Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 40

Thread: Khilafah

  1. #1
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,012

    Khilafah

    Momod said: Ada diskusi2 ttg khilafah meneruskan diskusi di ILC lalu. Gw belon nonton full sih.. jadi ga tau ustadz2 tuh ngomong apa.
    Tapi menurut gw khilafah adalah sebuah sistem pemerintahan, yang konstitusi(hukum tertinggi)nya adalah Al Quran. Jadi bukan hanya dijadikan pedoman hidup masing2 warga, tapi jadi dasar hukum negara.

    Nah gimana jadinya kalo indonesia jadi khilafah?
    Yuk2 rame2.. Rajin kan gw...?
    memangnya mengislamkan nusantara dgn islam khilafah itu apakah kudu mengubah ideologi negara (pancasila NKRI) ?

    mungkin masarakat kita aja yg terlalu phobia, ada org ingin hidup scr islami aja sdh dituduh macam2 yg katanya mau ngubah ideologi negara

    kalo memang gitu knp ga sekalian aja hapuskan agama islam di indo lalu ganti dgn agama pancasila, habis perkara
    Last edited by ndableg; 14-12-2017 at 04:01 AM.

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  2. #2
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,366
    Negara tidak pernah mengekang rakyatnya dalam menjalankan agamanya

    Yg terjadi di negara ini adalah negara ini tidak menggunakan ajaran agama sebagai aturan negara, ini yg tidak diterima oleh pihak-pihak tertentu, mereka ingin agar aturan agama menjadi aturan negara, mereka ingin agar siapa yg tidak menjalankan ajaran agama sah untuk ditangkap secara hukum

    Misalnya seperti ini, anggap saja Indonesia negara agama Islam:
    Jika ada orang muslim yg tidak mau shalat lima waktu, harus ditangkap, relakah kamu?
    Jika ada orang muslim yg tidak mau berzakat, harus ditangkap, relakah kamu?
    Jika ada orang muslim yg tidak mau puasa ramadhan, harus ditangkap, relakah kamu?
    Jika ada orang muslim yg tidak mau berhaji, harus ditangkap, relakah kamu?
    Jika ada orang muslim yg tidak mau mengaji, harus ditangkap, relakah kamu?
    Jika ada orang muslim yg tidak mau shalat di masjid, harus ditangkap, relakah kamu?
    Jika ada orang muslim yg tidak mau menutup aurat, harus ditangkap, relakah kamu?

    Itulah yg diinginkan oleh mereka, menjadikan negara agama untuk semata-mata memuaskan ego kebanggaan kepada agama, yg tidak becus menjalankan agama, harus dihukum, dengan kata lain agama menjadi tirani untuk pengikutnya sendiri

    Mau hidup seperti itu?
    CURE SUNSHINE WA KAKKOSUGIRU.

  3. #3
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,012
    nah ini knp gw bilang phobia...

    ini yg tidak diterima oleh pihak-pihak tertentu, mereka ingin agar aturan agama menjadi aturan negara, mereka ingin agar siapa yg tidak menjalankan ajaran agama sah untuk ditangkap secara hukum
    yg lu tuduhkan diatas apakah sdh ada bukti ataukah hanya sekedar asumsi/dugaan aja ?

    kita ada aparat
    kita ada penegak hukum
    kita punya polisi dan tentara

    kalo memang dugaan lu sdh FIX terbukti benar lantas knp aparat hingga saat ini diam aja ?

    gw baru ngeh, mungkin yg dibilang bung Rocky Gerung di ILC kemaren ada benarnya juga, "kita terlalu norak dgn fantasi" dan ini baru saja terjadi

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  4. #4
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Emg hukum indo ga sejalan dgn khilafah? Coba point2 mana yg menyimpang dr khilafah? Kalo nggak menyimpang artinya sudah khilafah.
    Kalau pun ada yg kurang, tinggal ditambahin..

    Yakin sistem khilafah fungsinya cuma nangkep2in orang ga shalat? Ga bakal maju tuh yg namanya khilafah. Yg gw tau malah keturunan2 nabi dibunuh2in jamannya khilafah.

    Hmm.. kenapa ga bikin trit tentang khilafah aja seh?? biar rame..
    Last edited by ndableg; 13-12-2017 at 12:07 AM.

  5. #5
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,366
    Gejalanya sudah terjadi

    Setiap bulan ramadhan tiap-tiap restoran di siang hari harus ditutup sedemikian rupa supaya orang yg makan tidak kelihatan, dengan dalih untuk menghormati yg berpuasa

    Lah kalo berpuasa ya berpuasa saja, apa urusannya dengan yg tidak berpuasa? Ngiler liat orang makan? Justru disitulah ujiannya

    Itu salah satu contoh

    Yg saya ingin simpulkan adalah sistem khilafah ngotot ingin diwujudkan oleh pihak-pihak tertentu SUPAYA MEREKA MERASA BERHAK MENGATUR-ATUR AMAL IBADAH ORANG LAIN, urus saja amal ibadah sendiri, kita hanya memiliki hak untuk memperingatkan, apakah peringatan kita digubris atau tidak, itu sudah bukan urusan kita, itu sudah urusan yg bersangkutan dengan Tuhan

    - - - Updated - - -

    Tidak ada satupun ayat Al Quran dan hadis yg mewajibkan umat Muslim harus mendirikan negara berdasarkan hukum Islam

    Yg namanya aturan agama tidak boleh DITAMBAH-TAMBAH atau DIKURANGI

    Sekali lagi saya katakan, sebenarnya sah-sah saja suatu negara menggunakan aturan agama dalam aturan negaranya, ASALKAN disepakati dari awal seperti itu, dan itu tidak bisa diklaim bahwa itu perintah agama, itu hanyalah hasil dari pemikiran manusia

    - - - Updated - - -

    Sebenarnya ini lagu lama, keinginan untuk mendirikan negara Islam sudah muncul sejak pemberontakan DI/TII

    sebenarnya saya memaklumi hingga kini permasalahan ini, keinginan untuk mewujudkan khilafah terbentuk atas beberapa faktor

    Masalah ketidakadilan, ketimpangan ekonomi, keterpurukan supremasi, kemaksiatan semuanya itu saling berkelindan ditambah dengan terpesonanya mereka atas kejayaan Islam di masa lampau

    Mereka tidak memahami bahwa kekhilafahan bukan berarti tanpa masalah, berapa banyak khalifah yg terbunuh oleh orang dekatnya sendiri, khalifah baghdad rontok diserang musuh dari luar, itu artinya kekhilafahan tidak memiliki grand strategy yg jelas bagaimana menghadapi serangan musuh

    Satu demi satu khilafah rontok, itu fakta, kalo memang khilafah adalah sesuatu yg benar, pastilah bertahan hingga sekarang

    - - - Updated - - -

    Coba mulailah untuk cooling down

    Adalah wajar apabila umat Islam ingin berjaya, wajar sekali, namun ini tidak bisa seolah harus terjadi besok, ini membutuhkan jangka waktu yg tidak pendek

    Mulailah dengan mempelajari ilmu, ilmu apa saja yg dikehendaki, belajar, meneliti, mengamati

    Kejayaan suatu kaum terjadi itu dikarenakan kaum tsb menguasai ilmu

    Jangan tergesa gesa, sabar saja, step by step, apabila menemui masalah, jangan cepat reaktif, berpikirlah terlebih dahulu

    Yang Allah SWT nilai bukan hasil, melainkan prosesnya, sejauh mana umat Islam bisa berjuang dengan cara yg benar, wajar, dan tidak berlebihan. Wallahualam.
    Last edited by Yuki; 14-12-2017 at 05:14 PM.
    CURE SUNSHINE WA KAKKOSUGIRU.

  6. #6
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,398
    Perasaan mbok mayoritas Muslim di Indonesia juga ndak ngotot dengan sistem khilafah.

    Sebenernya siapa sih yang menghembuskan isyu khilafah ini? Who started the hashtag?
    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

  7. #7
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,351
    ^^^
    Hti? Fpi? For diff reason maybe?

    Ok mumpung khilafah, apakah sitem khilafah memilih khafilah cuma sekali trus jadi khilafah seumur hidup?
    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  8. #8
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Sistem khilafah juga sebenernya belum ada yg fixed. Gampangnya sih selama tidak melanggar atau bertentangan dgn Al Quran aja.
    Ga ada ketetapan apakah Khalifah itu = raja atau presiden.. yg jelas pemimpin.. apalagi ketentuan seumur hidup ato enggak.

  9. #9
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,012
    gerakan2 separatis seperti HTI atau FPI yg ingin mengusung pemerintahan khilafah dinegara ini adalah bentuk ketidakpuasan masyarakat terhadap kinerja dan kualitas pemerintah saat ini. propaganda bilang pancasila sakti, sampai dibuat hari khusus kesaktian pancasila, tapi pada realitanya juga ga sakti sakti amat, selama masih banyak masyarakat yg blm sejahtera, pendidikan susah, makan susah, cari kerja susah, berobat susah, ngurus ini ngurus itu dipersulit selama itu pula gerakan2 separatis ini akan tetap muncul untuk merongong rong pancasila dari dalam.

    bagi org yg sdh hidup di taraf sejahterah sih mrk ga ambil pusing, mau pake sistem pemerintahan apapun mrk akan wellcome selama mrk bisa hidup sejahtera.

    yg jadi pertanyaan adalah, seandainya sistem negara kita diganti menjadi sistem khilafah islamiyah apakah akan menjamin kesejahteraan masyarakat didalamnya akan lebih baik !? jawabannya blm tentu, hanya waktu yg bisa menjawab, krn ngurusi sistem pemerintahan itu ga semudah masak mie instant yg ujug ujug langsung jadi, butuh proses dan waktu lama, mungkin baru ketahuan hasilnya di generasi cucu dan cicit kita.

    jika ada yg tanya ke gw, lu ini sebenarnya pro NKRI atau pro khilafah islamiyah ? gw akan jawab PRO sistem pemerintahan apa saja, whatever, terserah, mau sekluer, kapitalis, sosialis, bahkan komunis sekalipun, selama sistem pemerintahan tsb bisa membawa dampak kebaikan bagi kesejahteraan warga didalamnya.

    dan gw juga ga akan menghalangi atau menyalahkan siapapun yg mencoba utk menggulingkan pancasila, krn sampe saat ini pun pancasila juga ga terbukti sakti dlm ngurusi kesejahteraan penduduknya, kalo memang ga mau diganti yah silahkan berbenah mulai skrg dan tunjukkan jika mampu...

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  10. #10
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,351
    Nah pertanyaannya kalo belum tentu lebih baek knapa diganti? Apakah anda tahu sekarang banyak orang non muslim islampobhia walopun menurut gw sebenarnya bukan islampobhia lebih tepat muslimpobhia, contoh paling gampang perkusi ustad somad, gw yakin banyak massa pengusir disana ga pernah dengar ceramah ustad somat ::
    Posted via Mobile Device

    - - - Updated - - -

    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Sistem khilafah juga sebenernya belum ada yg fixed. Gampangnya sih selama tidak melanggar atau bertentangan dgn Al Quran aja.
    Ga ada ketetapan apakah Khalifah itu = raja atau presiden.. yg jelas pemimpin.. apalagi ketentuan seumur hidup ato enggak.
    Thanks bleg, sayang jempol dah habis, hutang dulu ya
    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  11. #11
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,910
    Quote Originally Posted by mobyokuzan View Post
    memangnya mengislamkan nusantara dgn islam khilafah itu apakah kudu mengubah ideologi negara (pancasila NKRI) ?

    mungkin masarakat kita aja yg terlalu phobia, ada org ingin hidup scr islami aja sdh dituduh macam2 yg katanya mau ngubah ideologi negara

    kalo memang gitu knp ga sekalian aja hapuskan agama islam di indo lalu ganti dgn agama pancasila, habis perkara
    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Emg hukum indo ga sejalan dgn khilafah? Coba point2 mana yg menyimpang dr khilafah? Kalo nggak menyimpang artinya sudah khilafah.
    Kalau pun ada yg kurang, tinggal ditambahin..

    Yakin sistem khilafah fungsinya cuma nangkep2in orang ga shalat? Ga bakal maju tuh yg namanya khilafah. Yg gw tau malah keturunan2 nabi dibunuh2in jamannya khilafah.

    Hmm.. kenapa ga bikin trit tentang khilafah aja seh?? biar rame..
    Ini trit dari tempat lain kah? Kok masih minta digabungin?

    Konsep khilafah yang diusung HTI itu negara transnasional. Jadi nggak ada yang namanya Indonesia. Seluruh negara Islam yang ada dicita2kan bersatu di bawah satu bendera kekhilafahan. Jadi kalo dibilang yang sekarang menyimpang atau enggak dari konsep khilafah, ya menyimpang. Wong mereka pengen bikin negara sendiri kok. Printilan dalemnya seperti penegakan hukum Islam masih dalam taraf janji2 belaka. Siapa yang nggak tau namanya janji politik itu taraf realisasinya suka2 yang pegang kuasa. Mau liat miniatur khilafah? Liat aja ISIS.
    Last edited by tuscany; 15-12-2017 at 10:03 AM.
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  12. #12
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,351
    Quote Originally Posted by tuscany View Post
    Ini trit dari tempat lain kah? Kok masih minta digabungin?

    Konsep khilafah yang diusung HTI itu negara transnasional. Jadi nggak ada yang namanya Indonesia. Seluruh negara Islam yang ada dicita2kan bersatu di bawah satu bendera kekhilafahan. Jadi kalo dibilang yang sekarang menyimpang atau enggak dari konsep khilafah, ya menyimpang. Wong mereka pengen bikin negara sendiri kok. Printilan dalemnya seperti penegakan hukum Islam masih dalam taraf janji2 belaka. Siapa yang nggak tau namanya janji politik itu taraf realisasinya suka2 yang pegang kuasa. Mau liat miniatur khilafah? Liat aja ISIS.
    Top 4 jempol buat tucs
    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  13. #13
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,012
    ^entahlah kong, gw juga ga ambil pusing mengenai perihal tsb...
    walopun mendirikan khilafah islamiyah tidak diwajibkan, mungkin saja mereka melihat hal ini sebagai ibadah utk menegakkan syariat dan aqidah, toh om juki diatas juga bilang "Yang Allah SWT nilai bukan hasil, melainkan prosesnya" jadi meskipun hasilnya blm tentu lebih baik dari sistem pemerintahan skrg setidaknya mrk sdh berusaha melakukan yg terbaik menurut sudut pandang mrk. dan hal ini diamini juga oleh negara lho, haha...aneh kan

    ente kan org hukum punya title SH, coba aja cek undang2 pasal brp, gw lupa yg mana aja, tapi yg jelas dsn ditulis negara menjamin kebebasan beragama setiap orang dan hak setiap orang untuk beribadah sesuai dengan agamanya.

    mengenai islamphobia gw juga ga ambil pusing, suka suka org aja berpresepsi ttg apa itu islam... yg jelas informasi media berpengaruh besar dlm membentuk opini publik, dan saat ini media2 liberal dari barat sono cem rhemason, wahyudi, laminating dan mamarika sedang gencar2nya membuat konspirasi kejelekan islam, ISIS, bom teroris, wahabi, garis keras, fanatik dan semua keburukan lainnya, padahal yg gw tau islam ga mengajarkan kekerasan seperti itu jadi silahkan ditelaah sendiri, apakah kongsur termasuk dlm kategori org yg termakan image bentukan media ataukah bukan.

    lalu utk ustadz tomad whatever, atau siapapun itu, gw juga kaga ambil pusing
    predikat ustad itu skrg kesannya murah, siapapun bisa jadi ustad, bahkan kapan hari ada seorang ustad yg mgomongin ttg pesta sex disurga, WTF banget ga sih...
    makanya gw sangat2 obyektif mengenai seseorang yg bisa dijadikan tauladan dan panutan, sejauh ini yg gw akuin cuma cak nun (emha aninun nadjib) beliau bukan ustad tapi imo punya kapasitas yg bahkan melebihi ustad, yg lain mah sambil lalu aja, kalo ga cocok tinggal buang, habis perkara

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  14. #14
    tsu's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Rainbow Trout
    Posts
    5,365
    sebenernya gw bingung

    khilafah/ caliphate ini kan cuman istilah dimana suatu daerah dipimpin oleh khalifah atau pemimpin muslim
    sama kaya kerajaan dipimpin oleh raja, republik dipimpin oleh presiden dst

    dijaman Nabi, khalifah ini ditunjuk diantara sahabat Nabi, setelah itu, sistem khilafah hampir ga ada bedanya ama dinasty kerajaan biasa hahaha, macam Khalifah Ummayad dll
    seorang Khalifah biasanya memang juga merangkap sebagai pemimpin agama, jadi biasanya memang hukum Islam yang diterapkan

    kok apa yang gw baca didepan kesannya ribet banget yah khilafa
    apa karena doktrin khilafa yang akhir2 ini berkembang yah ? penerapan hukum islam yang strict ?

  15. #15
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,351
    Quote Originally Posted by mobyokuzan View Post
    ^entahlah kong, gw juga ga ambil pusing mengenai perihal tsb...
    walopun mendirikan khilafah islamiyah tidak diwajibkan, mungkin saja mereka melihat hal ini sebagai ibadah utk menegakkan syariat dan aqidah, toh om juki diatas juga bilang "Yang Allah SWT nilai bukan hasil, melainkan prosesnya" jadi meskipun hasilnya blm tentu lebih baik dari sistem pemerintahan skrg setidaknya mrk sdh berusaha melakukan yg terbaik menurut sudut pandang mrk. dan hal ini diamini juga oleh negara lho, haha...aneh kan

    ente kan org hukum punya title SH, coba aja cek undang2 pasal brp, gw lupa yg mana aja, tapi yg jelas dsn ditulis negara menjamin kebebasan beragama setiap orang dan hak setiap orang untuk beribadah sesuai dengan agamanya.

    mengenai islamphobia gw juga ga ambil pusing, suka suka org aja berpresepsi ttg apa itu islam... yg jelas informasi media berpengaruh besar dlm membentuk opini publik, dan saat ini media2 liberal dari barat sono cem rhemason, wahyudi, laminating dan mamarika sedang gencar2nya membuat konspirasi kejelekan islam, ISIS, bom teroris, wahabi, garis keras, fanatik dan semua keburukan lainnya, padahal yg gw tau islam ga mengajarkan kekerasan seperti itu jadi silahkan ditelaah sendiri, apakah kongsur termasuk dlm kategori org yg termakan image bentukan media ataukah bukan.

    lalu utk ustadz tomad whatever, atau siapapun itu, gw juga kaga ambil pusing
    predikat ustad itu skrg kesannya murah, siapapun bisa jadi ustad, bahkan kapan hari ada seorang ustad yg mgomongin ttg pesta sex disurga, WTF banget ga sih...
    makanya gw sangat2 obyektif mengenai seseorang yg bisa dijadikan tauladan dan panutan, sejauh ini yg gw akuin cuma cak nun (emha aninun nadjib) beliau bukan ustad tapi imo punya kapasitas yg bahkan melebihi ustad, yg lain mah sambil lalu aja, kalo ga cocok tinggal buang, habis perkara
    Lah sekarang kalo mau mengganti negara indo menjadi negara khilafa kan efeknya bukan ke yg muslim aja mob, ke non muslim juga, orang2 ngeliatnya dalam skala kecil contohnya aceh yg katanya memakai perda syariat islam hasilnya?
    Gw kasih link aja buat gambarannya
    https://www.beritakini.co/news/naik-kelas-aceh-jadi-provinsi-termiskin-di-sumatera/index.html

    Belum lagi soal peraturan yg dirasa memberatkan bagi non muslim, mis soal cewe kalo keluar rumah harus menutupi rambut, harus ditemani cowo dll


    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  16. #16
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,012
    Quote Originally Posted by tsu View Post
    sebenernya gw bingung

    khilafah/ caliphate ini kan cuman istilah dimana suatu daerah dipimpin oleh khalifah atau pemimpin muslim
    sama kaya kerajaan dipimpin oleh raja, republik dipimpin oleh presiden dst

    dijaman Nabi, khalifah ini ditunjuk diantara sahabat Nabi, setelah itu, sistem khilafah hampir ga ada bedanya ama dinasty kerajaan biasa hahaha, macam Khalifah Ummayad dll
    seorang Khalifah biasanya memang juga merangkap sebagai pemimpin agama, jadi biasanya memang hukum Islam yang diterapkan

    kok apa yang gw baca didepan kesannya ribet banget yah khilafa
    apa karena doktrin khilafa yang akhir2 ini berkembang yah ? penerapan hukum islam yang strict ?
    lagi bingung tsu ?
    sama, gw juga
    masalahnya ini sistem dari awal dibuat memang sdh penuh konflik
    hal itu ga bisa dipungkiri krn menurut sejarahnya dari 4 khalifah pertama sepeninggal nabi, hanya abu bakar aja yg matinya tdk dgn cara terbunuh dan beliau cuma berhasil memimpin khilafah selama 2 thn (kalo lebih dari 2 thn tdk menutup kemungkinan kematiannya juga sama seperti ketiga sahabat yg lain)

    terlepas dari semua nama besar mereka dan kemampuannya dlm menguasai dunia dikala itu, tetap aja ada cela yg justru dimulai dari dalam sistem pemerintahan tsb, jadi kalo boleh disimpulkan secara awam, "mungkin" penerapan sistem ini sudah salah semenjak nabi saw wafat, entah karna ego, kepentingan, atau faktor lain, yg jelas era kemunduran Islam perlahan dimulai sejak saat itu.

    - - - Updated - - -



    Quote Originally Posted by surjadi05 View Post
    Lah sekarang kalo mau mengganti negara indo menjadi negara khilafa kan efeknya bukan ke yg muslim aja mob, ke non muslim juga, orang2 ngeliatnya dalam skala kecil contohnya aceh yg katanya memakai perda syariat islam hasilnya?
    Gw kasih link aja buat gambarannya
    https://www.beritakini.co/news/naik-...era/index.html

    Belum lagi soal peraturan yg dirasa memberatkan bagi non muslim, mis soal cewe kalo keluar rumah harus menutupi rambut, harus ditemani cowo dll


    Posted via Mobile Device
    semua sistem pemerintahan punya dampak kong, ga cuma khilafah islamiyah aja.
    pertanyaanya bisa dipersempit menjadi "apa dampak negatif sistem pemerintahan khilafah islamiyah bagi penduduk nonmuslim ?"

    sorry bukan kapasitas gw utk menjawab pertanyaan itu, krn gw bukan pengusung sistem khalifah atau org yg memahami sistem khilafah islamiyah, coba tanya yg lain mungkin bisa bantu.

    tapi kalo gw coba utk menjawab, mungkin bisa dgn pendekatan analogi seperti ini...

    jika ada seorang karyawan yg tdk puas dgn sistem kerja yg diberikan perusahaan ada beberapa opsi yg bisa dia lakukan :
    1.keluar/resign kemudian cari kerja ditempat lain
    2.tetap kerja diperusahaan tsb dgn memikul beban ketidakpuasan krn memang tdk punya pilihan lain
    3.buat sistem kerja sendiri, dirikan perusahaan lalu jadilah bos, kemudian pengaruhi karyawan agar mrk mau kerja ditempat ente.

    makanya kong...
    kalo kongsur cukup pede, punya modal cukup besar dan merasa tdk puas dgn sistem pemerintahan kita skrg, silahkan membuat sistem pemerintahan tandingan, kemudian cari pengikut sebanyak banyaknya, untung2 kalo jumlah pengikutnya bisa menyaingi atau bahkan melebihi jumlah yg ikut reuni 212 kemaren, jadi jika sewaktu waktu kongsur ingin melakukan kudeta, setidaknya kongsur bisa main aman krn sdh ada yg siap dijadikan kambing hitam / tameng hidup (tumbal)

    haha...bener ga !?

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  17. #17
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,351
    Salatiga - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menantang siapa saja yang mampu menunjukkan sistem pemerintahan khilafah ada di dalam Alquran dan hadis. Perubahan sistem pemerintahan yang ada di Indonesia tidak bisa dilakukan secara radikal.

    "Saya nantang siapa saja, di mana saja, di dalam forum yang terbuka. Yang bisa menunjukkan kepada saya, tentang adanya kholifah atau khilafah tentang adanya khilafah sebagai sistem pemerintahan, ya di dalam Alquran dan hadis. Saya katakan kalau khilafah banyak, tapi bukan dari Alquran dan alhadis. Itu adalah ciptaan para ulama berdasar kebutuhan, waktu, dan tempat masing-masing," kata Mahfud.

    Hal itu ia sampaikan setelah menjadi pembicara dalam seminar nasional 'Tantangan NKRI di Tengah Penetrasi Ideologi Transnasional' di Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga, Kamis (7/12/2017). Hadir sebagai pembicara dalam seminar itu Prof KH Yudian Wahyudi (Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) dan Prof Muh Zuhri (guru besar Fakultas Syariah IAIN Salatiga).

    Mahfud mengatakan 57 negara Islam yang tergabung dalam OKI menganut sistem khilafah, tapi berbeda-beda. Hal tersebut bisa berbeda karena, dalam Alquran dan hadis, sistemnya tidak diajarkan.

    "Kenapa beda? Ya karena memang Alquran dan alhadis tidak mengajarkan sistemnya. Prinsipnya nilainya mengajarkan bahwa khilafah harus berkeadilan. Tapi kalau sistemnya seperti apa, tidak ada," ujar Mahfud, yang menjabat anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden untuk Pembinaan Ideologi Pancasila.

    Mahfud lebih jauh menyebutkan khilafah berasal dari bahasa Arab dari kata 'sistem pemerintahan'.

    "Jadi jangan berpikir mau mengganti sistem yang radikal karena tidak ada di dalam Alquran dan hadis sistem yang betul-betul menurut Islam seperti apa? Tidak ada. Arab Saudi yang dikatakan negara Islam di sana banyak korupsi juga sehingga sekarang terjadi pemecatan-pemecatan di kalangan elite, katanya islam itu khilafah. Mau niru Brunei? Di Brunei mau disebut sebagai contoh kita nggak suka, di sana nggak ada parlemen. Mau niru Malaysia? Mau niru Pakistan? Jadi semua buat sendiri-sendiri," katanya.

    Adapun Indonesia telah membuat sistem pemerintahan sendiri, kata Mahfud. Menurut KH Ahmad Asan Basir dan Kiai Ahmad Sidik serta Abdurrahman Wahid dari NU dan Muhammadiyah, sistem pemerintahan di Indonesia sudah kompatibel dan cocok dengan ajaran Islam.

    "Bahwa banyak konflik bukan karena sistemnya, tapi orangnya. Sama di Arab Saudi korupsinya banyak, di Malaysia sama, di Pakistan sama, di negara-negara yang disebut Islam, korupsinya juga banyak, pencurinya juga banyak, kan bukan karena sistem, orang miskinnya juga banyak itu lho," tuturnya.

    ::
    Posted via Mobile Device

    - - - Updated - - -

    Quote Originally Posted by mobyokuzan View Post
    lagi bingung tsu ?
    sama, gw juga
    masalahnya ini sistem dari awal dibuat memang sdh penuh konflik
    hal itu ga bisa dipungkiri krn menurut sejarahnya dari 4 khalifah pertama sepeninggal nabi, hanya abu bakar aja yg matinya tdk dgn cara terbunuh dan beliau cuma berhasil memimpin khilafah selama 2 thn (kalo lebih dari 2 thn tdk menutup kemungkinan kematiannya juga sama seperti ketiga sahabat yg lain)

    terlepas dari semua nama besar mereka dan kemampuannya dlm menguasai dunia dikala itu, tetap aja ada cela yg justru dimulai dari dalam sistem pemerintahan tsb, jadi kalo boleh disimpulkan secara awam, "mungkin" penerapan sistem ini sudah salah semenjak nabi saw wafat, entah karna ego, kepentingan, atau faktor lain, yg jelas era kemunduran Islam perlahan dimulai sejak saat itu.

    - - - Updated - - -





    semua sistem pemerintahan punya dampak kong, ga cuma khilafah islamiyah aja.
    pertanyaanya bisa dipersempit menjadi "apa dampak negatif sistem pemerintahan khilafah islamiyah bagi penduduk nonmuslim ?"

    sorry bukan kapasitas gw utk menjawab pertanyaan itu, krn gw bukan pengusung sistem khalifah atau org yg memahami sistem khilafah islamiyah, coba tanya yg lain mungkin bisa bantu.

    tapi kalo gw coba utk menjawab, mungkin bisa dgn pendekatan analogi seperti ini...

    jika ada seorang karyawan yg tdk puas dgn sistem kerja yg diberikan perusahaan ada beberapa opsi yg bisa dia lakukan :
    1.keluar/resign kemudian cari kerja ditempat lain
    2.tetap kerja diperusahaan tsb dgn memikul beban ketidakpuasan krn memang tdk punya pilihan lain
    3.buat sistem kerja sendiri, dirikan perusahaan lalu jadilah bos, kemudian pengaruhi karyawan agar mrk mau kerja ditempat ente.

    makanya kong...
    kalo kongsur cukup pede, punya modal cukup besar dan merasa tdk puas dgn sistem pemerintahan kita skrg, silahkan membuat sistem pemerintahan tandingan, kemudian cari pengikut sebanyak banyaknya, untung2 kalo jumlah pengikutnya bisa menyaingi atau bahkan melebihi jumlah yg ikut reuni 212 kemaren, jadi jika sewaktu waktu kongsur ingin melakukan kudeta, setidaknya kongsur bisa main aman krn sdh ada yg siap dijadikan kambing hitam / tameng hidup (tumbal)

    haha...bener ga !?
    Idih si moby gw cuma pengen tahu sistem khilafah disuruh buat "pemerintahan" baru, cari bini baru aja ga berani mob
    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  18. #18
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Sebenernya sih kalo gw pikir2 sebagian besar negara2 ud menjalankan sistem khilafah spt jaman kejayaan khilafah. Terutama Eropa, karena merekalah yg mengalahkan khilafah. Buku2, ilmu2 jaman khilafah mereka colong2in (selain jg dihancurkan oleh suku barbar gotik dan mongol). Maka lahirlah.. renaissance di eropa... Dan sistem pemerintahan Indonesia kalo mo diliat2 jelas sejalan dgn khilafah. Nomor satu, ketuhanan yg maha esa. Semua selaras dgn ajaran Islam. Tinggal prakteknya aja jeblog!

    Orang lebih mentingin nama drpd essensi..

  19. #19
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Lalu timbul pertanyaan.. apakah dgn sistem atau nama/gelar khilafah lalu semua jadi religius? Nggak jg. Bahkan diperkirakan kehidupan jaman kejayaan khilafah banyak juga jahilnya. Yah.. dari bunuh2an antar kelompok aja ud keliatan. Kehidupannya jg ga jauh lah dari jaman kejayaan amerika saat ini. Teknologi berkembang, tapi orang begok tetep ada. Dasar negara religius tp banyak atheisnya.

  20. #20
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,012
    Quote Originally Posted by surjadi05 View Post
    Idih si moby gw cuma pengen tahu sistem khilafah disuruh buat "pemerintahan" baru, cari bini baru aja ga berani mob
    Posted via Mobile Device
    toh kalopun ada yg jawab pertanyaan itu, nantinya cuma berbuah ketidakpuasan.
    logikanya, ngapain juga seorang phobia malah ingin tahu sesuatu yg dia benci ?
    kalo saran gw sih mending perbaiki dulu citra islam dari benak kongsur, cobalah melihat islam dari sudutpandang lain, jgn hanya 1 sudut pandang aja, kalo yg dilihat cuma sisi kekerasannya yah jadinya phobia.

    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Sebenernya sih kalo gw pikir2 sebagian besar negara2 ud menjalankan sistem khilafah spt jaman kejayaan khilafah. Terutama Eropa, karena merekalah yg mengalahkan khilafah. Buku2, ilmu2 jaman khilafah mereka colong2in (selain jg dihancurkan oleh suku barbar gotik dan mongol). Maka lahirlah.. renaissance di eropa... Dan sistem pemerintahan Indonesia kalo mo diliat2 jelas sejalan dgn khilafah. Nomor satu, ketuhanan yg maha esa. Semua selaras dgn ajaran Islam. Tinggal prakteknya aja jeblog!

    Orang lebih mentingin nama drpd essensi..
    kaga ada...
    yg mereka lakukan itu asimiliasi, sistem pemerintahan yg sdh diakulturisasi, jadi kalopun menurut lu mrk menggunakan sistem khilafah, itu bukan khilafah yg murni/kaffah lagi seperti awal2 khilafah dibuat pada jaman khulafaur rasyidin.
    coba mana ada negara yg mau nerapin hukum sesadis qishas, potong tangan, rajam dll
    gw mau bayangin aja sdh ngeri, apalagi yg phobia
    kalo bener mau nerapin, tangan papah setnov sdh putus skrg

    islam masuk indo juga dgn cara yg sama, pake asimilasi budaya, makanya di masyarakat kita ada istilah kejawen, tahlilan, sholawatan, mauludan, selametan 7,40,100,1000 harinya, yg di negara asalnya sono hal hal macem gini kaga bakalan ada.

    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Lalu timbul pertanyaan.. apakah dgn sistem atau nama/gelar khilafah lalu semua jadi religius? Nggak jg. Bahkan diperkirakan kehidupan jaman kejayaan khilafah banyak juga jahilnya. Yah.. dari bunuh2an antar kelompok aja ud keliatan. Kehidupannya jg ga jauh lah dari jaman kejayaan amerika saat ini. Teknologi berkembang, tapi orang begok tetep ada. Dasar negara religius tp banyak atheisnya.
    ironis memang kalo mengenang masa2 kejayaan dan skrg melihat kenyataan dimana umat menjadi labil hanya karena kebegoannya sendiri.
    berarti kesimpulannya...yg salah bukan sistemnya melainkan org2 yg menerapkan sistem didalamnya, dan sayangnya saat ini blm ada org yg mempunya kualitas mental dan akhlaq seperti beliau saw utk menjadi next khalifah

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •