Results 1 to 19 of 19

Thread: Afi, bocah ini kenapa?

  1. #1
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910

    Afi, bocah ini kenapa?

    Sempet rame2, tadinya kurang menarik perhatian gw, lama2 kok gw kesian. Anak ini dibully, dituduh penipu dlsbgnya, tp di sisi lain dipuji2 dan masuk interview bbrp kali.
    Kenapa anak ini?
    Ktnya seputar status fb yg bagus, sampe jadi bully..
    Ribut2 apalagi?

  2. #2
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,935
    Dia nulis di FB gitu. Terus viral. Terus banyak yang muji, banyak juga yang nyinyir. Lalu dibesarkan media. Kebesaran padahal kapasitas aslinya masi lulus SMA, akhirnya duerrrr, meledak dalam tangis saat dituduh (dan emang iya) plagiat beberapa bagian tulisan orang lain.

    Tulisan Afi nggak istimewa dalam ukuran umum, meski kalau untuk ukuran remaja cukup kritis - dengan tapi, yaitu masi nyontek tulisan orang lain pula sehingga kita ga pasti itu opini dia atau opini orang dia pinjem.

    Buat saya, tinggal si Afi nya mau ambil pelajaran nggak dari situ. Emangnya enak jadi seleb. Haternya banyak atuh. Mending tingkatkan dulu kapasitas diri sampai pada titik tidak peduli apa kata orang - ini bisa dua arah: cuek malahan menikmati ala Syahrini atau intelektualitasnya jauh melebihi hater jadi buat apa dilayani orang gak level.

    Baru setelah itu silakan muncul lagi.
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  3. #3
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,021
    banyak yg ketipu lho sama bocah ini, termasuk jokowow ikan tongkol...sblm berita plagiat itu ketahuan, pihak istana sampe ngundang bocah ini ibarat org penting, banyak video youtubenya beredar

    begitulah kekuatan publikasi media, disaat penulis aslinya cuma bisa baca berita malah seorang bocah polos dari udik yg memplagiat karyanya menjadi terkenal karena seringnya info ini dishare dan diberitakan media

    ironis yah...

    jadi intinya, seburuk apapun tindakanmu selama media mempublikasikan kebalikannya (pencitraan), dijamin aman dan bahkan bisa menjadi seleb dadakan, gw yakin kedepannya bakal ada afi afi lain yg menyusul

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  4. #4
    pelanggan setia Bi4rain's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Neverland
    Posts
    2,539
    seburuk apapun tindakanmu selama media mempublikasikan kebalikannya (pencitraan), dijamin aman dan bahkan bisa menjadi seleb dadakan
    setuju banget nih.
    makanya klo hanya feed dr media kurang menurut saya. bagusan aktif ngobrol, forum, interaksi lagi dengan orang2. there's always 2 sides on a coin
    A kid at heart

  5. #5
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,366
    dia termasuk anak yg kritis, menurut saya cara dia mengkritisi memang terlalu tajam, sehingga akhirnya banyak yg membencinya dan diserang balik dengan jurus plagiat

    Ini bisa menjadi pelajaran, silahkan menjadi kritis, tapi harus bisa mengkritik sewajar mungkin, objektif dan tidak berlebihan

    ---------- Post Merged at 09:23 AM ----------

    dan dia harus bisa belajar cara mengutip pendapat orang lain

    silahkan saja mengambil sebagian pendapat/tulisan orang lain yg dirasa perlu, hanya saja beri keterangan bahwa ini bukan pendapatnya, melainkan pendapat si anu misalnya

    ---------- Post Merged at 09:23 AM ----------

    dan dia harus bisa belajar cara mengutip pendapat orang lain

    silahkan saja mengambil sebagian pendapat/tulisan orang lain yg dirasa perlu, hanya saja beri keterangan bahwa ini bukan pendapatnya, melainkan pendapat si anu misalnya
    Last edited by Yuki; 17-06-2017 at 10:20 AM.
    CURE SUNSHINE WA KAKKOSUGIRU.

  6. #6
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,101
    Anak SMA yg banyak baca buku pasti pemikirannya kalau dituangkan ya banyak yang comot sana sini,
    Butuh digosok lagi pengalamannya kalau menuangkan tulisan yang dia comot.
    dan netizen yang liar langsung menyerang sebagai plagiat.
    Kita aja *baca:saya* sering ambil dari pendapat kawan dari obrolan sana sini lalu dituangkan sebagai tulisan.

    Kalau dipikirpikir benar kata jaga anak KM,
    Bersyukur dulu jamannya masih getol-getolnya DAA, viral ga seganas sekarang ini.
    Pendapat agama adalah warisan sebenarnya pernah kami bahas di forum 10 tahun yang lalu.

  7. #7
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,417
    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Sempet rame2, tadinya kurang menarik perhatian gw, lama2 kok gw kesian. Anak ini dibully, dituduh penipu dlsbgnya, tp di sisi lain dipuji2 dan masuk interview bbrp kali.
    Kenapa anak ini?
    Ktnya seputar status fb yg bagus, sampe jadi bully..
    Ribut2 apalagi?
    Kan sudah mbok bilang, orang Indonesia itu banyak yang kurang kerjaan. Yang begituan saja dibully, padahal mendingan waktu dipakai buat cari duit, atau bantu tetangga yang sudah sepuh, membersihkan sampah kek, kan di Indonesia banyak.

    Kalau tulisannya hasil jiplakan atau ndak penting, ya ndak usah ditanggepin, gampang.

    Jadi kesmpulan simbok, yang dodol bukan anak itu tapi yang buang-buang waktu menanggapi dia. Termasuk si Jonru, koplak.
    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

  8. #8
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,050
    Quote Originally Posted by mobyokuzan View Post
    banyak yg ketipu lho sama bocah ini, termasuk jokowow ikan tongkol...sblm berita plagiat itu ketahuan, pihak istana sampe ngundang bocah ini ibarat org penting, banyak video youtubenya beredar
    Gak ketipu.
    Waktu diskusi di UGM dia memang cerdas kok.

    Cuma dia kena kasus plagiarisme sekali.
    Kasus-kasus lain yang dibilang plagiat, ternyata terbukti itu re-upload-nya dia.

    Dan sebenarnya coba ingat-ingat, kapan mulai belajar mengutip sumber dengan benar?
    Rata-rata anak Indonesia baru diberitahu soal mengutip dengan benar waktu di perguruan tinggi. Anak SMU rata-rata belum ngeh. Ada tulisan bagus, dia comot tanpa ngasih tahu sumber. Begitu kejadian, dia baru minta maaf sama penulisnya... secara diam-diam.

    Penulis aslinya, karena kasihan, malah menghilangkan tulisan asli, biar gak ada bukti, biar si Afi gak di-bully.
    Eh, ternyata tulisan si penulis asli sudah pernah di-copas ke sana kemari sehingga buktinya banyak walaupun tulisan aslinya sudah disembunyikan.


    Kasus Afi itu bukan plagiarisme parah. Dia cuma butuh diingatkan dengan baik bahwa mengutip itu harus kasih tahu sumber, menghargai penulis aslinya. Bukan dengan di-bully begitu.
    Lomba peluk2an di Citos: 30 November 2013
    Lomba dorong2an di Candra Naya (dkt Glodok): 8 Desember 2013

  9. #9
    pelanggan setia Alethia's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Posts
    4,059


    "Good artist copy, great artist steal"

    pertanyaannya ..dese artis apa bukan...hehehe

    kalau yg dia tiru bukan termasuk karya seni, menurutku ya sudah sih, toh cuma ide ide dan pemikiran apalagi bentuknya sebatas "kritik..
    siapapun bisa mengkritik, yg paling perlu mah solusi dan uang dalam bentuk tunai pada eike khususnya wkkwkwkw

    mungkin dirinya perlu belajar seni meniru lebih baik lagi karena pada banyak orang meniru dulu baru kemudian mengembangkan dan memasukkan opini pribadi, gaya bahasa, gaya tulisan...dll
    toh di dunia indang ga ada yg bener bener pure orisinil, kecuali senyumnya monalisa


    Last edited by Alethia; 24-06-2017 at 12:20 PM.
    Jangan kamu bilang dirimu kaya, bila tetanggamu memakan bangkai kucingnya.
    -Rendra

  10. #10
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,366
    dan perlu diingat sekali lagi

    kasus plagiat yg menjerat dia sekarang hanyalah bentuk counter attack dari pihak yg merasa tersengat dengan tulisan dia

    ini ibarat perang, menyerang dengan tank dibalas dengan pesawat tempur
    CURE SUNSHINE WA KAKKOSUGIRU.

  11. #11
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,355
    Quote Originally Posted by mbok jamu View Post
    Kan sudah mbok bilang, orang Indonesia itu banyak yang kurang kerjaan. Yang begituan saja dibully, padahal mendingan waktu dipakai buat cari duit, atau bantu tetangga yang sudah sepuh, membersihkan sampah kek, kan di Indonesia banyak.

    Kalau tulisannya hasil jiplakan atau ndak penting, ya ndak usah ditanggepin, gampang.

    Jadi kesmpulan simbok, yang dodol bukan anak itu tapi yang buang-buang waktu menanggapi dia. Termasuk si Jonru, koplak.
    Bukan kurang kerjaan mbok, tapi males, kerja milih2, liat ada yg bersinar dikit langsung iri, kalo dibilang males tersinggung
    Posted via Mobile Device

    - - - Updated - - -

    Quote Originally Posted by mbok jamu View Post
    Kan sudah mbok bilang, orang Indonesia itu banyak yang kurang kerjaan. Yang begituan saja dibully, padahal mendingan waktu dipakai buat cari duit, atau bantu tetangga yang sudah sepuh, membersihkan sampah kek, kan di Indonesia banyak.

    Kalau tulisannya hasil jiplakan atau ndak penting, ya ndak usah ditanggepin, gampang.

    Jadi kesmpulan simbok, yang dodol bukan anak itu tapi yang buang-buang waktu menanggapi dia. Termasuk si Jonru, koplak.
    Bukan kurang kerjaan mbok, tapi males, kerja milih2, liat ada yg bersinar dikit langsung iri, kalo dibilang males tersinggung
    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  12. #12
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,021


    si bocah plagiat berulah lagi

    memangnya dgn dia membuat video curhat macem gini banyak org yg simpati gitu ? yg ada sih malah makin banyak yg bully.

    kalo emang lu punya kapasitas, buat karya lagi yg menggemparkan dong biar org org yg awalnya bully makin segan sama kemampuan lu, eeh kok skrg malah bikin video drama queen ala akwarin gini

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  13. #13
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,366
    dia kayak gak tau "strategi hidup"

    harusnya diam aja gak usah ngomong macam-macam dulu, biarin aja cooling down dulu barang 3-6 bulan
    CURE SUNSHINE WA KAKKOSUGIRU.

  14. #14
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,021
    krn awalnya sdh terkenal dgn embel2 plagiat, ironisnya netizen pun mencari celah utk ngebully dia dgn nunjukin bahwa video editing yg dibuat afi itu juga hasil plagiat dari video sejenis milik org lain yg berisi konten curhat hampir sama persis.

    memangnya apa sih yg dia harapin dgn mengupload video tsb ke sosmed ?
    mau terkenal ?
    mau menarik simpati org banyak agar kasihaan sama dia ?
    ingin agar org2 stop bully dia ?

    gw ga paham sama motivenya

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  15. #15
    pelanggan setia Alethia's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Posts
    4,059
    kek baru melek dunia netizen khusunys di indo terus kejang2 kombinasi.
    Jangan kamu bilang dirimu kaya, bila tetanggamu memakan bangkai kucingnya.
    -Rendra

  16. #16
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,355
    Nama juga abg masih labil, masih emosian ::ungg:"
    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  17. #17
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,355
    Nama juga abg masih labil, masih emosian
    Posted via Mobile Device

  18. #18
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,366
    bersosialisasi di dunia internet itu jangan reaktif

    mencari-cari kelemahan si pembicara adalah hal yg umum dan lumrah, seharusnya ketika isu plagiat muncul, afi tidak usah reaktif, biarin aja, diemin aja, setelah agak lama cukup berdiplomasi dengan mengatakan: saya membantah itu semua

    sudah, tidak usah apa-apa lagi, biarin aja mereka yg sibuk, kenapa harus dipikirin, emangnya mereka mau gimana? Itu bukan urusan afi, afi masih punya dunia nyata, bersenang-senanglah di dunia nyata, tidak usah stress menghadapi dunia maya

    LOL, kaya dia ngebaca tulisan ini aja
    CURE SUNSHINE WA KAKKOSUGIRU.

  19. #19
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,021
    sampe jadi headline news segala

    http://makassar.tribunnews.com/2017/...mi-stres-berat

    anak meme menjadikan ungkapan "copy-paste" menjadi "afi-paste" krn saking terkenalnya dgn isu plagiat.

    ga sedikit yg berspekulasi kalo ga lama lagi dia bakal bundir, mengikuti jejak org yg dijadikan plagiat

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •