Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 29

Thread: Yang Kiri Yang Mulai Berani

  1. #1
    pelanggan tetap thin.king's Avatar
    Join Date
    Jun 2013
    Posts
    803

    Yang Kiri Yang Mulai Berani

    Gaperlu bahas ideologinya, gw pikir anak KM udah pada paham ideologi ini.

    Kita bahas yg lagi panas"nya aj.
    Kalo gw liat udah banyak yg kampanye diam" entah lewat dunia nyata atau dunia maya. Yang di dunia maya jg klo diliat kampanyenya lumayan keras.
    Masyarakat jg reaksinya ga kalah keras, caci maki dari kedua belah pihak sering berseliweran.
    Dan yang benar" ngerti kadang cuma berani kasi kode".

    Kedepannya yg gini nasibnya gimana ya.
    Diterima di masyarakat? Walaupun nyaris mustahil
    Bakal ada chaos besar lagi?
    jadi macam gembong terorisme, dicokol satu" disana sini, aksi gerilya disana sini.?
    ataukah ini cuma pengalihan isu semata?

  2. #2
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,673
    berani gimana thinking?
    duh, yang jelas donk ceritanya

  3. #3
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,023
    ini ngomongin apa sih.

    apa mau bahas ttg simbol *itu yg akhir2 ini makin marak beredar di tengah masyarakat ?

    atau mau bahas teori kontrasepsi, wahyudi, laminating, rhemason dan si onis anaknya mamarika ?

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  4. #4
    tsu's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Rainbow Trout
    Posts
    5,365
    sebetulnya kiri, kanan, utara, selatan

    komunis, marxis, dll

    semuanya IMHO tidak tidak terelakan sih, indonesia sudah memilih jalan keterbukaan informasi atas nama kebebasan, human rights dll
    klo udah milih itu, ya.... deal with it, jangan musnahkan tapi di manage

    karena

    semakin mereka di musuhi, semakin banyak orang yg penasaran, dan nanti akan jadi api dalam sekam

  5. #5
    pelanggan tetap thin.king's Avatar
    Join Date
    Jun 2013
    Posts
    803
    Quote Originally Posted by mobyokuzan View Post
    ini ngomongin apa sih.

    apa mau bahas ttg simbol *itu yg akhir2 ini makin marak beredar di tengah masyarakat ?

    atau mau bahas teori kontrasepsi, wahyudi, laminating, rhemason dan si onis anaknya mamarika ?
    Soasialis, komunis, marxis. Kan biasa disebut aliran kiri.
    Secara umumnya komunisme ajalah, tapi bahas ideologinya lain waktu aj. Yg sekarang makin marak berkembang di masyarakat, baik yg secara terang"an atau sembunyi". Dan potensi perkembangannya nanti di kemudian hari di Indonesia.

    ---------- Post Merged at 01:15 PM ----------

    Quote Originally Posted by ndugu View Post
    berani gimana thinking?
    duh, yang jelas donk ceritanya
    Berani mengemukakan pendapatnya gu.
    Di Indonesia kan pendapat" dari golongan ini masih kurang begitu diterima di masyarakat. Kalau diliat" sh masih dalam batas mendapatkan pengakuan, dan meluruskan sejarah yg dianggap melenceng.

  6. #6
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,355
    Gw rasa ini cukup bagus, malah ada universitas2 udah masukin sebagai mata kuliah kan, contohnua ugm, sama satu lagi universitas yg sempat digerebek fpi, cuma belum sampai ke akar rumput, gw berapa kali liat di fb, ada yg pake pin arit/palu digebukin atau pake kaosnya ditelanjangin jadi yah mulqi berkembang, sampe menhan kemaren diskusi bahaya laten pki, salah satu purnawirawan tni ad sempat "menuduh" mentri susi pki, jadi memang masih dendam kebanyakan orang indo
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  7. #7
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,023
    dan skrg yg jadi pertanyaannya adalah...

    knp komunisme sering disebut sebagai bahaya laten ?

    dan kalopun disebut bahaya laten mengapa akhir2 ini banyak dijumpai org yg menggunakan atribut dan simbol komunis ?



    ada apa ini !?

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  8. #8
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,935
    cuci otak orde baru. komunis sendiri sudah lama dadah dadah dari china dan rusia yang embahnya komunis. tidak survive melawan zaman.

    kalo marxis ya ga bisa disamakanlah dgn komunis karena lebih ke konsep dan ideologi, sedangkan komunis lebih ke terjemahan dan implementasi. implementasi boleh ga cocok, tapi konsepnya sendiri bagus imho.

    marxis non komunis misalnya demokrasi sosialis.
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  9. #9
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,023
    Quote Originally Posted by tsu View Post
    sebetulnya kiri, kanan, utara, selatan

    komunis, marxis, dll

    semuanya IMHO tidak tidak terelakan sih, indonesia sudah memilih jalan keterbukaan informasi atas nama kebebasan, human rights dll
    klo udah milih itu, ya.... deal with it, jangan musnahkan tapi di manage

    karena

    semakin mereka di musuhi, semakin banyak orang yg penasaran, dan nanti akan jadi api dalam sekam
    yakin nih masih mau memanage ?

    diliat dari kasus sejarah dulu, ibarat serigala berbulu domba pki pernah backstab negara kita 2x lho.

    dulu waktu diawal awal kasusnya muso dimadiun thn 48.

    lalu stlh dikasih kesempatan sekali lagi utk berkembang, dithn 65 mrk mulai lagi.

    kalo misal lagi2 diberi nafas apa ga malah membahayakan mengingat banyaknya korban akibat kudeta yg mrk lakukan dulu.

    ngerii men

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  10. #10
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,050
    Quote Originally Posted by thin.king View Post
    Gaperlu bahas ideologinya, gw pikir anak KM udah pada paham ideologi ini.

    Kita bahas yg lagi panas"nya aj.
    Kalo gw liat udah banyak yg kampanye diam" entah lewat dunia nyata atau dunia maya. Yang di dunia maya jg klo diliat kampanyenya lumayan keras.
    Masyarakat jg reaksinya ga kalah keras, caci maki dari kedua belah pihak sering berseliweran.
    Dan yang benar" ngerti kadang cuma berani kasi kode".

    Kedepannya yg gini nasibnya gimana ya.
    Diterima di masyarakat? Walaupun nyaris mustahil
    Bakal ada chaos besar lagi?
    jadi macam gembong terorisme, dicokol satu" disana sini, aksi gerilya disana sini.?
    ataukah ini cuma pengalihan isu semata?
    Cuma pengalihan isu semata.


    Quote Originally Posted by mobyokuzan View Post
    dan skrg yg jadi pertanyaannya adalah...

    knp komunisme sering disebut sebagai bahaya laten ?

    dan kalopun disebut bahaya laten mengapa akhir2 ini banyak dijumpai org yg menggunakan atribut dan simbol komunis ?



    ada apa ini !?
    Dari foto2 yang kau berikan,
    yang jelas tahu dan sudah siap resikonya cuma si Pius Ginting.
    Yang lain, aku rasa cuma ikut-ikutan trend.

    Quote Originally Posted by mobyokuzan View Post
    yakin nih masih mau memanage ?

    diliat dari kasus sejarah dulu, ibarat serigala berbulu domba pki pernah backstab negara kita 2x lho.

    dulu waktu diawal awal kasusnya muso dimadiun thn 48.

    lalu stlh dikasih kesempatan sekali lagi utk berkembang, dithn 65 mrk mulai lagi.

    kalo misal lagi2 diberi nafas apa ga malah membahayakan mengingat banyaknya korban akibat kudeta yg mrk lakukan dulu.
    Tokoh2 Masyumi ikut pemberontakan PRRI/Permesta. Kita juga punya pemberontakan DI/TII.
    Dua kali Indonesia ditikam kelompok Islam.
    Nyatanya partai Islam gak dilarang, kan?

    Dan Komunis gak cuma Partai Komunis Indonesia.
    Ada Partai Acoma dan ada Partai Murba.

    Dari Partai Komunis Indonesia sendiri, pasca 1948, juga ada perselisihan. Generasi tua-nya (Tan Ling Djie, Alimin, Wikana) ingin PKI jadi partai kader tetapi generasi muda-nya (Aidit, Njoto) tetap ingin PKI jadi partai aksi-massa.

    Kenyataanya juga, Das Kapital-nya Karl Marx mempengaruhi nyaris semua bapak bangsa dari Bung Karno, Bung Hatta, Sutan Sjahrir, Agus Salim. Bung Hatta sendiri mengatakan bahwa di tahun 30an, partainya mendapat dukungan dari Semaun pasca gagalnya pemberontakan PKI tahun 1927.



    ---------- Post Merged at 03:47 PM ----------

    Bicara tentang gejolak tahun 60an yang puncaknya pada pembunuhan para perwira AD dan berakhir dengan pembantaian massal, penahanan tanpa persidangan, diskriminasi politik, gak sesederhana film propaganda "Pengkhianatan G-30-S/PKI".

    Tanpa keberadaan Partai Komunis Indonesia, tanpa keberadaan komunis, gejolak-gejolak tahun 60an itu masih ada hingga di masa sekarang karena sumber masalahnya masih ada.
    Lomba peluk2an di Citos: 30 November 2013
    Lomba dorong2an di Candra Naya (dkt Glodok): 8 Desember 2013

  11. #11
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,023
    berarti makusd lu PKI cuma djadikan kambing hitam gitu ?

    yah jika saat itu partai islam yg dijadikan kambing hitam seperti PKI, mungkin saja mrk dibanned juga dari indonesia...tapi sepertinya susah ding krn mayoritas rakyat kita beragama islam.

    ini pastinya kalo mau dirunut dari awal keknya susah juga mau cross cek gmn fakta sebenarnya...krn seperti yg kita ketahui, sejarah hanya ditulis oleh sang pemenang.

    gw yakin sejarah saat ini, terutama yg berisi info mengenai keberadaan komunisme diindonesia, pasti sdh bias dan terdistrosi, penuh dgn rekayasa dan manipulasi, dan baru kembali memanas sejak sang pemenang lengser, seakan akan mrk kembali utk menuntut balas.

    yah kalopun ini mau diterusin lagi ntar buntut2nya ibarat kisah org buta dan gajah, yg masing2 tetap keukeuh dgn pendapatnya sendiri, selalu aja ada pro dan kontra...tapi jika hanya sebatas menambah wacana dan wawasan, it's okay lah, krn gw sendiri juga tertarik mengulik hal2 yg berhubungan dgn konspirasi.

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  12. #12
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,050
    Quote Originally Posted by mobyokuzan View Post
    berarti makusd lu PKI cuma djadikan kambing hitam gitu ?
    Tidak. PKI bukan kambing hitam seperti teori konspirasi yang sering beredar.
    PKI memang punya banyak masalah dari awal bahkan sebelum menjadi Partai Komunis Indonesia.
    Hanya saja, masalahnya tidak sesederhana propaganda

    Sejumlah pejabat PKI memang terlibat dalam penculikan dan pembunuhan para perwira-perwira itu (cari kesaksian Sudisman anggota politbiro terakhir yang masih hidup dan satu-satunya yang bisa diajukan ke mahmilub) namun ceritanya tidak sesederhana "pemberontakan" seperti yang digambarkan propaganda orde baru.

    Begitu juga, PKI di tahun 60an menyerbu pesantren-pesantren tetapi ceritanya tidak sesederhana "perang atheis vs agama" seperti yang digambarkan propaganda masa orba.

    Quote Originally Posted by mobyokuzan View Post
    yah jika saat itu partai islam yg dijadikan kambing hitam seperti PKI, mungkin saja mrk dibanned juga dari indonesia...tapi sepertinya susah ding krn mayoritas rakyat kita beragama islam.
    Tetapi sebagai gantinya kita memiliki berbagai macam pemikiran Islam dan berbagai gerakan Islam yang memiliki pandangan berbeda-beda.


    Quote Originally Posted by mobyokuzan View Post
    ini pastinya kalo mau dirunut dari awal keknya susah juga mau cross cek gmn fakta sebenarnya...krn seperti yg kita ketahui, sejarah hanya ditulis oleh sang pemenang.
    Gampang sebenarnya.
    Tinggal suruh buka semua fakta.

    Ini kan masalahnya pemerintah doyan nutup-nutupin fakta dan kebiasaan negeri ini menghilangkan catatan. Jangankan Supersemar, teks Proklamasi aja pernah hilang bertahun-tahun.

    Quote Originally Posted by mobyokuzan View Post
    gw yakin sejarah saat ini, terutama yg berisi info mengenai keberadaan komunisme diindonesia, pasti sdh bias dan terdistrosi, penuh dgn rekayasa dan manipulasi, dan baru kembali memanas sejak sang pemenang lengser, seakan akan mrk kembali utk menuntut balas.
    Tidak.
    Dari komunis sendiri punya trauma dengan Stalin dan Revolusi Kebudayaan Mao Zedong yang memakan sesama kader-kader komunis.
    Saya percaya generasi komunis muda belajar dari kejadian masa lalu.

    Quote Originally Posted by mobyokuzan View Post
    yah kalopun ini mau diterusin lagi ntar buntut2nya ibarat kisah org buta dan gajah, yg masing2 tetap keukeuh dgn pendapatnya sendiri, selalu aja ada pro dan kontra...tapi jika hanya sebatas menambah wacana dan wawasan, it's okay lah, krn gw sendiri juga tertarik mengulik hal2 yg berhubungan dgn konspirasi.
    Komunis adalah bagian dari sejarah dan tidak seharusnya dihapus dari sejarah. Pemikiran mereka ikut mewarnai dan mempengaruhi pemikiran para tokoh-tokoh sejarah Indonesia lain bahkan walaupun tokoh-tokoh lain ini bukan partai Komunis.

    Jadi pelarangan buku dan penyebaran ideologi Marxis-Leninisme secara gak langsung menghapus bagian dari sejarah kita. Teorinya sih, menurut Undang-Undang dan Tap MPR seharusnya tetap bisa ada pelajaran tentang Marxis-Leninisme tetapi prakteknya kecuali kuliah di jurusan tertentu, gak ada pelajaran itu kecuali sekedar propaganda Orde Baru.

    Soal apakah PKI kelak tidak akan menikam lagi seandainya diperbolehkan aktif kembali,
    ini masalah ketegasan hukum dan kenetralan politik TNI. Di masa lalu, TNI terpecah belah karena bebas berpolitik. Tanpa anggota TNI yang simpati kepada PKI, tidak akan ada penculikan dan pembunuhan para perwira TNI di tahun 65. Dengan ketegasan hukum, tidak akan ada penyerbuan pesantren2 di tahun 60an.

    Tetapi ingat,
    sekali lagi,
    tanpa keberadaan komunis pun, problem asalnya tetap ada, problem yang membuat PKI dahulu berhasil menarik simpati massa dan memprovokasi mereka.
    Last edited by kandalf; 18-05-2016 at 04:45 PM.
    Lomba peluk2an di Citos: 30 November 2013
    Lomba dorong2an di Candra Naya (dkt Glodok): 8 Desember 2013

  13. #13
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,023
    sudut pandang yg menarik dari bung kandalf

    salim dulu :shakehand

    yah seandainyapun yg dibilang diatas itu mendekati fakta, tapi tetap saja ada kubu pro dan kontranya kan, dan kita org awam mana tau hal2 rumit itu, lah wong bertahun tahun dicekok'i film yg katanya propaganda diam aja ga ada yg protes kalo itu cuma rekayasa.

    ibaratnya kentut, bisa dicium baunya tapi susah membuktikan siapa pelakunya...apalagi itu sdh beberapa generasi dibelakang kita, bisa jadi faktanya juga terkubur jadi tanah bareng mrk

    susah men ngoongin fakta.

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  14. #14
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,050
    Balik ke topik saja ya.

    Menurutku, menggunakan logo palu arit di Indonesia di masa sekarang sama saja bunuh diri.
    Kasus Pius Ginting, itu adalah suvenir dari Vietnam. Tapi masa iya, aktivis sekelas Pius Ginting gak tahu arti palu arit.
    Kasus Mantan Puteri Indonesia, Anindya Kusuma Putri, juga suvenir dari Vietnam tetapi kalau aku sih percaya kalau dia gak ngeh kalau makai kaos itu dan pasang foto di instagram sama saja cari ribut.
    Ada lagi kasus pemuda mengenakan pin palu arit dan digebukin ormas. Katanya sih, pin-nya itu CCP (Cina).

    Intinya ada beberapa simbol palu arit yang berasal dari negeri lain seperti Vietnam dan RRT, dan jadi semacam oleh-oleh.

    Yang agak konyol yang dirazia di Blok M.
    Itu kaos band dari poster promo konser di Berlin Timur. Jadi gak ada kaitannya sama sekali dengan komunis kecuali sekedar menunjukkan tempat konser.
    Tapi ya, masa yang mencetak gak nyadar sih betapa riskannya logo itu.


    Aktris cewek (dan penyanyi) cantik yang jelas-jelas suka Karl Marx, setahu saya justru gak pernah sama sekali mengenakan logo palu arit di social media. Gak perlu lah kusebut aktris mana.

    Salah satu situs berisi pemikiran-pemikiran terakhir kaum marxis muda Indonesia, justru gak ada logo palu arit. Yah kadang-kadang ada gambar Karl Marx nongol.

    Begitu juga blog seniman yang cenderung Marxis dan anti seniman Manikebu (getol mengritik komunitas Utan Kayu dan Salihara) juga gak menampilkan logo palu arit.

    Intinya, yang Marxis beneran malah menghindari simbol-simbol seperti itu.

    Yang agak konyol, kemarin ada yang ngancam-ngancam toko buku Gramedia untuk razia buku-buku cetak ulang edisi khusus Tempo tentang orang-orang kiri. Padahal Tempo itu non-komunis dan bukunya meriwayatkan sejarah.
    Lomba peluk2an di Citos: 30 November 2013
    Lomba dorong2an di Candra Naya (dkt Glodok): 8 Desember 2013

  15. #15
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,023
    seandainya *beliau mash hidup, org yg disebut diatas mungkin skrg cuma tinggal nama doang...ga jauh2 deh, jika penerusnya si prabowo kemaren menang pemilu, tamat mrk.

    kita dulu punya petrus kan, tau tau gitu aja ditemukan mayat ditepi sungai

    btw gw nemu ginian.


    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  16. #16
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,935
    Kenapa ditutup2i sejarah kelam itu? Tidak ada yang berani membuka fakta.

    Satu2nya penjelasan yang masuk akal di kepala saya saat ini adalah adanya keterlibatan orang2 penting, entah siapa. Nah, mestinya mereka semua sudah almarhum toh atau tuwa banget. Tapi kan ada keturunannya. Apa keturunannya rela dan ikhlas nama bapak ibu mereka dijadikan bahan "pergunjingan" meski tahu masa lalu mereka kelam dan merugikan orang banyak?

    Baiklah, kukembalikan pada pepatah lama: barang busuk lama2 akan tercium juga baunya.

    ---------- Post Merged at 07:06 PM ----------

    Oh...dan yang berani2 itu pastinya mereka yang bukan yang pernah terlibat atau tersenggol serius persoalan masa lalu. Kalo enggak, dah pasti ngumpet atau kontra.
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  17. #17
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,023
    emmm misal lu sendiri yg ada diposisi mrk gmn tus ? apa tetap keuhkeuh dgn idealisme yg lu yakini seperti diatas, tapi dgn resiko keselamatan terancam, dpt kecaman teror dari kanan kiri atas bawah, hidup kaga tenang...ataukah beradaptasi ngikut arus, bisa selamat tapi suatu saat akan tetap mendpt gunjingan krn pengalaman kelam masa lalu.

    atau gini...katakanlah ada contoh yg lebih ekstrim lagi, apa yg akan lu lakukan ketika posisi lu sama seperti sum kuning, itu kasus kalo ga salah juga dekat2 jaman revolusi dulu kan seperti yg lu ketik di thread sebelah.

    kita disini sebagai pengamat sih enak, tinggal komen kudu gini kudu gitu soalnya ga ikut ngerasain langsung scr nyata gmn susahnya kondisi yg mrk hadapi jika terhimpit situasi demikian.

    dan gw sendiripun kalo ada diposisi mrk serba salah juga sih, bingung mau ambil keputusan yg mana, krn masing2 pilihan punya resiko yg mau ga mau harus dihadapi...

    kalopun tetap kudu memilih gw prioritaskan utk survival terlebih dahulu meskipun awalnya jadi "bunglon", haha...

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  18. #18
    tsu's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Rainbow Trout
    Posts
    5,365
    sebetulnya ga salah juga klo banyak yg fobia
    karena pemerintah waktu itu memilih untuk memblok total akses terhadap komunisme dan aliran2 "kiri" lainnya, ntah itu radikal ato bukan

    memblok total itu tidak menyelesaikan masalah

    sama halnya dengan *** education, klo anak tidak diajari dengan benar, maka dia akan cari sumber sendiri yang kemungkinan besar adalah sumber yang salah (porn, dari pergaulan yg salah dll )

    komunis dan teman2nya itu risiko, bukan threat/ ancaman
    risiko akan menjadi threat kalau tidak dimanage
    risiko yang di blok total, akan menjadi bahaya laten, karena akan banyak orang yang coba2 mencari tau
    sedangkan di indonesia sekarang, tidak memanage, juga tidak memblok
    hasilnya ?
    ya seperti judul thread ini

    memang tidak menyembuhkan, tapi at least mengurangi risiko untuk menjadi ancaman, inilah gunanya GCG klo di perusahaan, good intention = good practice = good profit
    Last edited by tsu; 19-05-2016 at 10:12 AM.

  19. #19
    pelanggan Casanova Love's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    451
    Paham kiri itu scr sukses djadikan senjata oleh orde baru utk menekan semua orang yg mnentang orde baru itu.

    Makanya skrg kita punya stigma thd paham kiri tsb sbg hasil cuci otak btahun-tahun di institusi pendidikan.
    Stigmanya adalah paham kiri sudah pasti salah, sudah pasti akan mnimbulkan kekerasan dan kmatian.
    Kita tidak mperlakukan paham kiri sbg dialog intelektual mlainkan seolah momok jahat yg siap mbunuh rakyat Indonesia (makanya dilabel 'bahaya laten').

    Masalahnya ngga ada satupun orang yg cukup berani utk mletakkan paham kiri scr proporsional yaitu sbg suatu paham yg belum tentu akan mengarah pd kekerasan.
    Kl paham kiri ngga cocok dg Indonesia ya sudah mari kita diskusikan scr intelektial knapa ngga cocok, kl org mau bikin partainya ya silakan bikin saja dan mari kita lihat apakah partainya laris scr demokratis.

    Knp seolah mnyebut namanya dan mpertontonkan simbolnya saja kok seolah orangnya mau makar, seolah kaya teroris.

    .....ini termasuk saya yg dari tadi mnyebut 'paham kiri' tp ngga berani mnyebut 'paham komunis'....

  20. #20
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,417
    Mau kiri kek, mau kanan kek, komunis kek, nasionalis kek, kalau jumlahnya sudah mulai banyak, kucel, beringas, teriak-teriak, maki-maki, with their stupid faces, I don't like it.
    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •