Results 1 to 11 of 11

Thread: Hidup sehat bersama air fryer

  1. #1
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,012

    Lightbulb Hidup sehat bersama air fryer

    AIRFRYER

    Rasanya, tak ada satupun yang mampu menyangkal kenikmatan rasa yang dimiliki gorengan. Pada dasarnya, hampir setiap makanan digoreng memiliki rasa yang jauh lebih lezat. Mulai dari kentang goreng, jamur enoki goreng, ayam goreng, udang goreng tepung, hingga pisang goreng. Seluruhnya akan nampak jauh lebih menggiurkan jika digoreng hingga berwarna kuning keemasan.

    Apakah kamu merupakan salah satu penggemar gorengan?

    Meski memiliki rasa yang nikmat, nyatanya makanan yang digoreng memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan. Dalangnya terletak pada minyak yang dipakai untuk menggoreng makanan. Jika dikonsumsi terlalu sering, lemak jenuh yang terkandung dalam minyak goreng memicu kolesterol, darah tinggi, jantung, hingga penyakit jantung. Untuk meminimalisir atau mengurangi dampak buruk makanan yang digoreng, banyak orang beralih menggunakan airfryer, alias penggorengan tanpa minyak. Penggorengan yang satu ini mampu menggoreng apapun tanpa (atau dengan sangat sedikit) minyak. Dengan demikian, kandungan lemak jenuh pada makanan bisa berkurang hingga 80 persen.

    Meski diklaim demikian, benarkan airfryer jauh lebih aman dan sehat ketimbang penggorengan biasa (yang menggunakan minyak)?

    Natalie Rizzo, R.D., pakar gizi dan diet asal New York, menjelaskan bahwa airfryer memang jauh lebih sehat dibandingkan penggorengan biasa. Menurutnya, hal ini disebabkan oleh minimnya penggunaan minyak goreng yang jadi sumber masalah.
    "Satu sendok minyak mengandung 120 kalori dan 10 gram lemak, dan kamu bisa menggunakannya lebih sedikit (dengan airfryer)," papar Rizzo.
    "Bisa untuk menggoreng kentang goreng, nugget ayam, bahkan sayuran," jelasnya lagi.

    Airfryer memang bisa jadi solusi bagi kamu pecinta makanan yang digoreng, namun tetap ingin menjalani pola hidup sehat/diet. Meski demikian, Rizzo tetap mengatakan bahwa tak ada yang lebih baik ketimbang menyantap hidangan yang direbus atau dipanggang. Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan airfyer, bagaimana pendapat kamu? Tertarik mengurangi penggunaan minyak goreng dan menggantinya menggunakan airfryer?
    sumber : https://kumparan.com/kumparanstyle/a...biasa-benarkah







    berhubung penggemar frozen food (nugget, sosis, kentang, bakso dan burger) gw pengen menikmati itu semua tanpa harus menggoreng dgn minyak
    untuk org sibuk yg pengen simple dan praktis, gw rasa air fryer sepertinya cocok, tinggal masukin makanan, atur suhu atur timer, ditinggal mandi ditinggal bersih2 dan beres2 bisa semua tanpa harus repot bolak balik wajan
    terutama utk anak kost2an yg punya space kamar terbatas

    disini ada yg pake ?
    cocok juga buat diet dan pola hidup sehat

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  2. #2
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    15,245
    Intinya harus nggoreng sendiri ya?

    Sementara saya gorengan lebih seringnya beli ketimbang bikin sendiri

    Lebih butuh alat peniris minyak sentrifugal kayanya
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  3. #3
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,012
    Quote Originally Posted by noodles maniac View Post
    Intinya harus nggoreng sendiri ya?

    Sementara saya gorengan lebih seringnya beli ketimbang bikin sendiri

    Lebih butuh alat peniris minyak sentrifugal kayanya
    jika kita menggunakan air fryer, sdh ga perlu lagi istilah "nggoreng sendiri"

    lu masukin jenis makanan apa aja yg mau digoreng ke dlm wadah, biar air fryer yg menggorengnya buat lu

    sering beli gorengan diluar ?
    pertanyaannya apakah
    digoreng dgn minyak ?
    minyaknya baru atau bekas (sdh dipake sblmnya) ?
    tempat belinya higienis atau tdk ?

    peniris minyak hanya sebatas mengurangi minyak, tdk benar2 menghilangkan minyak hingga 100% dlm kandungan makanan.
    kecuali kalo sultan, nggoreng minyak pake olive oil (mahal), ini malah sehat dan dianjurkan, ga perlu ditiriskan lagi, langsung mbadhog aja

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  4. #4
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,073
    Kalau disuruh milih, oven halogen atau air fryer kayaknya milih Oven halogen

    Ini fungsinya mirip ama Oven Halogen kan ya?
    sama2 bisa menggantikan goreng tanpa pakai minyak,
    fungsinya lebih luas malah kalau oven halogen, bisa buat manggang kue, daging dll, defrost

    ini nih yaa, saya udah lamaaaaaaaaaaa banget ga makan frozen food.
    garagara corona jadi nyetok frozen food. Kzl. jadi gugling perlengkapan cooking.

    btw itu ada juga wajan yg bisa goreng tanpa minyak kan
    saya kalau sekedar ceplok telur atau bikin omelet ga pakai minyak.
    canddaaa mob, kalau wajan ga bs goreng frozen food

  5. #5
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,012
    gw malah sebelumnya kaga tau apa itu halogen oven

    ga lama setelah search di youtube, nemu video ini



    melihat sistem kerja halogen oven dan airfryer sepertinya sama aja, ga jauh berbeda...malah bisa disimpulkan halogen oven = air fryer

    dgn adanya air fryer, skrg hampir tiap hari makan frozen food teruuuss, chicken nuget, pentol bakso, sosis, rolade, kentang curah, beef patty
    wajan sama kompor jadi nganggur, minyak goreng ga kepake, rice cooker kadang ga kepake, sdh bisa ngurangi makan nasi krn ada kentang curah.

    yg mau belajar ngurangi makan nasi atau mau beralih utk tidak makan nasi sama sekali, coba beli air fryer deh krn gw sdh membuktikan
    rekomendasi tokcer

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  6. #6
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,073
    ^
    beda teknologi sepertinya, sekalipun fungsinya mirip.

    Saya sebenarnya jarang masak yang deep fried, #karenaKatering
    makanya minyak goreng sampai ga punya selama 2 tahun lebih, haks haks haks,
    baru beli kemarin garagara WFH.

    kalau masak biasa cuma tumis aja sok sokan pakai olive oil pulak
    hahahahha bukannya sok tajir, kebetulan bos pernah bagi2 minyak olive dan masih ada beberapa botol kecil.
    jadilah kusimpan bwt di rumah. akhirnya tinggal 1 yg utuh.

    frozen food natriumnya tinggi loh, hati2 trus kebanyakan bahannya tepung jadi rentan diabet juga
    apalagi WFH gini, kalori yang keluar ga sebanyak biasanya. Lagi WFH ga sih?

    moby pakai Air fryernya langsung ditaruh saja atau pakai wadah pyrex?
    soalnya sempat lihat di youtube setelah pemakaian 1 tahun, yg bagian bawah dalam mengelupas
    trus kalau masak ayam yg berbumbu gitu bisa lengket, jadi disarankan yg kayak nugget2 gitu, frozen food yg kering
    entah ya kalau yg ayam spicy versi frozen food. lengket kah?
    trus ga bisa goreng yang segala macam pakai tepung

    Rasa Air Fryer kayaknya rasa lebih enak karena spacenya lebih kecil #katanya. moby pas goreng fried fries ada sensasi kriuk kah?
    trus materialnya Air Fryer itu apa sih? bukan teflon kan?
    agak parno ama teflon nih,

    seriusan saya lagi naksir HO. garagaranya dari kaca, lebih sehat
    meski nanashhhh... trus bisa diintip dari luar masakannya uda matang atau belum
    tapi kok sayangnya ga banyak pilihan brand.
    dan sepertinya belum populer, dan takutnya pemakaiannya akan jarang. jadi ga worth it.
    jadi untuk sementara lupakan saja, fokus cari resep2 yg rebusan bae

  7. #7
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,012
    ga ada istilah WFH disini
    hanya saja jam kerja sama jumlah pegawai yg masuk dibatasi, shift pagi dari jam 8-12, 12-1 proses disinfektan, lalu shift siang dari jam 1-5
    tiap minggu rolling shift...enak kerja gini, biasanya rame skrg lumayan sepi, dan ada kesempatan buat nyolong2 waktu online

    bahan panci sepertinya dari teflon, langsung masukin aja semua bahan yg mau di masak, ga usah repot krn airfryer antiribet
    utk merk xiaomi memang ada konsumen yg mengeluh soal panci mengelupas, tapi gw pake merk lain dan stlh dua bulan pemakaian sampe skrg ga mengelupas, masih awet.
    tips biar awet, masak makanan jgn yg terlalu berbumbu/mblenyek...
    pernah nyoba bikin ayam ungkep bumbu kunir, memang bisa matang sempurna tapi pancinya sekali pake langsung lengket dan kotor, pdhl biasanya kalo masak frozen food bisa 5-10x masak baru nyuci panci.

    ada menu sehat selain frozen food yg biasa gw konsumsi, singkong, ubi, ketela
    biasanya nyetok banyak (beli kiloan dipasar), cara masak seperti biasa...dikukus, direbus atau diungkep dulu pake bawang, garam dan bubuk cabe seperlunya, lalu kalo sdh dingin dan mengering simpen dlm kulkas. pas pengen makan tinggal masukin ke air fryer

    kentang dimasak pake airfryer, kriuk hanya sebatas diluarnya aja krn kandungan airnya menguap, sensasi kriuknya beda dgn dimasak pake minyak sih, jujur memang rasanya lebih enak kalo goreng pake minyak.
    tapi stlh semua itu dicocol pake saos tomat/sambel, haha nyaris ga ada bedanya

    kalo mau nyiasati, coba beli botol spray lalu diisi pake minyak olive oil, jadi sebelum dimasak masuk ke air fryer, kentang dikecrut kecrutin dulu pake olive oil dilapisan luarnya, ga usah banyak2 buat syarat aja biar lebih enak kriuknya
    dan enaknya setelah dimasak ga perlu repot niris niriskan dulu, langsung lhep bisa dikonsumsi dlm keadaan anget atau panas2

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  8. #8
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,073
    Goreng kerupuk ga bisa ya??
    Hahhahaha kangen kerupuk nih, settt dah terakhir makan kerupuk tgl 31 Maret kayaknya. Sebelum katering OFF.

    Tengkyuuu penjelasannya.
    Oh Xiaomi jadi ngelupas ya?
    Daku punya produk Xiaomi baru cctv dan itu tuh apa namanya ya? yg buat di air galon biar ngalir tanpa dipompa.

    Btw sebenarnya teknologi Air Fryer dan Oven Halogen duluan mana ya??
    gugling belum nemu, maren banyakan baca2 d Quora, youtube ama artikel2 yg kebanyakan cuma njelasin fungsinya ama bedanya doang

    bisa buat bikin kue/cake? pernah coba?

  9. #9
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,073
    wah materialnya kayak teflon ya? sangat disayangkan.
    saya sudah lepas dari teflon ini, rice cooker dari dulu beli yg stainless
    wajan ama panci (kecil) sudah non teflon juga.
    mahal emang nyeseeeek belinya. tapi worth it karena gampanggg nyucinya.
    Dan berasa lebih aman dan menyehatkan juga.

    makanya skrg seneng banget akhirnya peralatan dapur sering kepakai semua.

  10. #10
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,012
    Goreng kerupuk ga bisa ya??
    Hahhahaha kangen kerupuk nih, settt dah terakhir makan kerupuk tgl 31 Maret kayaknya. Sebelum katering OFF.
    ga semua jenis kerupuk bisa, pernah nyoba kerupuk udang dari berbagai merk, ternyata ada yg bisa dan ada yg mekar setengah dan ada juga yg ga ngefek sama sekali, anehnya malah kerupuk udang murah kiloan dipasar yg berhasil pake air fryer

    kalo goreng kerupuk dlm jumlah banyak, jgn pake air fryer krn sama sekali ga praktis...mending pake minyak goreng dan wajan besar.
    lebaran ini banyak kerupuk macem2, rengginang, emping, kentang, belinjo balado...stock cemilan buat nemanin nonton tv series dan netflix

    Daku punya produk Xiaomi baru cctv dan itu tuh apa namanya ya? yg buat di air galon biar ngalir tanpa dipompa.
    pompa elektrik air galon, ga perlu yg bermerk yg penting fungsi dan kegunannya sama, banyak di olshop yg harganya murah ga sampe 100rban

    Btw sebenarnya teknologi Air Fryer dan Oven Halogen duluan mana ya??
    gugling belum nemu, maren banyakan baca2 d Quora, youtube ama artikel2 yg kebanyakan cuma njelasin fungsinya ama bedanya doang
    air fryer kan baru2 ini...jelas duluan oven lah, gw belum lahir pun teknologi oven sdh dipake ortu buat jualan roti dan kue

    bisa buat bikin kue/cake? pernah coba?
    haha gmn yah...gw niat beli air fryer itu biar simple dan ga ribet, cari praktisnya, tinggal masukin, nunggu bentar, langsung mateng tinggal lhep
    kalo buat kue kan harus bikin adonan dulu, harus ngasih bahan2 sesuai takaran...zzz...ribet ga sesuai dgn niat awal yg cari praktis
    kue, cake atau roti praktisnya sih beli lansgung jadi, ga perlu susah2 bikin

    tapi kalo utk coba2 sepertinya ada yg buat eksperimen bikin cake, kue pake air fryer...waktu beli pun dpt buku resep yg diantaranya ada menu kue2 yg dimasak pake air fryer


    Quote Originally Posted by etca View Post
    wah materialnya kayak teflon ya? sangat disayangkan.
    saya sudah lepas dari teflon ini, rice cooker dari dulu beli yg stainless
    wajan ama panci (kecil) sudah non teflon juga.
    mahal emang nyeseeeek belinya. tapi worth it karena gampanggg nyucinya.
    Dan berasa lebih aman dan menyehatkan juga.

    makanya skrg seneng banget akhirnya peralatan dapur sering kepakai semua.
    iya...kalo punya gw sepertinya teflon sih.
    mungkin skrg ada yg jual air fryer pake jenis stainless atau keramik, tinggal cari aja

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  11. #11
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,073
    Hahhahaha saya lagi seneng bikin2 roti ini. Libur lama ga bisa ke manamana.
    Cukup pakai wajan dan kompor di rumah. Sukses.
    Jadinya cantik dan bisa mekar, roti cinnamon kismis, roti manis, kue nastar, kue sus kering, dll

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •