Page 1 of 5 123 ... LastLast
Results 1 to 20 of 86

Thread: Perang Libya

  1. #1
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288

    Perang Libya

    Kelihatannya Kaddafi sudah diujung tanduk, sebentar lagi dia akan kalah dan harus turun tahta.

    Lalu bagaimana dengan nasih Libya pasca Kaddafi ?

    Meskipun Amerika dan Eropa adalah kekuatan utama dibalik jatuhnya Kadafi, tapi kemungkinan negara2 Arab lah yg akan masuk kesana dan membantu peralihan kekuasaan dan sistim politik.

    Para politikus Belanda sudah memperingatkan agar Belanda tidak ikut campur terlalu jauh kedalam peralihan kekuasaan di Libya, hal ini terutama untuk mencegah timbulnya kebencian dan kecurigaan dunia Arab terhadap aksi negara barat di Timur Tengah, berikut ini adalah pendapat para politikus Belanda :

    Sekarang, saat kejatuhan rezim Gaddafi hampir jadi kenyataan, dunia sudah memikirkan fase selanjutnya. Menjatuhkan diktator adalah langkah pertama, namun pengalaman mengajarkan, jauh lebih sulit membangun demokrasi setelah kejatuhan sang diktator. Belanda tidak boleh terlalu ikut campur dalam pembentukan Libia “baru.” Demikian pendapat para politisi dan ahli.

    Situasi di Libia berbeda dengan misalnya di Mesir. Di Mesir, Belanda sudah membangun kontak dengan organisasi atau aktivis selama bertahun-tahun. “Sedangkan di Libia, kami harus mulai dari nol,” kata anggota Europarlemen liberal Hans van Baalen. Ia – atas nama Uni Eropa – terlibat erat dalam proses demokratisasi Eropa Timur. Van Baalen juga mengikuti perkembangan Mesir.

    Van Baalen menyatakan, “Di Yunani sudah ada partai-partai dengan sejarah panjang. Sedangkan di Libia tidak, jadi partai-partai harus mulai dibangun dari awal. Itu butuh waktu. Tentu saja pemilu akan digelar, dan akhirnya undang-undang dasar harus dibuat. Prospek untuk negara Libia yang sekuler terlihat bagus.”

    Menahan diri
    Dunia barat harusnya mulai menahan diri, kata Van Baalen: “Sekarang semua tergantung pada Dewan Sementara dan para pemberontak yang nantinya membentuk pemerintahan. Mereka harus legitim, juga di dunia Arab.”

    Menurut Van Baalen, negara tetangga Mesir bisa berperan besar, misalnya dengan melatih anggota polisi. Selain itu Cina dan Rusia juga harus dilibatkan dalam masa depan Libia.

    Ikut campur Eropa saat ini tidak diinginkan, kata historikus dan jurnalis Gerbert van der Aa, "Eropa pernah sekali mengambil langkah yang salah, yaitu pada kemerdekaan Libya 1951.
    Waktu itu PBB terlibat dalam pembentukan pemerintahan Libia yang baru merdeka dari koloni Italia. Raja Idriss dipilih sebagai kepala negara, padahal ia cuma punya pendukung di Libia timur, dan akhirnya juga terbukti bahwa ia korup. Karena itulah negara ini mulai runtuh. Jadi saya pikir, rakyat Libia harus menyelesaikan masalah mereka sendiri.”

  2. #2

  3. #3
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694
    kliatan modelnya kyk Sadam Husein lagi nih

  4. #4
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,366
    pemimpin yg hanya memperkaya diri dan keluarganya saja serta lupa akan amanat yg diembannya

    lebih kasihan rakyatnya, negara ancur lebur (u-nya satu), sedikitnya butuh waktu 3 - 5 tahun untuk pulih, itupun dengan catatan semua pihak tidak terlalu berbeda pendapat dan tidak korup
    CURE SUNSHINE WA KAKKOSUGIRU.

  5. #5
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694
    Quote Originally Posted by Yuki
    pemimpin yg hanya memperkaya diri dan keluarganya saja serta lupa akan amanat yg diembannya

    lebih kasihan rakyatnya, negara ancur lebur (u-nya satu), sedikitnya butuh waktu 3 - 5 tahun untuk pulih, itupun dengan catatan semua pihak tidak terlalu berbeda pendapat dan tidak korup
    iya negara ancuur

  6. #6
    kualat itu Gaddafi. dulu dia jadi penguasa juga lewat pemberontakan kan?


    "Maybe not all of our efforts will be rewarded. But without effort, you will get nothing"
    Takahashi Minami

    ------------------------------------------------------------------
    Thread paling Hot di l AKB48 Glossary l 48Fams l My Blog

  7. #7
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694
    Quote Originally Posted by Kingform
    kualat itu Gaddafi. dulu dia jadi penguasa juga lewat pemberontakan kan?
    iya dia kena karma... klo ketemu pasti di hakimi rakyatnya (bakalan lebih sadis dari hukuman)

  8. #8
    opera's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    http://www.opera.com/
    Posts
    4,852
    kayaknya dia lebih milih bunuh diri daripada dihakimi rakyatnya...

  9. #9
    org yg egomaniak spt itu kayaknya terlalu gengsi buat bunuh diri. paling pura2 bunuh diri, sebar info sesat, lalu kabur gondol harta. kayak hitler
    you can also find me here

  10. #10
    pelanggan sejati Urzu 7's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Posts
    7,940
    Pertanyaan masih ada yang ngebackup ghadafi ato ga. Kalo masih ada yah episode selanjutnya bakal tayang

  11. #11
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Dengan jatuhnya Kadafi maka kontrak2 pertambangan minyak di Libya juga akan berubah.

    Dimasa Kadafi, kontrak tambang minyak didominasi perusahaan China dan Rusia, namun kini Rusia dan China terancam sulit berbisnis di Libya karena pihak pemberontak lebih dekat dengan Amerika dan Eropa.

    Namun pihak pemberontak berjanji akan menghormati semua kontrak2 kerjasama pertambangan dengan China dan Rusia yg dibuat dimasa Kadafi, meskipun kemungkinan besar takkan ada perpanjangan kontrak setelah masa perjanjian berakhir.

  12. #12
    pelanggan sejati Urzu 7's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Posts
    7,940
    Ya udah sedot yg banyak sebelum masa kontrak berakhir

  13. #13
    ^manknya bisa bro..??
    what do u x'pect some1 do 2 u, do it 1st.

  14. #14
    Izin sedot gan.

  15. #15
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Masalah minyak dan sumberdaya alam, selama ini sistimnya adalah bagi hasil antara negara penguasa dengan perusahaan penambangan.

    Kwik Kian Gie pernah bilang, kalau indonesia mau menjaga hasil tambangnya agar tidak bagi hasil dengan asing, maka Indonesia harus mampu menambang itu semua.
    Tapi masalahnya sebelum indonesia mampu menambangnya, rakyat sudah kelaparan dan butuh makan sehingga mau tidak mau harus bekerja sama bagi hasil dengan asing sambil pelan2 menguasai teknologi pertambangan.

  16. #16
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    KEKEJAMAN dan kebrutalan keluarga Khadafy satu per satu terungkap. Seorang pengasuh anak yang bekerja untuk salah seorang putra Khadafy mengisahkan bagaimana ia diguyur air mendidih oleh menantu perempuan Khadafy hanya karena ia menolak memukul cucu sang tiran.

    Sekujur tubuh Shweyga Mullah kini penuh luka dan koreng. Ia diduga telah disiksa oleh istri Hannibal Khadafy, yaitu Aline Skaf, seorang mantan model. Mullah ditemukan tergolek di sebuah ruangan di salah satu vila mewah keluarga Khadafy di tepi pantai Tripoli barat.

    Warga Etiopia itu hanya bisa duduk lunglai di kasur di lantai, ketika dia menceritakan kisahnya dengan tenang kepada wartawan CNN, Dan Rivers, Minggu (29/8/2011). Mullah (30) datang dari negara asalnya untuk bekerja sebagai pengasuh bagi putri dan putra pasangan Hanibal dan Aline tahun lalu. Awalnya baik-baik saja, kata Mullah, tetapi setelah enam bulan penyiksaan itu dimulai.

    Dia menjelaskan, Aline begitu marah ketika putrinya tidak berhenti menangis dan Mullah menolak untuk memukul anak itu. "Dia menyeret saya ke kamar mandi. Dia mengikat tangan saya ke punggung saya dan mengikat kaki saya. Dia menyumpal mulut saya, dan mulai menuangkan air mendidih ke kepala saya."

    Tak lama setelah penyiksaan itu, "Ada belatung keluar dari kepala saya karena ia menyembunyikan saya, dan tidak ada orang yang menengok saya." Dan Rivers mengatakan, ketika ia berjalan ke ruangan tempat Mullah tidur, ia mengira perempuan itu mengenakan topi dan sesuatu di wajahnya. Belakangan barulah Rivers sadar bahwa seluruh kulit kepala dan wajah perempuan itu penuh luka merah dan koreng. Luka-luka itu membentuk mozaik tambal sulam aneh di wajahnya.

    "Dada, badan, dan kaki semuanya belang-belang karena bekas luka—beberapa luka lama, beberapa masih merah, basah, dan berair. Saat ia berbicara, cairan bening mengalir dari salah satu luka terbuka di kepalanya," tulis Rivers.

    Seorang penjaga pernah membawa Mullah ke rumah sakit. Luka-lukanya pun diobati. Namun, ketika Aline tahu hal itu, si penjaga diancam akan dihukum penjara jika ia berani untuk membantu perempuan itu lagi.

    "Ketika dia melakukan semua ini pada saya, selama tiga hari dia tidak mengizinkan saya tidur," kata Mullah. "Saya berada di luar rumah di udara dingin, tanpa makanan. Dia bilang pada staf, 'Jika ada yang memberi makanan, saya akan melakukan hal yang sama kepada kalian'. Saya tidak punya air minum, tidak ada apa-apa." Mullah menuturkan, dia dipaksa untuk menonton anjing-anjing makan, sedangkan dirinya dibiarkan kelaparan.

    Mullah disiksa dua kali. Siksaan terakhir terjadi tiga bulan lalu. Ia mengatakan, ia ingin sekali ke rumah sakit untuk berobat, tetapi tidak bisa karena keluarga Khadafy tidak membayar "satu sen pun" gajinya selama ia bekerja untuk mereka.

    Seorang rekannya, pria Banglades yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan, ia juga secara rutin dipukuli dan disayat dengan pisau. Dia membenarkan kisah Mullah dan mengatakan, anjing keluarga Khadafy diperlakukan jauh lebih baik ketimbang para staf yang bekerja kepada mereka.

    CNN mengunjungi rumah pantai yang mewah dalam sebuah kompleks yang dimiliki keluarga Khadafy itu, Minggu. Rumah pertama tampaknya sebuah kondominium buat "berpesta" yang dilengkapi sebuah pintu besar dan mengesankan tampilan yang modern dengan kamar bernuansa hitam-putih. Meski telah dijarah para pemberontak, rumah itu masih tampak spektakuler, dengan panorama ke arah laut.

    Bekas botol-botol wiski Johnnie Walker Blue Label Scotch dan kotak-kotak sampanye Laurent Perrier berserakan di lantai. Sebuah tempat tidur bundar menjadi pusat kamar tidur utama. Kamar mandi utama dilengkapi sebuah bak jacuzzi yang dilapisi bunga plastik putih. Di luar, ada bak mandi air panas, bar, dan area barbekyu yang menyatu dengan pantai pribadi.

    Sebuah vila lain punya grand piano dan peralatan stereo mahal. Di sampingnya ada kolam renang besar dan kompleks diving, sebuah gym, serta ruang steam dan sauna yang terbuat dari marmer putih.

    Para pemberontak terlihat membagi botol-botol sampanye Cristal dan St Emilion Bordeaux yang bernilai ratusan dollar.


    Spoiler for awasDP:

  17. #17
    pelanggan setia hajime_saitoh's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Mataram Lombok NTB
    Posts
    2,004
    Dengan jatuhnya Kadafi maka kontrak2 pertambangan minyak di Libya juga akan berubah.

    Dimasa Kadafi, kontrak tambang minyak didominasi perusahaan China dan Rusia, namun kini Rusia dan China terancam sulit berbisnis di Libya karena pihak pemberontak lebih dekat dengan Amerika dan Eropa.

    Namun pihak pemberontak berjanji akan menghormati semua kontrak2 kerjasama pertambangan dengan China dan Rusia yg dibuat dimasa Kadafi, meskipun kemungkinan besar takkan ada perpanjangan kontrak setelah masa perjanjian berakhir.
    siapa bilang khadafi dah jatuh.. berita yang kita terima adalah hasil dari bidikan CNN dan media barat yang mengklaim khadafi telah kalah.. bokap saya selalu update berita perang libya lewat internet melalui para wartawan independen. dan dari berita yang saya dengar bahwa pasukan pemberontak malah terjebak di tripoli... khadafi dan pasukannya juga sudah merubah taktik perangnya tidak lg menggunakan pasukan besar dan kendaraan lapis baja. tapi dengan membagi pasukannya menjadi kesatuan2 kecil untuk menghindari gempuran jet2 NATO... dan dari informasi yang saya terima ternyata kebanyakan pemberontak merupakan dropan dari negara2 luar bukan lah aseli warga Libya.. sapa bilang khadafi gak peduli rakyatnya. terbukti rakyat Libya masih pro khadafi dan liga afrika aja masih mendukung khadafi karena banyaknya jasa khadafi buat Libya.. ntar wa mintain link video beritanya dari bokap wa

  18. #18
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Kabar terakhir memang mengatakan bahwa keadaan berbalik koq, ternyata perlawanan dari tentara kadafi masih sengit.
    Kan memang kita dengar berita2 yg up to date, bisa berubah setiap saat.

    Sama seperti waktu kita dengar berita tsunami aceh, awalnya dikatakan ada puluhan korban jiwa, lalu jadi ratusan dst...

  19. #19
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    jadi masih berlangsung perang Libya? Saya bukan penggemar Kadhafi dan berharap yang terbaik buat Libya...artinya kadhafi boleh jatuh, rezimnya boleh hancur, tetapi Libya tidak boleh lagi seperti Afganistan atau Irak yang makin hancur lebur pasca turunnya sang rezim

  20. #20
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Kemungkinan besar Libya takkan jatuh berantakan seperti Iraq dan Afganistan.
    Masalah utama di Iraq dan Afganistan adalah keberadaan kelompok2 garis keras yg terus menerus berperang tanpa akhir dan membuat rakyat menderita.

    Libya tanpa Kadafi mungkin akan menjadi negara yg aman dan makmur, tergantung bagaimana penguasa baru membagi kekayaan alamnya.
    Yang pasti selama ditangan Kadafi, hanya keluarganya dan ally nya yg makmur, rakyat tidak kebagian sumber daya apa2.

    Mesir tanpa Mubaraq tetap aman terkendali, semoga dihari2 berikutnya rakyat Mesir bisa kebagian hasil kekayaan alam negara itu, bukan hanya berhenti ditangan keluarga penguasa.

Page 1 of 5 123 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •