Results 1 to 19 of 19

Thread: Musim-Musim Kudeta

  1. #1

    Musim-Musim Kudeta

    Maap ni, agan-agan semua. Kebetulan ini kan lagi musim-musimnya takude terutama di negara-negara arab sana. Terus muncullah pihak yang "berbaik hati" pingin bantuin.

    Nah, terus terang ane bingung, sampai sejauhmana sie sebuah negara tertentu boleh ikut campur dalam urusan dalam negeri sebuah negara (kayak takude tadi). Misalnya negara A sedang dilanda masalah, terus negara B ingin membantu menyelesaikan masalahnya. Nah, disitu kan ada dua otoritas. Nah, yang ane bingung, apakah pemerintah negara B kudu minta izin dulu sama kepala negara A buat bantuin, ataukah bole-bole aja *berimprovisasi sendiri.

    *mempersenjatai pemberontak, misalnya.

  2. #2
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    5,135
    kalau ada minyaknya atau sumber daya alam lain di
    negara A yang selama ini negara B tidak mendapat
    izin mengelolanya, maka sah-sah saja bagi negara
    B untuk berimprovisasi membantu pemberontak di
    negara A

  3. #3
    kecuali amrik/nato/sirael/(dan mungkin) china, semuanya gak boleh ikut campur. sesederhana itu aturannya kok
    you can also find me here

  4. #4
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Di dunia internasional itu ada hukum... Hukum rimba namanya..

  5. #5
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Kelau ikut hukum islam, gak ada yg namanya kedaulatan negara selama negara itu bukan berdasarkan syariat islam.
    maka semua negara sekular harus diperangi

  6. #6
    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    Kelau ikut hukum islam, gak ada yg namanya kedaulatan negara selama negara itu bukan berdasarkan syariat islam.
    maka semua negara sekular harus diperangi
    Buktinya apa gan? Ini fakta atau opini agan sendiri? Coba sebutkan negara yang agan maksud.

    Soalnya gini, kalau misalnya semua negara berhak memonopoli urusan dalam negeri negara lain... apa ga kacau+beliau jadinya. Sementara itu, lain padang lain belalang, lain negara lain peraturannya.

  7. #7
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Iye negara mana seh dalam sejarah manusia? Pengen tau..

  8. #8
    pelanggan setia beastmen85's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    The Dreamcloud
    Posts
    3,046
    mungkin berdasar kedudukan negara itu terhadap negara laennya...
    *ngikut si mindy

    btw numpang nanya... kedudukan & hak2 khusus di PBB pengaruhnya apa ya?

  9. #9
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Quote Originally Posted by nick naylor View Post
    sampai sejauhmana sie sebuah negara tertentu boleh ikut campur dalam urusan dalam negeri sebuah negara (kayak takude tadi). Misalnya negara A sedang dilanda masalah, terus negara B ingin membantu menyelesaikan masalahnya.:
    Sebenernya ga ada orang lain itu mau menolong orang laen sampe sedalam2nya. Normal2nya orang nolong itu sebatas memberi, entah itu sedekah atau memberi jalan. Kecuali, ada imbalan keuntungan. Jadi membantu itu ********. Wong ud capek2 ngurusin ampe sedalam2nya kalo ga ada keuntungannya (bagi korporasi), untuk apa? Emangnya duit jatoh dari langit. Liat aja utangnya amerika yg paling banyak ikut ngatur http://www.usdebtclock.org/.

    Apakah NATO sedang membantu rakyat libya? Tentu alasan yg baik utk mendapat dukungan perang. Kalo punya alasan yg baik, tujuan buruk pun jadi baik.

  10. #10
    pelanggan setia beastmen85's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    The Dreamcloud
    Posts
    3,046
    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    Kelau ikut hukum islam, gak ada yg namanya kedaulatan negara selama negara itu bukan berdasarkan syariat islam.maka semua negara sekular harus diperangi
    setuju

  11. #11
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Waktu tentara Serbia membantai penduduk muslim Bosnia, kalau gak ditolong pihak luar gimana tuh jadinya ?

    Tolong menolong antar manusia atau antar negara wajar2 saja kayaknya, kedaulatan negara bukan alasan untuk seenaknya memperlakukan warga negara.

  12. #12
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    5,135
    NATO turun tangan karena keder ama TNI, sebab
    pak Harto datang langsung ke Sarajevo memberi
    dukungan kepada Bosnia.

  13. #13
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Jadi intinya boleh gak negara luar ikut campur urusan dalem negri sebuah negara berdaulat ?

  14. #14
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    5,135
    dari awal postingan, gw sudah bilang, sah-sah saja

  15. #15
    pelanggan sejati Urzu 7's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Posts
    7,940
    Kemerdekaan yg jelas masih butuh campur tgn negara lain. Amerika dulu kalo prancis ga dateng sekarang mungkin masih kolonial inggris

  16. #16
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Kedaulatan negara itu ada batasnya, misalnya kalau sudah terjadi pembantaian2 besar disuatu negara tentu akan menarik campur tangan negara2 lain.

    Ibaratnya tetangga ribut2 kita masih diam, tapi kalau si tetangga sudah mau membunuh anak istrinya masa kita diam saja ?

  17. #17
    Nah itu dia masalahnya gan. Gimana kalau orang yang mencoba membantu itu malah bikin masalah baru. Puyeng kan???

    *nambahin jumlah korban misalnya.

    Makanya Ane nanya :
    sampai sejauhmana sie sebuah negara tertentu boleh ikut campur dalam urusan dalam negeri sebuah negara
    gan.

  18. #18
    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    Kelau ikut hukum islam, gak ada yg namanya kedaulatan negara selama negara itu bukan berdasarkan syariat islam.
    maka semua negara sekular harus diperangi

    [MENTION=352]nick naylor[/MENTION] : yg dimaksud kak Aslan ini paling periode Umar bin Khattab.

    Ingatan q tdk bagus sih, tapi di akhir buku terjemahan Bp. Muhammad Husain Haekal, umar ada bilang begini "seandainya ada tembok atau lautan yg memisahkan aku & mereka, sehingga mereka tdk mungkin datang padaku , dan tidak mungkin aku mendatangi mereka, tentunya hal itu lebih kusukai"

  19. #19
    pelanggan tetap Alip's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Posts
    1,635
    Saya patuh sama supreme command, tidak mencampuri perkembangan spesies lain...
    "Mille millions de mille milliards de mille sabords!"

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •