Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 28

Thread: Kontak pejabat

  1. #1
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,900

    Kontak pejabat

    Ud bbrp taun ini gw punya temen yg ud ampir usia pensiun yg sedang berusaha mewujudkan cita2nya membangun negaranya tercinta. Beliau adalah seorang warga indonesia yg sudah pernah berkewarganegaraan belanda dan sekarang kembali lagi indonesia. Semasa berkarirnya dia bekerja sebagai ahli menangani banjir di PU nya negeri belanda (Rijkswatertaat, Ministerie van Verkeer en Waterstaat). Sudah bbrp taun ini dia berusaha menghubungi pejabat2 negara di Indonesia, spt bbrp menteri2 yg dalam rangka kunjungan dan gubernur termasuk gub. jakarta lalu, fauzi bowo, bahkan sudah sempet ketemu 5 mnt dgn Jokowi di Jakarta utk memberikan konsep2nya menangani banjir. Di janjikan undangan 2 minggu stlhnya, toh undangan ga datang jg. Bahkan kami bedua sama2 masuk dalam kepengurusan partai demokrat di belanda, ga digubris. Pendek kata, orang ini serius dan tulus. Saya di sini bantu2in aja ngoreksi tulisan2nya yg kadang salah2, berhubung ga ngarti masalah ingsinyur sipil.

    Nah.. sekarang kita mau coba usaha nyepam alias ngirim2 email ke pejabat. Sasaran selanjutnya adalah dahlan iskan. Tapi jg memungkinkan ke pejabat lain yg tentunya ada relasinya dgn masalah banjir dan sistem pengairan. Tentunya harus pejabat pusat karena masalah ini ud tingkat nasional keknya. Mgk jokowi ud mencoba, tapi ga bisa.

    Pertanyaannya, di mana ya gw bisa dapet emailnya pejabat? Mungkin ada yg tau?

  2. #2
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,350
    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Ud bbrp taun ini gw punya temen yg ud ampir usia pensiun yg sedang berusaha mewujudkan cita2nya membangun negaranya tercinta. Beliau adalah seorang warga indonesia yg sudah pernah berkewarganegaraan belanda dan sekarang kembali lagi indonesia. Semasa berkarirnya dia bekerja sebagai ahli menangani banjir di PU nya negeri belanda (Rijkswatertaat, Ministerie van Verkeer en Waterstaat). Sudah bbrp taun ini dia berusaha menghubungi pejabat2 negara di Indonesia, spt bbrp menteri2 yg dalam rangka kunjungan dan gubernur termasuk gub. jakarta lalu, fauzi bowo, bahkan sudah sempet ketemu 5 mnt dgn Jokowi di Jakarta utk memberikan konsep2nya menangani banjir. Di janjikan undangan 2 minggu stlhnya, toh undangan ga datang jg. Bahkan kami bedua sama2 masuk dalam kepengurusan partai demokrat di belanda, ga digubris. Pendek kata, orang ini serius dan tulus. Saya di sini bantu2in aja ngoreksi tulisan2nya yg kadang salah2, berhubung ga ngarti masalah ingsinyur sipil.

    Nah.. sekarang kita mau coba usaha nyepam alias ngirim2 email ke pejabat. Sasaran selanjutnya adalah dahlan iskan. Tapi jg memungkinkan ke pejabat lain yg tentunya ada relasinya dgn masalah banjir dan sistem pengairan. Tentunya harus pejabat pusat karena masalah ini ud tingkat nasional keknya. Mgk jokowi ud mencoba, tapi ga bisa.

    Pertanyaannya, di mana ya gw bisa dapet emailnya pejabat? Mungkin ada yg tau?
    Kenapa ga tweet nya SBY, kalo menurut gw lebih manjurr masukin masukin ke koran, semacam surat terbuka gitu, masukin ke koran2 ternama, majalah, jangan lupa ditujukan ke presiden dan para mentri, atau kalo mau keluar uang dikit, bayar wartawan, menurut gw ini lebih manjur daripada lu datangin pejabat satu2, ingat sekarang masa2 mendekati pemilu, jadi "pencitraan" bagi pejabat itu penting, jadii seolah2 mendengarkan masukan warga negaranya
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  3. #3
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,900
    Kalo ke tv gimana mas? Soalnya dia ga bisa nulis yg intelek gt. Kl bhs belanda lebih bs kayaknya.

  4. #4
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,049
    Bahhh ga bermaksud ngethanks malah kepencet. Pdhl maksud hati komen panjang

  5. #5
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,049
    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Kalo ke tv gimana mas? Soalnya dia ga bisa nulis yg intelek gt. Kl bhs belanda lebih bs kayaknya.
    Loh menurutmu presiden dan para menteri dll itu pinter nulis yang intelek?
    Enggak lah. makanya ada manusiamanusia yang berkerja di Biro Protokol Sekretariat Presiden.
    Temen gw ada gawe di sana soalnya.

    Btw kok pemerintahan kita makin susah ya ada orang yang bener.
    #curcol karena ada kenalan di KBRI di blacklist garagara ngelaporin korupsi yg tjadi di KBRI tsb .
    paham sih menerima konsep dari orang lain itu susah,
    karena bisa jadi pemda DKI sudah ada blueprint tersendiri
    Untuk rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang dalam rangka mengentaskan banjir.
    Atau karena para pejabat itu sudah saling bagi2 nilai proyek? #ups
    Hmmm sepertinya bisa nih ada anak yang mungkin kedepannya emg garap proyek yang bersangkutan.
    karena gw denger2 beliau juga kontaknya ama orang2 belandong yang jago soal pengairan.

  6. #6
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,049
    Aku bilang, lupakan kalau cuma kawanmu sendiri.

    Maaf, Bleg,
    biasanya pemerintah itu lebih percaya instansi daripada per-individu. Apalagi dengan KPK mulai mengawasi ketat, kalau ada tiba-tiba nama orang masuk, pasti ditanyai macam-macam.

    Misalkan begini, ada orang Jepang, tulus ingin bangun Indonesia, menawarkan sumbangan tenaganya. Sudah jelas pasti ditolak, biarpun sederet pengalaman di belakangnya. Tapi lain cerita kalau JICA menawarkan dana bantuan tetapi dengan syarat konsultan dari mereka, baru diterima.
    Lomba peluk2an di Citos: 30 November 2013
    Lomba dorong2an di Candra Naya (dkt Glodok): 8 Desember 2013

  7. #7
    pelanggan setia eve's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    4,115
    Jadi, temennya ndableg punya konsep untuk mengatasi banjir di jakarta?
    hai hai hai......

  8. #8
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    di Indonesia ini, pemerintahnya kebanyakan proyek...coba bikin CV dah kalau di sini, ikut2 lelang proyek fisik dah...baru bisa tembus ke pemerintahan jadi rekanan pemerintah

  9. #9
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,049
    Setuju sama kandalf, lupakan kalau hanya seorang diri.

    Barusan ngobrol2 ama kawan, dan baru menyadari orangnya ndableg ini kan orang partai demokrat? Lepas dari apakah dia membawahi partainya atau bergerak seorang diri. Yang jelas saya mencium adanya kepentingan partai politik antara pemerintahan Indonesia, entah kalau di pihak kawannya ndableg, murni atau ada kepentingan juga.

    Yang kedua, seperti yang kubilang di postingan sebelumnya. Orang2 pemerintahan kita memilih orang2 lama yang bisa diajak kongkalikong bagi2 uang proyek.

  10. #10
    pelanggan tetap 234's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    737
    Quote Originally Posted by Ndableg
    Kalo ke tv gimana mas? Soalnya dia ga bisa nulis yg intelek gt. Kl bhs belanda lebih bs kayaknya.
    Dicoba dulu aja mas kalo mau lewat koran. Langsung aja kirim/email ke bagian redaksi. Artikel2 dari penulis luar (lepas) yg masuk ke meja redaksi biasanya banyak juga yg "berantakan" kok. Asalkan secara substansial dinilai "berbobot" biasanya pihak redaksi akan pertimbangkan dan mereka mau perbaiki tulisannya tanpa mengubah substansinya. Tapi tulisan awalnya juga jgn terlalu berantakan lho, minimal pihak redaksi bisa paham dus bisa menilai berbobot tidaknya substansi tulisan tsb.

    Kalo saran saya sih, bukan promosi lho, koran yg paling pas adalah Kompas, Tempo atau Jakarta Post. Khusus untuk JP, asalkan artikelnya udah direspon positif oleh pihak redaksi, mudah2an saya bisa coba bantu push untuk dimuat. Ada banyak temen saya disana.

    Cara lain, coba aktif dulu untuk kasih komen/opini di media online koran ybs khususnya pada artikel2 terkait. Ini memang butuh waktu. Itung2 minimal eksis dulu dgn cara kasih komen/opini pendek.



    ---------- Post Merged at 09:37 AM ----------

    Oya sedikit tambahan...

    Kalo kirim artikel ke koran sebaiknya dlm kapasitas pribadi aja, independent, ndak usah bawa2 misalnya dlm kapasitas sbg pengurus partai tertentu. Ketiga koran yg saya sebut diatas biasanya menolak kalo udah sifatnya partisan.

    Gusti iku dumunung ing atine wong kang becik, mulo iku diarani Gusti... Bagusing Ati.

  11. #11
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    15,060
    Quote Originally Posted by kandalf View Post
    Aku bilang, lupakan kalau cuma kawanmu sendiri.

    Maaf, Bleg,
    biasanya pemerintah itu lebih percaya instansi daripada per-individu. Apalagi dengan KPK mulai mengawasi ketat, kalau ada tiba-tiba nama orang masuk, pasti ditanyai macam-macam.

    Misalkan begini, ada orang Jepang, tulus ingin bangun Indonesia, menawarkan sumbangan tenaganya. Sudah jelas pasti ditolak, biarpun sederet pengalaman di belakangnya. Tapi lain cerita kalau JICA menawarkan dana bantuan tetapi dengan syarat konsultan dari mereka, baru diterima.
    Damn! realitasnya kayak begini yak?

    Lebih dipercaya lewat instansi ato institusi? trus kelak bakal ada kong kali kong juga ya antara pejabatnya dan instansinya, toh ini proyek yang berpeluang untuk dapet kucuran dana kan? negara gw
    Last edited by noodles maniac; 02-02-2014 at 10:45 AM.
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  12. #12
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    hehehehe proyek2 kecil macam kelompok usaha bersama aja proposalnya kalau dananya cair aja bisa disunat sama pejabat terkait.
    [MENTION=44]ndableg[/MENTION] ada baiknya temanmu itu mempersiapkan mental dengan hal2 remeh di indonesia tapi bisa menjegal niat baiknya

  13. #13
    pelanggan tetap 234's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    737
    Sik...sik...sik...

    Ini sebenarnya "motif" nya mau ikutan "proyek" atau...:

    Quote Originally Posted by Ndableg
    ...sedang berusaha mewujudkan cita2nya membangun negaranya tercinta. Beliau adalah seorang warga indonesia yg sudah pernah berkewarganegaraan belanda dan sekarang kembali lagi indonesia. Semasa berkarirnya dia bekerja sebagai ahli menangani banjir di PU nya negeri belanda (Rijkswatertaat, Ministerie van Verkeer en Waterstaat)...
    ...apapun bentuk "pengabdiannya" tsb.

    Kalo menurut saya sih tidak harus main di "proyek" tapi bisa juga "bermain dibalik layar" menjadi semacam advisor atau penasihat ahli, entah itu di level PU (ini kayaknya malah ribet dgn birokrasi), level gubernur atau bahkan level menteri.

    Gusti iku dumunung ing atine wong kang becik, mulo iku diarani Gusti... Bagusing Ati.

  14. #14
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    nembusnya juga ga gampang pakdhe, harus merintis jauh2 hari

  15. #15
    pelanggan tetap 234's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    737
    ^
    Betul mbakyu, tapi setidaknya ndak harus nembus "comberan" ("kotor"nya birokrasi proyek) dulu.

    Memang butuh waktu, tapi ini (waktunya) relatif. Makanya, seperti saya dah singgung sebelumnya, mesti eksis dulu. Jual dulu ide2nya melalui media. Tapi ini juga mesti hati2, jgn sampe idenya malah "dicuri" oleh pihak lain. Ya tinggal pinter2nya bermaneuver aja, maneuver yg "cerdas tapi bersih" tentunya.

    Gusti iku dumunung ing atine wong kang becik, mulo iku diarani Gusti... Bagusing Ati.

  16. #16
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    nah itu cerdas tapi bersih....temannya [MENTION=44]ndableg[/MENTION] harus mempersiapkan mental untuk hal itu...karena kalau udah nembus birokrasi, pilihannya itu bertahan dengan idealisme yang ada tapi siap2 ada yg jegal atau main aman tapi ikut arus?

  17. #17
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    Sekedar membantu konsep, tanpa ada tulisan atau studi mendalam akan sulit untuk mendapatkan perhatian.
    bahkan studi teknis untuk penanganan banjir jakarta sebetulnya sudah banyak dari puluhan tahun lalu dan
    secara berkala diperbaharui. Entah konsep yang dimaksud sama dengan yang sudah ada atau benar baru.

    Penanganan banjir yang selama ini terkendala itu implementasi, mulai dari anggaran, sosial, sampai birokrasi.
    Contoh: implementasi BKT, pengerukan sungai di untuk mengurangi sedimentasi, sodetan Ciliwung-Cisadane,
    studinya sudah ada lebih dari 20 tahunan, semua dikerjakan oleh expert, mau nasional maupun luar.

    Setuju dengan saran-saran diatas, kalau mau menyalurkan keahlian, bisa jadi konsultan, masuk ga harus jadi
    konsultan korporat atau donor, kalau punya rekam jejak baik bisa juga jadi konsultan individu, atau mencoba
    dikenal publik lewat rajin muncul di media.

  18. #18
    pelanggan setia Ronggolawe's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    5,135
    atau mencoba dikenal publik lewat rajin muncul di media.
    Pencitraan dong

    ===

    kalau memang mau pulang untuk pengabdian, cari
    saja kota-kota propinsi yang bermasalah dengan pe
    nanganan Banjir dan Aliran Sungai.

    Bikin perusahaan konsultan bidang Konstruksi, dan
    mulai berkarya di sana. Suka tidak suka harus meng
    gandeng kontraktor, karena memang tidak ada yang
    gratis (pihak luar ngasih dana hibah saja potong bia
    ya konsultan kok). Kalau satu dua kerjaan berhasil
    dan bermanfaat, sedikit demi sedikit bakal dilirik oleh
    pusat.
    "And this world of armchair bloggers who created a generation of critics instead of leaders, I'm actually doing something. Right here, right now. For the city. For my country. And I'm not doing it alone. You're damn right I'm the hero."

    --Oliver Queen (Smallville)

  19. #19
    pelanggan setia eve's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    4,115
    ahok@btp.org
    ahokbtp@gmail.com

    No hp : 081317446408
    Last edited by eve; 02-02-2014 at 02:50 PM.

  20. #20
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    Quote Originally Posted by Ronggolawe View Post
    Pencitraan dong
    apapun namanya, itu salah satu alat membangun reputasi
    berkontribusi tidak harus terlibat dalam konstruksi fisik
    tapi bisa melalui konsep dan perencanaan teknis

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •