Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 26

Thread: [Reportase 96 hari] Daily Reason To Be Happy - Roadshow Gathering Kilat & KejutanKejutan Yang Menyenangkan

  1. #1
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,045

    [Reportase 96 hari] Daily Reason To Be Happy - Roadshow Gathering Kilat & KejutanKejutan Yang Menyenangkan

    Hari ke-96.

    Siapa yang menyangka thread yang diposting oleh Kilat pada tanggal 21 Agustus 2008 silam dengan judul,
    : Salam buat semuanya dari negeri Belanda !

    Pada waktu itu dia mengaku baru satu tahun belajar berbahasa Indonesia, rasanya tidak akan ada yang percaya mengingat di saat penulisan terlihat sangat fasih meski masih sering ditemui kejanggalan yang kemudian beberapa kawan bergotong-royong untuk memperbaiki tata bahasanya.
    Itulah sebuah awal perkenalan kami dengan Kilat.

    Kedatangan pertama kali ke Indonesia di bulan Mei 2009 dalam artian bertemu dengan kawankawan di sini. Berkenalan dengan suami, dan kedua orang tuanya. Keluarga yang begitu ramah dan begitu hangat. Pada liburannya saat itu kami pun mengadakan 2x pertemuan. Di Jakarta juga di kota Bandung. Ketika dia kembali ke Belanda, pertemanan bertukar kabar dan cerita itu terhubung melalui media forum juga jejaring sosial yang lainnya. Ada banyak keterlibatan emosi dengan temanteman di sini, apalagi dengan mereka yang juga mengetahui perjuangannya beliau sebagai seorang survivor. Tak heran kedatangannya di tahun 2014 ini lagilagi mendapat sambutan yang hangat dari temanteman.


    to be continued

  2. #2
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    5,135
    Pertamax.... Sebelum dikapling cifkuk
    "And this world of armchair bloggers who created a generation of critics instead of leaders, I'm actually doing something. Right here, right now. For the city. For my country. And I'm not doing it alone. You're damn right I'm the hero."

    --Oliver Queen (Smallville)

  3. #3
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,045
    Hari ke-95.

    Mba Kilat, baru saja aku melintasi lagi timeline milikmu, ada yang kucari di sana.
    Apa yang kucari ya di sana?

    Ohya, buat temanteman lain yang membaca di sini. Sengaja aku menggunakan kata 'aku' dan 'kamu'. Beberapa bulan yang lalu kami sempat membahasnya di whatsapp. Panggilan apa yang sekiranya mba Kilat nyaman dan terkesan tidak ada jarak pertemanan. Kedengarannya konyol ya. Padahal aku sudah lama sekali menyimpan nomornya, ya sejak tahun 2009 itu. Tapi intensitas ngobrol di ruang maya via layar kaca ponsel itu tak sering kami lakukan. Dan spesial di Reportase ini aku ingin menggunakan kata ganti pertama.

    Di timeline FB itu, aku menemukan kejadian beberapa waktu silam. Atau tepatnya 17 Maret 2014. Kamu menuliskan :
    Tickets pp Jakarta sudah ada ..
    Ada 15 Likes dan 30 komentar di sana. Sebagian besar tentu saja kawankawan di kopimaya ini.

    Sebenarnya kami sudah tahu keinginanmu untuk pergi ke Indonesia lagi. Tahun 2014 ini, artinya ketiga kalinya kamu mengunjungi negara Indonesia. Sekalipun berwarga negara asing, tapi kamu sekeluarga sangat mencintai Indonesia, gemar memasak masakan Indonesia. Sering kali terasa lupa kalau kamu ini orang Belanda asli, tanpa darah Indonesia tulen yang mengalir di darahmu.

    Tentu saja dengan kepastian ke Indonesia setelah tiket berada di tangan kalian. Temanteman yang menjadi mutual friend di FB kamu tentu bisa menjadi saksi bahwa betapa bersemangatnya kamu menantikan tanggal keberangkatanmu ke Indonesia. Sebagai contohnya kamu mulai menanyakan, "Apakah uang-uang ini masih berlaku di Indonesia?" Uang Indonesia yang masih kalian simpan sejak perjalanan di tahun 2009.


    bersambung.

  4. #4
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,045
    Quote Originally Posted by Ronggolawe View Post
    Pertamax.... Sebelum dikapling cifkuk
    kali ini tidak main lock

  5. #5
    pelanggan setia Kilat's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    2,203
    Terima kasih [MENTION=6]etca[/MENTION]
    Kamu sudah di sampingku sepanjang jalan ..
    Dari pertama kali ketika aku menulis di forum hingga sekarang. Semakin lama kita berkenal semakin dekat kita, apalagi bulan-bulan terakhir. *peluk besar*
    mau bikin signature baru tapi kehilangan teksnya

  6. #6
    pelanggan setia Kilat's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    2,203
    @all
    Tidak ada kata tepat untuk menjelaskan betapa terharu kalian telah membuat saya, berkali-kali dengan cara-cara yang beda.
    Dukungan kalian luar biasa .. itu memudahkan perjuangan saya untuk survive dan tahan rasa sakit.
    Kalian semua adalah orang yang hangat dan manis.
    Keinginan saya untuk ketemu kalian dan ketemu lagi tinggi sekali. Saya sangat senang kalian sudah datang ke kopdar2. Dan berharap kita bisa cepat ketemu kembali karena saya sudah kangen kalian.
    Terus .. saya terharu karena ada yang datang dari jauh, ada yang datang walau kopdar baru sebelum awal bulan puasa, yang pulang kampung khusus saya, yeng membuat waktu kosong untuk mengantarkan / menjemput kami ke / dari bandara. Kalian semua susah payah untuk datang meskipun sibuk, jauh, apapun
    Terus .. bantuan kalian luar biasa. Terima kasih banyak sekali.
    Hadiah-hadiah kalian bagus, oleh-olehnya enak.
    Diantarkan ke bandara itu pengalaman yang menghangatkan. Meskipun saat itu saya sedih sekali karena harus pamit maka kalian membuat saya tersenyum kembali.

    ---------- Post Merged at 11:15 AM ----------

    Kembali di Belanda ..
    Saat semangat saya habis maka kalian kirim saya banyak semangat. Saya dikirim kartu atas nama kalian yang penuh kata-kata semangat.
    Kalian mendoakan dan mendukung saya waktu di RS dan setelah pulang.
    Di RS ada bunga-bunga yang bagus dari kalian.
    Saat dipecat saya diberikan buku yang membuat saya langsung terharu kembali karena penuh tulisan yang menghangatkan dari kalian.
    Saya ingin berterima kasih kalian satu per satu . Mudah-mudahan saya mampu ya, sekarang masih dalam proses penyembuhan dan capek.
    Oh ya .. saya disuruh Etca untuk baca 1 halaman per hari saja. Pertama harinya saya sudah diam-diam membaca 4 halaman. kurang taat saya, hehe ..
    Pengen langsung menghabiskan buku itu .. karena membacanya membuat saya merasa dekatttt sekali dengan kalian ..
    Tapi belum mampu karena sering capek.
    Yang keluar kepala lebih gampang daripada yang masuk kepala .. haha
    Maksudnya menulis bisa saja, tapi membaca dan mengingat ya ampunnn ..

  7. #7
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,045
    ^
    yang diomongin mba Kilat di atas bikin banyak orang roaming nih
    Ada beberapa yang sudah paham dan mungkin melihat langsung apa yang dimaksud mba Kilat,
    Soalnya ada beberapa yg sudah diposting di FBnya mba Kilat jadinya err ga begitu bikin penasaran temanteman di sini.
    But it's okay.

    Err buat temanteman yang lain. maaf kali ini reportasenya terkesan speed-nya rendah.
    Ada beberapa alasan sebenarnya.
    Yang pasti, yang nulis Reportase sudah ga se-nganggur dulu waktu2 yang dimiliki sepulang gawe.
    Atau mungkin beberapa dari kalian sudah bisa menebaknya alasan2 yang lain.
    Asal mba [MENTION=15]Kilat[/MENTION] jangan lagilagi keceplosan ya.
    But, it's okay

  8. #8
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    5,135
    Etca mau.... itu ya?
    "And this world of armchair bloggers who created a generation of critics instead of leaders, I'm actually doing something. Right here, right now. For the city. For my country. And I'm not doing it alone. You're damn right I'm the hero."

    --Oliver Queen (Smallville)

  9. #9
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,045
    Hari ke-94 dan 93.

    Aku rapel jadi satu ya. Cerita yang untuk hari kemarin dan hari ini. Kebetulan kemarin tugas luar kantor dan pulang hingga larut malam.

    Tanggal 20-03-2014, 06:46 PM, ada pesan dari kamu melalui KM. Dengan judul : Hotel Tangerang.
    Di sana kamu memberikan semua informasi dan apa saja yang kamu butuhkan. Sejak itu aku pun pm-pm-an denganmu.

    Pertengahan Mei, aku ke Tangerang. Ada gembel yang akan menemaniku untuk reservasi hotel. Ternyata hotel yang ingin kamu pesan sudah penuh. Pantas saja sebulan sebelumnya sewaktu aku telpon ke sana katanya disuruh datang seminggu sebelumnya, rupanya mereka berharap ada cancel-an dari orang lain. Lalu aku menuju hotel ke-2. Penampakan aslinya tidak seperti aktualnya. Tentu saja mana tega kami membiarkan kalian yang usai perjalanan jauh. Harus adaptasi dengan cuaca di Indonesia, lalu menginap di kamar yang pengap dan terkesan lembab juga kamar mandi yang kotor itu.

    Spoiler for gambar hotel alternatif, tapi errr kondisinyaaa :( :


    kamar mandi jorky


    jendela hadap tembok itu


    kamar terkesan luas tapi lembab dan pengap hawa dalam kamar


    kamar lain di lantai dasar yang double bed


    Untunglah setelah kami berdiskusi gembel lalu berinisiatif mencari Hotel yang lain sekitar sana. Dan ketemulah hotel Narita yang relatif baru berusia 2 tahun. Kondisi bersih. Keadaannya jauh lebih bagus daripada hotel yang sebelumnya dan harganya pun relatif murah dengan fasilitas seperti itu. Sirkulasi udaranya sangat bagus. Mendapatkan kamar di lantai dasar dekat dengan pintu dan lobby utama. Sehingga tidak melelahkan buat mereka yang sudah sepuh dan kondisi kesehatan mba Kilat.

    Spoiler for hotel narita:


    kamar double bed yang dijadikan satu, sirkulasi udara bagus. kamar tidak lembab dan pengap


    kamar mandi jauh lebih bersih dengan fasilitas bath tube.


    eits, ini bukan pesan sponsor dari pihak Hotel ya

    bersambung

  10. #10
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    ini serius mau ditulis 96 hari semuanya?
    semangat ya, ca..
    Popo Nest

  11. #11
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,045
    ^
    doakan saja po
    Lagian sekarang berlamalama di KM juga jarang bisa.
    Mendingan ceritanya kucicil hingga pada saatnya tiba.
    Lagian 96 hari ini memang ada alasan kok
    ntar juga tahu kalau sudah waktunya.

  12. #12
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,885
    Masih tiga bulanan lagi baru selesai.
    #menghitungjari
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  13. #13
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    g kok jadi was2 dengan alasannya ya...
    bukan kabar buruk kan ...
    entah kenapa jadi negatif
    Popo Nest

  14. #14
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,045
    Quote Originally Posted by tuscany View Post
    Masih tiga bulanan lagi baru selesai.
    #menghitungjari
    saya termasuk orang yang telaten kok #eh #muji_sendiri
    yang susah adalah kalau ketiduran kayak semalam

    Quote Originally Posted by Porcelain Doll View Post
    g kok jadi was2 dengan alasannya ya...
    bukan kabar buruk kan ...
    entah kenapa jadi negatif
    hahahhahaha ga perlu was-was po.
    tujuannya baik kok

  15. #15
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,045
    Hari ke-92 dan 91

    Lagilagi aku harus merapelnya. Ini akibat jam tidur berubah drastis menyebabkan flu. Hari Minggu sebelum pergi aku 'terpaksa' minum obat agar hidung tidak ngocor sepanjang perjalanan. Akibatnya sepulang dari aktivitas sore itu aku tidur hingga keesokan harinya. Hanya terbangun sebentar untuk menyiapkan makan malam kemudian tidur lagi.

    Aku lanjutkan kisahnya ya.
    Ketika melakukan reservasi di Hotel Narita, kami melihat sebuah cafe. Kemudian kami bertanyatanya pada managernya. Lingkungannya bersih dan tidak ramai. Jaraknya pun sangat dekat. Cukup pas dengan kebutuhan kami. Karena tanggal 28 Juni ketika kami hendak mengadakan acara gathering, saat itu kami memperkirakan hari itu adalah hari pertama puasa. Artinya tidak bisa makan siang. Jadi kopdar diadakan sambil berbuka puasa. Jika demikian artinya jarak dengan waktu keberangkat mba Kilat untuk kembali ke Belanda terlalu mepet. Seandainya kami melaksanakan gathering di tempat lain maka sudah dipastikan kami tak memiliki waktu.

    Spoiler for Lokasi Gathering:


    cafe nyai dasima tampak depan


    cafe nyai dasima tampak dalam


    Saking baiknya sang Manager terhadap kami, beliau bahkan memberikan daftar menu makanan kepada kami untuk memudahkan kami memilih menu
    Spoiler for menu:


    Malam harinya aku mengabarkan ke mba Kilat tentang Hotel Narita. Bahwa kami mendapatkan kamar bersih dan berada di lantai dasar.
    Ketika mba Kilat bertanya, "Apakah jarak lokasi kopdar dengan hotel dekat?"
    Aku menjawabnya sambil tertawa, "Tak kurang dari 100 m sepertinya."

  16. #16
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,045
    Hari ke-90

    Ketika kamu memberikan sederetan jadwalmu. Rupanya jadwalmu kali ini hanya touring di Pulau Jawa saja, yaitu Jakarta - Yogyakarta - Magelang - Purwokerto - Wonosobo - Magelang - Yogyakarta - Jakarta. Tidak seperti lima tahun yang silam di mana kamu juga sempat singgah ke Pulau Sumatera dan semuanya itu segala sesuatunya kamu urus sendiri. Kali ini aku tahu keadaanmu pun tidak seprima 5 tahun yang silam, sementara kedua orang tuamu juga makin sepuh. Ada hal yang lebih penting yang perlu kami garis bawahi dari segala perjalananmu selama ke Indonesia. Yaitu napak tilas, di mana leluhur kalian pernah tinggal di Indonesia. Aku menyebutkan kata kalian, karena betulbetul kalian pernah ingin mencari tahu di mana dulu masa kecil ibumu pernah tinggal, meski sudah tidak memiliki memori mengenainya, atau pernah juga kala itu kalian ke Magelang, napak tilas di mana masa kecil ayahmu dihabiskan. Dan kalian menemukan rumah itu. Bahkan ketika bencana Gunung Merapi, dengan menitipkan keingin tahuan kalian kepada kami tentang kabar mereka. Kemudian kami diberi kesempatan untuk singgah di rumah itu pula. Sebuah gedung yang memang terlihat tua, tidak begitu banyak perubahan.

    Begitu juga tahun ini. Kali ini keluarga kalian ingin mengunjungi kembali keluarga eyang S di mana rumah tinggalnya adalah tempat ayahmu dulu tinggal. Lalu kunjungan ke Purwokerto adalah napak tilas di mana dulu opa suamimu pernah tinggal di sana. Perjalanan napak tilas itu menjadi menyenangkan rupanya. Ke tempat yang kalian tak pernah kunjungi, berinteraksi dengan orangorang perkampungan yang tidak kenal. Mencoba aneka makanan di pasar malam atau pasar. Banyaknya senyuman yang kalian jumpai. Suasana seperti itulah yang kalian sukai. Energi yang mampu membulatkan tekad kalian untuk datang ke Indonesia.

    Sekalipun...
    Kalau kami boleh berkata, kami semua was-was dengan keadaanmu. Orang tuamu yang kemungkinan juga lebih mudah lelah dibandingkan dengan lima tahun silam. Entahlah, kami semua ingin liburanmu kali ini menjadi begitu mudah dan tidak membebani segala pikiranmu. Karena bagaimanapun juga kami tahu yang bisa berinteraksi berbahasa Indonesia dengan baik adalah dirimu. Untuk itulah kami semua bertekad untuk bahu membahu mewarnai liburan kalian saat datang ke Indonesia.

  17. #17
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,045
    Hari ke-89

    Kamu bercerita, orang tuamu sangat senang mendengar kabar bahwa kami akan menjemputmu di Bandara. Kami pikir setidaknya bisa mengurangi beban pikiran kalian setelah perjalanan panjang yang melelahkan itu. Aku masih bisa membayangkan ketika membaca balasan PM kamu, kau bilang bahwa ada senyuman lebarrrr muncul di wajah ibumu. Beliau pasti gembira sekali.

    2 Juni 2014, Pesawat Garuda GA89 membawa kalian terbang dari Belanda sejak pukul 12.35. Tiba di Jakarta hari Selasa 3 Juni 2014. 07.15. Yang semula aku akan menjemputmu dengan salah seorang kawan di KM, tapi sehubungan dia baru saja resign dan mendapatkan pekerjaan barunya. Tentu saja dia belum bisa mengajukan cuti. Bersyukur ada RAP yang bersedia menemaniku untuk menjemputmu di Bandara. Kami sebenarnya sudah bagibagi tugas untuk hal yang satu ini.

    Pagi itu di Soetta, suasana masih agak lengang. Aku lebih memilih lebih pagi untuk tiba di sana daripada nantinya terkena macet. Sesampainya di sana. Gerai Junk Food yang sudah buka kuhampiri. Ada beberapa orang yang juga sedang sarapan pagi dengan membawa koperkoper besar di dekat mereka. Pertama kali aku bertanya pada petugas gerai itu, "Ada colokan listrik?". Colokan listrik memang sebuah amunisi yang ampuh.
    Hahahhahahaha seandainya menunggumu delay pun tak akan mengapa

    Aduh, harus tugas pindah tempat lagi. Menuju tempat yang lebih tinggi. Lanjut besok lagi.

  18. #18
    pelanggan setia Kilat's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    2,203
    saat itu kami tinggi di udara .. orang tuaku dan suamiku lagi tidur dan aku sedang kasihan kamu karena harus menunggu lama di bandara
    ada wifi tapi sering tidak bisa dipakai (saat pulang aku baru mengerti kalau hubungan internet tidak jalan maka harus dibuka kembali)
    tidak disangka kamutidak bosan tapi sedang menikmati junkfood sama mba RAP
    mau bikin signature baru tapi kehilangan teksnya

  19. #19
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,045
    ^
    saya kan bisa menikmati segala suasana

  20. #20
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,045
    Kemarin sebenarnya sudah akan menuliskan kelanjutannya, sempat WA mba RAP minta foto di kala itu. Ga tahunya tak mampu menunggu balasannya dan sudah tertidur pulas. Hari ini ternyata aku menemukan foto yang kuminta ke RAP. Masih ada di dalam handphoneku ternyata.

    Hari ke-88 dan 87

    Pagi itu aku sudah hampir menyelesaikan sarapanku. Aku sempat menyelesaikan beberapa email kantor di sana. Tak lama kemudian RAP muncul. Lalu dia pun juga memesan sesuatu, setelah itu kami ngobrol banyak. Setelah mendekati jam, kami pun mencoba keluar melihat papan jadwal penerbanganmu.


    Seperti dugaanku, jadwal pendaratanmu delayed.

    Dari atas kamu menginformasikan pesawatmu masih berputar-putar di atas. Masih sibuk menunggu giliran mendapatkan tempat parkir rupanya. Untungnya yah, komunikasi lancar dengan adanya internet di dalam pesawat. Atas saran RAP, akupun meminta kamu untuk keluar lalu memilih ke arah kiri. Di sana kamu akan mendapati kami yang sedang menunggumu.


    Berhubung di sana tidak ada tempat duduk, lalu kami pun dengan santainya duduk lesehan di sana.

    Bukan girls talk ternyata jenis obrolannya melainkan seputar politik karena masih seputaran menjelang pemilu presiden. Hahahhahahah kaco! sambil ngobrol kami mengamati orang-orang yang lalu lalang. Apabila belum melihat bule satupun, kami masih santai. Lagipula dugaan kami Kilat dan sekeluarga pasti membawa banyak koper karena hampir sebulan di Indonesia dan tentu saja membawa banyak oleholeh juga. Ah ya sebenarnya aku sudah tahu ada berapa banyak tas dan koper yang mereka bawa. Jadi masih akan ada penambahan waktu menunggu mereka dikarenakan masih mengambil barang yang ada di bagasi pesawat.

    Akhirnya ada bule yang keluar sambil membawa tas koper cabin. Kemungkinan sebentar lagi mba Kilat dan keluarga pasti akan muncul. Benar juga, tak berapa lama yang pertama kali aku lihat adalah suami mba Kilat yang sedang mendorong trolly yang penuh dengan tas dan koper. Tidak sulit baginya karena tubuhnya yang tinggi itu. Sementara itu kami juga melihat petugas Garuda Indonesia cowok dan cewek mendorong dua buah kursi roda yang saat itu ibu mba Kilat duduk di sana, juga mba Kilat. Lalu ayah mba Kilat berjalan di dekat mereka dengan membawa tas selempang kecilnya dan menarik sebuah tas ransel beroda. - Belakangan aku baru tahu kalau tas ransel beroda itu ternyata bisa juga dijadikan otopet -.

    "Itu mereka," kataku. Lalu kami berdua berdiri dan melambaikan tangan sambil berjalan ke arah mereka.
    Mba Kilat melihat kami, senyumnya pun sangat lebar dan merentangkan ke dua tangannya. Tampak di wajahnya yang sangat kegirangan meskipun tak dipungkiri kami juga melihat terselip wajah capek usai penerbangan yang sangat jauh itu. Kami pun saling bersalaman sambil memperkenalkan RAP pada mereka.

Page 1 of 2 12 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •