Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 28

Thread: Kasus Pembongkaran Makam

  1. #1
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288

    Kasus Pembongkaran Makam

    Cilacap - Sugiyo dan istrinya, Titin Sumarningsih, sama sekali tidak menyangka makam anak gadisnya, Endah Setyowati (24), jadi sasaran pencurian. Tengkorak kepala Endah dibawa kabur pelaku. Titin merasa hal aneh sebelum kejadian.

    "Malam itu memang saya tidak bisa tidur saja, ternyata paginya mendengar berita itu," kata Titin, Jumat (13/12/2013).

    Sugiyo dan Titin merupakan warga Slarang, Kecamatan Kesugihan, Cilacap. Pada Senin (9/12) lalu, ia dan anaknya yang baru pulang dari Singapura, menengok makam Endah. Tidak ada hal yang mencurigakan. Pada Kamis (12/12) kemarin, makam diacak-acak orang tak dikenal.

    "Tidak menyangka akan seperti ini, kemarin baik-baik saja," ungkap Sugiyo.

    Selain mengambil tengkorak kepala Endah, pelaku diduga kuat melakukan ritual mistis. Berdasarkan pemeriksaan polisi, di depan makam terdapat kurungan ayam yang di dalamnya berisi otak dan potongan kerangka kepala. Tak jauh dari titik itu, ada kandang burung berisi makanan burung dan jagung. Di dekatnya ada lilin angka 4.

    Ada juga guci kecil yang di dalamnya berisi lilin angka 2. Angka 4 dan 2 diduga merujuk pada usia Endah, yakni 24 tahun. Ditemukan sepasang sandal jepit, sabut kelapa, dan daun kering. Saat ini, barang-barang itu diamankan polisi.

    Di waktu berbeda, pencuri juga beraksi di TPU Cikento, Kelurahan Gunungsimping, Kecamatan Cilacap Tengah. Pelaku membongkar dua makam bayi kembar, Yuliana dan Yuliani. Salah satu jenazah raib. Satu lainnya masih utuh, hanya kafannya yang hilang.

  2. #2
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    Ritual mistis apaan sih ? Serem amat...
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  3. #3
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    15,241
    Ini nih baru Tomb Raider

    Buat pesughian kan?
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  4. #4
    pelanggan setia Alethia's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Posts
    4,059
    baru plg dr singapura menengok makan endah
    emang makamnya di singapore? kok kejadiannya di cilacap?
    njirrr.aneh banget
    makamnya dlm sehari pindah gt?
    Jangan kamu bilang dirimu kaya, bila tetanggamu memakan bangkai kucingnya.
    -Rendra

  5. #5
    pelanggan tetap 234's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    737
    ^
    Yup, Slarang itu nama desa di Singapura.

    Yg baru pulang dari Singgapor itu anak dari pasangan Sugiyo-Titin. Mungkin dia adik/kakak Endah yg jadi TKI/W disana, nah pas dia pulkam dia pengin ke makam saudaranya itu, diantar oleh ortunya yg namanya Sugiyo. Begitsu...

    Eh namanya Sugiyo? Tinggal di kecamatan Kesugihan? Mugkin itu yg membuat malingnya tertarik, supaya bisa cepet sugih.

    Gusti iku dumunung ing atine wong kang becik, mulo iku diarani Gusti... Bagusing Ati.

  6. #6
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    unik-unik ya hobi orang

  7. #7
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Gara2 banyak film2 pocong kali yaa...

  8. #8
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    15,241
    Emang di pilem pocong kenapa, slan? Pada maen colong-colongan? gw gak penah nonton pilem pocong-pocongan
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  9. #9
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Cilacap - Pembongkaran makam kembali terjadi di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng). Dua buah makam bayi dibongkar orang tidak dikenal di TPU Koyong, Desa Tritih Wetan, Kecamatan Jeruk Legi, Cilacap, Jateng.

    Makam bayi yang dibongkar itu atas nama Daffa Hafid Muzak. Daffa meninggal usai dilahirkan pada Minggu 10 November 2013 lalu. Sedangkan satu makam bayi lagi yakni Dira yang meninggal 2 tahun lalu. Makam bayi Dira tidak jauh dari lokasi makam bayi Daffa.

    "Ketahuan makam bayi Daffa dibongkar itu tanggal 2 Desember 2013 sekitar pukul 06.00 WIB. Hari itu juga saya lapor penjaga makam dan keluarganya," kata slamet, seorang tukang gali kubur di TPU Koyong, Sabtu (14/12/2013).

    Menurut dia, saat ditemukan kondisi makam sangat berantakan. Ditemukan juga sepasang sandal hitam dan sebuah pancong atau pacul kecil.

    "Ditemukan juga ada tali pocong dan kain kafan juga," kata Slamet.

    Karena sudah mendapatkan ijin dari pihak keluarga, akhirnya makam bayi Daffa tersebut kembali ditutup. Pembongkaran makam tersebut tidak dilaporkan ke pihak kepolisian.

    Sementara, makam bayi Dira, dibongkar orang tidak dikenal seminggu lalu. Menurut Slamet, kemungkinan pelaku tidak menyangka makam bayi Dira sudah 2 tahun dikubur.

  10. #10
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694
    paling pesugihan supaya kaya raya

  11. #11
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    Quote Originally Posted by noodles maniac View Post
    Emang di pilem pocong kenapa, slan? Pada maen colong-colongan? gw gak penah nonton pilem pocong-pocongan
    daripada pocong-pocongan lebih enak kacang-kacangan

  12. #12
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694
    Ini Keganjilan-keganjilan yang Menyertai Ritual Bongkar Makam di Cilacap



    Sebagian warga di Cilacap dikagetkan dengan adanya kasus pencurian tengkorak dan pembongkaran tiga makam oleh orang tak dikenal. Apalagi kasus ini memunculkan sejumlah keanehan. Polisi menduga ada kejadian ini berkaitan dengan ritual mistis.
    Kejadian tersebut terjadi pada Sabtu dan Minggu (7-8/12) lalu di mana dua makam bayi kembar di TPU Cikento, Kelurahan Gunungsimping, Kecamatan Cilacap Tengah, dibongkar orang.

    Kemudian pada Kamis (12/12/2013), satu makam lagi di TPU Kebon Manis, Kecamatan Cilacap Utara juga sudah dibongkar oleh orang tidak dikenal dengan kondisi makam yang sudah berantakan dan ditemukan lubang dengan kedalaman dua meter dan berdiameter 50 centimeter.



    Satu dari 2 Jasad Bayi Kembar Diambil

    Makam bayi kembar bernama Yuliana dan Yuliani yang ada di TPU Cikento, Keluarahan Gunungsimping, juga sempat dibongkar secara berturut-turut selama dua malam, Sabtu-Minggu (7-8/12) lalu.

    Menurut penjaga makam TPU Cikento, Sukirno (56), mengatakan pada Sabtu pagi, dirinya dikagetkan dengan kondisi makam salah satu bayi yang sudah terbongkar. “Pada makam itu jasad bayi yang mati masih ada, hanya tali kafannya yang hilang,” ujar Sukirno yang kemudian kembali menutup makam itu.

    Namun alangkah kagetnya dia, ketika pada Minggu paginya, makam bayi kembaran lainnya juga turut dibongkar orang. Bahkan mayat bayi dan kain kafannya juga sudah hilang. Kedua bayi ini, merupakan bayi yang meninggal pada 16 November 2013. Kedua bayi ini meninggal ketika dilahirkan, karena lahir prematur.

    Diketahui, Yuliana lahir lebih dahulu dengan berat 4,6 ons di RS Santa Maria pada 15 November dan meninggal pada 16 November. Kemudian Yuliani lahir dalam keadaan sudah meninggal dunia di dalam kandungan saat dirujuk ke RSUD Cilacap pada 16 November. Kedua bayi dimakamkan pada 17 November lalu.

    “Yang hilang jenazah Yuliani,” ujar Aji, orang tua dua bayi kembar yang sudah alharhum tersebut.

    Pencuri Gondol Tengkorak Kepala Mayat Perempuan

    Empat hari berselang, kejadian aneh terjadi lagi. Pada Kamis (12/12/2013), satu makam lagi di TPU Kebon Manis, Kecamatan Cilacap Utara juga sudah dibongkar oleh orang tidak dikenal dengan kondisi makam yang sudah berantakan dan ditemukan lubang dengan kedalaman dua meter dan berdiameter 50 centimeter.

    Tengkorak kepala sang gadis dibawa pelaku. Endah meninggal 8 Agustus lalu dan dimakamkan di TPU Sabuk Janur, Kelurahan Kebon Manis, Cilacap Utara, Cilacap, Jawa Tengah.



    Benda-benda Misterius Ditemukan di Makam

    Di dekat makam Endah, yang berjarak 20 meter dari kuburan, ditemukan beberapa barang bukti. Dalam olah TKP ditemukan kurungan ayam kandang burung berisi makanan burung dan jagung, lilin, dan guci.

    Selain itu, ada jejak tapak kaki di pagar panembahan dan bekas dupa pembakaran dan bunga melati. Ada dugaan pelaku mencuci tengkorak kepala dan tali kafan di kolam kecil di panembahan.

    Polisi Duga Pencurian Berkaitan dengan Ritual Mistis

    Polisi mengakui pencuri yang beraksi di makam Endah Setyowati (24) sempat menggelar ritual. Jejak-jejak ritual masih terlihat jelas. Bagaimana polisi mengusut kasus ini?

    “Memang ada dugaan pelaku melakukan ritual mistis. Ada beberapa bukti di lokasi kejadian,” kata Kapolres Cilacap AKBP Andry Triaspoetra, Jumat (13/12/2013).

    “Tapi kami tidak menekankan penyelidikan pada hal itu (ritual),” sambungnya. sambel petis

  13. #13
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    Dulu Sumanto juga suka bongkar makam, malah daging mayatnya dimakan... ritual mistis juga.

  14. #14
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694
    konon klo kuburan orang2 Tionghoa suka ada perhiasan or uang.. apa bener??

  15. #15
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    15,241
    Iya gw juga pernah denger katanya begitu, segala harta benda dibawa ke kubur, makanya kuburan orang Tionghoa/China gundukannya tinggi-tinggi
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  16. #16
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694
    klo orang Taiwan laen lagi, upacara dgn penari telanjang itu biasa dilakukan dalam rangkaian
    festival keagamaan di sejumlah tempat di Taiwan dengan maksud menenangkan arwah di alam sana
    gak percaya kan... lihat aja sambel petis

  17. #17
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    15,241
    Waduh... ada pertunjukan striptis di acara kematian? katanya udah biasa lagi ya
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  18. #18
    pelanggan sejati surjadi05's Avatar
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    9,351
    Quote Originally Posted by ancuur View Post
    konon klo kuburan orang2 Tionghoa suka ada perhiasan or uang.. apa bener??
    Iya pakde, dulu biasanya banyak perhiasan cuma karna sering dibongkar, akhirrnya jarang lagi, kalo ada juga paling 1 pehiasan yg paling almarhum/almarhumah suka
    you meet someone
    you two get close
    its all great for awhile
    then someone stops trying
    Talk less, awkward conversations, the drifting
    No communication whatsoever
    Memories start to fade
    Then the person you know become the person u knew
    That how it goes. Sad isn't it?

  19. #19
    pelanggan sejati Urzu 7's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Posts
    7,940
    Quote Originally Posted by AsLan View Post
    Dulu Sumanto juga suka bongkar makam, malah daging mayatnya dimakan... ritual mistis juga.
    Kalo ini mungkin ngerikitin balungan aja

  20. #20
    pelanggan tetap lattungtatturrus's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    1,445
    Pelaku udah ketangkep kan...barusan liat d transeven

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •