Results 1 to 20 of 20

Thread: Namanya apa?

  1. #1
    pelanggan second_life's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    again, on my second life
    Posts
    434

    Namanya apa?

    di dalam masyarakat ada 'pandangan umum' yang menggeneralisasi kita.
    contohnya seperti kalimat yg umum diajarkan dalam pelajaran bahasa indonesia : 'ibu memasak di dapur, sementara bapak membaca koran di ruang keluarga'
    contoh lain adalah iklan2 di TV kita, yg menggambarkan ibu itu diem di rumah, bapak pergi kerja.
    padahal generalisasi tersebut tidak selamanya benar.

    nah, 'pandangan umum' ini namanya apa ya?
    kalau norma sepertinya ga tepat, karena kalau norma di langgar, ada hukum (secara moral) nya, sedangkan, seorang ibu bebas aja kalau mau ikutan kerja.
    stigma? tapi berdasarkan wiki, kok artiannya negatif ya.

    ada yg bisa membantuku?


    oh ya, TIA

  2. #2
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    dogma

    cmiiw

  3. #3
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    dogma

    cmiiw

  4. #4

  5. #5
    pelanggan setia neofio's Avatar
    Join Date
    Dec 2013
    Posts
    2,689
    kalo misalnya, "peraturan yg dibuat untuk dilanggar", seperti rambu2 lalu lintas atau peringatan yg ada di kemasan/iklan rokok, itu termasuk juga?

    ---------- Post Merged at 10:06 PM ----------

    kalo misalnya, "peraturan yg dibuat untuk dilanggar", seperti rambu2 lalu lintas atau peringatan yg ada di kemasan/iklan rokok, itu termasuk juga?

  6. #6
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,673
    stereotipe

  7. #7
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,366
    nah sekarang masalahnya adalah ini seakan menjadi permasalahan () karena seakan ibu masak di dapur atau ibu diam di rumah adalah sesuatu hal yg negatif, padahal kenapa harus demikian?

    ibu masak di dapur perannya sangat luar biasa, jika tidak demikian maka penghuni rumah yg lain akan mengelepar-gelepar di lantai karena kelaparan gak ada yg masak

    kalo ibu mau baca koran ya silahkan saja gak ada yg ngelarang
    CURE SUNSHINE WA KAKKOSUGIRU.

  8. #8
    pelanggan tetap Silvercheeks's Avatar
    Join Date
    Aug 2012
    Location
    Lost Clerics' Hideaway
    Posts
    645
    Quote Originally Posted by Yuki View Post
    nah sekarang masalahnya adalah ini seakan menjadi permasalahan () karena seakan ibu masak di dapur atau ibu diam di rumah adalah sesuatu hal yg negatif, padahal kenapa harus demikian?

    ibu masak di dapur perannya sangat luar biasa, jika tidak demikian maka penghuni rumah yg lain akan mengelepar-gelepar di lantai karena kelaparan gak ada yg masak

    kalo ibu mau baca koran ya silahkan saja gak ada yg ngelarang
    mungkin bisa ditambahi "ibu selingkuh saat bapak pergi kerja" biar tambah negatip

    nope.

    dari jaman TK sampe tuwir otak kita udah dijejali "ibu memasak di dapur dan bapak membaca koran" yg meletakkan figur seorang wanita ke jaman sebelum emansipasi.... itu udah ga sesuai dgn kondisi jaman sekarang, yang imo, suami-istri adalah partner hidup...

    srsly, gambaran mainstream itu bikin wanita jadi kek seorang pembantu, mungkin itu juga yg bikin cowo2 sering ngerasa mereka 'lebih tinggi' dari wanita, mungkin figur maskulin tumbuh dari ini ya?

    "ibu memasak di dapur, bapak baca koran"
    "ibu mencuci pakaian, bapak nyeles koran"
    "ibu menyapu rumah, bapak jualan koran"



    coba dibalik, seandainya sedari balita yg kita baca adalah :

    "bapak mencuci pakaian, ibu baca koran"
    "bapak memasak nasi, ibu nyeruput kopi"
    "bapak menyapu halaman, ibu lari pagi"

    Kabar gembira untuk kita semua, kini tai ada ekstraknya~

  9. #9
    pelanggan setia Yuki's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Buitenzorg
    Posts
    6,366
    nah di situ juga masalahnya, pembantu adalah seolah-olah pekerjaan yg hina, padahal apa salahnya dengan pekerjaan ini, toh halal juga

    kenapa jadi ibu rumah tangga kok kesannya sengsara sekali? Disiasati saja kenapa, kalo memang repot ya memang pasti repot pekerjakanlah seorang pembantu

    setiap ayah dan ibu sudah punya peran masing-masing, peran itu sudah bisa dikatakan wajib dan tidak boleh dilanggar

    ayah wajib bekerja untuk menafkahkan keluarga
    ibu wajib untuk mengurusi urusan rumah tangga

    itu kewajiban, tidak boleh dilanggar

    seandainya ayah ingin mengurusi urusan rumah tangga, boleh, tapi hukumnya bukan wajib, melainkan sukarela, sambil melakukan ini, sang ayah tetap wajib menafkahi

    seandainya ibu ingin menjadi wanita karir, boleh, tapi hukumnya bukan wajib, melainkan sukarela, sambil melakukan ini, sang ibu tetap wajib mengurusi rumah tangga
    CURE SUNSHINE WA KAKKOSUGIRU.

  10. #10
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    ^
    nah tuh
    aturan main sudah dibuat, tinggal mau ikuti apa nggak
    jangan sampe masuk jebakan berngaran emansipasi dan akhirnya bablas

    btw, ini oot
    sec_life cuma tanya istilah

  11. #11
    pelanggan second_life's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    again, on my second life
    Posts
    434
    bubar... bubar.....

    bikin thread sendiri yak kalau mau bahas 'emansisapi' atau 'memangny ada yg salah dengan kalimat ibu-masak-di-dapur-sementara-bapak-baca-koran'



    *yeah, i did it (typo) intentionally

  12. #12
    pelanggan tetap Silvercheeks's Avatar
    Join Date
    Aug 2012
    Location
    Lost Clerics' Hideaway
    Posts
    645
    gw cm pgn buku2 pelajaran jaman sekarang ada tulisan2 yg lbh mewakili jaman skrg :

    "ibu mengajar, bapak bekerja, dan Ani belajar"
    "bapak memasak untuk Ani yg sakit", single parent gtuh


    my bad, sorry ot
    Kabar gembira untuk kita semua, kini tai ada ekstraknya~

  13. #13
    pelanggan setia et dah's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Land Between Solar Systems
    Posts
    3,911
    " Bosan di rumah lagi sendirian Papa sibuk, mama arisan "

  14. #14
    pelanggan tetap jojox's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Jekardah
    Posts
    1,169
    itu namanya...cliche.

    fenomena jg bukan,.. tipikal keluarga indo mungkin?
    Any views or opinions presented above are solely those of the author. Thus the author may disclaim accuracy on warranties and liabilities they may cause including loss of intellectual properties, economical benefit, and coordinated mental responses.

  15. #15
    pelanggan tetap yanwok's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,015
    Namanya...................

    Ah pokoknya sekarang ada kabar gembira...........
    Yesterday is history, tomorrow is a mystery, but today is a gift. That is why it is called the "present".
    Don't be too concerned about what was and what will be, keep living the present.

  16. #16
    pelanggan tetap meliakh's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Surabaya
    Posts
    1,757
    upvote ke cliche & stereotype
    tapi soal bapak ibu.. gender roles?

  17. #17
    pelanggan setia TheCursed's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    3,231
    "Bapak arisan, Ibu bekerja, saya belajar".

    Weirdly enough, ini juga situasi tipikal keluarga Indonesia.
    Pernah denger yang namanya 'arisan kampung bapak2' ?
    Ibunya bekerja, sebagai guru ngaji sukarela di mushalla.

    Reality. It is sometimes weirder than fiction.
    A proud SpaceBattler now.

  18. #18
    pelanggan tetap Silvercheeks's Avatar
    Join Date
    Aug 2012
    Location
    Lost Clerics' Hideaway
    Posts
    645
    Quote Originally Posted by yanwok View Post
    Namanya................... Ah pokoknya sekarang ada kabar gembira...........
    ---------- Post Merged at 01:37 AM ----------
    Quote Originally Posted by TheCursed View Post
    "Bapak arisan, Ibu bekerja, saya belajar". Weirdly enough, ini juga situasi tipikal keluarga Indonesia. Pernah denger yang namanya 'arisan kampung bapak2' ? Ibunya bekerja, sebagai guru ngaji sukarela di mushalla. Reality. It is sometimes weirder than fiction.
    dan gw pengen anak2 jaman sekarang memiliki wawasan lebih luas tentang "Reality. It is sometimes weirder than fiction", oh ayolah, anak2 lugu itu kok dicekoki "ibu memasak, bapak baca koran" melulu? belum lagi di tepe sinetronnya stereotype "si kaya yang jahat dan si miskin yg tetep aja baik meski mukanya dijedotin ke lumpur" - ini misal loh ya untuk merangsang imajinasi dan intelegensi, berpikir di luar kotak... padahal anak indo pinter2 loh, sayangnya..... yg dibaca cuma "ibu memasak, bapak baca koran"

  19. #19
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    ^
    anak2 sekarang kan bacaanya udah beda, udah online
    buku2 sekolah aja bacaanya ada yg porno

  20. #20
    pelanggan setia et dah's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Land Between Solar Systems
    Posts
    3,911
    ^ kok tau? suka baca juga yaa

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •