Page 2 of 9 FirstFirst 1234 ... LastLast
Results 21 to 40 of 172

Thread: Balada Kereta Api Indonesia

  1. #21
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,900
    Quote Originally Posted by pasingsingan View Post
    yang jelas
    kebijakan pemerintah RI blom berpihak pada transportasi masal
    gaya penanggulangan masalah hanya sibuk tebas ranting n daun
    bukan pokok n akarnya
    Seharusnya sih ini bukan masalah pemerintah pusat, melainkan pemerintahan daerah. Hanya saja masalah kemiskinan lebih utama.

  2. #22
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,900
    Quote Originally Posted by keremus View Post
    Masih soal KA, semoga Indonesia punya KA kek gini :

    KA tercepat di dunia :
    . CRH2 di Negara China
    THSR di Negara Taiwan
    KTXKTX di Negara Korea
    SHINKANZEN di Negara Jepang
    . AVEAVE di Negara Spanyol
    EUROSTAR di Negara Inggris
    TGV di Negara Perancis

    Kereta2 diatas itu memang kereta istimewa. Tapi bukan berarti semua kereta yg beroperasi kek gitu semua. Biasanya yg keren2, harga tiketnya mahal, dan jadwalnya bisa sejam sekali doang. Kalo yg rutin mah ya sama aja.
    Last edited by ndableg; 13-05-2011 at 02:14 AM. Reason: diprotes aslan

  3. #23
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Kalau mau membuat jalur rel kereta api yg baru tentu bukan memotong jalur aspal melainkan beli tanah dari warga.

    Nah, kesulitan pemerintah saat ini karena warga negara RI bisa punya sertifikat hak milik, maka pemerintah harus bernegosiasi harga untuk pembebasan tanah.
    Biasanya warga yg tahu tanahnya akan dipakai untuk fasilitas umum akan meminta harga setinggi2nya dan membuat negosiasi menjadi alot dan berlarut2.
    Kalau ada warga yg mau menjual tanahnya dengan harga murah, biasanya keburu disambar oleh spekulan, lalu spekulan2 ini yang kemudian menekan pemerintah agar membeli dengan harga mahal.

    Belum lagi urusan korupsi dan mark up dalam proses pembebasan tanah, akhirnya pemerintah menjadi semakin tak berdaya.

    Kalau di China, rakyat tidak boleh punya hak milik tanah, semua sewa pada pemerintah, setiap saat pemerintah butuh membangun fasilitas umum sewa tidak lagi diperpanjang, tapi untungnnya pemerintah China cukup fair dalam memberikan ganti rugi.
    Ini sebabnya China mudah dan cepat sekali membuat fasilitas umum.


    nb: gambar diatas saya tolong dihapus saja, message nya sudah dipahami tak perlu dipajang lama2.

  4. #24
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,900
    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    Kalau mau membuat jalur rel kereta api yg baru tentu bukan memotong jalur aspal melainkan beli tanah dari warga.
    Ah.. ini kan masalah jakarta aja, sedangkan rel kereta itu ga lewat tengah kota. Biasanya lewat pinggir2 aja. Kecuali pada saat masuk stasion sentral.

  5. #25
    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Betul lan.. jalur kereta api di indonesia ya cuman yg dari peninggalan belanda itu. Cuman dua jalur kanan kiri. Tapi gimana2, ngatur 2 jalur aja masih ada yg tabrakan, apalagi kalo banyak jalur. Kecuali banyak jalur ga ada kretanya..
    setau saya rel kereta di indonesia yang double track masih jarang. kebanyakan masih single track. mangkanya lambat, karena mesti antri untuk ambil jalur. seingat saya double track selatan jawa udah dibangun mungkin lebih dari 6 atau 7 tahun yang lalu, tapi ndak tau apa sekarang sudah rampung apa belum.

  6. #26
    Quote Originally Posted by ndableg View Post
    Betul lan.. jalur kereta api di indonesia ya cuman yg dari peninggalan belanda itu. Cuman dua jalur kanan kiri. Tapi gimana2, ngatur 2 jalur aja masih ada yg tabrakan, apalagi kalo banyak jalur. Kecuali banyak jalur ga ada kretanya..
    Justru kalo multi jalur bakal mengurangi tabrakan soale masing-masing arah punya jalur masing-masing, nggak sesulit mengatur jalur terbatas tapi dengan banya kereta dengan banyak tujuan.

  7. #27
    opera's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    http://www.opera.com/
    Posts
    4,852
    klo kereta api swasta bisa ga rel nya nyewa punya kai, stasiun bikin sendiri / sewa.
    kereta, gerbong dan pelayanannya yang dikerjakan sendiri diluar kai

  8. #28
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    Quote Originally Posted by opera View Post
    klo kereta api swasta bisa ga rel nya nyewa punya kai, stasiun bikin sendiri / sewa.
    kereta, gerbong dan pelayanannya yang dikerjakan sendiri diluar kai
    gak pake ditambahin kereta swasta, jalur yg sekarang ini aja ud ramai
    kereta kelas embek kadang harus nunggu lama di stasiun untuk mendahulukan perjalanan kereta yg lebih mahal

  9. #29
    pelanggan tetap komporminyak's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    1,243
    dari beberapa stasiun kereta api yang pernah dilewati atau disinggahi,
    gw merasa kok stasiun bandung paling bersih dan rapi ya,
    saingannya ama stasiun yogya emang.

    kalau futu dari depan mah, ratarata keliatan bersih



    -----------------------

    pas peresmian railway di solo,
    kereta api wisata difungsikan lagi melalui tengah kota Solo.


    Spoiler for ediaaan pas peresmian kemrruuyuuukk orangnya:


    - just call me kokom -

    Shinken & Fude… Jalan pedang dan jalan kuas, antara keharmonisan dan kekerasan kehidupan yang melebur untuk meraih kemurnian yang sempurna…
    I get to actually experience what it would be like to be a psycho, which is not a fun one. For me, it suits me. It suits my personality.

  10. #30
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    Quote Originally Posted by pasingsingan View Post
    yang jelas
    kebijakan pemerintah RI blom berpihak pada transportasi masal
    gaya penanggulangan masalah hanya sibuk tebas ranting n daun
    bukan pokok n akarnya
    bener um, sangat disayangkan
    sebagai pengguna kereta setiap hari, harusnya kami2 ini dikasih reward. Angker (anak kereta) itu
    1. menyukseskan program pemerintah yang berhubungan dengan perubahan iklim
    2. menyukseskan program pemerintah membatasi biaya bbm bersubsidi
    3. go green
    4. mengurangi beban jalan raya (dengan menggunakan transportasi massal)
    5. dll

    Rewardnya ga usah macem2, cukup KA diperhatikan dan dijadikan salah satu solusi penting mengatasi masalah transportasi, jangan malah dianaktirikan kayak sekarang.
    Kereta api diperbanyak, jalur diperbaiki-ditambah.
    Membuat double track itu jauh lebih murah dari pada buat tol, soalnya jalur kereta lama kan udah ada ga usah ada pembebasan lahan lagi
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  11. #31
    pelanggan setia nodivine's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    2,335
    ni masalahnya nanti Juni/ Juli ekspress pakuan mau diapus segala lagi? gimana mau diperbanyak atau dipermudah?
    udah tau yang biasa/ ekonomi aja sering lelet, da gitu sering telat (pakuan juga), malah nambah masalah baru buat yang kerja atau ngejar waktu.

  12. #32
    opera's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    http://www.opera.com/
    Posts
    4,852
    pernah baca dimana lupa...
    intinya pemerintah indonesia lebih tepat nya sekelompok orang dipemerintahan
    sudah deal dengan jepang (honda / yahama / suzuki / dll) masalah export/import kendaraan
    dengan catatan indonesia tidak mengembangkan layanan transportasi massal.
    coba aja bayangin berapa banyak unit mobil dan motor yang dijual diindonesia.
    kenapa rakyat membeli? karena tidak ada transportasi massal yang memadai, belum mampu ada kredit. udah mampu bisa beli lebih dari 1.

    coba kalau tranportasi massal memadai, orang orang lebih memilih mengalokasikan dana untuk keperluan lain (beli rumah) daripada beli kendaraan pribadi.
    sebenarnya klo dilogika indonesia mampu untuk bikin transportasi massal yang bagus, sdm juga banyak sekarang S1 sudah banyak.

  13. #33
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    Quote Originally Posted by opera View Post
    ...... sekarang S1 sudah banyak.
    banyak yg tidur ama koar2 doang, secara emang dari jaman kuliah ud model titip tanda tangan, nyontek, n targetnya cuma pingin punya photo wisuda ama ijabzah-nya

  14. #34
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,049
    Gimana mau bikin jalur kalau yang naik kereta banyak yang gak mau bayar tiket. Apalagi kalau yang naik bonek, udah ada yang gak bayar, bikin kerusakan pula. Kalau ditagih, PT KAI malah dibilang lebay.
    Belum lagi orang iseng melempar batu ke kaca.

  15. #35
    pelanggan setia heihachiro's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    little nong
    Posts
    2,582
    Quote Originally Posted by kandalf View Post
    ...
    Belum lagi orang iseng melempar batu ke kaca.
    daerah setelah Jatinegara dan Cikampek, rawan pelemparan batu dan tanah kering

    kalo naik kereta bisnis malem (senja) ke jogja, biasanya di daerah wates ada alarm yang menandakan kalo itu udah subuh2 dan udah nyampe wates

    *werewerewer....*

  16. #36
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,049
    Ngomong2, aku pernah bayar denda karena gak beli tiket lho..
    *bangga*

    Dan itu memang sengaja gak beli karena penasaran, kok tiketnya gak diperiksa. Jadi abis itu pas pulang dari UI Depok, ke arah Gondangdia, sengaja langsung naik tanpa bayar dan.. yup. tertangkap.

  17. #37
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    Quote Originally Posted by kandalf View Post
    Gimana mau bikin jalur kalau yang naik kereta banyak yang gak mau bayar tiket. Apalagi kalau yang naik bonek, udah ada yang gak bayar, bikin kerusakan pula. Kalau ditagih, PT KAI malah dibilang lebay.
    Belum lagi orang iseng melempar batu ke kaca.
    Ketidakpedulian pemerintah akan KA/transportasi massal adalah satu masalah, ada bonek dan orang ga bayar tiket, masalah lain lagi.
    Tidak mungkin menunggu perbaikan sarana tranportasi massal hingga para bonek tobat atau yang sering ga beli tiket mau beli tiket.
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  18. #38
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    Quote Originally Posted by nodivine View Post
    ni masalahnya nanti Juni/ Juli ekspress pakuan mau diapus segala lagi? gimana mau diperbanyak atau dipermudah?
    udah tau yang biasa/ ekonomi aja sering lelet, da gitu sering telat (pakuan juga), malah nambah masalah baru buat yang kerja atau ngejar waktu.
    kenapa dihapus?

    aku baru denger nih. kalo aku sebagai anker merasa sedikit lebih beruntung, jalurku relatif lebih deket dari pada yang ke bogor (tn.abang-serpong) dan keretanya juga cukup banyak. Penuh banget kalo yang ekonomi, tapi yang ekspress dan ac ekonomi ga terlalu empet2an (dibanding naik KA yang arah bogor, ac-nya aja penuh banget)
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  19. #39
    pelanggan setia kandalf's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    6,049
    Quote Originally Posted by cha_n View Post
    Ketidakpedulian pemerintah akan KA/transportasi massal adalah satu masalah, ada bonek dan orang ga bayar tiket, masalah lain lagi.
    Tidak mungkin menunggu perbaikan sarana tranportasi massal hingga para bonek tobat atau yang sering ga beli tiket mau beli tiket.
    Perbaikan juga butuh duit. Makanya tuh, yang naik2 di atas kereta disirami cat aja. Kalau dibalas pakai lemparan batu, biarkan aja.
    Trus yang jualan di kereta, belikan rompi khusus. Gak pakai rompi, wajib punya tiket.

    Keamanan jalur juga jadi masalah.
    Dari masalah lempar batu sampai pencurian rel.


    Mungkin seharusnya kereta antar kota dipisah manajemennya dengan kereta dalam kota. Jadi KAI mungkin seharusnya gak megang kereta dalam kota.
    Eh kalau sekarang masih satu manajemen, kan?

  20. #40
    pelanggan setia heihachiro's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    little nong
    Posts
    2,582
    khusus KRL manajemennya beda kayaknya

    btw, emang iya kereta bogor-jkt pasti penuh, ga peduli rush hour ato ngga. Kalo naik dari arah bogor, bisa lega baru setelah lewat stasiun manggarai

Page 2 of 9 FirstFirst 1234 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •