Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 23

Thread: - Manfaat Donor Darah -

  1. #1
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,752

    Cool - Manfaat Donor Darah -

    Produksi sel baru

    Mendonorkan darah dapat merangsang sumsum tulang belakang Anda untuk memproduksi sel baru. Dengan kata lain, donor darah mengambil darah yang lama untuk diganti sel baru atau regenerasi sel darah.

    Cegah radikal bebas

    Donor darah menjaga kadar zat besi dalam tubuh agar tetap normal. Kalau zat besi berlebihan maka hasil akhir radikal bebas (sifatnya karsinogenik). Kondisi ini dapat berpotensi menjadi kanker.

    Hindari risiko kardiovaskular


    Bagi Anda yang rutin mendonorkan darah boleh bersuka cita. Pasalnya, donor darah dapat memicu metabolisme agar aliran darah tetap lancar. Sehingga tak ada lagi penyumbatan darah pada pembuluh darah. Dengan demikian, risiko terserang peyakit jantung dan stroke berkurang.



    Sumber : VIVALIFE
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  2. #2
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    5,134
    hm.... Lilly rutin mendonorkan darah di PMI?
    "And this world of armchair bloggers who created a generation of critics instead of leaders, I'm actually doing something. Right here, right now. For the city. For my country. And I'm not doing it alone. You're damn right I'm the hero."

    --Oliver Queen (Smallville)

  3. #3
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,752
    ga rutin , tapi pernah.

    om Ronggo rutin ya ?

    katanya 3 bulan sekali
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  4. #4
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,752
    Syarat Donor Darah- Donor darah merupakan tindakan yang mulia, karena bisa sangat bermanfaat bagi orang lain. Oleh karena itu banyak orang yang ingin sekali mendonorkan darahnya. Tapi sayangnya tidak semua orang bisa mendonorkan darahnya, karena ada Syarat Donor Darah yang harus dipenuhi untuk menyimpulkan seseorang apakah bisa donor darah atau tidak.

    ?

    Bagi yang memenuhi syarat donor darah tentunya tidak masalah dan langsung bisa mendonorkan darahnya, akan tetapi bagi* mereka yang tidak memenuhi syarat donor darah terbagi menjadi 2 :

    Tidak bisa mendonorkan darahnya untuk selamanya,

    Tidak bisa mendonorkan darahnya untuk sementara waktu, dan bisa mendonorkan darahnya jika persyaratannya telah terpenuhi lagi.

    ?
    Syarat Donor Darah (Dasar)

    Usia minimal 17 tahum

    Berat Badan Minimal 45 kg untuk pria dan wanita.

    Tekanan Darah Normal, yakni tekanan sistol = 100-150 mmHg dan tekanan diastol = 70 100 mmHg

    Denyut nadi teratur dengan Frekuensi* 50 100 kali/ menit

    Kadar Haemoglobin (Hb) wanita minimal 12 gram%, pria minimal 13 gram%.

    Orang dengan kondisi berikut ini tidak memenuhi syarat donor darah :

    Penyakit jantung atau paru-paru (Donor yang memiliki asma, tapi tanpa gejala asma boleh donor darah)

    Tekanan darah tinggi dalam pengobatan

    Diabetes dalam pengobatan

    Setelah Operasi besar (dapat mendonorkan darahnya setelah 12 bulan)

    AIDS atau gejala AIDS, seperti demam yang tidak dapat dijelaskan, keringat malam berat, penurunan berat badan yang tak terduga, pembesaran kelenjar, diare kronis.

    Epilepsi

    Hepatitis B atau C

    Sipilis

    Orang dengan kondisi berikut ini tidak memenuhi syarat donor darah untuk sementara waktu :


    Common cold (demam), flu atau radang tenggorokan, tunggu satu minggu setelah pemulihan atau sembuh

    Ekstraksi gigi atau perawatan gigi, tunggu 3 hari setelah pengobatan

    Infeksi kulit (minor), tunggu 1 minggu setelah penyembuhan lengkap

    Kehamilan normal, silakan menunggu selama 6 minggu setelah melahirkan dan ketika Anda tidak menyusui.

    Bepergian ke daerah endemis malaria seperti daerah pedesaan di Malaysia, Thailand, Indonesia, dll, silakan tunggu 6 minggu sampai 3 tahun dan meminta saran dokter apakah anda memenuhi syarat donor darah

    Kontak dengan Penderita Hepatitis B, tunggu 12 bulan dan setelah melakukan vaksinasi lengkap hepatitis B (dan menunjukkan respon antibodi yang memuaskan)

    Penyakit Menular misalnya Cacar air, Campak, Demam Berdarah, tunggu 6 bulan setelah pemulihan

    Kaitannya dengan Obat-obatan

    Orang yang mengonsumsi obat untuk pengobatan kanker, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes atau infeksi saat ini tidak akan diterima sebagai donor darah.

    Bagi mereka yang memakai :

    Obat Tradisional : Tunggu 3 hari baru bisa donor darah.

    Antibiotik : Tunggu 1 minggu baru bisa donor darah.

    Obat anti-malaria : Tunggu 4 minggu baru bisa donor darah.

    Itulah Syarat Donor Darah yang telah berhasil saya rangkumkan untuk Anda, untuk lebih memastikan apakah Anda memenuhi syarat* datangi saja unit donor darah, PMI, di daerah Anda.


    Sumber : www.mediskus.com

    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  5. #5
    pelanggan tetap PERMANDYAN's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    denpasar - bali
    Posts
    1,788
    akoe soeka donor darah, sempat dapat sertifikat dari pmi oentoek donor ke sepoeloeh kali....

  6. #6
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,752
    Lanjutkan om !



    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  7. #7
    pelanggan tetap PERMANDYAN's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    denpasar - bali
    Posts
    1,788
    tiap ada aksi donor darah di geredjakoe, dan djika tidak berhalangan pasti ikoetan donor...
    terakhir donor di kantor saat menjamboet hari telekomoenikasi.....

  8. #8
    pelanggan setia eve's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    4,115
    Dulu sebelum nikah, rajin donor darah. Tapi setelah nikah dan hamil, darahnya susah tenggelam. baruuu aja.. Kemaren donor. padahal biasanya gak isa...

    Keanya gara2 gw jadi sering ikut senam tiap jumat pagi dan makan sayur banyak... ^^
    hai hai hai......

  9. #9
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,752
    Maksudnya darah tenggelam apa [MENTION=62]eve[/MENTION] ?

    ---------- Post Merged at 07:40 PM ----------

    Quote Originally Posted by PERMANDYAN View Post
    tiap ada aksi donor darah di geredjakoe, dan djika tidak berhalangan pasti ikoetan donor...
    terakhir donor di kantor saat menjamboet hari telekomoenikasi.....
    Di gereja saya , tiap Minggu om

    Tapi saya ga pernah ikut di gereja , ikutnya di tempat lain.
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  10. #10
    pelanggan setia eve's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    4,115
    Dulu kan dicek hb nya cukup gak buat donor. Salah satunya diambil darah dikit dicelupin ke alkohol (atau cairan apa gitu) kalau tenggelam bisa donor (setelah dicek lainnya juga). Kalau kemarin ini di cek pakai alat digital. Kalau hb nya di atas 12,5 maka bisa donor. Kemaren saya 12,8. Lolos, tekanan darah 120 (tertinggi, biasanya 90-110).

    ^^ habis donor agak nggliyeng sih, tapi bisa ditopang ama pocari sweat. Oiya, dikasih mi instan + the anget habis donor. Lalu dikasih bungkusan isinya pocari sweat, biskuat, ama susu kotak ovaltine.

    Dulu saya inget waktu kuliah, ada temen mau pingsan habis donor. Kurang fit mungkin.

    Well, senam + sayur + donor darah, bikin hidup lebih fit. ^^ alhamdulillah...
    hai hai hai......

  11. #11
    pelanggan setia hajime_saitoh's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Mataram Lombok NTB
    Posts
    2,004
    biasanya sih 4 ampe lima bulan sekali.. cuman dua minggu yang lalu tumben gagal gara2 HB cuman 12 jadi gak bisa.... en sampe sekarang belum sempat2 juga

  12. #12
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,752
    Wah banyak juga ya yang suka donor darah

    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  13. #13
    pelanggan setia eve's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    4,115
    donor darah tuh bikin seger. karena secara otomatis darah akan memproduksi lagi darah segar untuk mengganti darah yang kita donorkan, jadi darah kita bakal segar.... ayo donor darah.... dengan menjaga kesehatan kita tentu saja, cukup tidur, cukup sayur, cukup sehat dan tidak mengkonsumsi obat2an
    hai hai hai......

  14. #14
    Barista kupo's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Jog Ja karta
    Posts
    3,847
    sebelum seger, lemes dulu....

  15. #15
    pelanggan setia serendipity's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,769

  16. #16
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,752
    tadi abis telepon PMI. tanya - tanya aja...

    harga sekantong darah sekarang kalo belinya pake surat RS swasta ato dokter pribadi harganya 400 rb sekantong. kalo pake surat RS pemerintah harganya 300 rb sekantong.

    googling lah saya , kenapa ya harga darah mahal...

    ini jawabannya...



    Pasien Hanya Membayar Biaya Pengganti Pengolahan Darah di PMI, Bukan Harga Darahnya


    Banyak masyarakat yang bertanya-tanya mengapa darah di PMI harganya mahal. Sehingga masyarakat berasumsi bahwa PMI memperjualbelikan darah yang didapat dari para Pendonor Darah yang secara sukarela telah mendonorkan darahnya.

    Namun tahukah anda bahwa Unit Donor Darah PMI (UDD PMI) sebagai central pelayanan darah PMI mengeluarkan biaya proses pengolahan dari para pendonor sampai darah tersebut siap didistribusikan kepada pasien.



    Berikut rincian biaya untuk 1 kantong darah :


    1. Kantong Darah

    Kantong darah yang digunakan pada saat kita donor darah bukanlah kantong biasa, kantong ini telah didesign khusus agar darah tidak mudah membeku dan tidak rusak dan saat ini PMI masih mengimpor dari luar negeri, karena Indonesia belum ada pabrik kantong darah.

    2. Pengecekan kesehatan donor.

    Pada saat mendonor, para pendonor pasti dicek kesehatanya mulai dari tensi darahnya hingga kadar Hemoglobinnya. nah, biaya pengecekan kesehan ini juga lumayan mahal.

    3. Pemeriksaan LAB penyakit menular

    Semua darah yang didapat dari para donor dicek penyakit yang sekiranya bisa menular lewat tranfusi darah kepada pasien dari pendonor, sesuai dengan keputusan Badan Kesehatan Dunia (WHO) penyakit yang wajib dicek tersebut adalah :

    a. HIV / AIDS
    b. SYPHILIS / RAJA SINGA / TREPONEMA
    c. HEPATITIS B
    d. HEPATITIS C

    PMI harus memastikan bahwa semua darah yang didistribusikan kepada pasien penerima adalah darah yang tidak terjangkit dari penyakit tersebut diatas. Kalau ada darah yang terdeteksi terjangkit penyakit-penyakit itu, maka darahnya dipisahkan untuk dimusnahkan.

    4. Biaya proses komponen darah

    Darah yang didonorkan tidak berhenti berbentuk merah itu saja, melainkan nantinya darah akan diproses lagi sesuai dengan kebutuhan dan permintaan atau kebutuhan pasien. Darah tersebut bisa dijadikan darah merah saja, darah putih saja, dll. contohnya kalau lagi musim DBD maka biasanya pasien butuh darah Trombosit, proses pembuatan dari darah merah sampai menjadi Trombosit ini memerlukan biaya yang lumayan tinggi juga.

    5. Uji Silang Serasi (Penyocokan antara darah donor dengan darah pasien)

    Banyak masyarakat yang mengira darah bisa langsung ditranfusikan begitu saja kepada pasien, jika itu dilakukan akan sangat beresiko bagi pasien karena walaupun golongan darahnya sama namun jika tidak serasi maka akan menimbulkan efek penolakan dari tubuh pasien. Yang benarnya adalah darah tersebut juga perlu dicocokan dahulu dengan darah sipasien, mulai dari kecocokan golongan darahnya dll. Nah, proses Uji Silang Serasi ini juga butuh biaya.

    6. Biaya operasional, jasa dan lainya

    Kesimpulannya, yang dibayar oleh pasien dan keluarganya bukanlah harga darah di PMI, melainkan biaya pengganti pengolahan darah tersebut.

    Penetapan biaya pengganti pengolahan darah itu bukan ditetapkan oleh PMI, tetapi diputuskan bersama oleh Pemerintah pusat dan DPR-RI.

    Jumlah biaya pengganti pengelolaan darah di PMI tersebut adalah Rp.250.000,- per-kantong. Besaran jumlah biaya itu berdasarkan Undang Undang No.36 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah RI No. 7 Tahun 2011 tentang Penataan Sistim Pembiayaan Pelayanan Penyediaan Darah.



    Sumber : http://pmiaceh.or.id/headline/pasien...harga-darahnya
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  17. #17
    Barista kupo's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Jog Ja karta
    Posts
    3,847
    Kenapa kok sampai telpon pmi cari darah ly?

  18. #18
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,752
    Disuruh adik telepon kesana Ko , soalnya mertuanya butuh transfusi darah karena HB nya rendah sekali , jadi harus diganti darah baru.
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  19. #19
    Barista kupo's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Jog Ja karta
    Posts
    3,847
    ooo.. semoga cepat sembuh.

  20. #20
    klo lagi rajin 2.5 - 3 bulan sekali... klo lg males, hadeuhh maaapp... 4-6 bulan sekali

Page 1 of 2 12 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •