Page 1 of 4 123 ... LastLast
Results 1 to 20 of 69

Thread: kantong plastik berbayar

  1. #1
    pelanggan setia neofio's Avatar
    Join Date
    Dec 2013
    Posts
    2,682

    kantong plastik berbayar

    nanti kalo beli gorengan, kreseknya kudu di beli

    beli nasi rames atau nasi padang kudu beli kantong kresek

    beli buah2an d jongko2 atau d kios buaah bakal ditawarin kantong krrsek

    PERTANYAANNYA:
    bawa sendri kantong kresek/tas belanja atau beli di tempat penjual?

  2. #2
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    agak ribet sih kalo nasi rames atau padang gitu pake plastik
    apa bawa kotak makan aja ya?

    kalo belanja buah atau bulanan sih udah ada kantong gede khusus yg buat belanja
    yg ribet itu kan yg kecil2 kaya gini
    gorengan mungkin masih bisa pake kantong kertas doang
    Popo Nest

  3. #3
    pelanggan tetap Silvercheeks's Avatar
    Join Date
    Aug 2012
    Location
    Lost Clerics' Hideaway
    Posts
    645
    lho? kirain cm minimarket doang...
    ya kalo lagi bawa ya pake kantong belanja, kalo lg ga bawa ya beli...

    byk tuh ngomel di sosmed gara2 ginian, padahal bagus kan buat lingkungan
    Kabar gembira untuk kita semua, kini tai ada ekstraknya~

  4. #4
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,349
    Quote Originally Posted by neofio View Post
    nanti kalo beli gorengan, kreseknya kudu di beli

    beli nasi rames atau nasi padang kudu beli kantong kresek

    beli buah2an d jongko2 atau d kios buaah bakal ditawarin kantong krrsek

    PERTANYAANNYA:
    bawa sendri kantong kresek/tas belanja atau beli di tempat penjual?
    Minjam boleh ga neon
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  5. #5
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    iya bagus, kok...di negara lain udah dari kapan pake kantong kertas buat belanja
    pelan2 aja....lagian sosialisasinya udah lebih dari sebulan lalu, harusnya ga perlu kaget
    nyantai aja...paling jadi kaya pas diwajibin pake seat belt dulu..lama2 terbiasa

    cuma bedanya sekarang tempat sampah harus beli kantong plastik khusus lagi
    soalnya biasanya pake kantong bekas belanjaan, sekarang kan udah ga
    bahkan di tempat yg belum mewajibkan pun, g nolak dikasih plastik belanja..jadi bawa tas agak gedean biar muat semua
    Popo Nest

  6. #6
    nanti agen agen wadah makan mulai pasang selogan baru. bawa aja wadahnya .lol
    kalo nenek ama emak2 jaman dulu dah terbiasa kok pake tas cangklong dari plastik.. ato dari rajutan tali plasti yang keras itu.
    belanja di giant kadang ditawari mau pk.kardus ga.
    Good friends, good books, and a sleepy
    conscience: this is the ideal life.
    Mark Twain

  7. #7
    pelanggan tetap silverjade's Avatar
    Join Date
    Nov 2011
    Posts
    589
    Sebelumnya denger kabarnya, tapi baru tau kalo dah dijalanin pas ke minimarket deket rumah kemarin. Menurut gw kemurahan plastiknya, kirain bakal Rp 500 atau Rp 1000, ternyata cuma 200 . Gw sih setuju, dimahalin dikit lagi juga gpp (misalnya jadi 500 ). Biar yang pelupa kyk gw inget terus buat bawa tas lipat kalo2 mau belanja
    Toh jaman dulu juga belanja ga pake kantong plastik, inget jaman kecil ngikut nyokap ke pasar dulu belanjaan dibawa pake keranjang, daging/sayurnya dibungkusnya pake daun jati ato daun pisang.
    Mini/super marketnya harus waspada aja biar ga ada yang ngutil di tokonya. But then again, kebanyakan dah pake cctv yak

  8. #8
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    sekarang tas lipat udah banyak dijual, mau dari yg murah sampe paling mahal juga ada
    motifnya juga udah banyak ragamnya, jadi ga malu2in kalo dibawa belanja
    tinggal bawa yg bisa dilipet model dompet kecil...cemplungin deh ke tas

    yg agak susah emang kalo belanja bulanan agak banyak
    pernah tuh ditawarin pake kardus, tapi g tolak
    ga mungkin balik naek umum kalo bawa kardus
    Popo Nest

  9. #9
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,353
    naek umum bawa kardus itu neraka dunia

    tadi pas pulang saya selalu sempatin ke indomaret, sebelum dihitung kasirnya ngebilangin tentang keresek ini, harus bayar 200 kalo mau pake, saya langsung bilang gak usah, saya masukin ke tas punggung aja, padahal biasanya kalo beli suka pake plastik
    ELPHELT VALENTINE'S MARIONETTE.

  10. #10
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,349
    Quote Originally Posted by silverjade View Post
    Sebelumnya denger kabarnya, tapi baru tau kalo dah dijalanin pas ke minimarket deket rumah kemarin. Menurut gw kemurahan plastiknya, kirain bakal Rp 500 atau Rp 1000, ternyata cuma 200 . Gw sih setuju, dimahalin dikit lagi juga gpp (misalnya jadi 500 ). Biar yang pelupa kyk gw inget terus buat bawa tas lipat kalo2 mau belanja
    Toh jaman dulu juga belanja ga pake kantong plastik
    Kalo 50k sis

    ---------- Post Merged at 07:13 PM ----------

    Quote Originally Posted by silverjade View Post
    Sebelumnya denger kabarnya, tapi baru tau kalo dah dijalanin pas ke minimarket deket rumah kemarin. Menurut gw kemurahan plastiknya, kirain bakal Rp 500 atau Rp 1000, ternyata cuma 200 . Gw sih setuju, dimahalin dikit lagi juga gpp (misalnya jadi 500 ). Biar yang pelupa kyk gw inget terus buat bawa tas lipat kalo2 mau belanja
    Toh jaman dulu juga belanja ga pake kantong plastik, inget jaman kecil ngikut nyokap ke pasar dulu belanjaan dibawa pake keranjang, daging/sayurnya dibungkusnya pake daun jati ato daun pisang.
    Mini/super marketnya harus waspada aja biar ga ada yang ngutil di tokonya. But then again, kebanyakan dah pake cctv yak
    Kalo kreseknya 50k sis
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  11. #11
    pelanggan setia neofio's Avatar
    Join Date
    Dec 2013
    Posts
    2,682
    harganya sama setiap ukuran plastik?

  12. #12
    ada yg ngamuk2 difb..bukan ngamuk beneran sih.. ekspresinya menolak kantong berbayar. dah dishare beberapa ratus kali.

    fb nya joko prasetyo


    Ayo Lawan Kedzaliman Penguasa Meski Hanya Dengan Menolak Bayar Kantong Keresek 200 Perak

    Saya biasanya menunggu di motor, tapi barusan setelang menunggu satu menit, lalu menyusul istri masuk ke Indomart.

    “Saya tidak mau bayar yang Rp 200 untuk kantong kereseknya Mbak!” ujar saya begitu membaca pengumuman di kassa sejak Ahad 21 Pebruari pembeli yang memakai kantok plastik dari Indomart diharuskan membayar Rp 200 untuk mengurangi sampah plastik.

    “Itu sudah aturan dari pemerintahnya Pak...” ujar pelayan Indomart di kassa.
    “Justru itu, saya tidak mau... pemerintah dzalim!” tegas saya.

    “Lihat,” ujar saya sembari menenteng sabun cair pencuci piring Sunlight yang saya sabet dari rak pajangan, “plastiknya tebal, butuh waktu ratusan tahun bagi tanah untuk mengurainya! Tapi mengapa kita malah harus bayar kantong keresek yang mudah diurai?”

    Pembeli yang di kassa melihat saya sambil senyum, pelayan Indomart yang laki-laki menghampiri dan mendampingi pelayan perempuan. Pelayanan lainnya sambil mengelap kaca memandang ke kassa.

    Mendengar saya berbicara dengan nada tinggi (nada tinggi itu versi istri ya, versi saya itu biasa saja, hee.. he..) di kassa, istri langsung menghampiri. Saya lalu merebut minyak goreng yang berbungkus plastik tebal yang dipegang istri, Sovia.

    “Ini juga butuh ratusan tahun! Tapi kenapa kita yang malah disuruh mengurangi penggunaan kantong plastik! Bukannya perusahaan-perusahaan itu yang dilarang menggunakan kemasan plastik? Di kantong plastik Indomart kan ada tulisan go green, pertanda mudah diurai, mengapa penggunaannya harus dikurangi dengan harus membayar Rp 200 bila tetap ingin memakainya tetapi... lihat, itu... Coca Cola, botolnya dari plastik, butuh waktu ratusan tahun untuk diurai!”

    Lalu saya memegang mie instant Indomie yang disodorkan pembeli lain ke kassa yang hanya senyum-senyum saja melihat saya, “ini juga plastik, butuh waktu yang jauh lebih lama untuk diurai daripada kantong keresek go green!”

    “Tapi ini sudah aturannya ya Pak,” ujar pelayan laki-laki.

    “Justru itu, Mas lapor ke atasan Mas, saya tidak mau bayar, bukan saya tidak mampu, tapi saya tidak mau menaati kebijakan pemerintah yang dzalim itu! Kalau tetap harus bayar 200 saya tidak jadi belanjanya. Biar Indomart lapor juga ke pemerintah, rakyat tidak mau didzalimi terus!” tegas saya.

    “Kalau berbicara lingkungan,” lanjut saya, “Mengapa lima anak perusahaan Sinar Mas yang membakar hutan dibiarkan? Mengapa perusahaan-perusahaan minyak, minuman, sabun, dibiarkan menggunakan plastik tebal? Kenapa kita, rakyat ini, mau pakai plastik go green saja harus bayar Rp 200? Apa karena mereka yang membiayai kampanye pemilunya?”[]




    pada akhirnya pihak indomaret menggratiskan kantong dengan tulisan diskon 0 rupiah di struk belanjaan.
    Good friends, good books, and a sleepy
    conscience: this is the ideal life.
    Mark Twain

  13. #13
    pelanggan setia neofio's Avatar
    Join Date
    Dec 2013
    Posts
    2,682
    Saya malah bersimpati kpd karyawan indomart

  14. #14
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,349
    Besok2 coba protes ga mau bayar pajak, dengan alasan duitnya dikorupsi sama pemerintah n legislatif, gw mau liat berani kaga? Tipikal indo beraninya sama yg lebih "kecil" dari dia
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  15. #15
    pelanggan tetap Silvercheeks's Avatar
    Join Date
    Aug 2012
    Location
    Lost Clerics' Hideaway
    Posts
    645
    ya salah2an ga ada habisnya, mulai aja dr dr sendiri drpd protes doank, itu bapak, atau mungkin istrinya, mending mencari solusi dgn mendayagunakan sampah plastik (yg tiap hari dia kontribusi juga) menjadi hal lain yg lebih berguna

    terlepas iri2an ma perusahaan gede, ga terima, ga adil atau apalah sebutannya, jaga lingkungan ya dimulai dr diri sendiri.... ttg seberapa besar kamu peduli utk hal yg lbh baik, itu doang
    Kabar gembira untuk kita semua, kini tai ada ekstraknya~

  16. #16
    pelanggan setia neofio's Avatar
    Join Date
    Dec 2013
    Posts
    2,682
    sebenarnya qta gak dipaksa buat beli kantong kresek rp.200

    kenapa kudu sewot?pake acara bikin gerakan menentang kebijakan

  17. #17
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    heh...yg namanya plastik, mau dibilang go green juga tetep plastik...dan itu susah terurainya
    kalo kita sebagai pemakai produk ga lebih pinter daripada yg bikin produk, ya mau jadi apa ke depannya?

    g liat berita ada beberapa desa dan daerah yg bahkan bikin gerakan untuk mengumpulkan sampah
    malah ada individu...ibu2 yg menggerakkan satu desa buat enggak buang sampah di laut lagi dan berhasil!
    jadi daripada misuh2 sama yg di atas kita, ya mulai aja dari diri sendiri
    sedikit2 nyalahin pemerintah...protes melulu...sendirinya ga ngelakuin apa2...

    bayangin kalo seluruh indonesia patuh ke aturan ini, sehari aja, udah berapa juta sampah plastik kita kurangi?

    kalo dia ga mau bayar, kenapa ga bawa kantong belanja sendiri aja sih?
    tujuannya kita disuruh bayar itu kan, bukannya nyuruh kita bayar kantongnya, tapi lebih untuk mengarahkan orang2 buat bawa kantong belanja sendiri gitu
    kenapa fokusnya jadi ke bayar plastiknya??!
    atau mestinya bener2 jangan pake kantong plastik lagi, tapi jual langsung tas go green yg harganya lebih mahal (kaya tasnya carefour dll yg bahannya dari kain)..biar tau rasa....belanja cuma 5 rb, harga kantong 10 rb ;p
    jadi lain kali bakalan kapok belanja tanpa bawa kantong sendiri
    Last edited by Porcelain Doll; 24-02-2016 at 08:42 PM.
    Popo Nest

  18. #18
    pelanggan tetap silverjade's Avatar
    Join Date
    Nov 2011
    Posts
    589
    Quote Originally Posted by surjadi05 View Post
    Kalo 50k sis

    ---------- Post Merged at 07:13 PM ----------



    Kalo kreseknya 50k sis
    Kalo saia pribadi sih setuju bro, biar ngurangin banget pemakaian kantong plastik. Dan biar bapak2 mental kere kayak di cerita itu ada alasan kalo mau marah2, ga malu-maluin kayak gitu

  19. #19
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,349
    Quote Originally Posted by Porcelain Doll View Post
    heh...yg namanya plastik, mau dibilang go green juga tetep plastik...dan itu susah terurainya
    kalo kita sebagai pemakai produk ga lebih pinter daripada yg bikin produk, ya mau jadi apa ke depannya?

    g liat berita ada beberapa desa dan daerah yg bahkan bikin gerakan untuk mengumpulkan sampah
    malah ada individu...ibu2 yg menggerakkan satu desa buat enggak buang sampah di laut lagi dan berhasil!
    jadi daripada misuh2 sama yg di atas kita, ya mulai aja dari diri sendiri
    sedikit2 nyalahin pemerintah...protes melulu...sendirinya ga ngelakuin apa2...

    bayangin kalo seluruh indonesia patuh ke aturan ini, sehari aja, udah berapa juta sampah plastik kita kurangi?

    kalo dia ga mau bayar, kenapa ga bawa kantong belanja sendiri aja sih?
    tujuannya kita disuruh bayar itu kan, bukannya nyuruh kita bayar kantongnya, tapi lebih untuk mengarahkan orang2 buat bawa kantong belanja sendiri gitu
    kenapa fokusnya jadi ke bayar plastiknya??!
    atau mestinya bener2 jangan pake kantong plastik lagi, tapi jual langsung tas go green yg harganya lebih mahal (kaya tasnya carefour dll yg bahannya dari kain)..biar tau rasa....belanja cuma 5 rb, harga kantong 10 rb ;p
    jadi lain kali bakalan kapok belanja tanpa bawa kantong sendiri
    Ehh ini perda ya po [MENTION=2140]neofio[/MENTION] kok di batam kemaren gw belanja dikasih gratis, gw lupa nanya soal plastik ini lagi gara2 sebelah gw ada ce cakep
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  20. #20
    pelanggan setia neofio's Avatar
    Join Date
    Dec 2013
    Posts
    2,682
    kong sur, mungkin itu cwe sbnarnya cwo, stelah operasi plastik


    wkwk

Page 1 of 4 123 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •