Page 1 of 12 12311 ... LastLast
Results 1 to 20 of 239

Thread: Yang Hobi Gowes

  1. #1
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544

    Yang Hobi Gowes

    Abis dari toko sepeda, sejujurnya ga hobi sih tapi karena dimintai tolong nemenin belanja buat aksesoris sepeda (pakaian + sepatu) baru ngeh, ternyata ada ya barang2 macam begonoh?

    melongo memperhatikan sepeda yang harganya mencapai 50jt
    ternyata ada sepatu khusus buat sepeda
    ada tambahan buat sadel sepeda supaya ga sakit
    celana khusus buat sepeda
    dll dll

    hmmm...
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  2. #2
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,073
    *ngelirik mmbah pasing,

    mbaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhh sepedamu yang buat trekking itu harganya berapaan??


    nyolong dari fesbuknya mbah pasing
    ga nyana beliau menempuh medan laga seperti itu,
    kalau sepedanya ga kokoh dan nyaman, dah bakalan semplok duluan

  3. #3
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694


    ini asyik yg pake batre.. klo capek bisa ngaso..
    n bisa di lipet2 masukin ke dalam mobil...

  4. #4
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694
    Quote Originally Posted by etca
    *ngelirik mmbah pasing,

    mbaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhh sepedamu yang buat trekking itu harganya berapaan??


    nyolong dari fesbuknya mbah pasing
    ga nyana beliau menempuh medan laga seperti itu,
    kalau sepedanya ga kokoh dan nyaman, dah bakalan semplok duluan
    ini mah mountain bike..??? hrs bener2 hobby..

  5. #5
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    5,135
    Beli saja sepeda lipat atau fixie, sekitar 1jt-an sudah bagus.

  6. #6
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,073
    http://diditho.net/2007/06/08/perlen...sepeda-gunung/

    sumber mah ditulis tahun 2007, otomatis harga tahun segitu

    Perlengkapan Sepeda Gunung
    s


    Rem Cakram (Disc Brake)
    .
    Seharusnya perangkat ini bukan kategori perlengkapan , tetapi karena pernah memiliki pengalaman buruk dengan v-brake. akhirnya saya masukkan saja ke dalam daftar.
    Harga mulai: Rp.450.000,- an



    Helm (Helmet)
    .
    Perangkat yang wajib untuk melindungi aset di tubuh kita yang paling berharga. Berat dan bentuk helm satu sama lainnya bisa beragam. pilih yang cocok untuk anda.
    Harga mulai: Rp 95.000.- an



    Sarung Tangan (Glove)
    .
    Berbagai tipe sarung tangan digunakan untuk melindungi tangan dan agar tangan tidak cepat lelah. Sarung tangan ini ada yang memiliki bantalan busa, kulit sampai ke gel.
    (non gel)Harga mulai: Rp 35.000,- an(gel) Harga mulai: Rp 150.000,- an



    Rescue tools (allen key plus set)
    .
    Perangkat ini harus selalu kita bawa saat bersepeda, berguna untuk menyelesaikan masalah pada sepeda kita. Biasanya berupa gabungan kunci ‘L’ (allen key) dan kunci lainnya. Kebanyakan baut pada sepeda gunung hanya bisa dikerjakan dengan kunci ‘L’.
    Harga mulai: Rp.25.000,- an



    Pengungkit ban (tire lever)
    .
    Berguna untuk membuka ban luar bila ban kia kempis. Biasanya dijual bersama dengan perangkat penambal ban seperti lem, amplas dan penambal.
    Harga mulai: Rp.20.000,- an



    Pemutus rantai (chain tool)
    .
    Berguna untuk memutuskan dan menyambung rantai sepeda. Sangat mungkin dalam sustu perjalanan bersepeda, rantai tiba-tiba terputus.
    Harga mulai: Rp.20.000,-an



    Pompa (pump)
    .
    Perlengkapan wajib bila harus memompa ban di tengah hutan (jauh dari peradaban). Biasanya alat ini memliki penampang untuk di kaitkan pada frame sepeda.
    Harga mulai: Rp.25.000,-an



    Ban dalam (inner tubes)
    .
    Walaupun pengunkit ban (tire lever) biasanya dilengkapi dengan alat tambal ban. Lebih baik membawa ban cadangan sendiri. lebih cepat dan ringkas. Sewaktu membeli perhatikan ukurannya, pastikan sesuai dengan ukuran ban luar.
    Harga mulai: Rp 12.000,-an



    First Aid Kit
    .
    Aktifitas bersepeda, apalagi di pegunungan atau di perbukitan biasanya diwrnai dengan kejadian jatuh dari sepeda atau jenis kecelakaan lainnya. Yang wajib dibawa adalah perban, perekat,gunting, obat merah dan alkohol.
    Harga mulai: …




    Hydra Pack atau botol minum
    .
    Air adalah sesuatu yang wajib dibawa sewaktu bersepeda. Entah menggunakan botol atau hydra pack. Hydra pack adalah tempat air yang satu paket dengan tasnya, memiliki selang yang menjulur melewati punggung, tujuannya agar mulut kita dapat mengkonsumsi air dari selang. note: karena harganya mahal,kebetulan saya belum punya . Kapasitas air yang bisa ditampung antara 1,5- 2 liter.
    Harga mulai: Rp 250.000,-an



    Cleat Pedal System
    .
    Sistem pedal khusus yang memiliki fungsi pengait ke sepatu. Dengan menggunakan pedal jenis ini, telapak sepatu tidak mudah terlepas dari pedal, sehingga tenaga yang disalurkan ke pedal lebih efisien. Penggunaan alat ini perlu latihan, seringkali pengendara sepeda terjatuh hanya karena tidak sempat melepaskan pengait sepatu dari pedal ini.
    Harga mulai Rp 155.000,- an





  7. #7
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,073
    lanjutannya :

    Sepatu MTB
    .
    Untuk menggunakan cleat pedal system, diperlukan sepatu khusus juga. Sepatu ini mirip sekali dengan sepatu hiking, bedanya bagian telapaknya lebih keras (sangat kaku) dan memiliki besi pengait (cleat) di bagian telapak depannya.
    Harga mulai Rp 350.000,- an



    Handphone
    .
    Perangkat ini harus selalu di bawa, agar dapat menghubungi teman atau keluarga terdekat bila terjadi sesuatu. misalnya tertinggal rombongan atau nyasar di hutan
    Harga mulai: Rp .. “coba ingat2 waktu itu beli hpnya berapaan?



    Penahan lumpur (mud fender)
    .
    Penahan lumpur untuk roda depan yang dipasang di bagian bawah frame bukanlah untuk gaya-gayaan. Perangkat ini berguna untuk melindungi mata dari cipratan lumpur dan kerikil. Sangat berguna bagi yang menggunakan kaca mata minus yang biasanya tidak memiliki kacamata khusus.
    Harga mulai: Rp 35.000,- an



    Kacamata Sport
    .
    Sangat disaranan untuk menggunakan kacamata sport untuk melindungi bagian penglihatan dari berbagai ancaman. misalnya jatuh di bagian muka, kerikil, lumpur dan lain sebagainya.
    Harga mulai: Rp 30.000, -an (beneran..coba aja cek di abang2 pinggir jalan..)



    Jersey
    .
    Baju khusus untuk bersepeda ini biasaya terbuat dari bahan yang elastis (mudah melar) dan memiiki banyak bolongan di bahannnya. Sangat nyaman digunakan untuk bersepeda, Bila kepanasan di siang hari, bahan baju ini cepat melepas panas di tubuh.Harga mulai: Rp 100.000, -an




    Bicycle short
    .
    Celana khsus bersepeda ada bermacam – macam. Biasanya yang paling sering digunakan adalah model yang ketat dan satu lagi yang mirip celana pendek.
    Harga mulai: Rp 60.000, -an

  8. #8
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694
    mantab dah etca... itu perlengkapan profesional

  9. #9
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    tadi nemenin beli
    1. sepatu khusus sepeda merk sugeno kaloga salah (800rb)
    sepatu ini ada pelatnya (blm ngerti buat apaan)
    2. celana khusus (bukan yang ketat, tapi ada bantalan) 225rb

    nanya2 bajunya, mulai 125rb

    wow...
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  10. #10
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694
    Quote Originally Posted by cha_n
    tadi nemenin beli
    1. sepatu khusus sepeda merk sugeno kaloga salah (800rb)
    sepatu ini ada pelatnya (blm ngerti buat apaan)
    2. celana khusus (bukan yang ketat, tapi ada bantalan) 225rb

    nanya2 bajunya, mulai 125rb

    wow...
    sepatunya mahal amat !!
    kalah sepatu golfku.. cuma 600rb

  11. #11
    Barista deddy's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Mahakam
    Posts
    2,250
    yang hobby gowes gowes mbah pasing nih sudah jelajah di kaltim.... masuk hutan keluar hutan.....
    GARUDA DI DADAKU

  12. #12
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    jadiii sapa bilang ini hobi murah ixixixixi

    tapi kalo kelas cere ya paling modal sepeda aja sih, err ama helm deh, buatk keliling komplek doang
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  13. #13
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,073
    ama sepokaattt chann, sepokaaatt.. juga.
    masak mau pake sendal jepit

  14. #14
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    masa mau keliling komplek doank musti pake sepokat mahal begono? yang ada ga bakal kupake2, dipajang doang *masih miskin
    mungkin bisa sepatu biasa aja, yang buat lari atau aerobik
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  15. #15
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,073
    lah biarpun sepatu jogging, aerobik atau buat jalan,
    kan teuteup juga butuh sepokat

  16. #16
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,662
    Weh, mahal amat aksesoris2nya
    Itu buat yang serius nih dengan medan gak beraspal

  17. #17
    hmm ....
    rupanya ada yng colek2 hobi gw dimari yak :sambit etca:

    sepeda gunung dulu dikenal dng istilah ATB (All Terrain Bike)
    belakangan kian populer dikenal dng MTB (Mountain Bike)
    ada tiga varian sepeda gunung menurut spesialisasi pemakaiannya
    - Cross Country a.k.a XC
    - All Mountain a.k.a AM
    - Down Hill a.k.a DH

    CIRI PHISIK

    * sepeda XC -- Hard Tail (menggunakan suspensi depan/suspension fork)
    Spoiler for MTB XC bike :


    * sepeda AM -- Full Suspension (menggunakan suspensi depan dan belakang)
    Spoiler for MTB AM bike:


    * sepeda DH --- Full suspension (khusus suspensi depannya menggunakan long travel)
    Spoiler for MTB DH bike:



    HARGA SEPEDA

    harga sepeda MTB ditentukan oleh:
    1. jenis frame material (carbon, aluminium, chromoly)
    2. komponen drivetrain (merek dan level pemakaian)
    3. suspensi (merek dan sistem peredamnya)
    4. braking sistemya (cantilever, V-brake, disc brake)
    Last edited by pasingsingan; 29-05-2011 at 11:37 PM.
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  18. #18
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Wedeh2.. emang musti ga tanggung kalo hobi.. Kalo saya mah buat kendaraan ngantor aja..

  19. #19
    pelanggan tetap Alip's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Posts
    1,635
    Cuma social biker...

    Cuma punya sepeda bekas yang dipermak di bengkel... mereknya udah gak jelas... kebacanya sih kayak 'pentagon' gitu... dulu beli rangka thok, tiga ratus rebong. Tambah macem-macem, total habis enam ratus...

    semua part-nya seken, kalau si bengkel ketemu barang bekas layak pake, dia telpun saya... tapi definisi "layak" di sini sering perlu diperjelas dulu

    Beratnya minta ampun...
    enam speed di belakang, tiga speed di depan... tapi mindahinnya perlu pake japa mantra sumpah serapah...

    sering saya pakai untuk kendaraan ke gym, tapi bukan ditunggangi, dia saya panggul di bahu sambil lari buat pemanasan... lumayan sampai gym bisa langsung hantam bobot gila-gilaan...
    pulangnya baru gowes...

    asesoris atau pakaian?
    Sarung tangan merk kettler yang biasa saya pake angkat barbel...
    Sepatu Vibram five fingers yang sebenarnya saya pake buat latihan silat...

    Paling nggak suka kalau diajak touring sama tetangga... sasarannya bubur ayam melulu
    "Mille millions de mille milliards de mille sabords!"

  20. #20
    ............. edited (dobel post)
    Last edited by pasingsingan; 29-05-2011 at 11:44 PM.
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

Page 1 of 12 12311 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •