Page 1 of 4 123 ... LastLast
Results 1 to 20 of 73

Thread: Hukuman Kebiri bagi Pemerkosa

  1. #1
    tsu's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Rainbow Trout
    Posts
    5,365

    Hukuman Kebiri bagi Pemerkosa

    Jakarta - Presiden Joko Widodo menandatangani Perppu Nomor 1/2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 23/2002 tentang Perlindungan Anak. Perppu ini berfokus pada penambahan hukuman Kebiri kimia bagi pelaku kejahatan seksual anak.

    Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan drg Untung Suseno Sutarjo, MKes mengatakan, penambahan hukuman bagi pelaku kejahatan seksual memang perlu. Namun hukuman tambahan berupa Kebiri kimia dikatakan drg Untung belum terlalu berat.

    "Kalau tambahan hukuman Kebiri kimia itu nggak seberat hukuman mati atau seumur hidup. Hukuman yang bagus itu kalau hukuman benar-benar bisamenjamin mereka mengubah perilaku dan pikiran," ungkap drg Untung di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (26/5/2016).

    Untung mengatakan kebiri kimia hanya menghilangkan fungsi alat kelamin pria secara sementara. Hal ini karena kebiri kimia dilakukan dengan menyuntikkan hormon perempuan ke alat kelamin pria.

    Tujuan dari hukuman kebiri kimia adalah mengurangi nafsu seksual atau libido pelaku kejahatan seksual anak. Meski begitu, untung menilai efek dari kebiri kimia tidak bertahan lama dan tidak bersifat jangka panjang.

    Ia melanjutkan bahwa hukuman yang lebih baik adalah hukuman sosial yang diawasi secara jangka panjang. Rehabilitasi juga merupakan alternatif untuk memastikan pelaku tidak mengulangi lagi perbuatannya di kemudian hari.

    "Yang berat itu seperti hukuman sosial. Jadi pelaku diumumkan ke publik atau dikasih chip sehingga bisa dimonitor ke mana saja perginya. Jadi kalau sudah selesai hukuman dan dilepas ke masyarakat bisa dilarang tinggal dekat sekolah, dan sebagainya," ujar dia.

    "Kalau masalahnya karena kejiwaan ya harus diobati. Tapi bagaimanapun itu semua tergantung hakimnya nya," pungkasnya.
    (mrs/aws)
    saos

    so ?
    gw sih setuju, klo perlu jangan kimiawi, tapi kebiri fisik sekalian...

  2. #2
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,049
    Saya netral tapi.....
    Cuma mengingatkan bahwa tidak ada hukum yang sempurna.

    Kebiri fisik?
    Coba cari tahu tentang kasus Wayne DuMond yang memperkosa keponakan Bill Clinton dan dikebiri fisik secara paksa tanpa lewat jalur hukum.
    Tebak apa yang terjadi.
    Setelah bebas,
    ia masih bisa memperkosa dua wanita lain sehingga dipenjara kembali.

    Kebiri kimia?
    Tanpa penyuntikan ulang, setelah berapa tahun, akan kembali memperkosa. Ada kasusnya.
    Lomba peluk2an di Citos: 30 November 2013
    Lomba dorong2an di Candra Naya (dkt Glodok): 8 Desember 2013

  3. #3
    pelanggan tetap mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    1,979
    hukuman baru bisa dikatakan sukses, bila membuat jera pelakunya dan juga membuat org lain berpikir dua kali atau tiga kali utk melakukan tindakan serupa.

    imo selama kedua hal tsb susah direalisasikan maka hukuman tsb tidak bisa dikatakan berhasil walaupun itu hukuman mati (hukuman yg paling berat sekalipun)

    lalu pertanyaanya skrg, apakah hukuman kebiri dpt mengurangi atau bahkan menghilangkan prosentase kasus perkosaan !!?

    ---------- Post Merged at 10:05 AM ----------

    hukuman baru bisa dikatakan sukses, bila membuat jera pelakunya dan juga membuat org lain berpikir dua kali atau tiga kali utk melakukan tindakan serupa.

    imo selama kedua hal tsb susah direalisasikan maka hukuman tsb tidak bisa dikatakan berhasil walaupun itu hukuman mati (hukuman yg paling berat sekalipun)

    lalu pertanyaanya skrg, apakah hukuman kebiri dpt mengurangi atau bahkan menghilangkan prosentase kasus perkosaan !!?

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  4. #4
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,350
    Gw setuju sama om [MENTION=395]tsu[/MENTION] kebiri fisik kalo bisa tanpa obat bius apalagi baca batam pos hari ada rekonstruksi pemerkosa bayi 2,5 tahun sampe benar2 marah rasanya

    ---------- Post Merged at 01:50 PM ----------

    Quote Originally Posted by kandalf View Post
    Saya netral tapi.....
    Cuma mengingatkan bahwa tidak ada hukum yang sempurna.

    Kebiri fisik?
    Coba cari tahu tentang kasus Wayne DuMond yang memperkosa keponakan Bill Clinton dan dikebiri fisik secara paksa tanpa lewat jalur hukum.
    Tebak apa yang terjadi.
    Setelah bebas,
    ia masih bisa memperkosa dua wanita lain sehingga dipenjara kembali.

    Kebiri kimia?
    Tanpa penyuntikan ulang, setelah berapa tahun, akan kembali memperkosa. Ada kasusnya.
    Err kebiri fisik memperkosa lagi? Pake apa om [MENTION=41]kandalf[/MENTION]?
    Kalo jari bukannya pencabulan yah namanya?
    Err ini serius nanya
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  5. #5
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,049
    Untuk kasus Wayne DuMond yang menjadikan dua wanita korban terakhirnya walau dia sudah dikebiri,
    mayat mereka berdua ditemukan dalam keadaan telanjang, bekas diikat, dengan jejak penganiayaan seksual termasuk di antaranya, bra dipotong.
    Mau disebut sebagai pencabulan atau sebagai pemerkosaan?
    Lomba peluk2an di Citos: 30 November 2013
    Lomba dorong2an di Candra Naya (dkt Glodok): 8 Desember 2013

  6. #6
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,350
    Loh kalo itu udah masuk pembunuhan dengan kekerasan donk masak pemerkosaan lagi? Enak benar pelakunya
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  7. #7
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,398
    Ndak setuju dengan hukum kebiri. Tanggung. Hukum mati sekalian, pakai tali atau air, atau kubur hidup-hidup, bersih dan murah meriah.

    Yang jiwanya sudah terganggu, dikebiri, ya tambah sakit jiwa, dan ndak berarti dia akan insyaf atau ndak mengulangi kejahatannya. Dia bisa lebih sadis, kasih tutorial, ambil murid lalu menikmati hasil didikannya.
    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

  8. #8
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,350
    Quote Originally Posted by mbok jamu View Post
    Ndak setuju dengan hukum kebiri. Tanggung. Hukum mati sekalian, pakai tali atau air, atau kubur hidup-hidup, bersih dan murah meriah.

    Yang jiwanya sudah terganggu, dikebiri, ya tambah sakit jiwa, dan ndak berarti dia akan insyaf atau ndak mengulangi kejahatannya. Dia bisa lebih sadis, kasih tutorial, ambil murid lalu menikmati hasil didikannya.
    Iya mbok pada kasus2 tertentu emang ada pemerkosanya upgrade jadi psikopat, tapi menurut gw yah (sangat subyektif) hukuman kebiri fisik lebih menakutkan n mungkin lebih besar menimbulkan efek jera daripada hukuman tembak, kecuali mungkin hukuman mati kita lebigh "dipersadis" misal di rajam sampe mati, atau dicincang hidup2
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  9. #9
    pelanggan setia beastmen85's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    The Dreamcloud
    Posts
    3,046
    gatel pgn komeng

    setuju lah masalah pengebirian...
    ngurangi pelaku pemerkosaan yg di gangbang di penjara

    tp kebiri fisik ya

    kalo udh ke level psikopat sih, ya ada tp imo, bakalan jarang

    gw malah berharap utk segala macam/jenis napi/pidana/koruptor dgn hukuman lebih dari 3 tahun penjara dikasih bonus kebiri

    bantu program KB,
    yg cowo lbh stabil krn ga ada nafsu, pikirannya jg lbh bersih
    ga ada yg namanya pemerkosaan cowoXcowo di penjara
    dan sisanya bikin takut orang yg mau macem2

    dan prosesnya harus manusiawi

    ngebully/berharap siksaan pedih pada dibawah umur (baca : pelaku) jg ga bikin kita lbh baik

    adanya mereka kan juga krn lingkungan, (kita bagian lingkungan) internet, gaya hidup, konten2 di TV, anggapan jomblo = ngenes/buruk

    ga nyebut anak2 KM ya, anak KM mah sopan2 (lha wong kebanyakan jg berumur )) )

    simplenya, kalo di sosmed

    mereka suka nyiksa
    kita suka bully
    because, imagination is a part of reality-

  10. #10
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,885
    saya setuju hukuman kebiri, karena hukuman dikurung doang masih terlalu ringan. hukuman mati juga terlalu ringan sih. yang paling cucok sebenarnya kebiri fisik dengan alat mulut buaya.
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  11. #11
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,900
    Tujuan hukuman itu apa sih? Balas dendam? Memuaskan dendam korban? Memuaskan kemarahan masyarakat?
    Atau Menyadarkan/membuat jera pelaku dan mengurangi jumlah kekerasan seksual?

    Kalo memuaskan dendam, memuaskan audisi, ya kebiri, diperkosa balik, atau disiksa macam eropa jaman kegelapan.. cukup memuaskan.
    Apakah hukuman sekejam2nya akan mengurangi jumlah pemerkosa?

  12. #12
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    tujuan hukuman itu sebetulnya untuk memberi efek jera ke yg sudah melakukan, dan memberi peringatan buat yg mau coba2
    bukan buat menyiksa atau apa
    Popo Nest

  13. #13
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,350
    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Apakah hukuman sekejam2nya akan mengurangi jumlah pemerkosa?
    Thats d point rite? Tapi kalo ga dicoba, yah gimana kita tahu ? ::
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  14. #14
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,900
    Ya bisa kan liat ke sejarah?

  15. #15
    pelanggan setia serendipity's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,769
    Sebenernya aktifis aktifis HAM yang gak setuju dengan hukuman mati atau hukuman kebiri, itu memikirkan kemungkinan korban lain yang akan jatuh ke depannya gak sih?
    Gw liat semakin kesini korban perkosaan ada aja yang menganggap remeh. Gak tau sih apa yang anggep remeh itu beneran manusia apa bukan.
    Kalo mau kebiri kimiawi yah mungkin jatohnya kaya steril anjing, yang kemungkinan dia gak akan ada hawa nafsu lagi.


    kadang Fadli jon ada benernya juga

    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon mengatakan, hukuman tambahan kebiri terhadap pelaku kekerasan seksual yang masuk ke dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak bukanlah bentuk penyiksaan.

    Kata dia, tambahan hukuman kebiri akan memberi efek jera kepada pelaku kekerasan seksual.

    "Kan tidak ada penyiksaan. Kalau di kebiri itu bukan penyiksaan, tapi membuat dia jera dengan itu," kata Fadli di DPP Gerindra, Jakarta, Sabtu (28/5/2016).

    Fadli mengatakan, tambahan hukuman kebiri tak mengandung penyiksaan karena tak ada amputasi bagian tubuh tertentu. Namun, hanya berupa suntik kimia. Ia menyatakan setuju terhadap perppu yang telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

    "Ya sejauh yang kami lihat bahwa semangatnya adalah dalam rangka mencegah kejahatan seksual seperti fenomenal belakangan ini, saya kira kami sepakat ada hukuman yang bisa menjerakan orang," ucap Fadli.

    Presiden Joko Widodo telah menandatangani Perppu Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak pada Rabu (25/5/2016). Perppu ini memperberat sanksi bagi pelaku kejahatan seksual, yakni hukuman mati, penjara seumur hidup, maksimal 20 tahun penjara, dan minimal 10 tahun penjara.

    Perppu juga mengatur tiga sanksi tambahan, yakni kebiri kimiawi, pengumuman identitas ke publik, serta pemasangan alat deteksi elektronik.

    "Perppu ini untuk mengatasi kegentingan yang diakibatkan kekerasan seksual terhadap anak yang semakin meningkat signifikan," kata Jokowi dalam jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/5/2016).

    Ditemui secara terpisah, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan, mekanisme pemberian hukuman akan ditambah peraturan pemerintah dengan dipantau dan dikoordinasikan oleh Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Sosial, serta Kementerian Kesehatan.

    "Bahwa pelaksanaan akan ada penambahan hukuman kebiri dan penanaman chip, itu tentu saja ada mekanisme yang akan diatur kembali. Namun, pemberatan hukuman sudah berlaku sebagaimana yang sudah ditandatangani oleh Presiden," ucap Puan, Jakarta, Kamis (26/5/2016).


    Selain itu, Puan menambahkan adanya rehabilitasi bagi korban kekerasan seksual. Juga adanya rehabilitasi pelaku sesudah menjalani hukuman.
    You were born with the ability to change someone's life - don't ever waste it.

  16. #16
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,900
    Setau gw sih pake kebiri kimia, artinya dikasih obat jadi impotent dan ga punya napsu. Itu pun hanya dalam jangka sekian waktu.
    Tapi coba pemerkosa yang umurnya masih 14, yg menurut gw sih cuman ikut2an karena takut dianggap cemen. Kemudian dikasih pil gituan. Kesian amat, uda jadi pemerkosa dipaksa jadi pengguna obat2an keras. Masa depannya apa itu? Mending hukum mati aja, jadi ga ada madesu. Ato sekalian orang tuanya biar ga punya anak tukang pemerkosa lagi.

  17. #17
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,350
    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Setau gw sih pake kebiri kimia, artinya dikasih obat jadi impotent dan ga punya napsu. Itu pun hanya dalam jangka sekian waktu.
    Tapi coba pemerkosa yang umurnya masih 14, yg menurut gw sih cuman ikut2an karena takut dianggap cemen. Kemudian dikasih pil gituan. Kesian amat, uda jadi pemerkosa dipaksa jadi pengguna obat2an keras. Masa depannya apa itu? Mending hukum mati aja, jadi ga ada madesu. Ato sekalian orang tuanya biar ga punya anak tukang pemerkosa lagi.
    Coba dibaca perpuub nya bleg, ada ditulis kok kalo tidak berlaku bagi anak dibawah umur, definisi anak dibawah umur di indo adalah belum 17 tahun atau menikah, ::
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  18. #18
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,398
    Kenapa diukur dari umur pelaku, bukan dari tingkat atau jenis kejahatannya?
    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

  19. #19
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,350
    Yahh uu nya gitu mbok, setahu gw belum ada revisinya dengan menambahkan kata2 "kecuali untuk kasus2 tertentu", 2-3 tahun lalu ada wacana sih, tapi kayaknya yah itu baru sebatas wacana
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  20. #20
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,350
    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Ya bisa kan liat ke sejarah?
    Kalo liat sejarah bisa sukses sih, ingat petrus jaman 80 an, banyak yg ketakutan kok, bahkan preman2 kampung di padank,ppekanbaru, sampe ketakutan gw ingat ada preman dekat daerah rumah sampe nyetrika tattoo nya, karna ciri khas korban petrus rata2 tattoo2 an
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

Page 1 of 4 123 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •