Results 1 to 11 of 11

Thread: Menulis

  1. #1
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544

    Menulis

    ada yang punya kisi2 gimana menulis yang baik gak?
    aku sekarang punya banyak bahasan yang ingin ditulis (di blog) tapi aku orangnya kalau sudah diganggu dikit, langsung hilang konsentrasi. gimana ya caranya supaya bisa nulis, diganggu2 dikit tapi ide2nya ga langsung buyar. mohon masukannya
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  2. #2
    pelanggan second_life's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    again, on my second life
    Posts
    434
    wah, g belom pernah nulis buat blog sih. klo bikin cerpen/cerbung lumayan sering

    klo daku mah, biar ga lupa, ide2ny di catet aja. nanti pengembangan penulisanny bisa dipikir sambil melakukan kegiatan lain. misal: sambil duduk di bus pas berangkat kerja, atau pas mandi, atau pas makan
    ntar begitu punya waktu, udah ga usah mikir terlalu banyak, tinggal tulis aja hasil pengembangan yg udah dipikirn sebelumnya.
    abis itu, tinggal proofreading, selesai ^^

  3. #3
    pelanggan tetap ga_genah's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    1,653
    benar tuh...
    catat pointnya atau tulis judulnya...

  4. #4
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,059
    Saya juga bukan penulis yang konsisten kok
    Katanya sih ide dituliskan di notes hp atau di kertas. Intinya sih ditulis biar hilang.
    Kalau mau nulis serius biasakan dengan penerapan EYD yang disiplin. *Sesekali melongok EYD juga gpp biar sekalian ngecharge ingatan kita*.
    Kalau penulisannya rapi, tidak typo kan yang baca juga enak.
    Katanya orang sih kalau mau nulis ya nulis aja, jangan terlalu terdikte oleh orang lain, dan biarkan hal itu menjadi style dalam cara menulis kamu.

    eh kebanyakan katanya dan kalau

  5. #5
    pelanggan second_life's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    again, on my second life
    Posts
    434
    Quote Originally Posted by etca View Post
    Kalau mau nulis serius biasakan dengan penerapan EYD yang disiplin. *Sesekali melongok EYD juga gpp biar sekalian ngecharge ingatan kita*.
    Kalau penulisannya rapi, tidak typo kan yang baca juga enak.
    Katanya orang sih kalau mau nulis ya nulis aja, jangan terlalu terdikte oleh orang lain, dan biarkan hal itu menjadi style dalam cara menulis kamu.
    setuju dgn yg d blok biru, tp kurang setuju dgn yg d blok merah
    IMHO, EYD memang penting, terutama untuk tulisan2 formal. tp untuk tulisan2 'sekedarnya (ex: novel santai)', EYD ga terlalu penting lg.
    yg penting adalah isi yg diceritakan. cukup menarik kah untuk membuat pembaca tetap membaca?
    *eh, OOT ga sih g? sorry klo OOT ya

  6. #6
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,059
    kan ngomongnya EYD bukan kata baku
    kalau mengenai diksi terserah kekreativitasan penulis, mau pakai bahasa gaul atau bahasa seharihari.
    ntar tinggal diitalic aja.

  7. #7
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,365
    biasanya inspirasi itu muncul justru ketika dalam keadaan bengong

    berarti, kalo mau menulis jangan diniatin serius, karena justru malah gak akan keluar idenya
    ELPHELT VALENTINE'S MARIONETTE.

  8. #8
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,902
    Quote Originally Posted by Yuki View Post
    biasanya inspirasi itu muncul justru ketika dalam keadaan bengong

    berarti, kalo mau menulis jangan diniatin serius, karena justru malah gak akan keluar idenya
    Iya bener. Pas lg mood nulis saya langsung nulis. Ntar ngeditnya belakangan.
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  9. #9
    pelanggan tetap ga_genah's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    1,653
    dan sekerang lagi tidak mood nulis...

  10. #10
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    poin2 menarik muncul seringnya pas lagi bengong ga penting, dan kelupaan mulu mau dicatet. abis itu pas sempet catet eh udah lupa tadi mo nulis apa *nangis*
    jadi suka patah semangat. padahal tadi udah ngayal macam2 atau ketemu ide macam2.
    kayaknya ide apapun, seaneh, senorak, bahkan segakpenting apapun kalo keingetan harus langsung dicatat. dirangkai belakangan.
    makasih teman2, ntar dicoba lagi
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  11. #11
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,661
    iya, biasanya kalo ketemu ide, langsung dicatet aja. biasa langsung tulis di hape. ga panjang2, paling ide doank. ada waktu baru ditulisin lebih panjang

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •