Results 1 to 10 of 10

Thread: Ini Dugaan Modus Penipuan BosCipaganti Group

  1. #1
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544

    Ini Dugaan Modus Penipuan BosCipaganti Group

    http://m.detik.com/news/read/2014/06/24/003854/2617102/10/ini-dugaan-modus-penipuan-bos-cipaganti-group

    Jakarta - Bos Cipaganti Group, inisial AS, diduga
    telah melakukan penipuan dan penggelapan
    terhadap 8.700 mitra usahanya. Kerugiannya
    mencapai Rp 3,2 triliun. Bagaimana modus dugaan
    penipuan yang dilakukannya?

    Menurut Kasubdit III Jatanras Ditkrimum Polda
    Jabar AKBP Murjoko Budoyono penyidikan kasus
    ini atas dasar enam laporan polisi yang dibuat oleh
    para mitra ke Polda Jabar.

    "AS sejak 2008 hingga Mei 2014 menggunakan
    kegiatan koperasi untuk menghimpun penyertaan
    modal dari mitra dengan sistem bagi hasil tiap
    bulan. Hasil kesepakatan dana itu akan dikelola
    koperasi untuk kegiatan perumahan, SPBU,
    transportasi, perhotelan, alat berat dan tambang,"
    jelasnya melalui pesan singkat, Senin (23/6/2014).
    Namun sejak Maret 2014 koperasi gagal bayar dan
    tidak berjalan. "Sedangkan sisa uang mitra tidak
    jelas penggunaannya dan cenderung tidak dapat
    dipertanggung jawabkan," tambah Murjoko.
    Mitra yang ikut jumlahnya sekitar 8.700. "Kerugian
    diperkirakan mencapai 3,2 triliun rupiah," kata
    Murjoko.

    Orang nomor satu di perusahaan Cipaganti Group
    tersebut ditahan sejak kemarin. Ia disangkakan
    Pasal 372 perihal Penipuan dan Pasal 378
    KUHPidana mengenai Penggelapan junto Pasal 55
    dan Pasal 56 KUHPidana. AS melakukan tipu gelap
    melalui koperasi yang dikelolanya.


    ----

    [MENTION=19]danalingga[/MENTION] [MENTION=44]ndableg[/MENTION] [MENTION=249]Alip[/MENTION]

  2. #2
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    5,135
    pernah dapat tuh tawaran investasinya

    padahal mestinya fokus saja ngurusin armadanya, sudah
    lumayan besar tuh penghasilannya, malah dijadikan mo-
    dal untuk meraup dana masyarakat, lalu dikentit sendiri.

    begitulah kalau ketamakan di-sistemik-kan
    "And this world of armchair bloggers who created a generation of critics instead of leaders, I'm actually doing something. Right here, right now. For the city. For my country. And I'm not doing it alone. You're damn right I'm the hero."

    --Oliver Queen (Smallville)

  3. #3
    pelanggan tetap Alip's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Posts
    1,635
    Jeuh... lagi bobok pagi di-summon...

    Ktemu bliyau pertama kali enam tahun lalu waktu saya ngurusi alat berat di Kalimantan, brikutnya waktu ngurus properti dan terakhir transportasi... kapal terbang bokkks...

    Saya gak ikutan karena menurut saya dia bisa dapat dana dari bank... kalo ujug-ujuk bikin sistem bagi hasil, baunya jadi ikan banget ... fishy...
    Udah gitu ekspansinya cepet banget... dari 2012 saya lihat Cipaganti sudah investasi kepanasan ... overheating...

    Maret kmaren saya hadir di markas besarnya di Bandung, nemeni beberapa investor yang kelimpungan karena dana mereka mulai gak jelas, dan jawaban dari pihak manajemen malah makin gak jelas...

    Ternyata sudah dipenjara toh?

    Hidup bank...
    "Mille millions de mille milliards de mille sabords!"

  4. #4
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,398
    Padahal sempat masuk Kick Andy lho.. mantan tukang kuweh

  5. #5
    Makanya koperasi saya tidak masukkan dalam list yang patut di-investasikan.
    Aturan boleh mengeruk dana dari masyarakat tanpa batas sangat rawan.

    Mungkin niatnya sih bener-bener mau diinvestasikan. Namun ketika bisnisnya
    macet -- kemungkinan besar ini macetnya karena memang tambang sedang
    dalam kondisi yang tidak bagus -- kelimpungan deh.

    Saya menduga sebagian besar dananya memang
    dialokasikan dalam bisnis tambang.

  6. #6
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Wah.. gw ga tau ttg cipaganti tuh.. Tapi sptnya mirip2 dgn trit gw.

    Quote Originally Posted by danalingga View Post
    Makanya koperasi saya tidak masukkan dalam list yang patut di-investasikan.
    Aturan boleh mengeruk dana dari masyarakat tanpa batas sangat rawan.
    Investasi tanpa batas memang ga relevan. Investasi dibutuhkan harus sesuai dgn modal yg dibutuhkan.
    Ketika jumlah investasi mencapai batas modal yg dibutuhkan, seharusnya investasi thd sbh proyek ditutup.
    Investasi bisa dibuka lagi ketika dgn proyek baru.

    Tapi ini contoh yg gagal kan? Yg jalan terus ga diberitain dong.
    Ud brp investasi bank gagal, tapi toh bank tetep dipercaya.

    Saya menduga sebagian besar dananya memang
    dialokasikan dalam bisnis tambang.
    Hmm.. kalo maen tambang agak2 ngeri jg kayaknya tuh.
    Last edited by ndableg; 25-06-2014 at 12:43 AM.

  7. #7
    pelanggan tetap jojox's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Jekardah
    Posts
    1,169
    Gw bilang seh yang bego dan tamak para korban. Mungkin tepatnya idiot.

    Beliau sih pinter bngt...5+ tahun manage sistem foolproof. Wallstreet champion lah.

    batubara anjlok bro,

    mending main pasir besi.

    Hidup bang Toyib !
    Any views or opinions presented above are solely those of the author. Thus the author may disclaim accuracy on warranties and liabilities they may cause including loss of intellectual properties, economical benefit, and coordinated mental responses.

  8. #8
    pelanggan tetap 234's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    737
    Tanggung mas dab, mendingan main emas sekalian. Pekalongan, Wonogiri, Trenggalek, Banyuwangi, dll masih pada nglangkrak tuh. Kalo Cipaganti emang apes plus emang agak2 idiot, terawangannya payah, grusa-grusu maunya kemaruk, main langsung borong konsesi (kalo ndak salah sampe 9 n cuman 1 yg siap produksi) thn 2011, pas harga batubara jeblok di 2012 yo wis jelas modyar. Belum lagi invest di divisi services n peralatan berat tambangnya. Duit ilang semua itu.

    Btw pasir besi yg di Karangwuni udah mulai produksi ya dab? Emang joss itu.

    Gusti iku dumunung ing atine wong kang becik, mulo iku diarani Gusti... Bagusing Ati.

  9. #9
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    nambang emas jangan di perkampungan, ngeracuni aer tanah dg merkuri
    kasihan warga sekitar yg gak ikut2an nambang

  10. #10
    pelanggan setia et dah's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Land Between Solar Systems
    Posts
    3,911
    masih banyak kok mas-mas yang belum di tambang di perkampungan

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •