Page 1 of 7 123 ... LastLast
Results 1 to 20 of 127

Thread: kebun dalam aquarium

  1. #1
    Pakar Memematika Ray Surya's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,449

    kebun dalam aquarium

    gw nyoba bikin kebun dalam air
    gw bukan sarjana perikanan atau perkebunan, tapi punya hobby piara ikan
    gw udah punya cara bikin aquarium tanpa kuras.
    nah, skrg lagi nyoba2 bikin yg lebih keren, kebun dalam air tanpa kuras
    sayangya gw gak ada hobby berkebun atau piara tanaman2... kurang ilmu juga soal pupuk n kebutuhan tanaman.
    gw tau tanaman butuh nutrisi, butuh karbon dioksida (CO2), air, cahaya, Oksigen (O2)

    lagi belajar soal nutrisi tanaman
    nih, hasil karya gw:


    Last edited by Ray Surya; 20-04-2012 at 01:30 AM.
    R*y Sury* Ditunjuk Presiden SBY Jadi Menpora

  2. #2
    pelanggan setia porcupine's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Bintan
    Posts
    4,132
    wah keren banget Mon...
    ~Radio Kopimaya~

  3. #3
    itu air tawar ya?

    kalo air asin gmn?
    you can also find me here

  4. #4
    Pakar Memematika Ray Surya's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,449
    thx ompor, itu pakai ikan2 kecil biar tokainya juga kecil n mau makanin lumut ijo (alga)
    soalnya alga juga manfaatin nutrisi di air tsb utk tumbuh
    padahal pengen masukin ikan gede, tp masih mikir.... dulu pernah nyoba pakai ikan gede malah kebunnya dirusak
    R*y Sury* Ditunjuk Presiden SBY Jadi Menpora

  5. #5
    pelanggan setia porcupine's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Bintan
    Posts
    4,132
    menurut gw malah ngga asik kalo pake ikan yg gede, itu taman air nya jadi ngga kelihatan kalo pake ikan yg bede
    ~Radio Kopimaya~

  6. #6
    Pakar Memematika Ray Surya's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,449
    Quote Originally Posted by Δx Δp ≥ ½ ħ View Post
    itu air tawar ya?

    kalo air asin gmn?
    air tawar om, klo air laut, mahal beli airnya n alat2 penunjang hidupnya
    1 liter = Rp 750 atau Rp 1000

    taneman juga pakai yg biasa di air, ada kangkung, java moss (gw ambil di batu2 pinggir sungai), melati air (nyomot di pinggir jalan)

    ---------- Post added at 12:35 PM ---------- Previous post was at 12:28 PM ----------

    Quote Originally Posted by porcupine View Post
    menurut gw malah ngga asik kalo pake ikan yg gede, itu taman air nya jadi ngga kelihatan kalo pake ikan yg bede
    kyknya emang seru klo ikan kecil2, bisa nerobos2 n ngumpet.

    tp gw masih pengen nyoba masukin aba-aba knife fish, nih ikan monster banget, udah gw amat2in nih ikan punya radar listrik jadi doi bisa nemu mangsa dgn tepat, bentuknya klo berenang mirip naga. tapi masih khawatir klo dimasukin malah mati (ikan mahal), soalnya ikan2 gw yg kecil sering ada yg mati.. mungkin keracunan, over pupuk atau apa belum tau
    ada udang juga sih, mungkin dibunuh udang
    R*y Sury* Ditunjuk Presiden SBY Jadi Menpora

  7. #7
    itu cuma kebunnya doang? gak ada ikannya?

    tanamannya harus ngelelep ke dalam air gak bisa yg ngambang kek eceng gondok? (warna bunganya kan lucu)

    btw, kelomang situh, pada kemana Mon? tewas semua lalu kandangnya dijadiin kebon?
    you can also find me here

  8. #8
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,118
    itu daun yang mati gimana nyabutnya? ngerusak ga?

    kelomang apaan mus?

  9. #9
    pelanggan setia porcupine's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Bintan
    Posts
    4,132
    Quote Originally Posted by Ray Surya View Post
    ada udang juga sih, mungkin dibunuh udang
    ada udang juga di aquarium nya? ngga mending di asem manis aja tuh??
    ~Radio Kopimaya~

  10. #10
    Pakar Memematika Ray Surya's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,449
    Quote Originally Posted by Δx Δp ≥ ½ ħ View Post
    itu cuma kebunnya doang? gak ada ikannya?

    tanamannya harus ngelelep ke dalam air gak bisa yg ngambang kek eceng gondok? (warna bunganya kan lucu)

    btw, kelomang situh, pada kemana Mon? tewas semua lalu kandangnya dijadiin kebon?
    itu ada ikannya kecil2, jenis zebra danio, neon tetra, sapu2, bahkan ada bbrp jenis siput, ada udang juga, plus bakteri pengurai, maksudnya biar jadi ekosistem gitu


    tanemanya dilelepin aja, gak nyoba eceng gondok sih, kyknya gak bisa soalnya doi tipe ngambang, bukan nancep atau nempel

    di rumah masih ada kelomang darat
    gw punya aquarium banyak kok total 18 biji
    dari yg kecil sampai yg 2 meteran
    R*y Sury* Ditunjuk Presiden SBY Jadi Menpora

  11. #11
    @Et Ca: kelomang itu nama hean bercangkang yg suka dijual di SD buat mainan anak-anak. kalo ditiup2 maka si hewan bakal keluar. bahasa ngetrennya "umang-umang". dulu sebelum berbisnis kebun air ini, Mona bisnis kelomang



    tapi karena akuariumnya keknya sama dg yg dipakai kebun ini, jd curiga kalo kelomangnya pada mati
    you can also find me here

  12. #12
    Pakar Memematika Ray Surya's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,449
    Quote Originally Posted by etca View Post
    itu daun yang mati gimana nyabutnya? ngerusak ga?

    kelomang apaan mus?
    daun yg mati klo dibiarin nanti airnya jadi kyk teh
    daun mati bisa dicabut, klo susah ya digunting aja..

    kelomang darat= pong-pongan
    Quote Originally Posted by porcupine View Post
    ada udang juga di aquarium nya? ngga mending di asem manis aja tuh??
    udang waduk, gak enak diasem manis, biasanya sih dibikin rempeyek

    ---------- Post added at 12:54 PM ---------- Previous post was at 12:51 PM ----------

    Quote Originally Posted by Δx Δp ≥ ½ ħ View Post
    @Et Ca: kelomang itu nama hean bercangkang yg suka dijual di SD buat mainan anak-anak. kalo ditiup2 maka si hewan bakal keluar. bahasa ngetrennya "umang-umang". dulu sebelum berbisnis kebun air ini, Mona bisnis kelomang



    tapi karena akuariumnya keknya sama dg yg dipakai kebun ini, jd curiga kalo kelomangnya pada mati
    beda aquarium, om
    R*y Sury* Ditunjuk Presiden SBY Jadi Menpora

  13. #13
    syukurlah kelomangnya masih idup. kirain situh jadiin tumbal demi kebon ini

    jadi harus tanaman kelelep yak? gak bisa yg ngambang? terus kan kalo tanaman harus fotosintesis alias kena sinar matahari. kalo di dalem rumah gimana tuh?
    you can also find me here

  14. #14
    Pakar Memematika Ray Surya's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,449
    gw bikin 3 akuarium pakai tanaman
    yg 2 disinari matahari, hidup normal

    yg 1 ngandalin lampu neon TL, sejauh ini udah sekitar 5 bulan masih pada hidup
    daun bisa ngeluarin gelembung O2, brarti itu fotosintesis kan?
    tapi ada bbrp yg kurusan, mungkin perlu dipupuk lagi atau juga lampunya kurang watt nya.
    kemarin gw kasih pupuk tablet yg diancurin trus taburin ke air
    belum keliatan hasilnya
    R*y Sury* Ditunjuk Presiden SBY Jadi Menpora

  15. #15
    pelanggan setia porcupine's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Bintan
    Posts
    4,132
    itu kalo pupuk nya di taburin, ngga ngaruh ke ikan nya Mon?
    ~Radio Kopimaya~

  16. #16
    Pakar Memematika Ray Surya's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,449
    ompor, aman2 aja kok, asal gak over dosis, masih pada gak keracunan.

    temen gw ada yg nyoba malah pakai pupuk kandang (tokai kambing) kata dia udah ada bakteri pengurainya...
    trus dia cemplungin ke tempat dia, n ikannya sehat2 tapi airnya jadi ijo, karena alganya kesenengan dikasih pakan pupuk kandang
    R*y Sury* Ditunjuk Presiden SBY Jadi Menpora

  17. #17
    ^ trial-error gituh yah jadinya?

    di rumah ada akuarium yg nganggur. dulu dipake buat akuarium air laut. cuman perawatannya ribed. cuma tahan 2 tahun

    prospek ini kayaknya menjanjikan. apalagi tanamannya gratis ambil dr selokan
    you can also find me here

  18. #18
    pelanggan setia porcupine's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Location
    Bintan
    Posts
    4,132
    Quote Originally Posted by Ray Surya View Post

    temen gw ada yg nyoba malah pakai pupuk kandang (tokai kambing) kata dia udah ada bakteri pengurainya...
    trus dia cemplungin ke tempat dia, n ikannya sehat2 tapi airnya jadi ijo, karena alganya kesenengan dikasih pakan pupuk kandang
    jangan jangan melihara ikan lele nih?

    ~Radio Kopimaya~

  19. #19
    Pakar Memematika Ray Surya's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    4,449
    Quote Originally Posted by Δx Δp ≥ ½ ħ View Post
    ^ trial-error gituh yah jadinya?

    di rumah ada akuarium yg nganggur. dulu dipake buat akuarium air laut. cuman perawatannya ribed. cuma tahan 2 tahun

    prospek ini kayaknya menjanjikan. apalagi tanamannya gratis ambil dr selokan
    ayo mus, segera bikin, lu kan udah ada modal iptek, yg pasti butuh nutrisi, cahaya, CO2, O2, gak perlu nyirami, soalnya udah di dalem air

    suplay udara cuman manfaatin yg ada di udara bebas agar masuk ke air (larut dalam air).
    tanaman yg daun darat klo dicemplungin lama tar bisa tumbuh daun airnya, kalo ditaruh darat lagi, daunnya akan meleleh gak kuat..
    boleh manfaatin tanaman2 yg deket air misal tanaman got, sawah, waduk, sungai, dll, jadi doi punya bakat nyemplung di air, jangan pohon kelapa ya kegedean.

    klo bakteri pengurai, gw manfaatin probiotik yg dirancang buat perikanan tambak
    boleh juga pakai pupuk kandang

    ---------- Post added at 01:41 PM ---------- Previous post was at 01:39 PM ----------

    Quote Originally Posted by porcupine View Post
    jangan jangan melihara ikan lele nih?

    halah, kayak lu gak doyan lele aja...

    ---------- Post added at 01:45 PM ---------- Previous post was at 01:41 PM ----------

    oh, tambahan... jangan lupa, lampunya nyalanya 8-12 jam, biar ngikutin kyk siklus matahari.
    klo alga mulai tumbuh ngawur, nyala lampu bisa dikurangi jamnya sampai alganya mokat

    ---------- Post added at 01:51 PM ---------- Previous post was at 01:45 PM ----------

    nih ikan air tawar, keren, murah
    namanya neon tetra

    harga sekitar Rp 1500, yg kecil bisa Rp. 350,-
    R*y Sury* Ditunjuk Presiden SBY Jadi Menpora

  20. #20
    janis tanamannya apa aja Mon yg cocok? masa asal comot dr selokan doang?

    ah, tp saya mau ada hewan-hewannya. yg bagus apa? katak dan kepiting?
    you can also find me here

Page 1 of 7 123 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •