Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 31

Thread: Ketagihan renternir/tengkulak/lintah darat/

  1. #1
    pelanggan setia neofio's Avatar
    Join Date
    Dec 2013
    Posts
    2,682

    Ketagihan renternir/tengkulak/lintah darat/

    Ketagihan renternir/tengkulak/lintah darat

    kemarin saya ngobrol sama orang yg pinjam uang ke renternir,
    tiap hari dia bayar 50 ribu, katanya pinjamannya bakal lunas, dan dia bakal pinjam lagi

    teman saya ini kerja, dan penghasilannya gak tetap, maksudnya kalo banyak konsumen yg datang ke tempatnya dia dapat uang banyak, kalo konsumen sedikit dia dapat uang sedikit (mungkin gak lebih dari 50ribu)

    saat ngobrol itu, saya iseng ngasih pendapat "gimana kalo uang hasil kerjanya di tabung" reaksinya :

    "saya kan orang susah, pingin punya barang itu-ini, lihat tuh artis sinetron gampang kredit mobil, kredit elektronik dll"

    saya bales :

    "itu kan hidup artis, jangan loe tiru, mereka beda dgn kita"

    dia bales :

    "ahhh loe (neofio) bisa ngomong gitu, karena loe orang kaya"

    whattttt !!!!!!.....

    gw gak bisa ngomong lagi, gw kaya/berduit apanya? asli gw jadi tersinggung, gw disebut kaya

    diskusi gw dgn teman saya, gw ceritain ke kakak gw, kata kakak gw "susah diskusi sama orang yg sudah ketagihan/kecanduan sama renternir

  2. #2
    pelanggan setia hajime_saitoh's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Mataram Lombok NTB
    Posts
    2,004
    tu namanya ketagihan ngutang... jgnkan yang kerjaan ny serabuata yang PNS aja ada kok yang ketagihan ngutang ampe gaji mereka tiap bulan malah minus....

  3. #3
    pelanggan setia red>,<hair's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    kanatakara
    Posts
    2,824
    Tetangga ada no .... ga tau hutang buat apa ampe ratusan juta
    Minjem sana sini buat angsur pinjaman yg paling gede
    Komunitas yg ada simpan pinjamnya ga perna absen
    Minjam tok kagak kembali
    Akhirnya rumahnya kena lelang bank
    Herannya tu pinjaman ga tau buat apa .... motor cuman 1 biji n lama, perhiasaan ya itu2 aja bukan yg gede2
    N yg ngutang itu orangnya ngerasa ga salah minjem ga balik2

    Anugurihiitusomi

  4. #4
    ^
    yg dibilang kop hajime bener tuh.
    teman sekantor q (PNS) yg gajinya minus..bukan cuma ada..tapi beberapa malah(minimal 4 org dari 40 org) yg pernah minus gajinya.

    Klo ditanya: gaji PNS tu klo diterima dg akal gak bisa.
    katanya musti diterima dg iman.

    diterima dg iman?!
    mnrt q bo'ong banget tu.

    klo sisa gaji untuk kebutuhan rumah tangga, ono & ini udah tidak cukup...pasti akan jual iman...klo jual iman tidak punya kesempatan (karena tdk di posisi pengelola anggaran, juga bukan [B]pe.meriKsa yg bisa nilang)....klo cakep paling jualan tubuh....klo tdk cakep: jadi kriminal....klo jadi kriminil tdk bisa: ngrepoti ortu, sanak saudara, nipu teman.....teman udah abis dia tipu semua....gantung diri di po'on tauge.

    Jauhilah utang[klo bisa]
    Last edited by MoonCying; 07-07-2014 at 12:22 PM.

  5. #5
    pelanggan setia porcupine's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Bintan
    Posts
    4,132
    ^ ngga setuju soal jauhi hutang

    berutang itu harus, kalo mau investasi dan berusaha tapi duit kurang.
    Tapi ngutang nya musti sama Badan resmi dan biasakan untuk pake asuransi, biar ngga ngerepotin anak istri nanti nya.
    ~Radio Kopimaya~

  6. #6
    Barista kupo's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Jog Ja karta
    Posts
    3,847
    Quote Originally Posted by porcupine View Post
    ^ ngga setuju soal jauhi hutang

    berutang itu harus, kalo mau investasi dan berusaha tapi duit kurang.
    Tapi ngutang nya musti sama Badan resmi dan biasakan untuk pake asuransi, biar ngga ngerepotin anak istri nanti nya.
    betul, ngutang harus pakai strategi... jangan sekedar memenuhi keinginan saja

  7. #7
    Ngutang harus buat yang produktif.
    Yang bisa buat ngembaliin utang beserta bungannya.

  8. #8
    mau nambahin ahh

    klo utang pastikan sisa income(udah termasuk sokongan ortu/mertua) masih cukup untuk biaya hidup.

    lalu banyak do'a agar tidak muncul kebutuhan mendadak: misal sakit yg musti ke RS atau lain hal.

    #lalu klo untuk usaha: usaha itu gak slalu untung..bisa juga rugi. (klo aq pribadi lebih suka hidup santai mencukup-Cukupkan dg gaji yg ada )

    tapi klo untuk tanah/rumah...mengingat inflasi...pertambahan penduduk sedang luas daratan gak ngikut nambah...utang untuk tanah/rumah...Gak pa-Apalah klo sedikit memaksakan diri.

  9. #9
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    ^
    jangan ngutang untuk biaya RS karena ud stadium akhir, ya Kop

  10. #10
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    ^
    jangan ngutang untuk biaya RS karena ud stadium akhir, ya Kop

  11. #11
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,350
    gw kirain tengkulaknya dimasak apa gitu, sampe ketagihan
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  12. #12
    pelanggan tetap Silvercheeks's Avatar
    Join Date
    Aug 2012
    Location
    Lost Clerics' Hideaway
    Posts
    645
    lha wong utangan itu barang jualan
    si renternir menjual produk yg berupa sebuah utang
    kita konsumennya

    beli barang lewat beli sesuatu untuk membeli sesuatu juga, membeli untuk membeli, dobel tekor namanya
    Kabar gembira untuk kita semua, kini tai ada ekstraknya~

  13. #13
    pelanggan second_life's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    again, on my second life
    Posts
    434
    erm, mungkin juga orang ini adalah tipe 'ga bisa nabung'.
    karena kalau dari hasil ngobrol2, cukup banyak sih kenalan yg menjadikan arisan itu sebagai 'sarana nabung' karena ga bisa megang duit, tapi ga dipake

    orang2 kayak gini emang mesti dipaksa 'nabung'. salah satu caranya, ya dengan bayar utang itu

  14. #14
    pelanggan setia choodee's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Posts
    2,988
    hutang itu ada 2 tipe, konsumtif dan produktif, hutang konsumtif itu yang perlu dikurang2in.

    gw juga tipe yg susah nabung dan ada rencana pengen kredit KTA buat beli tanah atau rumah, tapi teman gw KTA Mandiri rekeningnya ampe minus gitu, gw jadi keder deh

    Tapi memang ada loh dan imo semakin banyak orang2 yang berhutang konsumtif demi gengsi! Apalagi sekarang apply cc gampang banget.

  15. #15
    pelanggan setia neofio's Avatar
    Join Date
    Dec 2013
    Posts
    2,682
    orang yg gw ceritaain itu ternyata mampu nabung, dia pernah simpan uang hasil kerjanya, sampai dengan 5 juta, ternyata langsung habis dlm 3 hari oleh dia n sama istrinya

    dis sekarang kredit mainan PSP2an china, sebesar 270ribu, ke tukang kridit perabotan, bayar harian, misalnya dia nabung sampai 200ribu bisa beli cash, ke agen toko mainan
    orang lebih milih pinjam uang ke renternir daripada ke saudaranya

    ---------- Post Merged at 07:21 PM ----------

    @MoonCying

    @hajime_saitoh

    yg PNS gajinya minus, mungkin waktu daftar jadi PNS dia ngutang supaya jadi PNS, akhirnya dibayar dari gajinya ???

  16. #16
    pelanggan tetap jojox's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Jekardah
    Posts
    1,169
    wah mas, kalo saya boleh kultum sebentar:

    1. Ketagihan itu adalah akar masalah
    2. Ketagihan subyek kita ada di perilaku konsumtif.
    3. Pemicu perilaku : gaya hidup artis sinetron membentuk mindset "harus punya ini-itu demi kepuasan". pendorong perilaku: sistem produk hutang yang terlalu sangat ringan; dapat diangsur harian, berjangka waktu lama, lemahnya pengawasan/penindakan hukum thdp rentenir yg tidak berbadan hukum.
    4. Solusinya: kuliah Manajemen Keuangan 101 - 4 SKS. . Pasien ini perlu diedukasi berdasarkan minatnya sendiri untuk mandiri memfokuskan kemampuan finansialnya. Kita dah cukup bersalah jadi tenaga ahli megaloman spya subjek terinduksi mengubah perilaku dan mencegahnya jadi shoppaholic kronis.
    5. Catatan: Prinsip dasar self-development kan subyeknya kudu mau / minat supaya maju. Kagak ada minat dan mindset untuk berkembang serta inisiatif, yahh..bakal butuh lama buat menerima asupan hikmat yg ada. Resistensi tinggi. So, TS kudu extra sabar approach tipe2 yang beginian. Tricknya, kaseh contoh praktis dan konkrit (mungkin istilah : menabung tuh terlalu tinggi). Tipsnya, persuasif edukatif; jangan langsung nyalahin subyek, tapi ajak dia mikir dikit bahwa ada cara2 yang lebih baik buat menghemat pengeluaran konsumsi. Intinya, kalo pengin beli ini itu yah berarti harus meningkatkan pendapatannya juga.

    wassalam,
    Any views or opinions presented above are solely those of the author. Thus the author may disclaim accuracy on warranties and liabilities they may cause including loss of intellectual properties, economical benefit, and coordinated mental responses.

  17. #17
    yg PNS gajinya minus, mungkin waktu daftar jadi PNS dia ngutang supaya jadi PNS, akhirnya dibayar dari gajinya ???
    ^
    Xixixi....
    Klo antara yg 'jual' & yg 'beli' saling ridho.
    Tidak akan pernah ada CUKUP BUKTI.
    alias selamanya cuma akan dianggap 'pencemaran nama baik' pejabat yg jualan NIP

    #beware ingat kasus prita.

    Klo utang untuk sakit,
    dilema sih ini kop.

    Misal ne...tetangga ada yg istrinya(kabarnya kena) sakit kanker payudara

    Si suami single income.
    Guru SD.
    Punya 2 putri.
    Putri pertama udah lulus kuliah(udah kerja, tapi blum mapan)
    Putri kedua...masih SD (ke depan masih butuh biaya sekolah yg tdk sedikit)

    Lha...si bapak ini karena tdk mengobati istrinya lewat fasilitas RS Modern ....dituduh kurang cinta.nya....digosipin udah punya cem.cem.an(calon istri baru)

    Lha klo aq karena aq pernah baca postingan ASUM di thread sebelah...bahwa ber.obat itu hukum.nya SUNAH bukan WAJIB.

    q mampu diam...tidak meng.judge


    Tapi...teteup.
    Utang untuk kerabat yg sakit...ntah 'benar' ....ntah lebih banyak mudharatnya.....SIMALAKAMA ......DILEMA.

  18. #18
    pelanggan setia neofio's Avatar
    Join Date
    Dec 2013
    Posts
    2,682
    susah berdikusi dengan orang sudah ketagihan, harus di rehabilatsi/dtox,,.... mereka tuh selalu mengeluarkan kalimat pamungkas :

    "ahhh loe bisa ngomong gitu, karena loe orang kaya"



  19. #19
    pelanggan setia et dah's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Land Between Solar Systems
    Posts
    3,911
    Quote Originally Posted by MoonCying View Post
    ^

    Klo ditanya: gaji PNS tu klo diterima dg akal gak bisa.
    katanya musti diterima dg iman.
    juara ini quote

  20. #20
    pelanggan setia red>,<hair's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    kanatakara
    Posts
    2,824
    Jd inget temen d kerjaan dolo
    Dia bisa nabung .... la wong gaji dia d tabung kok
    Cuman buat makan sehari2 dia minjem temen yg laen -gw juga kena todong -
    Cuman heran kok isa y .... buat makan malah minjem gt

    Anugurihiitusomi

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •