Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 31

Thread: All about Jamu

  1. #1
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,417

    All about Jamu

    I think I'm in love with Jamu. Mbok baru saja merasakan khasiat homemade Wedang Jahe. Initially I just wanted to replace my usual cuppa (tea with milk) with something fresh and healthy. Kebeneran punya persediaan jahe dan madu Hanuka 10+, simbok iseng-iseng bikin wedang jahe. Mbok minum segelas in the morning after a glass of water dan malam before bed time. Setelah beberapa hari, mbok rasakan khasiatnya. Tidur lebih nyenyak dan yang paling penting, mbok ndak bersin-bersin lagi setelah selesai mandi. Biasanya bisa sampai 5-6 kali berturut-turut, tapi sejak ritual wedang jahe mbok ndak bersin-bersin lagi, not even once!

    So let's talk about Jamu.


    Jamu adalah sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia. Belakangan populer dengan sebutan herba atau herbal.

    Jamu dibuat dari bahan-bahan alami, berupa bagian dari tumbuhan seperti rimpang (akar-akaran), daun-daunan, kulit batang, dan buah. Ada juga menggunakan bahan dari tubuh hewan, seperti empedu kambing, empedu ular, atau tangkur buaya. Seringkali kuning telur ayam kampung juga dipergunakan untuk tambahan campuran pada jamu gendong.

    Jamu biasanya terasa pahit sehingga perlu ditambah madu sebagai pemanis agar rasanya lebih dapat ditoleransi peminumnya. Bahkan ada pula jamu yang ditambah dengan anggur. Selain sebagai pengurang rasa pahit, anggur juga berfungsi untuk menghangatkan tubuh.

    Kabupaten Sukoharjo[1] merupakan sentra penjualan jamu tradisional yang cukup dikenal di Indonesia. Kabupaten Sukoharjo merupakan salah satu kabupaten yang termasuk dalam Provinsi Jawa Tengah.

    Dari banyaknya pedagang jamu tradisional di Kabupaten Sukoharjo, maka didirikanlah patung identitas Sukoharjo yaitu patung Jamu Gendong yang ada di Bulakrejo. Biasa disebut patung Jamu Gendong karena patungnya menggambarkan seorang petani dan seorang penjual jamu gendong. Daerah Sukoharjo, khususnya kecamatan Nguter, memang terkenal sebagai daerah asal penjual jamu gendong di berbagai kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Surabaya.

    Di berbagai kota besar terdapat profesi penjual jamu gendong yang berkeliling menjajakan jamu sebagai minuman yang sehat dan menyegarkan. Selain itu jamu juga diproduksi di pabrik-pabrik jamu oleh perusahaan besar seperti Jamu Air Mancur, Nyonya Meneer atau Djamu Djago, dan dijual di berbagai toko obat dalam kemasan sachet. Jamu seperti ini harus dilarutkan dalam air panas terlebih dahulu sebelum diminum. Pada perkembangan selanjutnya jamu juga dijual dalam bentuk tablet, kaplet dan kapsul.

    sumber: wikipedia


    Siapa yang suka Jamu? Siapa yang percaya dengan khasiat Jamu?
    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

  2. #2
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,417
    Nemu artikel di Time yang membahas tentang Jamu.



    Jamu: Why Isn't Indonesia's Ancient System of Herbal Healing Better Known?

    By Ian Lloyd Neubauer Wednesday, Feb. 29, 2012

    In 1990, Irish journalist Susan Jane-Beers noticed an herbal-medicine clinic in the corner of a hair salon in the Indonesian capital of Jakarta, her adopted home. A victim of age-related chronic knee pain that conventional pharmaceuticals couldn't numb, let alone heal, Jane-Beers decided to try jamu — traditional Indonesian medicine.

    The results astounded her. After three days of taking only one-third of the prescribed dose of herbal pills, the pain had vanished, making her wonder if she'd found "the magic bullet of all time."

    Jane-Beers spent the next decade researching the origins, myths, tightly guarded recipes and commercial applications of herbal medicine in Java, where plants have been used for medicinal purposes since prehistory. Her 2001 opus Jamu: The Ancient Art of Herbal Healingremains the only definitive English guide on the subject. It's also the most widely read outside Indonesia since Herbarium Amboinense, a catalog of plants completed by German botanist Georg Rumphius in 1690 — more than three centuries earlier.

    A holistic therapy based on the notion that if disease comes from nature, then so must the cure, jamu uses a dazzling array of teas, tonics, pills, creams and powders to cure — or prevent — every ailment imaginable. The ingredients are by definition cheap, widely available and simple: nutmeg to treat insomnia, guava for diarrhea, lime to promote weight loss and basil to counter body odor.Jamu has also been used to treat cancer. In her book, Jane-Beers writes of a traditional healer in the city of Jogjakarta who apparently cured what had been diagnosed as a terminal case of cervical cancer with a tea made of betel nut, Madagascar Periwinkle and mysterious benala leaves. By combining the tea with a strict soybean diet, the patient was said to have made a full recovery in 18 months.

    Sound far-fetched? A 2011 study by Virginia Tech's Department of Food Science and Technology on the soursop tree — whose leaves are used to relieve gout and arthritis in Indonesia — found evidence showing that extracts from soursop fruit inhibit the growth of human breast cancer. Vincristine, one of 70 useful alkaloids identified in Madagascar Periwinkle, radically ups the survival rate of children with leukemia, while turmeric is being looked at as a treatment for Alzheimer's.

    "Western medicine tries to destroy cancer, but at the same time it destroys elements of the body. Jamu helps the body produce its own antibodies to fight the cancer by itself," says Bryan Hoare, manager at MesaStila, a wellness retreat in central Java that serves jamu shots with breakfast and employs a tabib, or indigenous healer, for private consultations. "Coming from the earth, jamu also makes you feel good. When you take it you experience a positive feeling."

    But if jamu is the magic bullet, why isn't it better known in the West, where natural Asian medicines like India's ayurvedic system and Chinese herbal healing have been growing in popularity for years?

    The answer can be found on the streets of Indonesia, where jamu is consumed regularly by 49% of the population, according to the country's Ministry of Health. Valued at $2.7 billion annually, the industry covers an incredibly wide gamut of products and regimens, including homemade tonics sold by street hawkers, slimming powders, cosmetics and jamu for babies and postnatal care. Yet the best sellers in terms of value are invariably the dodgiest: those claiming to boost sexual performance or suppress appetite.

    "Indonesians may well have been amused when Viagra was released in 1998," Jane-Beers says, noting the popularity of brands like Kuat Lekali (Strong Man), Kuku Bima (Nail of God) and Super Biul Erection Oil. "They have had their own remedies for years."

    Then there's the association between jamu and white magic. Many indigenous healers insist on dispensing jamu on auspicious dates or in conjunction with animist spells that predate the arrival of Islam in the archipelago.Mbah Ngatrulin, a Buddhist tabib I met in Ngadas, the highest village in Java, told me that spells are the key and that jamu may as well be "mineral water." It's the kind of comment that prevents many physicians across Southeast Asia from endorsing jamu lest patients take them for quacks.

    According to Charles Saerang, head of the Indonesian Jamu Entrepreneurs Association, the primary impediment to a worldwide jamu craze is that locally produced jamu products don't meet international manufacturing standards. That hasn't stopped entrepreneurs from buying raw herbal materials in Indonesia, processing them in India and Malaysia and selling them in the U.K. — a market Indonesian-made jamu products can't access. That's a double whammy for Indonesia, which loses out on value added by third parties and the chance to promote the jamu brand name abroad.

    It's impossible to say when, or even if, jamu painkillers will be stocked at supermarkets and convenience stores in countries like the U.K. Yet inroads are already being made by small businesses like the Origin Spa in Melbourne. There, highly skilled practitioners apply massage techniques developed by 16th century Indonesian royalty — the founders of modern jamu — using creams and oils containing turmeric, betel leaves and crushed eggshells. There's a minimum two-month waiting list for Origin's five-day post-pregnancy treatment that is said to help women regain their figures quickly, improve lactation and dispel wind, dizziness and aches and pains.

    "It's surprisingly popular with the Asian mums throughout Australia," says partner Jessica Koh. "But it's still unfamiliar to most of the locals."

    ------------

    Jamu dalam kemasan botol produksi Sajen Inc., San Francisco, CA 94110



    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

  3. #3
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,417
    Wedang Jahe resep simbok untuk berdua.


    Jahe parut 2 sendok makan
    Serai 1 batang
    Cengkeh 2 butir
    Air 2 gelas
    Jus lemon 2 sendok makan
    Madu Hanuka 2 sendok teh

    Parut jahe yang sudah dibersihkan kulitnya, rebus bersama serai dan cengkeh. Setelah air mendidih, matikan api, diamkan air jahe selama beberapa menit. Meanwhile campur jus lemon dan madu dalam gelas. Saring rebusan air jahe ke dalam campuran madu/lemon, aduk sampai madu larut. Minum selagi hangat. Sedap.
    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

  4. #4
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,935
    Kok baru sekarang toh mbok bikin tritnya?
    madu hanuka mahal, madu biasa aja boleh kan sebagai gantinya?
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  5. #5
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,417
    Kan simbok baru merasakan khasiatnya.

    Madu biasa saja boleh, kebeneran di kampung sini banyak madu Hanuka dan ndak mahal-mahal amat. Oh iya, kalau ndak ada lemon, pakai jeruk nipis juga oke lho.

    ---------- Post Merged at 01:10 PM ----------

    Nyonya Meneer - Our Jamu Legend
    Lauw Ping Nio alias Nyonya Meneer (baca: Menir)(lahir di Sidoarjo, Jawa Timur, pada tahun 1895 - wafat tahun 1978) adalah seorang wirausahawan di bidang industri jamu di Indonesia.

    Namanya berasal dari beras menir, yaitu sisa butir halus penumbukan padi. Ibunya mengidam dan memakan beras ini sehingga pada waktu bayi yang dikandungnya lahir kemudian diberi nama Menir. Karena pengaruh ejaan Belanda ejaan Menir berubah menjadi Meneer.

    Ibu Meneer merupakan anak ketiga dari lima bersaudara. Ia menikah dengan pria asal Surabaya, dan kemudian pindah ke Semarang. Pada masa pendudukan Belanda tahun 1900an, di masa-masa penuh keprihatinan dan sulit itu suaminya sakit keras dan berbagai upaya penyembuhan sia-sia. Ibu Meneer mencoba meramu jamu Jawa yang diajarkan orang tuanya dan suaminya sembuh. Sejak saat itu, Ibu Meneer lebih giat lagi meramu jamu Jawa untuk menolong keluarga, tetangga, kerabat maupun masyarakat sekitar yang membutuhkan. Ia mencantumkan nama dan potretnya pada kemasan jamu yang ia buat dengan maksud membina hubungan yang lebih akrab dengan masyarakat yang lebih luas. Berbekal perabotan dapur biasa, usaha keluarga ini terus memperluas penjualan ke kota-kota sekitar.

    Pada tahun 1919 atas dorongan keluarga berdirilah Jamu Cap Potret Nyonya Meneer yang kemudian menjadi cikal bakal salah satu industri jamu terbesar di Indonesia. Selain mendirikan pabrik Ny Meneer juga membuka toko di Jalan Pedamaran 92, Semarang. Perusahaan keluarga ini terus berkembang dengan bantuan anak-anaknya yang mulai besar.

    Pada tahun 1940 melalui bantuan putrinya, Nonnie, yang hijrah ke Jakarta, berdirilah cabang toko Nyonya Meneer, di Jalan Juanda, Pasar Baru, Jakarta.

    Di tangan Ibu dan anak, Nyonya Meneer dan Hans Ramana perusahaan berkembang pesat.

    Nyonya Meneer meninggal dunia tahun 1978, generasi kedua yaitu anaknya, Hans Ramana, yang juga mengelola bisnis bersama ibunya meninggal terlebih dahulu pada tahun 1976. Operasional perusahaan kemudian diteruskan oleh generasi ketiga yakni ke lima cucu Nyonya Meneer.

    Namun ke lima bersaudara ini kurang serasi dan menjatuhkan pilihan untuk berpisah. Kini perusahaan murni dimiliki dan dikendalikan salah satu cucu Nyonya Meneer yaitu Charles Saerang. Sedangkan ke empat orang saudaranya dan setelah menerima bagian masing-masing, memilih untuk berpisah.

    ----------------

    Jadi Charles Saerang itu cucunya toh...
    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

  6. #6
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,417

    Pelopor Museum Jamu di Indonesia, Ada di Semarang




    Tentu masih ingat guyonan tebak-tebakan zaman dahulu: “Siapa wanita terkuat di dunia? Dialah Nyonya Meneer, karena berdiri sejak tahun 1919”. Slogan dalam kemasan jamu tersebut memang sangat terkenal, khususnya bagi penggemar minuman tradisional menyehatkan itu.

    Sebagai penikmat jamu, pernahkah terbayang bagaimana cara pembuatannya secara lengkap? Nah, jika berkesempatan berlibur akhir pekan ke Semarang, sempatkan untuk mampir ke Museum Jamu Nyonya Meneer. Konon museum ini adalah yang pertama di Indonesia.

    Sejarah dan Perkembangan Jamu
    Museum Jamu Nyonya Meneer berlokasi di Jalan Raya Kaligawe, Muktiharjo, Genuk, Semarang. Tamu atau rombongan (biasanya dari sekolah-sekolah) akan berkumpul di lantai satu bangunan tersebut. Di sini pengunjung akan diberikan penjelasan tentang sejarah berdirinya jamu ini.

    Lanjut naik ke lantai dua. Di sini ada penjelasan tentang perkembangan jamu sejak zaman berdiri hingga generasi ketiga saat ini. Banyak properti bersejarah di ruangan ini. Ada foto-foto, buku yang digunakan untuk mencatat racikan jamu, bahan-bahan dasar pembuatannya, hingga pakaian yang pernah dikenakan. Semua tertata dan terawat.

    Demo dan Aneka Fasilitas

    Selain dua ruangan tersebut, semua tamu bisa bersantai di Taman Jamu untuk melihat sekitar 600 jenis tanaman yang dipakai sebagai bahan pembuatan jamu. Pengunjung akan disuguhi minuman jahe khas secara gratis. Di area taman seluas 2 hektar ini juga tersedia aneka fasilitas, seperti gazebo, restoran, aktivitas bersepeda, hingga spa.

    Museum ini buka setiap hari, jam 9 pagi hingga 4 sore, tanpa tiket alias gratis. Tapi untuk masuk Taman Jamu dikenakan Rp 7.500, dan Rp 15.000 untuk melihat demo. Ada demo kecantikan, demo meracik jamu, hingga demo menanam tumbuhan bahan-bahan jamu.
    Last edited by mbok jamu; 04-09-2014 at 05:47 PM.
    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

  7. #7
    pelanggan setia et dah's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Land Between Solar Systems
    Posts
    3,911
    Quote Originally Posted by mbok jamu View Post


    Jamu dalam kemasan botol produksi Sajen Inc., San Francisco, CA 94110



    lucu juga nih jamu kunyit asem

    kafe jamu di mall2 di jakarta juga udah banyak yg oke sekarang ,mbok

    ---------- Post Merged at 08:30 PM ----------

    aneh ya sekarang banyak yang ngga doyan jamu
    padahal khasiatnya keras boo sampe uret2nya keluar
    Last edited by et dah; 05-09-2014 at 03:33 PM.

  8. #8
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,099
    Kabupaten Sukoharjo[1] merupakan sentra penjualan jamu tradisional yang cukup dikenal di Indonesia. Kabupaten Sukoharjo merupakan salah satu kabupaten yang termasuk dalam Provinsi Jawa Tengah
    pantesan pas mau masuk kota Sukoharjo ada patung mbok jamu *baru ngeh*

    btw buswe, jamu di Solo dengan jamu di Yogyakarta rasanya beda.
    Untuk jamu beras kencur, demen yang di Solo, rasanya lebih manis. kalau di Yogya.. astagaaa slenthak mbelo rasanya
    *sorry kalau istilahnya terlalu hiperbola*

    kalau mau netral minum jamu kunir asem, relatif sama

    gw pernah iseng kasih bhante muda minuman jamu paitan daun pepaya
    bilangnya sih cuma minuman herbal, sama sekali ga bilang pahit.
    pas dia minum, raut mukanya langsung priceless banget,
    gilirannya gw disuruh minum, ya gw dengan enak aja bisa minum ..
    soalnya jamu itu ga sepahit jamu brotowali.

  9. #9
    paling seneng beras kencur,kunyi asem, sama bandrek. eniwe jaman dulu anak anak suka minum jamu buyung upik. masih inget kalo beli jamu,bocah pada ngantri buyung upik. hehehe.
    tapi daku g pernah minum. dari kecil selalu beras kencur. udah kuliah ganti kunyit asem+ mentol+sirih dikit. wangi sebadan badan gak bb.
    Good friends, good books, and a sleepy
    conscience: this is the ideal life.
    Mark Twain

  10. #10
    pelanggan setia et dah's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Land Between Solar Systems
    Posts
    3,911
    sebenarnya jamu emang mantep bangets

    sayang sekarang masih banyak yang kurang tertarik

  11. #11
    Barista kupo's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Jog Ja karta
    Posts
    3,849
    ^^ pahitnya itu loh, udah gitu ga bisa cuma sekali minum, harus rajin dan teratur...

  12. #12
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,417
    Quote Originally Posted by et dah View Post
    lucu juga nih jamu kunyit asem

    kafe jamu di mall2 di jakarta juga udah banyak yg oke sekarang ,mbok

    ---------- Post Merged at 08:30 PM ----------

    aneh ya sekarang banyak yang ngga doyan jamu
    padahal khasiatnya keras boo sampe uret2nya keluar
    Kafe Jamu? Di Jakarta di mana??

    Termasuk keluarga simbok sendiri yang masih skeptis dengan jamu. IMO, kalau percaya dengan ilmu kedokteran and it still can't save everybody's life, kenapa ndak percaya dengan pengobatan tradisional dengan minum jamu setidaknya sebagai bentuk pencegahan?

    Pada ndak percaya dengan khasiat wedang jahe padahal mbok sudah rasakan sendiri.
    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

  13. #13
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,417
    Cara Membuat Minuman Beras Kencur Tradisional



    [MENTION=6]etca[/MENTION]
    Ibu ini bikin Beras Kencur versi Solo, ya?
    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

  14. #14
    pelanggan setia et dah's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Land Between Solar Systems
    Posts
    3,911
    bilang aja jamu itu obat herbal ...hehe

    cafe jamu tanya aja mbah google mboke, namanya sue ora jamu sama apa lg aku lupa

  15. #15
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,099
    Quote Originally Posted by mbok jamu View Post
    Ibu ini bikin Beras Kencur versi Solo, ya?
    bukan mbok, kata mama beras dan kencurnya digongso (disangrai) dulu.
    saya sih sebenarnya ga tahu cara bikinnya, ini barusan nanya mumpung beliau ada di sini

  16. #16
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,673
    kencur bahasa inggrisnya apa?
    saya ga doyan sih yang herbal2 gitu ga suka rasanya

  17. #17
    pelanggan tetap Hai_Lee's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    830
    Quote Originally Posted by ndugu View Post
    kencur bahasa inggrisnya apa?
    saya ga doyan sih yang herbal2 gitu ga suka rasanya
    galangal.

    dirumah si mbak suka bikin kunyit asem tapi ga doyan minum

  18. #18
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,417
    Penasaran Apa Saja Isi Bakul Jamu Gendong? Yuk, Kita Intip
    AN Uyung Pr,Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth


    Jakarta - Kapasitas bakul atau keranjang yang dibawa tukang jamu gendong untuk berkeliling tentu sangat terbatas. Namun dari bakul tersebut, berbagai ramuan jamu bisa diracik di mana saja. Penasaran ingin tahu apa saja isinya? Yuk kita intip.



    Karena isinya sangat beragam, gendongan tukang jamu tentu tidak ringan. "Kira-kira ya, 20 sampai 25 kg-lah," kata Lasmi, Ketua Paguyuban Jamu Gendong Lestari saat ditemui di Mampang, Jakarta Selatan, seperti ditulis pada Rabu (17/4/2013).



    Peralatan 'tempur' yang wajib ada di bakul para tukang jamu gendong adalah sebagai berikut:


    1. Jamu-jamu standar

    Kapasitas bakul yang terbatas membuat tukang jamu harus membuat prioritas jenis jamu yang akan dibawa. Jamu-jamu 'best-seller' mendapat prioritas untuk selalu ada di bakul dan dibawa berkeliling.

    "Yang pasti ada itu kunyit asam, beras kencur, kunyit sirih, pahitan, temu lawak, sama jahe," kata Ibu Lasmi.


    2. Termos air


    "Termos air panas digunakan untuk meracik jamu bungkusan," kata Ibu Sri, penjaja jamu keliling di daerah Matraman, Jakarta Pusat. Sebagaimana tukang jamu gendong lainnya, Ibu Sri juga membawa jamu instan untuk diseduh sesuai permintaan pelanggan. Air panas dari dalam termos inilah yang dipakai untuk menyeduh.


    3. Ramuan tambahan

    Sebagai pelengkap minum jamu, Ibu Lasmi menyediakan ramuan tambahan berupa telur ayam kampung, jeruk nipis dan madu ginseng. "Inggu (campuran untuk jamu batuk-batuk) saya tidak pernah bawa. Kalau di Jawa Timur biasanya ada itu Inggu," tambah Ibu Lasmi.


    Lain lagi cerita dari Ibu Sri. "Ramuan tambahan seperti telor dan madu diberikan hanya jika ada yang meminta saja. Untuk madu, biasanya anak kecil lebih menyukai jika madunya dicampur madu, karena katanya akan mengurangi rasa pahit jamu," katanya.


    4. Gelas

    Pelanggan jamu gendong tentunya tidak minum jamu langsung dari botolnya, pasti butuh gelas. Jangan khawatir jika tidak punya gelas sendiri, tukang jamu pasti sudah menyiapkan beberapa gelas. Gelas belimbing adalah jenis gelas beling yang sangat identik dengan jamu gendong.


    "Gelas ini untuk pembeli yang tidak ada gelas, biasanya orang yang beli pinggir jalan. Kalau pembeli rumahnya dekat, biasanya mereka membeli dengan menggunakan gelas sendiri," terang Ibu Sri.


    5. Ember dan serbet


    Gelas yang telah dipakai tentu harus dibersihkan untuk kemudian dipakai lagi oleh pelanggan yang lain. Untuk itu, para tukang jamu gendong juga melengkapi diri dengan ember plastik ukuran kecil berisi air cuci gelas dan juga serbet untuk mengeringkannya.


    "Di kelompok kami, selalu dianjurkan untuk sering-sering mengganti air cuci gelas. Tujuannya supaya kotorannya tidak ngumpul di ember," kata Ibu Lasmi yang selain berjualan jamu keliling, juga sering memberikan workshop pembuatan jamu tradisional.

    ----------

    20 -25 kg?? Aduh.. Berat juga ya
    Last edited by mbok jamu; 08-09-2014 at 05:35 AM.
    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

  19. #19
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,417
    Sekedar menambahkan perbedaan Kencur dan Lengkuas - dari wikipedia

    Kaempferia galanga, commonly known as kencur, aromatic ginger, sand ginger, cutcherry or resurrection lily, is a monocotyledonous plant in the ginger family, and one of four plants called galangal. It is found primarily in open areas in Indonesia, southern China, Taiwan, Cambodia and India, but is also widely cultivated throughout Southeast Asia.

    Lengkuas atau laos (Alpinia galanga) merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional. Pemanfaatan lengkuas untuk masakan dengan cara mememarkan rimpang kemudian dicelupkan begitu saja ke dalam campuran masakan, sedangkan untuk pengobatan tradisional yang banyak digunakan adalah lengkuas merah Alpinia purpurata K Schum

    -------

    Nyari Kencur paling susah, Lengkuas saja jarang di Brisbane, dasar kampung.

    Baru minggu lalu ketemu nursery yang menjual tanaman Kencur dan mau mengirim lewat pos. It's on its way!
    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

  20. #20
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Quote Originally Posted by mbok jamu View Post
    Wedang Jahe resep simbok untuk berdua.


    Jahe parut 2 sendok makan
    Serai 1 batang
    Cengkeh 2 butir
    Air 2 gelas
    Jus lemon 2 sendok makan
    Madu Hanuka 2 sendok teh

    Parut jahe yang sudah dibersihkan kulitnya, rebus bersama serai dan cengkeh. Setelah air mendidih, matikan api, diamkan air jahe selama beberapa menit. Meanwhile campur jus lemon dan madu dalam gelas. Saring rebusan air jahe ke dalam campuran madu/lemon, aduk sampai madu larut. Minum selagi hangat. Sedap.
    efeknya gimana tuh mbok?

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •