Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 26

Thread: Yuk Obrolin Oleholeh Khas Daerah

  1. #1
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,104

    Cool Yuk Obrolin Oleholeh Khas Daerah

    Pertanyaa pertama :

    : Bolu Gulung Meranti - oleholeh khas Medan

    Seenak itukah?
    hahahahah entah kenapa jadi penasaran
    garagara pada gembar gembor enak kalau orang Medan bilang.
    konon katanya bolu gulung kejunya, kejunya sama sekali ga pelit.
    hmmm ngomongin keju, kayaknya pernah kok makan roti yang kejunya bejibun.
    #eh janganjangan itu bolu gulung meranti yah yg kumakan
    soalnya diambilin ama pengurus yayasan sebelah pas tugas 'negara'.


    Yang dikata enak biasanya di lidah orang kadang sutandarnya bedabeda kan?
    Bolu / Cake buat saya yang paling nendang masih Mandarijn-nya Orion sluuurrpphh
    Aromanya, teksturnya, lembutnya, kismisnya.. duh.. huhuhu jadi pengenn...

  2. #2
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,355
    Bika ambon juga oleh2 khas medan, ga tahu kenapa dinamakan bika AMBON?

    wingko babat oleh2 khas semarang mirip kue Bika bakar dari sum bar, untuk sementara cuma wingko babat / bika padank oleh2 top gw
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  3. #3
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,023
    bakpia jogja
    pia legong bali
    bolen kartikasari bandung (recomended)
    yangko warna warni
    suwar suwir
    lempok duren
    dodol
    kue bagiak banyuwangi
    brem madiun

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  4. #4
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,023
    disurabaya gw ada langganan terangbulan, kalo org jkt nyebutnya martabak manis.
    beli 1 porsi jumbo yg harga 20rb pake toping kacang+coklat tapi kejunya bawa sendiri dari rumah

    bweh nikmatnya tdk terkatakan, berhubung keju modal sendiri otomatis ngasih coklat sama kacangnya lumer sampe tumpah tumpah, dan penjualnya kalo nabur ga pake mikir itulah knp gw bisa kecantol sama dia.
    modal 20rb tapi kenikmatan bisa disejajarkan martabak manis ayung dijkt yg harganya 50rb++

    makanya kaga heran knp kalo org jkt kalo main ke surabaya jajannya pasti gila gilaan, krn harga disini relatif lebih murah dari harga sana dgn kualitas yg ga jauh beda.
    tapi kalo ngomongin variasi makanan, sby masih kalah jauh dibanding jkt, semua jenis makanan dari sabang sampe merauke rata2 berkumpul semua dijkt

    referensi dari channelnya matkiding diyoutube

    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  5. #5
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    madu sumbawa
    minyak gosok sumbawa
    susu kuda liar sumbawa
    ikan asin asam (lupa namanya) khas sumbawa
    (list oleh2 yg mau dibeli pas pulang ntar wkwk)
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  6. #6
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,104
    yang memorable dari Sumbawa pernah dikasi oleh2 berupa sabuk dari kayu.
    konon katanya itu buatan orang2 narapidana di sana,

    sudah hari Senin nih, yay! selasa pagi bakalan dapat bolu gulung merantinya
    eh ngomong2 tadi gugling lagi. beneran loh kayaknya pernah makan.
    [MENTION=973]mobyokuzan[/MENTION]
    yang nyebelin itu banyak yang KW yah. pia legong emang enak. belinya pake antri. dan ada kuotanya.
    kalau di bali masih banyak pia pia yang lain, tidak termasuk mpok pia. *ini mah ngedagelnya kelewat garing banget*
    belum lagi bakpia di Yogya banyak banget bakpia2 yang jadi home industri.

    suwar suwir itu apaaa ya? tahunya iwak suwir

  7. #7
    pelanggan setia mobyokuzan's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,023
    suwar suwir itu jajanan khas jember-banyuwangi, biasanya org dagang suwar suwir sebelahnya pasti ada tumpukan tape madu

    lu pasti pernah makan dan pernah tau, mungkin lupa aja.



    "telling lies is sometimes acceptable,
    when the truth is too difficult to believe"

  8. #8
    tsu's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Rainbow Trout
    Posts
    5,365
    LOL suwir2

    sebetulnya klo jawa timur sih BUANYAK penganan khas yang biasanya jadi oleh2, baik yang modern maupun yang klasik

    modern
    - Strudel Malang (kaya pie apel)
    - Almond Crispy Surabaya (di jakarta dah banyak yg jual kayanya)
    dll


    klo yang klasik

    - alen2 Trenggalek
    - suwir2 Jember
    - tape (Probolinggo, Situbondo, Jember)
    - brem (madiun dst)
    - bumbu pecel (madiun dst)
    - proll tape (jember dst)


    dst dst

  9. #9
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,104
    Perasaan kemarin sudah reply ini ternyata belum disubmit yah

    Antara ingat dan tidak ingat, suwar suwir itu bentuknya kayak dodol kah?
    kalau udah cicip lagi mungkin bakalan ingat.

    alen2 trenggalek apalagi [MENTION=395]tsu[/MENTION]?

    btw memang benar yang pernah saya makan beberapa waktu yg lalu itu beneran bolugulung meranti.
    ngenalin tekstur bolunya dan kejunya yang berlimpah ruah. baik dilapisan luar yg berupa parutan maupun potongan yang di dalamnya.

  10. #10
    pelanggan setia serendipity's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,769
    Sejauh ini oleh oleh dari daerah yang paling gw suka tetep bolu gulung meranti dari Medan sama roti abon yang dari Papua itu, oh iya suka juga sama cheese roll dan beberapa produk sejenis croisant beef dari Kartika sari
    ENAK banget.
    Roti abon yang dari papua itu entahlah kaya makanan surga, banyak abon sama dagignya... endaang

  11. #11
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,417
    Quote Originally Posted by etca View Post
    Pertanyaa pertama :

    : Bolu Gulung Meranti - oleholeh khas Medan

    Seenak itukah?
    hahahahah entah kenapa jadi penasaran
    garagara pada gembar gembor enak kalau orang Medan bilang.
    konon katanya bolu gulung kejunya, kejunya sama sekali ga pelit.
    hmmm ngomongin keju, kayaknya pernah kok makan roti yang kejunya bejibun.
    #eh janganjangan itu bolu gulung meranti yah yg kumakan
    soalnya diambilin ama pengurus yayasan sebelah pas tugas 'negara'.


    Yang dikata enak biasanya di lidah orang kadang sutandarnya bedabeda kan?
    Bolu / Cake buat saya yang paling nendang masih Mandarijn-nya Orion sluuurrpphh
    Aromanya, teksturnya, lembutnya, kismisnya.. duh.. huhuhu jadi pengenn...
    Sudah pernah cicip bolu gulung Meranti, biasa sazah. Bolu (chiffon) atau cake ala Eropa buatan Indonesia rata-rata kualitasnya masih kurang karena kualitas mentega, susu, keju atau krim yang digunakan.

    Kalau dari Indonesia mendingan yang tradisional deh, seperti Kue 8 Jam atau Bolu Koja. Habis makan langsung deg-degan.
    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

  12. #12
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    Wew...kue 8 jam yg jumlah telurnya puluhan per loyang lol...
    Bolu meranti buat g biasa aja sih...ga enak2 amat. Sekali makan langsung bosen
    G malah sukanya jenang...bener ga ya nulisnya??
    Almond crispy juga enaaakkk
    Popo Nest

  13. #13
    tsu's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Rainbow Trout
    Posts
    5,365
    http://jajanankhastrenggalek.blogspot.co.id/

    liat disitu [MENTION=6]etca[/MENTION]
    alen2 itu dari tepung gurih, tapi rada keras sih

    anw, nambahin..

    keripik tempe kulit jeruk - tulungagung
    keripik apel/nangka/nanas/salak - batu, malang
    sari apel - batu malang
    wingko babat - kecamatan Babat Lamongan
    onde2 bo liem - mojokerto
    pudak - gresik
    semprong ledre - bojonegoro
    krupuk lempeng - magetan
    sale pisang - pacitan
    gethuk pisang - kediri
    kripik tahu - kediri
    tahu kuning - kediri
    roti sisir Matahari - pasuruan
    jipang cap Jangkar - pasuruan

    dst dst

    gambar menyusul yah

  14. #14
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,104
    Quote Originally Posted by mbok jamu View Post
    Sudah pernah cicip bolu gulung Meranti, biasa sazah. Bolu (chiffon) atau cake ala Eropa buatan Indonesia rata-rata kualitasnya masih kurang karena kualitas mentega, susu, keju atau krim yang digunakan.

    Kalau dari Indonesia mendingan yang tradisional deh, seperti Kue 8 Jam atau Bolu Koja. Habis makan langsung deg-degan.
    Apa itu kue 8 jam, dan bolu koja?
    bukan koja daerah jakarta utara kan?

    Quote Originally Posted by Porcelain Doll View Post
    Wew...kue 8 jam yg jumlah telurnya puluhan per loyang lol...
    Bolu meranti buat g biasa aja sih...ga enak2 amat. Sekali makan langsung bosen
    G malah sukanya jenang...bener ga ya nulisnya??
    Almond crispy juga enaaakkk
    Sama po, biasa aja.
    Enak dan nikmatnya itu kalau dimakan dalam keadaan yg kelaparan amat sangat.
    Pengalaman pas tugas luar dan makan siangnya ga sempat, karena harus bawa tamu.
    Akhirnya minta ijin bekal suguhan buat bhikkhu, milih roti yg ada kejunya *waktu itu belum tahu kalau namanya bolu meranti*

    teksturnya biasa aja. ga lembut2 banget, masih lembutan Bolu Gulungnya Holland Bakery apalagi yang rasa lemon.

    Quote Originally Posted by tsu View Post
    http://jajanankhastrenggalek.blogspot.co.id/
    liat disitu [MENTION=6]etca[/MENTION]
    anw, nambahin..

    keripik tempe kulit jeruk - tulungagung
    pudak - gresik
    krupuk lempeng - magetan
    roti sisir Matahari - pasuruan
    jipang cap Jangkar - pasuruan

    dst dst

    gambar menyusul yah
    Hebat yahh tsu tahu banyak namanama
    saya kebanyakan cuma makan doang tanpa tahu namanamanya

    yang saya quote, itu kayaknya yang asing bagi saya
    Jipang? tahunya sayur jipang, sayur jepan.

  15. #15
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,104
    Penasaran ampe gugling :



    Resep Kue 8 Jam (Palembang)

    kue delapan jamBagi kamu orang palembang tentu tidak asing dengan kue delapan jam. Mengapa dinamakan kue delapan jam? konon katanya karena pada saat proses pemanggangan kue ini , membutuhkan waktu delapan jam untuk mengolahnya sampai matang. Kue khas Palembang ini sering disajikan sebagai sajian untuk tamu kehormatan dan juga sering disajikan di hari raya. Berikut cara pembuatan kue delapan jam :

    Bahan:
    1 kaleng (400 ml) susu kental manis
    250 g mentega
    25 butir telur ayam
    50 g tepung terigu berprotein sedang, ayak
    1/2 bungkus vanili bubuk
    100 g gula pasir berbutir halus

    Cara membuat:

    Siapkan loyang bundar berdiameter 22 cm, tinggi 7 cm. Olesi permukaannya dengan mentega. Sisihkan.
    Campurkan mentega dan gula, kocok dengan mixer hingga gula larut.
    Masukkan telur ayam, aduk rata. Kemudian tuangkan susu kental manis, tepung terigu, dan vanili, kocok kembali hingga tercampur rata.
    Tuang adonan ke dalam loyang. Kukus dalam panci panas di atas api sedang selama 8 jam hingga matang. Angkat.
    Panggang dalam oven panas selama 20 menit hingga permukaannya kecokelatan dan tidak basah. Angkat. Dinginkan.
    Potong-potong bentuk segi tiga ukuran sisi 3 cm. Sajikan

    saus

  16. #16
    bolu kojo..bukan bolu koja.wkkw. 8 jam sih mudah bikinnya. manisnya ampun dijee..wkwk. dipalembang..mana sih kue yang gak kelewatan manisnya.

    paling enak getas. di palembang sih ada. tapi yg dari bangka emang juaranya.
    Good friends, good books, and a sleepy
    conscience: this is the ideal life.
    Mark Twain

  17. #17
    tsu's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Rainbow Trout
    Posts
    5,365
    [MENTION=6]etca[/MENTION]

    ini ca, Jipang ato Bipang klo dalam bahasa indonesia


  18. #18
    pelanggan tetap thin.king's Avatar
    Join Date
    Jun 2013
    Posts
    803
    Oleh" dr jawa yg biasa saya tungguin, kembang gula kelapa.
    Kalo yg lain agak kurang karena kadang tekstur dan rasanya kurang familiar. Macam jenang, sale pisang, dodol.
    Oh jenis" krupuk"annya jg suka, jawa punya banyak jenis krupuk.

    Kalo dari sini yg biasa jd oleh".
    - Amplang
    - Bingka kentang
    - Bingka telor
    - Apam
    - Mantau
    - Abon

  19. #19
    pelanggan
    Join Date
    Aug 2012
    Posts
    269
    Klappertaart, Bagea kenari, ikan woku, ayam rica-rica.

  20. #20
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,050
    Klappertaart, Bagea kenari, ikan woku, ayam rica-rica.
    Ayam rica2 dan ikan woku memang bisa jadi oleh-oleh?

    Klappertaart,
    aku pernah beli yang di Manado, rasanya jauh lebih enak daripada yang kubeli di Jakarta.


    Tapi menurutku, oleh2 paling cocok untuk dibawakan dari Manado adalah.... "abon Cakalang".
    Dulu dibuatkan ama ibu2 di tengah hutan. Enak banget.
    Lomba peluk2an di Citos: 30 November 2013
    Lomba dorong2an di Candra Naya (dkt Glodok): 8 Desember 2013

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •