Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 34

Thread: Efek Psikologis karena Suara/Bunyi/Visual

  1. #1
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347

    Efek Psikologis karena Suara/Bunyi/Visual

    Akhir2 ini, g gampang merasa takut (secara psikologis) terhadap bunyi/suara/visual tertentu
    Meskipun pada dasarnya g memang rentan dengan suara yg terlalu keras: pintu kebanting, geledek, teriakan, makian; tapi biasanya ga sampe ketakutan

    Kejadiannya dipicu karena:

    1. ga sengaja denger musik latar dari film horor...trus ketakutan sendiri
    2. tiba2 ada geledek super gede
    3. kelamaan maen game bertema escape room...akhirnya merasa sesak terus takut gitu...sampe ga sanggup denger musiknya juga
    4. kadang musik bertema hymne juga bisa bikin merinding

    biasanya kalo udah ketakutan gini, g ambil earphone, trus nenangin diri dengan dengerin musik yg menenangkan
    dan ga bisa cuma sekedar dengerin musik aja, telinga harus lumayan tertutup dan fokus dengerin cuma musik itu aja

    Ada yg bisa kasih saran gimana cara mengurangi gejala ketakutannya?
    Mungkin ada yg punya pengalaman sama?
    Popo Nest

  2. #2
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    yang punya background psikologi kan popo sendiri

    ini termasuk takut menghadapi kegelapan malam juga ya?

  3. #3
    pelanggan setia Bi4rain's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Neverland
    Posts
    2,534
    termasuk phobia kah ini?
    klo phobia kan katanya musti coba biasakan dengan sumber ketakutannya, pelan-pelan, sedikit demi sedikit, secara bertahap. Tapi imo ini ga work buat semua orang. malah, klo dipraktekkan sendiri jadi skeptis
    A kid at heart

  4. #4
    pelanggan Casanova Love's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    451
    apakah blakangan suka susah tidur atau kurang tidur?

  5. #5
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    Quote Originally Posted by itsreza View Post
    yang punya background psikologi kan popo sendiri

    ini termasuk takut menghadapi kegelapan malam juga ya?
    ejaaaa....ga setiap orang yg ambil S2 psikologi otomatis jadi ngerti psikologi
    ngaco deh
    [MENTION=471]Casanova Love[/MENTION]: kadang susah tidur....tapi g lebih ke yg tipe kebanyakan tidur
    Popo Nest

  6. #6
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    eh iya ya.. siapa tau bisa memecahkan sendiri masalahnya
    itu kadang susah tidur malam, karena waktu siang terpakai tidur

  7. #7
    ehm..diriku kalo boker kudu sunyi senyap. bahkan suara tetesan air pun bisa matiin hasrat mules. itu termasuk apaan yak?
    Good friends, good books, and a sleepy
    conscience: this is the ideal life.
    Mark Twain

  8. #8
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    ^ wah buncher...kalo serumah isinya banyak orang...ga bisa dong
    pasti kan ada aja suara

    jadi...toilet buat buncher harus di tengah hutan ya...
    atau kalo ga, dibikin yg kedap suara
    [MENTION=152]itsreza[/MENTION]: maksud g, background S1 g bukan psikologi, jadi jatuhnya cuma konsultan
    g ga punya izin praktek...so otomatis psikologi bukan bidang yg g kuasai sampe bisa bikin penilaian sendiri
    Popo Nest

  9. #9
    pelanggan Casanova Love's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    451
    Quote Originally Posted by Porcelain Doll View Post
    ejaaaa....ga setiap orang yg ambil S2 psikologi otomatis jadi ngerti psikologi
    ngaco deh
    [MENTION=471]Casanova Love[/MENTION]: kadang susah tidur....tapi g lebih ke yg tipe kebanyakan tidur
    sori nanya lagi...
    apakah Sis relatif kelebihan berat badan?

    sori lho...kl ga mau djawab juga ndak apa...

  10. #10
    iya. pan emang ngajar di utan. 2x pindah rumah pas ditempat ngajar,urusan kakus lancar terus. pas balik kerumah langsung macet. kudu pake yakult dulu tiap ari 2botol baru lancar.
    Good friends, good books, and a sleepy
    conscience: this is the ideal life.
    Mark Twain

  11. #11
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    buceri parah juga ya... pasti lebih betah di hutan dibandingkan tinggal di rumah
    lebih efektif yoghurt milkuat atau activia dibanding minum yakult 2 botol lho

  12. #12
    pelanggan tetap Alip's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Posts
    1,635
    @Popo,

    Bisa coba self-CBT dulu... misalnya, ketika anxiety-nya dateng jangan buru-buru tutup pakai musik, tahan dulu beberapa lama sambil ngatur nafas. Lihat gimana efek selanjutnya...

    Belakangan ini sering terpapar pada stimulus itu kah? Ato ada hal-hal berat yang nggantung... ?
    "Mille millions de mille milliards de mille sabords!"

  13. #13
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    Quote Originally Posted by Casanova Love View Post
    sori nanya lagi...
    apakah Sis relatif kelebihan berat badan?

    sori lho...kl ga mau djawab juga ndak apa...
    enggak, BMI g termasuk normal dan BB juga seimbang

    Quote Originally Posted by itsreza View Post
    buceri parah juga ya... pasti lebih betah di hutan dibandingkan tinggal di rumah
    lebih efektif yoghurt milkuat atau activia dibanding minum yakult 2 botol lho
    yg ini g setuju, lebih efektif milkuat/activia dibanding yakult. udah enak, murah pula

    Quote Originally Posted by Alip View Post
    @Popo,

    Bisa coba self-CBT dulu... misalnya, ketika anxiety-nya dateng jangan buru-buru tutup pakai musik, tahan dulu beberapa lama sambil ngatur nafas. Lihat gimana efek selanjutnya...

    Belakangan ini sering terpapar pada stimulus itu kah? Ato ada hal-hal berat yang nggantung... ?
    nah, awal datengnya sih...dicoba dulu emang 1-2 menit ditahan2...sampe akhirnya ga sanggup terus terpaksa pasang musik
    cuma bagian ngatur nafas ga dicoba...nanti diperhatiin deh bagian ini

    kalo stimulus misal game...iya agak sering terpapar intens. mungkin lama2 numpuk sampe akhirnya meledak
    kalo yg lain2, ini maish kurang tau
    apa karena akumulasi pernah liat film horor, atau bacaan serem, imajinasi berlebihan...
    atau bisa jadi hal berat lain, cuma belum tau apa

    soalnya g bukan tipe penakut sih
    pas masih sekolah orang kerjaannya ngabisin acara tv sendirian sampe malem...bahkan cuek aja nonton horor kaya jason dll berbekal lampu temaram
    cuma emang..makin bertambah umur, makin ga terlalu berani sama yg horor2, cenderung menghindari

    errr...apa ada hubungannya juga sama pengalaman horor nyata terdahulu?
    pernah denger suara cekikikan, pintu dibanting, kursi bergeser sekaligus di rumah ortu
    tapi ga liat actualnya sih
    Popo Nest

  14. #14
    pelanggan setia eve's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    4,116
    Bisa jadeee... ^^ refreshing, stop nonton yang berbau horor... Alihkan nonton kartun... "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐ"̮‎​​ ..

    Semoga membantu.. Kalau gak isa, minum obat penenang... Atau cokelat, atau susu... ^^ biar syarafnya lumayan kendor...
    hai hai hai......

  15. #15
    pelanggan setia Bi4rain's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Neverland
    Posts
    2,534
    makin bertambah umur, makin ga terlalu berani sama yg horor2, cenderung menghindari
    I think I lean to this theory more
    A kid at heart

  16. #16
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    [MENTION=62]eve[/MENTION]: ga pernah minum obat penenang ya paling susu anget sih
    g udah STOP nonton yg terlalu horor...sekarang jadi sensitif banget sama yg berbau2 gitu
    [MENTION=945]Bi4rain[/MENTION]: hmm...bisa jadi ya?
    ini tanda kelemahan atau memang karena sensitif (hasil dari pengalaman sekian lama bersentuhan sama hal2 tadi)?
    elo ngalamin hal yg serupa ga? atau malah kebalikan, makin nambah umur malah makin berani?
    Popo Nest

  17. #17
    pelanggan tetap Alip's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Posts
    1,635
    Quote Originally Posted by Porcelain Doll View Post
    nah, awal datengnya sih...dicoba dulu emang 1-2 menit ditahan2...sampe akhirnya ga sanggup terus terpaksa pasang musik
    cuma bagian ngatur nafas ga dicoba...nanti diperhatiin deh bagian ini
    Pengaturan nafas justru bagian penting dari CBT, soalnya pada saat terjadi serangan kecemasan secara fisiologis kita akan mengalami peningkatan denyut jantung yang memicu pula sekresi hormon stress (kortisol dan kawan-kawannya). Dengan mengatur nafas kita berusaha menekan proses ini dan keluar dari eskalasi kecemasan secara fisik.

    Jadi cobalah tarik, tahan, keluarkan, dan tahan nafas secara teratur, misalnya masing-masing dalam empat hitungan.

    Quote Originally Posted by Porcelain Doll View Post
    kalo stimulus misal game...iya agak sering terpapar intens. mungkin lama2 numpuk sampe akhirnya meledak
    kalo yg lain2, ini maish kurang tau
    apa karena akumulasi pernah liat film horor, atau bacaan serem, imajinasi berlebihan...
    atau bisa jadi hal berat lain, cuma belum tau apa

    soalnya g bukan tipe penakut sih
    pas masih sekolah orang kerjaannya ngabisin acara tv sendirian sampe malem...bahkan cuek aja nonton horor kaya jason dll berbekal lampu temaram
    cuma emang..makin bertambah umur, makin ga terlalu berani sama yg horor2, cenderung menghindari

    errr...apa ada hubungannya juga sama pengalaman horor nyata terdahulu?
    pernah denger suara cekikikan, pintu dibanting, kursi bergeser sekaligus di rumah ortu
    tapi ga liat actualnya sih
    Prinsipnya ini adalah acquired behavior, perilaku takut yang (tanpa sadar) dipelajari oleh Popo. Bisa sih kita coba program ulang tanpa perlu tahu awal ceritanya gimana, tapi bagus juga kalau tahu biang keroknya di mana dan diintervensi juga.
    "Mille millions de mille milliards de mille sabords!"

  18. #18
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    15,212
    Gw rasa masalahnya emang psikologis deh, terutama baca bagian ini...

    Quote Originally Posted by Porcelain Doll
    errr...apa ada hubungannya juga sama pengalaman horor nyata terdahulu?
    pernah denger suara cekikikan, pintu dibanting, kursi bergeser sekaligus di rumah ortu
    tapi ga liat actualnya sih

    g udah STOP nonton yg terlalu horor...sekarang jadi sensitif banget sama yg berbau2 gitu

    soalnya g bukan tipe penakut sih
    pas masih sekolah orang kerjaannya ngabisin acara tv sendirian sampe malem...bahkan cuek aja nonton horor kaya jason dll berbekal lampu temaram
    cuma emang..makin bertambah umur, makin ga terlalu berani sama yg horor2, cenderung menghindari
    Lu bukan takut sama horornya tapi sadar diri kalo dengan nonton horor itu bisa memicu diri lu menjadi gak tenang karena denger musik latar, lagu hymne, sama suara-suara yang mengagetkan? begitu kah?

    Mungkin ada kaitannya sama trauma masa kecil lu ato pengalaman-pengalaman lu yang lain. Harus konsul sama psikolog ato psikater nih? psikiater kali yah, jadi ntar diterapi

    ---------- Post Merged at 05:55 AM ----------

    Jadi cara mengatasi rasa takut dan panik itu pertama-tama ngatur nafas ya om [MENTION=249]Alip[/MENTION] ?
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  19. #19
    pelanggan tetap Alip's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Posts
    1,635
    Quote Originally Posted by noodles maniac View Post
    Jadi cara mengatasi rasa takut dan panik itu pertama-tama ngatur nafas ya om [MENTION=249]Alip[/MENTION] ?
    Pada prinsipnya kondisi kejiwaan kita sangat dipengaruhi oleh denyut jantung. Seseorang yang denyut jantungnya melebihi batas normal biasanya mengalami kesulitan mengatur perasaan dan fisiknya. Coba Nudel olahraga sampai jantung berdenyut di 140 bpm, lalu cobalah menulis halus tegak bersambung di buku garis tiga yang buat anak-anak belajar nulis... susah banget deh...

    Mengatur nafas berguna untuk mengontrol denyut jantung, karena kalau jantung berdenyut melebihi batas normal bisa memicu efek panik yang lebih serius. Dalam kasus Popo, musik digunakan untuk menutup diri dari stimulus tapi sekaligus menurunkan denyut jantung.

    Teknik bernapas yang saya sebut di atas, hitungan empat-empat, adalah standar di angkatan bersenjata. Dipakai sebagai teknik gawat darurat ketika prajurit baru mulai terjun di lapangan, baik perang beneran maupun simulasi...
    "Mille millions de mille milliards de mille sabords!"

  20. #20
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    takut berlebihan ini, (mungkin) mulai parah sejak menikah
    yg paling ekstrim itu, sampe ga bisa tidur sendirian di kamar sendiri kalo malem
    jadi kalo hubby keluar kota, minta temenin tidur sama ibu mertua
    padahal selama ini selalu tidur sendirian di kamar, biasa aja, itu juga ga pake lampu tidur alias gelap

    mulai takut gitu, karena pernah lagi tidur siang sendirian di kamar
    terus ga tau kenapa, kaya ngerasa ada yg ngawasin di samping tempat tidur...sampe ngerasa gelisah sendiri dan kebangun
    ini pertama kalinya ngerasa takut sampe ga bisa tidur
    malemnya habis itu, nyoba tidur sendirian pertama kali, udah ga bisa lagi
    kebayang terus pengalaman tidur siang itu

    om [MENTION=249]Alip[/MENTION]: ada hubungannya ga sih dengan daya imajinasi dan penghayatan berlebihan saat menonton atau membaca sesuatu?
    fyi, saya kalo baca/nonton itu biasanya bener2 masuk ke dalam dunia yg ditonton/dibaca gitu
    apa ya istilahnya...empati??
    Popo Nest

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •