Page 3 of 9 FirstFirst 12345 ... LastLast
Results 41 to 60 of 163

Thread: Pilih langsung atau lewat wakil?

  1. #41
    Quote Originally Posted by Casanova Love View Post
    Saya prefer pemilihan tidak langsung.
    Pemilihan langsung itu boros, makan waktu dan rentan konflik.

    Namun ya sayangnya saya juga skrg tidak percaya dg DPRD dan partai-partai.

    Dilema ya.
    Hahahahaha
    ahahahaha. betul dilema.

    tapi gak usah ngomongin DPRD sekarang deh, yang isinya kader2 karbitan dan cabutan.

    kalaupun DPRD itu isinya orang-orang yang berkualitas dan pinter-pinter, saya sendiri gak mau menyerahkan nasib saya ke mereka. jadi mirip2 oligarki dan tentunya rentan manipulasi.

    kalau soal boros dan makan waktu, menurut saya itu sih "harga" yang harus kita "bayar" untuk demokrasi. Harga yang harus dibayar karena kita bisa berpartisipasi secara langsung dalam sebuah proses politik.

    Jadi saya rasa, kalau gara2 boros dan makan waktu lalu kita menyerahkan begitu aja ke DPRD, kok kayanya pertimbangannya gak esensial?

    mengenai rentan konflik, gak ada yang menjamin kalau pemilihan tidak langsung bakal minim konflik. Jangan bandingin sama Orba, karena situasi dan kondisi pada saat itu jauh berbeda (dwifungsi ABRI dan produk2 turunannya)

    Lagipula, kalaupun ada konflik, memang berapa banyak konflik (horizontal) yang terjadi selama pilkada langsung?

    kalau berdasarkan data International Crisis Group di tahun 2010, ada 20 konflik horizontal dari 244 pilkada yang berlangsung. (lihat International Crisis Group, Indonesia: Preventing Violence in Local Elections, Asia Report N°197 – 8 December 2010).

    kalau dari persentasenya, berarti lebih kurang 20% terjadi konflik horizontal. toh itu juga semua selesai. dan saya rasa, solusi untuk mencegah konflik horizontal bukan dengan menyerahkan kewenangan memilih ke DPRD, tapi justru meningkatkan kualitas pendidikan politik, terutama dari pihak2 terkait (parpol, politisi, LSM, KPU, Bawaslu, Pemerintah, DPRD, dll)

  2. #42
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    nah, kalo anggota DPRD itu dipilih oleh siapa ?

  3. #43
    pelanggan setia et dah's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Land Between Solar Systems
    Posts
    3,911
    nah, kalo anggota DPRD itu dipilih oleh siapa ?

    sama sama
    preet

  4. #44
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,398
    Lho.. Moso ndak tahu anggota DPRD dipilih siapa. Gugel dong, gugel.
    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

  5. #45
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    DPRD/DPR sudah dipilih rakyat, idealnya rakyat ga perlu milih pemimpin langsung lagi.

    Tapi karena jumlah partai terlalu banyak, pilihan rakyat pun terpecah2, dimana seharusnya pemilih pks, pkb, ppp, dll adalah pemilih yg sejenis. Sebuah partai tidak bisa berhasil memperjuangkan ideologinya karena mau tidak mau harus berkoalisi, di mana tawar menawar terjadi. Partai pemenang pun bukan pemenang. Lenyap lah sudah ideologi, yg ada perjanjian2 politik.

    Maka utk milih pemimpin pun perlu rakyat turun lagi. Dgn adanya dua kali memilih, maka menurut gw ada yg sia2.
    Last edited by ndableg; 15-09-2014 at 06:13 PM.

  6. #46
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    Quote Originally Posted by mbok jamu View Post
    Lho.. Moso ndak tahu anggota DPRD dipilih siapa. Gugel dong, gugel.
    ini pertanyaan retoris

  7. #47
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,398
    Retoris-nya di mana, Gik?
    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

  8. #48
    pelanggan setia et dah's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Land Between Solar Systems
    Posts
    3,911
    Quote Originally Posted by mbok jamu View Post
    Retoris-nya di mana, Gik?
    di pertanyaannya
    masa di dalem celana
    Last edited by et dah; 16-09-2014 at 01:06 PM.

  9. #49
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,351
    Quote Originally Posted by nerve_gas View Post
    kalaupun DPRD itu isinya orang-orang yang berkualitas dan pinter-pinter, saya sendiri gak mau menyerahkan nasib saya ke mereka. jadi mirip2 oligarki dan tentunya rentan manipulasi.
    LIKE THIS
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  10. #50


    "Maybe not all of our efforts will be rewarded. But without effort, you will get nothing"
    Takahashi Minami

    ------------------------------------------------------------------
    Thread paling Hot di l AKB48 Glossary l 48Fams l My Blog

  11. #51
    pelanggan Casanova Love's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    451
    Bgini lho...

    Jika Kepala Daerah dpilih langsung oleh rakyat, brarti kan DPRD nya tidak/kurang dipercaya utk membawa suara rakyat.

    Normalnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah mwakili rakyat daerah dg suaranya shg pilihan mreka adalah pilihan rakyat.

    Nah, kl DPRD tidak dipercaya, buat apa pilih DPRD?

    Knapa rakyat harus sampai memilih 2 kali.

    --------

    Ini mnuntun pd ptanyaan brikutnya,

    Jika kita tidak bisa pcaya pd kterwakilan suara DPRD, mngapa yg kita bereskan bukan DPRD-nya saja?

    Mnrt saya, mendingan adakan gerakan tolak pemilu legislatif.

  12. #52
    IMO

    DPRD itu kan dipilih berdasarkan asas proporsionalitas. Dengan kata lain, semakin padat penduduk di sebuah daerah pemilihan (dapil), maka perwakilannya semakin banyak. Contohnya aja di Bandung, ada Dapil yang isinya 7 orang, ada juga yang 10 orang.

    Nah, proporsionalitas ini juga terkait dengan bilangan pembagi pemilih (BPP). Lagi-lagi, Kota Bandung, saya ambil contoh, BPP-nya ditetapkan sekitar 43 ribu orang, untuk satu kursi anggota DRPD Kota Bandung. BPP ini hasil dari pembagian jumlah pemilih di Kota Bandung, sekitar 2,2 juta dibagi 50 kursi DPRD Kota Bandung.

    Lalu, kalau kita menerapkan pemilihan kepala daerah melalui DPRD, memangnya 43 ribu orang yang diwakili oleh 1 orang anggota DPRD itu memiliki suara yang sama semuanya? Memangnya gak ada yang punya platform politik yang berbeda?

    Ini baru masalah angka saja, dan saya rasa, permasalahan angka ini tentunya bukan masalah yang sepele. Agak-agak konyol kalau kita menganggap suara 43 ribu sekian itu bisa diserahkan begitu saja ke salah satu calon kepala daerah.

    Masalah lain adalah kurangnya transparansi dalam semua kegiatan DPRD, yang memang menjadi masalah akut dari Sabang sampai Merauke.

    Siapa yang bisa mengontrol peraturan daerah (Perda) yang sedang dibahas oleh DPRD? Siapa yang bisa tahu naskah akademiknya seperti apa? Siapa yang tahu Perda mana yang akan dijadwalkan untuk disidangkan, dan kemudian disetujui oleh DPRD?

    Informasi krusial yang seharusnya dapat diakses oleh publik seperti itu aja masih gak bisa diperbaiki. Lalu bagaimana nasibnya dengan pemilihan kepala daerah?

    Lalu, fungsi dari DPRD itu sendiri kan sudah jelas: legislasi, pengawasan, dan anggaran. Di mana esensinya ketika DPRD pun diberikan kewenangan memilih eksekutif? Legislatif memilih eksekutif? Trus separation of powernya di mana?

    Beda hal kalau jadinya kaya parlementer ya? Yang bisa mengajukan mosi tidak percaya kapanpun, dan kemudian diganti dengan yang baru. Tapi apa iya mau kaya gitu?

  13. #53
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    Quote Originally Posted by nerve_gas View Post

    Ini baru masalah angka saja, dan saya rasa, permasalahan angka ini tentunya bukan masalah yang sepele. Agak-agak konyol kalau kita menganggap suara 43 ribu sekian itu bisa diserahkan begitu saja ke salah satu calon kepala daerah.
    untuk urusan ini aja masih banyak yg salah pilih karena gak kenal siapa yg dipilih, karena informasi gak valid, gak lengkap, dll


    Quote Originally Posted by nerve_gas View Post
    Beda hal kalau jadinya kaya parlementer ya? Yang bisa mengajukan mosi tidak percaya kapanpun, dan kemudian diganti dengan yang baru. Tapi apa iya mau kaya gitu?
    dicoba aja, kali aja cocok
    sama seperti waktu pilkada pertama kali


  14. #54
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,351
    Quote Originally Posted by GiKu View Post



    dicoba aja, kali aja cocok
    sama seperti waktu pilkada pertama kali

    Dicoba? Pilih presiden kok coba coba, emangnya cari pacar?
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  15. #55
    pelanggan tetap ga_genah's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    1,655
    hancurkan dulu semuanya, baru bangun yang baru...

  16. #56
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    apanya mau dicoba? jaman orba kan udah pernah
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  17. #57
    DPR/DPRD kan dipilih buat melakukan fungsi pengawasan, legislasi, dan anggaran. Bukan untuk memilih kepala eksekutif.

    Jadi sebagai rakyat, saya ya menyerahkan ketiga hak tersebut saja. Itu motif saya untuk ikut pileg.
    Bukan mau menyerahkan hak saya untuk memilih kepala eksekutif.

  18. #58
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,366
    ayo bubarkan legislatif

    lama-lama saya gedeg ama yg satu ini
    CURE SUNSHINE WA KAKKOSUGIRU.

  19. #59
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,398
    Quote Originally Posted by Kingform View Post

    'Anggota DPR/DPRD itu dipilih siapa?' justru pertanyaan yang mesti dijawab. Lha.. anggota-anggota DPR yang tidur ini dipilih siapa? Koq rakyat memilih yang seperti ini?

    Kalau memang pilihanmu, kenapa komplen? Lha pilihanmu koq.
    "The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why." - Mark Twain

  20. #60
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    simbok mulei paham


    orang baik memilih orang baik
    orang jahat memilih orang jahat

Page 3 of 9 FirstFirst 12345 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •