banyak orang di mana pasti aja ada orang berambisi kotor.. Wong ilmu menguasai manusia kok.

  3. #3
    pelanggan setia gembel's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    perbatasan
    Posts
    2,068
    karena yang ada adalah pencapain tujuan masing2x parpol, cara apapun akan dicapai sehingga terkadang tidak sesaui dengan idealisme nya dulu
    belajar nge-blog di ferylife.blogspot.com

  4. #4
    pelanggan setia Agitho_Ryuki's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    mBantul, Ngayogyokarto, Hadiningrat
    Posts
    2,516
    kalo gak kotor bukan politik namanya..
    Barangsawijine purwo marang kawitan, Bandar sejatining wujud. Yuk lakone.. BUTHO CAKIL sido NGEMUTTT PEN.....THUNG!!

  5. #5
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    aku belum lihat, politik macam mana yang bersih.
    bagi yang oposisi, pasti klaimnya apa yang mereka lakukan bersih, yang status quo juga ngakunya begitu.
    nah masyarakat yang kegencet ditengah yang ngerasa ngeliat lap kotor.
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  6. #6
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Kalo percaya nabi muhammad, ya percaya beliau melakukan politik yg bersih. Karena beliau sempet jadi pemenang dalam kancah politik.
    Tapi batasnya bersih kotornya politik di mana?

  7. #7
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    kok jadi kekunci neh?

    Edit: Oh.. kebuka lagi..

  8. #8
    pelanggan setia gembel's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    perbatasan
    Posts
    2,068
    politik dikatakan bersih jika tidak menghalalkan segala cara dalam mencapai tujuan
    belajar nge-blog di ferylife.blogspot.com

  9. #9
    pelanggan setia eve's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    4,116
    masalahnya.. politik itu sendiri sebenarnya adalah strategi untuk meng-goalkan sebuah tujuan. kalau politik yang dikatakan um dana disebut politik kotor, karena tujuannya adalah "menguasai". dimana mana yang namanya menguasai itu ya kotor, jahat, bengis, gak segan2 menumbalkan nyawa orang...
    orang yang terjun dalam kancah politik ya harus lincah dan cerdik seperti ular, bisa menyamar dan nyelip nyelip biar selamat..

    mau politik bersih gemana? yang ada udah mati duluan..

    mengenai pks, makanya ada yang melarang untuk membuat partai politik karena politik itu sangat sangat licik.. kalau gak bisa nandingi licik, ya out... banyak kader pks yang meleng karena mereka terbiasa hidup sederhana, begitu dihadapkan dengan uang yang ber-ber-buanyak sekali, mereka jadi ngiler... wajar.. kalau enggak mau, hidup mereka di teror, dijegal dimana2, dimusuhi, di caci maki.. lma lama ya menikmati juga jeratan setan2 itu...

  10. #10
    pelanggan
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    di depan monitor
    Posts
    292
    Kira-kira menurut temen2 khususnya buat TS politik yg bersih itu seperti apa sih ??

    Politik dalam arti sempit dan wajah negatif ini
    seringkali muncul menjadi icon yang mewakili
    pengertian kata istilah politik.

    Padahal ini hanyalah sebuah aliran dan pemahaman
    subjektif dari Machiavelli yang termasyhur
    dengan nasihatnya, bahwa seorang penguasa
    yang ingin tetap berkuasa dan memperkuat kekuasaannya
    haruslah menggunakan tipu muslihat, licik dan dusta,
    digabung dengan penggunaan kekejaman penggunaan kekuatan.

    Tentu saja politik dalam konsep si Machivelli itu
    bukan sekedar diharamkan dalam syariat, tetapi juga dikutuk.
    Bahkan turunnya syari'at itu salah satu perannya
    untuk membasmi konsep politik si terkutuk dari Italia itu.

    Para diktator dunia seperti Hitler, Musolini, Lenin,
    Stalin, Bush, Blair dan orang-orang sejenisnya,
    bisa dimasukkan dalam kelompok
    para pemuja ide-ide syetan muntahan dari mulut Machiavelli.

    Namun kalau kita kembalikan pengertian politik
    dalam arti luas dan positif, di mana politik
    pada dasarnya adalah sebuah sistem
    untuk mengatur masyarakat atau negara
    dengan tujuan demi kemashlahatan umat manusia,
    tentu saja politik itu mulia.

    setuju apa yg di katakan mbah ndableg
    bahwa nabi muhammad pun melakukan politik
    perjanjian hudaibiyah salah satu
    langkah politik yg diambil oleh nabi

    Bahkan Nabi Musa as. sendiri lahir
    di dalam istana fir'aun yang sedang aktif berpolitik kotor.
    Dan Musa ikut masuk dalam gelanggang politik
    berhadapan dengan fir'aun namun membawa konsep politik,
    yang berbeda dengan fir'aun.

    kira2 seperti itu menurut hamba.........
    ___________________________________
    Kedengkian kita tidak akan mengubah takdir Allah atas orang yang kita dengki, justru akan mengubah takdir kita menjadi semakin buruk.

  11. #11
    pelanggan setia Agitho_Ryuki's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    mBantul, Ngayogyokarto, Hadiningrat
    Posts
    2,516
    menurut machiavelli:
    "Anda tentu tahu bahwa ada dua cara untuk berjuang, yang satu lewat hukum dan yang lain lewat kekuasaan atau kekuatan. Cara pertama digunakan oleh manusia, sedang cara kedua digunakan oleh hewan. Tetapi karena cara yang pertama seringkali tak memadai, maka harus ditempuh cara kedua"
    Barangsawijine purwo marang kawitan, Bandar sejatining wujud. Yuk lakone.. BUTHO CAKIL sido NGEMUTTT PEN.....THUNG!!

  12. #12
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    untuk kekinian, susah bilang ada politik yang bersih. tujuan mungkin baik, tapi caranya yang kurang baik
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  13. #13
    Nah, sekarang lebih lanjut nih mengenai Politik kotor ini.

    Apakah bisa ditolelir jika melakukan cara kotor untuk tujuan bersih/mulia semisal kesejahtraan rakyat?

    Aku menanyakan hal ini karena sepertinya banyak para politikus (yang sebelumnnya aktivis mahasiswa yang idealis) beralasan bahwa mereka ikut berkotor-kotor demi membangun sistem yang lebih baik.

  14. #14
    Quote Originally Posted by senosukekitagawa View Post
    Kira-kira menurut temen2 khususnya buat TS politik yg bersih itu seperti apa sih ??
    Kalo menurutku contoh nyata politik kotor itu ya di Indonesia -- yang sudah kotor dari sejak pemilihan (black campaign, main duit, dll). Dan juga setelah pemilu, yang saya lihat para partai politik itu menghalalkan segala cara untuk menyerang lawan politiknya dan mempertahankan kawan politiknhya.

    Contoh nyata, Metro TV dan TV One telah digunakan untuk tujuan seperti diatas oleh pemiliknya. Dan menurutku itu cara-cara kotor -- bahkan bisa disebut cara-cara mafia.

    Oh iya, mungkin politik kotor itu sama dengan politik tanpa etika. Semisal para partai yang mengaku koalisi tapi bertindak melebihi oposisi. Menurutku itu sudah nggak ber-etika. Kalo memang beneran nggak sejalan dengan pemerintah ya jadilah oposisi dan keluar dari koalisi. Rasanya lucu melihat kalo koalisi tapi gontok-gontokan dengan partai pemerintah (padahal orangnya sendiri bagian dari pemerintah menjadi mentri).
    Last edited by danalingga; 28-02-2011 at 06:52 PM.

  15. #15
    pelanggan
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    di depan monitor
    Posts
    292
    Quote Originally Posted by danalingga View Post
    Nah, sekarang lebih lanjut nih mengenai Politik kotor ini.

    Apakah bisa ditolelir jika melakukan cara kotor untuk tujuan bersih/mulia semisal kesejahtraan rakyat?

    Aku menanyakan hal ini karena sepertinya banyak para politikus (yang sebelumnnya aktivis mahasiswa yang idealis) beralasan bahwa mereka ikut berkotor-kotor demi membangun sistem yang lebih baik.
    perlu di konfirmasikan kepada orang yg bersangkutan,
    saya khawatir persepsi anda dan orang yg dimaksud
    berbeda mengenai hal kotor yg dilakukan dalam politik.
    ___________________________________
    Kedengkian kita tidak akan mengubah takdir Allah atas orang yang kita dengki, justru akan mengubah takdir kita menjadi semakin buruk.

  16. #16
    @senosukekitagawe:

    Lah, sudah jelas karena saya TS maka otomatis memakai ukuran saya -- jadi dalam hal ini politik kotor berdasarkan ukuran saya. Kalo mau pake ukuran yang lain sumonggo dijabarkan mana yang kotor mana yang tidak.

    Kalo konfirmasi ke orang-orangnya, ngapain saya tulis disini, iya toh?

  17. #17
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Kenapa ga percaya Ada politikus bersih? Masalahnya adalah kebanyakan lawan2 politikus bersih adalah politikus2 kotor. Jd wajar Aja kalo kalah dr Yg kotor, karena carat kotor biasanya LNG ampuh. Makanya Ada tokoh2 macam JFK, munir, ataupun Jesus.

  18. #18
    pelanggan
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    di depan monitor
    Posts
    292
    Quote Originally Posted by danalingga View Post
    Kalo menurutku contoh nyata politik kotor itu ya di Indonesia -- yang sudah kotor dari sejak pemilihan (black campaign, main duit, dll). Dan juga setelah pemilu, yang saya lihat para partai politik itu menghalalkan segala cara untuk menyerang lawan politiknya dan mempertahankan kawan politiknhya.

    Contoh nyata, Metro TV dan TV One telah digunakan untuk tujuan seperti diatas oleh pemiliknya. Dan menurutku itu cara-cara kotor -- bahkan bisa disebut cara-cara mafia.

    Oh iya, mungkin politik kotor itu sama dengan politik tanpa etika. Semisal para partai yang mengaku koalisi tapi bertindak melebihi oposisi. Menurutku itu sudah nggak ber-etika. Kalo memang beneran nggak sejalan dengan pemerintah ya jadilah oposisi dan keluar dari koalisi. Rasanya lucu melihat kalo koalisi tapi gontok-gontokan dengan partai pemerintah (padahal orangnya sendiri bagian dari pemerintah menjadi mentri).
    yg pertama, kl contoh kasusnya
    mengenai pemberitaan
    salah satu stasiun televisi hal ini
    menurut saya sulit di bendung
    apalagi di era kebebasan pers
    dan sifatnya masih debatable.

    apakah benar berita yang di sampaikan
    merupakan berita bohong.
    masing2 pihak pasti punya klaim
    seharusnya menyikapi hal ini
    bukan dengan boikot
    bisa juga dengan klarifikasi
    atau menggunakan media yg sama misal TVRI
    agar apa yg diberitakan oleh media lain
    informasinya bisa berimbang.

    yg kedua mengenai koalisi yg tergabung
    dalam setgab, sebelum golkar masuk
    kedalam koalisi, koalisi yg terjadi
    adalah koalisi dari awal sebelum sby jadi presiden
    jadi perjuangannya dilakukan dari awal secara
    bersama-sama, kontrak politiknya jelas
    hitam diatas putih. Salah satunya setiap
    kebijakan strategis yg diambil oleh pemerintah,
    harus di komunikasikan terlebih dahulu oleh mitra koalisi yg lain.

    kalo koalisi yg dilakukan sesudah sby jadi presiden
    lantas di lakukan koalisi, bagi2 jatah mentri
    sudah barang tentu partai yg koalisi harus tahu diri
    tidak banyak omong, duduk manis di pemerintahan.

    apakah disebut politik bersih, ketika melihat
    ketidak beresan yg dilakukan pemerintah
    yg berkuasa, lalu partai koalisi diam saja.
    inikan namanya blunder.

    kasus UU otonomi daerah keistimewaan Yogya misalnya,
    apakah partai koalisi harus manut juga dengan
    pemerintah. Padahal kebijakan yang diambil belum
    tentu pro rakyat.
    ___________________________________
    Kedengkian kita tidak akan mengubah takdir Allah atas orang yang kita dengki, justru akan mengubah takdir kita menjadi semakin buruk.

  19. #19
    @Seno:

    Tetap menurutku tidak etis kalo koalisi tapi berseberangan. Mungkin karena menganggap pemerintah telah tidak sejalan dan tidak pro rakyat, kenapa tidak keluar saja dari koalisi aja ya?

    apakah disebut politik bersih, ketika melihat
    ketidak beresan yg dilakukan pemerintah
    yg berkuasa, lalu partai koalisi diam saja.
    inikan namanya blunder.
    Udah tahu pemerintah tidak pro rakyat, kok masih mau berkoalisi? Ada apa ya?

    Apa mungkin karena seperti alasan para mantan aktivis itu, mau membenarkan dari dalam yang menurut saya kok ya alasan terlalu dibuat-buat demi agar tetap mempertahankan mentrinya (kita sudah mafum bahwa memang lebih leluasa bergerak untuk 2014 jika dalam pemerintahan). Ini menurut saya nggak etis juga.

    @all:

    Oh iya, saya denger kabar juga dari temen-temen yang berhubungan langsund dengan politikus ini bahwa banyak (bukan semua sih, tapi banyak) para politikus itu kerjaannya merah pengusaha baik swasta maupun BUMN untuk memperkaya diri sendiri dan partai. Dalam hal ini ternyata bukan pihak yang berkuasa saja yang punya kekuatan untuk memerah, tapi semua yang anggotanya ada di DPR.

    Nah, menurut saya ini bener-bener kotor.
    Last edited by danalingga; 01-03-2011 at 10:13 AM.

  20. #20
    pelanggan
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    di depan monitor
    Posts
    292
    @ dana :
    tidak etis kalo butir-butir kesepakatan dalam koalisi itu dilanggar,
    etis tidaknya cuma sby yg tahu dan sby pula yg punya kuasa
    untuk menyingkirkan mitra koalisi yag mbalelo.

    kalo kasus politikus yg meras-memeras
    kasus pemilihan DGS BI mungkin salah satu contohnya
    walaupun kalu ditanya Miranda tdk merasa di peras.
    ___________________________________
    Kedengkian kita tidak akan mengubah takdir Allah atas orang yang kita dengki, justru akan mengubah takdir kita menjadi semakin buruk.

Page 1 of 2 12 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •