Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 20 of 46

Thread: Daftar penerima fee proyek E-KTP

  1. #1
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,878

    Daftar penerima fee proyek E-KTP

    Barusan launching nih nama2.

    KOMPAS.com - Banyak nama yang disebut dalam surat dakwaan kasus korupsi e-KTP.

    Puluhan anggota Komisi II DPR periode 2009-2014 disebut menerima fee dari uang yang dianggarkan dalam proyek e-KTP.

    Dalam kasus ini, mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Sugiharto, dan mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Irman, duduk di kursi terdakwa.

    Dakwaan dibacakan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (9/3/2017).

    Sekira bulan Juli hingga Agustus 2010, DPR RI mulai melakukan pembahasan RAPBN TA 2011. Salah satunya soal anggaran proyek e-KTP.

    Andi Agustinus alias Andi Narogong selaku pelaksana proyek beberapa kali melakukan pertemuan dengan sejumlah anggota DPR RI.

    Kemudian disetujui anggaran senilai Rp 5,9 triliun dengan kompensasi Andi memberi fee kepada beberapa anggota DPR dan pejabat Kementerian Dalam Negeri.

    Akhirnya disepakati 51 persen dari anggaran digunakan untuk proyek, sementara 49 persen untuk dibagi-bagikan ke Kemendagri, anggota DPR RI, dan keuntungan pelaksana pekerjaan atau rekanan.

    Dalam kasus ini, Irman didakwa memperkaya diri sebesar Rp 2.371.250.000, 877.700 dollar AS, dan 6.000 dollar Singapura.

    Sementara itu, Sugiharto mendapatkan uang sejumlah 3.473.830 dollar AS.

    Selain memperkaya diri sendiri, para terdakwa juga memperkaya orang lain. Berikut daftarnya berdasarkan dakwaan yang disusun jaksa KPK:

    1. Gamawan Fauzi (saat itu Menteri Dalam Negeri) sejumlah 4,5 juta dollar AS dan Rp 50 juta

    2. Diah Anggraini (saat itu Sekretaris Jenderal Kemendagri) sejumlah 2,7 juta dollar AS dan Rp 22,5 juta

    3. Drajat Wisnu Setyawan (Ketua Panitia Pengadaan e-KTP) sejumlah 615.000 dollar AS dan Rp 25 juta

    4. Enam anggota panitia lelang, masing-masing sejumlah 50.000 dollar AS

    5. Husni Fahmi sejumlah 150.000 dollar AS dan Rp 30 juta

    6. Anas Urbaningrum sejumlah 5,5 juta dollar AS

    7. Melcias Marchus Mekeng (saat itu Ketua Banggar DPR) sejumlah 1,4 juta dollar AS

    8. Olly Dondokambey sejumlah 1,2 juta dollar AS

    9. Tamsil Lindrung sejumlah 700.000 dollar AS

    10. Mirwan Amir sejumlah 1,2 juta dollar AS

    11. Arief Wibowo sejumlah 108.000 dollar AS

    12. Chaeruman Harahap sejumlah 584.000 dollar AS dan Rp 26 miliar

    13. Ganjar Pranowo sejumlah 520.000 dollar AS

    14. Agun Gunandjar Sudarsa selaku anggota Komisi II dan Badan Anggaran DPR RI sejumlah 1,047 juta dollar AS

    15. Mustoko Weni sejumlah 408.000 dollar AS

    16. Ignatius Mulyono sejumlah 258.000 dolla AS

    17. Taufik Effendi sejumlah 103.000 dollar AS

    18. Teguh Djuwarno sejumlah 167.000 dollar AS

    19. Miryam S. Haryani sejumlah 23.000 dollar AS

    20. Rindoko, NU’man Abdul Hakim, Abdul Malik Haramaen, Jamal Aziz, dan Jazuli Juwaini selaku Kapoksi pada Komisi II DPR RI masing-masing 37.000 dolla AS

    21. Markus Nari sejumlah Rp 4 miliar dan 13.000 dollar AS

    22. Yasona Laoly sejumlah 84.000 dollar AS

    23. Khatibul Umam Wiranu sejumlah 400.000 dollar AS

    24. M Jafar Hapsah sejumlah 100.000 doar AS

    25. Ade Komarudin sejumlah 100.000 doar AS

    26. Abraham Mose, Agus Iswanto, Andra Agusalam, dan Darma Mapangara selaku direksi PT LEN Industri masing-masing mendapatkan sejumlah Rp 1 miliar

    27. Wahyudin Bagenda selaku Direktur Utama PT LEN Industri sejumlah Rp 2 miliar

    28. Marzuki Ali sejumlah Rp 20 miliar

    29. Johanes Marliem sejumlah 14.880.000 dollar AS dan Rp 25.242.546.892

    30. Sebanyak 37 anggota Komisi II yang seluruhnya berjumlah 556.000 dollar AS. Masing-masing mendapat uang berkisar antara 13.000 hingga 18.000 dollar AS

    31. Beberapa anggota tim Fatmawati, yakni Jimmy IskandarTedjasusila Als Bobby, Eko Purwoko, Andi Noor, Wahyu Setyo, Benny Akhir, Dudi, dan Kurniawan masing-masing sejumlah Rp 60 juta

    32. Manajemen bersama konsorsium PNRI sejumlah Rp 137.989.835.260

    33. Perum PNRI sejumlah Rp 107.710.849.102

    34. PT Sandipala Artha Putra sejumlah Rp 145.851.156.022

    35. PT Mega Lestari Unggul yang merupakan holding company PT Sandipala Artha Putra sejumlah Rp148.863.947.122

    36. PT LEN Industri sejumlah Rp 20.925.163.862

    37. PT Sucofindo sejumlah Rp 8.231.289.362

    38. PT Quadra Solution sejumlah Rp 127.320.213.798,36
    Nama Setya Novanto nggak ada, malahan Ade Komarudin yang dia gantikan barusan ada namanya. Apa Setnov memang nggak nerima ya? Menurut laporan Tempo dia ikut cawe2 nemenin Andi Agustinus. Tapi ga dapat?

    Gilanya adalah, duit proyek sama fee bedanya cuma 2 persen. Buruan KPK masukin mereka semua ke penjara.

    ---------- Post Merged at 07:28 PM ----------

    Eh kayaknya ga bakal semua dipenjara ya. Kalo yg udah balikin duitnya mungkin ga kena.
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  2. #2
    pelanggan Casanova Love's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    451
    Gilaaaaaaaa kayaaaaaaaaa

  3. #3
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,349
    Gw kira nama besarnya asa iby eh cuma gf sama akom cape d
    Nama2 mantan semua
    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  4. #4
    pelanggan tetap mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    1,960
    hasil mark upnya keluar juga.

    hajaaaar...



    nazarudin : "yg novanto ini bukan cuma e KTP, dia banyak mengurusi proyek proyek, tapi namanya ga ada, kalo soal bagi bagi duit, dia yg selalu mengatur dimana mana"

    baru juga lepas dari kasus papa minta saham skrg masuk kena kasus e ktp krn dicokot si nazarudin

    setan novanto ini kok kesannya ga jauh dari sensasi kasus2 korupsi dkk yah, sdh spesialisasinya atau gmn ini

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  5. #5
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,349
    JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPR Setya Novanto merasa prihatin atas banyaknya nama-nama politisi, terutama mantan atau anggota DPR, yang disebut menerima aliran dana dari dugaan korupsi proyek Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

    Sejumlah nama legislator disebut dalam dakwaan yang dibacakan jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di persidangan, Kamis (9/4/2017).

    "Ya saya cukup prihatin, namun semuanya nanti masing-masing bisa mengklarifikasi dan memberikan keterangan-keterangan saat menjadi saksi," kata Novanto di Kantor DPP Partai Golkar, Jumat (10/3/2017).

    Novanto enggan berkomentar lebih lanjut, ia hanya menegaskan dirinya menyerahkan segala sesuatunya kepada KPK dan pengadilan.
    Terima kasih kepada KPK dan para pimpinan dan penyidik yang telah menjalankan secara profesional, sekarang sudah ditangani oleh pihak-pihak, hakim-hakim," ujar Ketua Umum Partai Golkar itu.

    Setya Novanto adalah Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR saat proyek tersebut bergulir. Dia disebut memiliki peran penting dalam proyek pengadaan e-KTP yang mencapai Rp 5,9 triliun, terutama dalam proses penganggaran di DPR.

    Awalnya, Novanto ditemui sejumlah pejabat Kementerian Dalam Negeri yang meminta dukungan terkait proyek e-KTP pada Februari 2010 di Hotel Grand Melia, Jakarta.

    Mereka yang menemui Novanto adalah, Irman dan Sugiharto, dua pejabat Kementerian Dalam Negeri yang kini berstatus terdakwa kasus ini. Lalu, Sekretaris Jenderal Kemendagri Diah Anggraini, dan pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong. Novanto pun menyatakan dukungan.

    Pertemuan berikutnya dilakukan di ruang kerja Novanto di Lantai 12 Gedung DPR RI. Saat ditanya bentuk dukungan, Novanto menjawab akan mengoordinasikan dengan pimpinan fraksi yang lain.

    (Baca: Para Pimpinan Golkar Terseret Kasus E-KTP, Yorrys Sebut Menyedihkan)

    Kemudian, sekitar Juli-Agustus 2010, proyek e-KTP ikut dibahas dalam pembahasan Rancangan APBN tahun anggaran 2011.

    Dalam dakwaan, Andi Narogong diketahui beberapa kali melakukan pertemuan dengan Novanto, Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, dan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin.

    Hingga kemudian, Novanto bersama Andi, Anas, dan Nazaruddin, disebut menyepakati anggaran proyek e-KTP sesuai grand design 2010, yaitu RP 5,9 triliun.
    Wkk bener2 politisi sejati sn
    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  6. #6
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,878
    kalimat setnov yang paling ganjil adalah: semoga saya tidak terima fee e-ktp.

    Itu kan seharusnya semacam doa ke depan, bukan retrospektif. Tapi pinter nih orang, licin. Namanya belum ada di dakwaan jaksa. Masa iya dia cuma bagi2 doang ga ikut kebagian.
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  7. #7
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,353
    sampe kiamat negeri ini akan terus bergelimang korupsi, sudah jadi DNA

    tidak ada yg kapok sedikitpun, seiring waktu terus berjalan ya terus korupsinya bahkan makin menggila

    ketika berada 'di atas' mereka berpikir aji mumpung, kapan lagi mumpung....mumpung
    yg 'di bawah' pun sudah meniatkan saya akan korupsi jika waktunya giliran saya yg 'di atas'

    sudah lingkaran setan, tak berkesudahan
    orang boleh berganti, generasi terus berjalan, korupsi estafet terus, gak berhenti

    terkuak yg di sini, akan muncul di tempat lain, begitu saja seterusnya
    ELPHELT VALENTINE'S MARIONETTE.

  8. #8
    pelanggan tetap mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    1,960
    kalo hukuman penjara masih blm membuat jera pelaku, berarti kudu dinaikkan lagi level hukumannya.

    kebiri, potong tangan, tembak sampe mati, disetrum

    kasus narkoba aja kena hukum mati, kapan nih para koruptor ?

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  9. #9
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,878
    Nggak dalam waktu dekat. Karena kewenangan pembuatan UU ada di tangan DPR, yang kita tau sendiri wilayah paling korup.
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  10. #10
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,349
    JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo 'gerah' dengan perkara dugaan korupsi pada program pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik alias E-KTP.

    "Habisnya enam triliun, jadinya hanya sebuah KTP yang tadinya kertas jadi berplastik. Sistemnya belum lagi," kata Jokowi di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (11/3/2017).

    Jokowi juga mendapat laporan bahwa pejabat Kementerian Dalam Negeri banyak yang menjadi ragu-ragu dalam memutuskan terkait kelancaran program E-KTP tersebut.

    "Kemendagri sekarang ini semuanya juga ragu-ragu, resah melakukan sesuatu, karena juga takut," ujar Jokowi.
    "Supaya diketahui, (pejabat) Kemendagri yang dipanggil ke KPK itu ada 23. Bolak-balik, bolak balik," lanjut dia.

    Maka, tidak heran jika pelaksanaan program e-KTP sedikit terhambat. Salah satu persoalan e-KTP yang paling diprotes masyarakat adalah kekurangan blangko.

    "Sekarang jadi bubrah (kacau) semua gara-gara anggaran (pengadaan e-KTP) dikorup," ujar Jokowi.

    Baca: Jokowi : E-KTP Bubrah Gara-gara Anggaran Dikorupsi!

    Presiden pun yakin bahwa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelesaikan perkara tersebut hingga tuntas dengan mengedepankan profesionalitas. Hal itu juga merupakan harapan rakyat.

    "Saya harap ini diproses yang benar. Saya yakin juga KPK bertindak profesional terhadap kasus ini," kata Jokowi.

    Perkara dugaan korupsi E-KTP sudah memasuki sidang perdana. Perkara itu menjerat mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Sugiharto, dan mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Irman. Mereka kini duduk di kursi terdakwa.

    Dalam dakwaan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (9/3/2017) lalu, disebutkan bahwa sekitar Juli hingga Agustus 2010, DPR RI mulai melakukan pembahasan RAPBN TA 2011. Salah satunya soal anggaran proyek E-KTP.

    Andi Agustinus alias Andi Narogong selaku pelaksana proyek beberapa kali melakukan pertemuan dengan sejumlah anggota DPR RI. Kemudian disetujui anggaran senilai Rp 5,9 triliun dengan kompensasi Andi memberi fee kepada beberapa anggota DPR dan pejabat Kementerian Dalam Negeri.

    Baca: Saksi Kasus E-KTP Bisa Melapor ke KPK bila Merasa Terancam

    Akhirnya disepakati 51 persen dari anggaran digunakan untuk proyek, sementara 49 persen untuk dibagi-bagikan ke Kemendagri, anggota DPR RI, dan keuntungan pelaksana pekerjaan atau rekanan.

    Gw dari dulu masih ga ngerti kenapa cuma ditambah kata "E" pada ktp bisa semahal itu kemaren mantan mendagri yg lama ngomong nanti bisa kayak credit card ada datanya, bla bla bener2 bull ****
    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  11. #11
    pelanggan tetap mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    1,960
    kalo yg gw denger dari siaran mata najwa kemaren, data yg sementara ini terkumpul sdh sejumlah 167 juta penduduk, lah seandainya data sebanyak itu dimanipulasi oleh org2 tdk bertanggung jawab apa ga berbahaya tuh, tau tau ada org yg pake identitas indo tapi orgnya dari kamboja, dari venezuela dari china. tiba2 masuk ke indo lengkap pake identitas dari e KTP lalu menggantikan posisi pemilik asli.

    yah ga salah juga kalo ada yg mengkaitkan dgn teori konspirasi, krn menurut beberapa org kasus korupsi e ktp itu cuma kulit luarnya, bahkan kalo mau ditelusuri lebih dalam ini bisa jadi kasus makar dan penggulingan negara.

    yah moga2 dugaan mereka salah kalo sdh sampe berpikir kesini...semoga

    ---------- Post Merged at 10:49 AM ----------

    Quote Originally Posted by tuscany View Post
    Nggak dalam waktu dekat. Karena kewenangan pembuatan UU ada di tangan DPR, yang kita tau sendiri wilayah paling korup.
    setidaknya kudu ada yg bikin inisiatif lah, krn jika diperhatikan dari waktu ke waktu kasus korupsi kan ga hanya sekali dua kali... semisal "digoreng dan dipanasi" dikit aja kepermukaan, ntar kan ketahuan anggota DPR mana yg pro dan kontra.

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  12. #12
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,349
    Quote Originally Posted by mobyokuzan View Post
    kalo yg gw denger dari siaran mata najwa kemaren, data yg sementara ini terkumpul sdh sejumlah 167 juta penduduk, lah seandainya data sebanyak itu dimanipulasi oleh org2 tdk bertanggung jawab apa ga berbahaya tuh, tau tau ada org yg pake identitas indo tapi orgnya dari kamboja, dari venezuela dari china. tiba2 masuk ke indo lengkap pake identitas dari e KTP lalu menggantikan posisi pemilik asli.

    yah ga salah juga kalo ada yg mengkaitkan dgn teori konspirasi, krn menurut beberapa org kasus korupsi e ktp itu cuma kulit luarnya, bahkan kalo mau ditelusuri lebih dalam ini bisa jadi kasus makar dan penggulingan negara.

    yah moga2 dugaan mereka salah kalo sdh sampe berpikir kesini...semoga

    ---------- Post Merged at 10:49 AM ----------

    .
    Gaklah ini sama dengan social security number kayak di amrik n beberapa negata eropa barat, itu juga kalo asumsinya sistem n ektpnya sudah berfungsi sesuai dengan janji awalnya
    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  13. #13
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,353
    Di negara seperti Jepang justru tidak ada yg namanya KTP

    Untuk kartu identitas mereka cukup menggunakan SIM, kartu karyawan, kartu pelajar, atau kartu kesehatan

    Jadi barang siapa yg pengangguran, tidak bisa menyetir dan tidak pernah ke dokter ya gak ada kartu identitas, lol
    ELPHELT VALENTINE'S MARIONETTE.

  14. #14
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,349
    Iya ktp di indo ibarat kartu sakti yg harus dipunyai,
    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  15. #15
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,353
    Di negara ini berlaku rumus sakti: apa aja diduitin

    Sampe jin aja dijualin segala, wedeh
    ELPHELT VALENTINE'S MARIONETTE.

  16. #16
    pelanggan tetap mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    1,960
    KTP itu cuma ada di indo, namanya aja kartu tanda penduduk gitu lho, yah pastinya di jepang sama negara lain ga bakal ada, gmn sih ?

    ---------- Post Merged at 06:35 PM ----------

    Quote Originally Posted by surjadi05 View Post
    Iya ktp di indo ibarat kartu sakti yg harus dipunyai,
    Posted via Mobile Device
    halah sakti apanya
    ga usah lebai gitu ah

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  17. #17
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,349
    BeritaSatu Menu BeritaSatu Logo
    NASIONAL
    KPK: DPR Jangan Hambat Penegakan Hukum E-KTP i
    KPK: DPR Jangan Hambat Penegakan Hukum E-KTP
    Senin, 13 Maret 2017 | 18:12
    AAA
    Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta setiap pihak menghormati proses hukum kasus dugaan korupsi proyek e-KTP yang tengah bergulir di Pengadilan Tipikor Jakarta. Pernyataan ini menanggapi wacana DPR yang ingin menggulirkan hak angket terkait penanganan kasus ini.
    Jubir KPK, Febri Diansyah menegaskan, pihaknya telah melakukan penyelidikan, penyidikan dan penuntutan perkara ini sesuai dengan jalur hukum yang berlaku. Untuk itu, KPK berharap tidak ada pihak yang menghambat penanganan perkara ini termasuk DPR dengan menggulirkan hak angket.
    "Tentu KPK berharap upaya kami untuk menangani perkara indikasi korupsi ini tidak terhambat," kata Febri di Gedung KPK, Jakarta, Senin (13/3).
    Febri menegaskan KPK tetap fokus menuntaskan perkara ini, meskipun wacana hak angket tersebut bergulir. Dikatakan, KPK mempersilakan DPR menggulirkan hak angket selama tidak mengganggu jalannya penegakan hukum yang sedang berlangsung.
    "Untuk proses lainnya silahkan saja sesuai dengan kewenangan masing-masing," katanya
    Posted via Mobile Device

    ---------- Post Merged at 08:29 PM ----------

    Quote Originally Posted by mobyokuzan View Post
    KTP itu cuma ada di indo, namanya aja kartu tanda penduduk gitu lho, yah pastinya di jepang sama negara lain ga bakal ada, gmn sih ?

    ---------- Post Merged at 06:35 PM ----------



    halah sakti apanya
    ga usah lebai gitu ah
    Coba deh buat usaha bisa ga pake sim atau passport , kecuali nyogok yah
    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  18. #18
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,349
    Atau coba deh urus bpjs kalo pengen tahu mob
    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  19. #19
    pelanggan tetap mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    1,960
    lah emang utk ngurus sim, passport dan bpjs kudu sakti dulu baru bisa diurus gitu

    kongsur makin lebai ah

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  20. #20
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,349
    Idih moby masak arti kata konatasi di denotasikan sih
    Posted via Mobile Device

    ---------- Post Merged at 03:58 PM ----------

    Maksdnya kalo ga ada ktp ga bisa urus siup/surat izin usaha perdagangan mob, lu ga bisa urus pake sim/passport
    Duh jadi cius deh gw ::::
    Posted via Mobile Device
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

Page 1 of 3 123 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •