Results 1 to 15 of 15

Thread: Kromoenglish

  1. #1
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910

    Kromoenglish

    Dulu suka ngetawain kawan2 dari jawa yg bicara bahasa inggrisnya medok.
    Eh.. ternyata punya idola ngomong bahasa inggrisnya medok juga (Jokowi).
    Jadi ga tega. Malah justru berbalik, menurut gw, ini seharusnya jadi kebanggaan, spt layaknya orang afrika/jamaika bangga dgn pidgin englishnya, singapura dgn singlish, malaysia dgn manglish, dan india, jepang, dan chinese dgn logat khasnya. Dari cara ngomongnya, kebanyakan orang langsung tau dari mana mereka berasal.

    Tapi kromoenglish kurang terkenal.. mungkin karena kita sbg orang indonesia atau orang jawa khususnya merasa malu sendiri mendengar logat itu, dan reaksinya malah mentertawakan sendiri. Dan indonesia pun kehilangan salah satu identitasnya di dunia.

    SEmpet berdebat sama nyokap, nyokap justru pro yg harus berbahasa inggris dgn logat spt orang inggris/amerika.

    Bagaimana dgn kalian? Suka ngetawain? Atau memaklumi?

  2. #2
    pelanggan setia neofio's Avatar
    Join Date
    Dec 2013
    Posts
    2,688
    kalo dgn pengucapan bhs inggris digabungkan logat daerah tidak mengubah/merusak bhs inggris (seperti intonasi). oke2 aja tuh

    dulu saya punya dosen berasal dari eropa timur, dia bisa 4 bahasa asing (rusia, rumania, perancis & inggris) plus bhs indonesia n bhs sunda, dia bisa menyesuaikan dialek/logat sesuai bhs yg diucapkan, misalnya bhs perancis dgn logat perancis atau bhs rusia dgn logat rusia (logat moskow atau st petersburg), termasuk juga dialek bhs sunda yg nyunda banget (suaminya dari Garut)


  3. #3
    pelanggan setia mbok jamu's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    3,398
    Maklum, soalnya sudah biasa, banyak temen orang Jawa di kampung sini. Justru kalau mbok dan hubby nongkrong dengan mereka, kita pakai kromoenglish, biar pak mbok juga ngerti.

    Mbok justru ndak suka dengan aksen yang keinggris-inggrisan atau keamrik-amrikan, it just sounds weird kalau ndak keluar dari orang yang lahir dan besar di sana.

    Betapa seksihnya aksen Antonio Banderas atau Ken Watanabe.

  4. #4
    Barista kupo's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Jog Ja karta
    Posts
    3,849
    logat medok, sepanjang tata bahasanya benar ... kalau buat saya malah bikin lebih gampang didengar daripada cara bicara orang amerika yang "nggerenyem" dan cenderung harus pakai konsentrasi penuh buat ngedengerinnya... ... tapi itu mungkin cuma kmasalah kebiasaan ya..

  5. #5
    pelanggan setia neofio's Avatar
    Join Date
    Dec 2013
    Posts
    2,688
    seperti di film blood sport

    " you are neks "







    aksen bhs inggris yg diucapkan oleh orang irlandia dan orang ingris pun beda atau bhs ingris yg diucapkan oleh orang india

  6. #6
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    5,135


    1:16 "Rahul Iyem going"
    "And this world of armchair bloggers who created a generation of critics instead of leaders, I'm actually doing something. Right here, right now. For the city. For my country. And I'm not doing it alone. You're damn right I'm the hero."

    --Oliver Queen (Smallville)

  7. #7
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Quote Originally Posted by neofio View Post
    kalo dgn pengucapan bhs inggris digabungkan logat daerah tidak mengubah/merusak bhs inggris (seperti intonasi). oke2 aja tuh

    dulu saya punya dosen berasal dari eropa timur, dia bisa 4 bahasa asing (rusia, rumania, perancis & inggris) plus bhs indonesia n bhs sunda, dia bisa menyesuaikan dialek/logat sesuai bhs yg diucapkan, misalnya bhs perancis dgn logat perancis atau bhs rusia dgn logat rusia (logat moskow atau st petersburg), termasuk juga dialek bhs sunda yg nyunda banget (suaminya dari Garut)

    Oh ya dulu jg ada temen ngomong pake logat banten. Bukan one euro tapi erok.

  8. #8
    pelanggan setia neofio's Avatar
    Join Date
    Dec 2013
    Posts
    2,688
    betul kata om [MENTION=1416]kupo[/MENTION] "kebiasaan"

    apa lagi orang indonesia yg bisa/mahir bhs inggris di tempat kursus/sekolah pasti sudah mengalami "mendengar/mengucapkan di tempat pendidikan seperti di Lab bahasa

    setelah lulus balik lagi ke ibu pertiwi


  9. #9
    pelanggan setia TheCursed's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    3,231
    Huh, Kromenglish ? No love for Nyablenglish(English-nyablak, AKA English logat Betawi) ?
    Indonesia nggak cuma jawa, lho. Yang pernah gue denger aja, selain Kromenglish, ada Sundenglish, Bajrenglish dan, tentunya, Chinglish.
    A proud SpaceBattler now.

  10. #10
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,049
    Trus maksudnya apa? Buat membanggakan identitas?
    Menurutku, bahasa itu yang penting untuk komunikasi.
    Kalau pakai Bahasa Inggris tetapi pakai logat sehingga susah dipahami, lalu untuk apa?

    Tetapi selama tidak merusak komunikasi sih tak apa-apa.
    Lomba peluk2an di Citos: 30 November 2013
    Lomba dorong2an di Candra Naya (dkt Glodok): 8 Desember 2013

  11. #11
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Biar yg ga bisa logat amerika/english ga malu dong.. biar pada percaya diri. Kalo ngomong inggris diketawain, jadi rendah diri.
    Identitas bukan dibanggakan, tapi diperlukan.
    Last edited by ndableg; 27-06-2014 at 09:42 PM.

  12. #12
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    kalo aku setuju kun, yang penting bisa komunikasi
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  13. #13
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Justru itu, biar ga bisa logat bule, yg penting bisa komunikasi.

  14. #14
    pelanggan jakhost's Avatar
    Join Date
    Apr 2014
    Location
    Jakarta Barat
    Posts
    200
    komunikasi lancar dan ngerti, walaupun medok

  15. #15
    pelanggan JOSERENTCAR's Avatar
    Join Date
    Jun 2016
    Location
    Surabaya, Indonesia
    Posts
    201
    suka sih tapi di daerah kita juga banyak jawanya

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •