Results 1 to 16 of 16

Thread: Kesamaan Islam dengan Mormon

  1. #1

    Kesamaan Islam dengan Mormon

    Syalom saudara-saudara sekalian, dalam topik ini saya ingin menyajikan perbandingan antara agama Islam dengan agama Mormon. Mari kita bahas secara perlahan :

    Persamaan :
    1. Baik Muhammad(penemu Islam) dan Joseph Smith(penemu Mormon) mengakui bahwa mereka sama-sama dikunjungi oleh Malaikat. Muhammad mengaku bahwa ia didatangi Malaikat bernama Jibril(Gabriel), sedangkan Joseph Smith mengaku didatangi Malaikat bernama Moroni.

    2. Keduanya sama-sama menulis Kitab Suci yang didikte oleh Tuhan melalui malaikatnya. Alquran dan Book of Mormon

    3. Muhammad mengklaim bahwa nabi-nabi terdahulu beragama muslim, sedangkan Joseph Smith mengklaim bahwa nabi-nabi terdahulu beragama Mormon.

    4. Sama-sama mengizinkan poligami

    5. Sama-sama mengklaim bahwa dirinya adalah nabi yang paling terakhir

    7. Sama-sama mengklaim bahwa kitab agamanyalah yang paling sempurna

    8. Sama-sama yakin bahwa Alkitab sudah diubah-ubah

    9. Muhammad mengklaim buta huruf, sedang Joseph smith tidak terdidik.

    10. Pendirinya Joseph Smith dan Muhammad sama-sama menganut poligami dan punya banyak istri

    11. Istri pertama dari nabi pendiri-nya berusia lebih tua dari dirinya sendiri

    12. Masing-masing dari agama tersebut terpecah menjadi dua aliran setelah kematian nabi pendiri-nya, dengan satu aliran mengklaim bahwa kepemimpinannya berlanjut pada keturunan nabi tersebut, dan aliran lainnya menyangkal pemikiran tersebut

    13. Menghormati nabi pendiri-nya secara istimewa namun tidak menyembahnya

    14. Percaya bahwa Kristen pada masa sekarang tidak sama dengan agama asli yang diajarkan oleh Isa Almasih

    15. Menyangkal doktrin Kristen Dosa Asal dan Tritunggal

    16. Percaya bahwa kepercayaan mereka merupakan satu-satunya agama yang paling benar di dunia pada saat ini

    17. Aktif melakukan pengubahan agama kepada orang-orang yang belum mengikuti agama tersebut

    18. Melaksanakan puasa pada masa-masa yang ditentukan

    19. Melarang praktik minuman beralkohol, judi, dan homoseksual dan biseksual

    20. Muhammad dan Joseph Smith sama-sama dianiaya oleh para penduduk lokal dan kemudian dipaksa untuk perpindah tempat (masing-masing dari Mekkah ke Madinah, dan dari Missouri sampai Illinois) pada masa pembentukan karir mereka.

    21. Muhammad dan Joseph Smith sama-sama mendirikan kota-negara teokratik pada masa pengajaran mereka, Muhammad diminta untuk mengambil kekuasaan Madinah, sementara Joseph Smith mendirikan Nauvoo, Illinois.

    Sumber:
    - faithfreedom.getforum.org/kesamaan-islam-dengan-mormon-t1529.html
    - id.wikipedia.org/wiki/Islam_dan_Mormonisme

    Saya melihat banyak kemiripan antara Islam dengan Mormon. Mungkinkah Mormon mencontek Islam atau baik Muhammad dan Joseph Smith memiliki pemikiran yang sama?

    Mormon sendiri dianggap sebagai denominasi Kristen. jika Mormon dianggap sebagai denominasi Kristen, mungkinkah Islam juga termasuk salah satu denominasi Kristen ?
    Last edited by HenHen; 10-10-2015 at 09:36 AM.

  2. #2
    coba-coba pupotku's Avatar
    Join Date
    Sep 2015
    Location
    Surabaya
    Posts
    36
    Lumayan buat bacaan subuh. Suwun suwun...

  3. #3
    kesimpulannya?

    ISLAM = MORMON

    atau

    CUMI?
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  4. #4
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,050
    Quote Originally Posted by HenHen View Post
    Saya melihat banyak kemiripan antara Islam dengan Mormon. Mungkinkah Mormon mencontek Islam atau baik Muhammad dan Joseph Smith memiliki pemikiran yang sama?

    Mormon sendiri dianggap sebagai denominasi Kristen. jika Mormon dianggap sebagai denominasi Kristen, mungkinkah Islam juga termasuk salah satu denominasi Kristen ?
    Saya kok malah melihat Islam lebih dekat ke Yahudi daripada Kristen ya?
    Memang sudah ada beberapa tuduhan Islam adalah "contekan" Yahudi atau Islam adalah "contekan" Kristen. Tetapi ada juga dari orientalist (non-muslim) yang tidak sepakat.

    Pernah baca bukunya Munim Sirry atau baca teori2nya Fred Donner?
    Lomba peluk2an di Citos: 30 November 2013
    Lomba dorong2an di Candra Naya (dkt Glodok): 8 Desember 2013

  5. #5
    Ganti kata Joseph Smith dengan Jesus Christ,bakal banyak yang sama juga. Dengan kata lain, cocoklogi.
    you can also find me here

  6. #6
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Ya memang Islam itu adalah turunan dari yahudi dan kristen. Jilid 1 yahudi, diperbaiki jilid 2 kristen, diperbaiki jilid 3 islam. Boleh aja sih pake buku jilid 1 ato 2.
    Jilid 4 nya setelah perang dunia III.

  7. #7
    [MENTION=44]ndableg[/MENTION]:

    jadi semacam ordo atau genre gitu yak

    Yahudi, Kristen, Islam = Semitik


    klo Mormon masup gerombolan mana yak
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  8. #8
    pelanggan tetap
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    1,352
    Bagus lha kalo sama. Kalo beda ntar malah ribut

  9. #9
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Quote Originally Posted by pasingsingan View Post
    [MENTION=44]ndableg[/MENTION]:

    jadi semacam ordo atau genre gitu yak

    Yahudi, Kristen, Islam = Semitik


    klo Mormon masup gerombolan mana yak
    Mormon itu ya kayak sunni, syiah, khawarij, ahmadiyah.

  10. #10
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Quote Originally Posted by kandalf View Post
    Saya kok malah melihat Islam lebih dekat ke Yahudi daripada Kristen ya?
    kalo kristen ortodox mungkin deket juga.
    Masalahnya kristen yg dikenal di indo adalah kristennya eropa/romawi, di mana spt halnya islam jawa/kejawen, kental dgn unsur budaya, macam pohon natal, sinterklas, winter solstice, dlsbgnya. Coba kristen ortodox di suriah misalnya.. mana ada pohon natal.

    Kayaknya ada kisah sejarah muhammad pertama kali dikenali sbg nabi, waktu belum jadi nabi, oleh pendeta kristen. Karena dari mana lagi sumber kabar gembira kedatangan sang ahmad?
    Last edited by ndableg; 20-10-2015 at 02:41 AM.

  11. #11
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Quote Originally Posted by sedgedjenar View Post
    Bagus lha kalo sama. Kalo beda ntar malah ribut
    Mgk karena beti jadi ribut?

  12. #12
    coba-coba pupotku's Avatar
    Join Date
    Sep 2015
    Location
    Surabaya
    Posts
    36
    Bisa jadi. Mungkin muhammad dulu tidak tahu kalo dia bakalan diangkat jadi nabi. Lagian pas jaman dia kan juga banyak nama muhammad lainnya.

    Muhammad kan juga manusia.

  13. #13
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Nggak tau jg ya. Nama muhammad di Arab, konon, beliau yg pertama.

  14. #14
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,946
    Josep Smith masup penjara. Muhammad? Masuk goa tiga hari.
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  15. #15
    pelanggan tetap
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    1,352
    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Mgk karena beti jadi ribut?
    Mgk = manunggaling gusti kawulo?

  16. #16
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    mungkin pak eeee.. mosok ga pernah sms an..

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •