Page 1 of 5 123 ... LastLast
Results 1 to 20 of 94

Thread: - Derita Mengolah Gurami -

  1. #1
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753

    - Derita Mengolah Gurami -

    Ini kejadian kemaren...

    Saya beli ikan gurami 2 ekor.

    Selama ini , saya ga pernah mengolah ikan sendiri , kecuali fillet dori dan salmon , karena udah berupa fillet. Saya takut darah dan takut liat mata ikan yang mo saya olah.

    Akhirnya , sampai rumah , saya taruh ikannya di dapur.

    Saya googling cara bersihin ikan. Selesai googling , saya balik dapur.

    Saya cuci.

    Pertama , jari saya ketusuk sirip ikan , berdarah. Mending 1 , lha 2 jari ketusuk di kiri kanan. Darah mengalir

    Saya bersihin sisik ikan gurami.

    Argh... Sisiknya beterbangan , mengerikan

    Bau banget ikannya

    Thanks Lord , ga lama , Mama pulang.

    Mama yang lanjutin bersihin sisik ikannya. Cepet banget. Kayanya Mama saya ga takut ikannya lecet.

    Terus ama Mama , dipotong samping kepala , dikeluarin isi badan ikan

    Ngeri saya

    Ikan pertama selesai , lanjut ikan kedua.

    Terus saya potongin lemon , saya peras lemon , di badan ikan , supaya ga amis.

    Jari saya yang terluka , rasanya luar biasa kena aer lemon , pedih banget.

    Mata ikannya juga jadi putih kena aer lemon

    Selesai , ikan disimpan di freezer.

    Sore , ikan digoreng. Rasanya ? Ga ada rasa , lupa kasi bumbu. Tawar...

    Ckckck... Kapok saya mengolah ikan sendiri. Enakan beli di resto , paling beda 10 ribu doang ckckck...

    Kapok saya beli ikan masi bersisik , ada mata , ada tulang... Enakan beli fillet...

  2. #2
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    kasian ikannya diolah dengan keji oleh lily

  3. #3
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    Padahal saya bersihin sisiknya pelan - pelan.

    Duh asli ngeri saya. Mengerikan !
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  4. #4
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,910
    Saya termasuk yang nggak biasa ngolah ikan karena dulu nggak suka makan ikan. Sekarang juga biasanya beli filet. Tapi saya tau caranya karena sering merhatiin di rumah dan sebenarnya nggak susah2 amat.

    Yang saya ngeri itu ikan lele kadang masih idup di pasar terus gerak-gerak abis itu digetok palanya sama yang jual. Hi....nggak pernah daku makan lele dari dulu sampe sekarang.
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  5. #5
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    Saya juga takut liat darah ikan , dari dulu sampe sekarang. Pokoknya saya ga mau liat pas diolah dari hidup menuju penghabisan.
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  6. #6
    pelanggan setia eve's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    4,116
    Wakakakak... Biasa aja ly.. Saya aja biasa nyabutin bulu ayam setelah di sembelih sampai memutilasinya sampai berpotong2 siap olah... ^^
    hai hai hai......

  7. #7
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    Argh eve... Saya mo nangis baca tulisanmu

    Kagak mau saya... Ga berani...

    Dibayar 1 juta juga ga mau saya , takut banget.

    Ampun ampun deh , jangan sampe kejadian di saya.
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  8. #8
    pelanggan setia eve's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    4,116
    Ya udah kalau kejadian, kasih duit 1jt ke saya, biar saya yang mutilasi ya ly...

    Saya sampai apal banget tuh lekukan2 memutilasi ayam yang bener, tanpa harus pakai kekerasan...
    hai hai hai......

  9. #9
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    wkwkwk...
    aku dari kelas 1 sd udah diajari cara bersihkan ikan sama papa.
    jadi udah biasa ngurus ikan, ayam dll.
    ikan, udang kepiting, bisa. ikan dibersihkan sisiknya (kalau bersisisk) kalau lele buang moncong.
    abis itu bersihkan jeroannya.

    aku juga pernah ngolah ayam hidup sampai jadi makanan.
    yang aku ga bisa sembelih-nya abis itu ya bisa.
    ayam setelah disembelih direbus dulu, abis itu cabutin bulunya. dibersihkan jeroannya, dipotong2.
    kalau mau diungkep dulu bisa, langsung masuk kulkas bisa, dimasak langsung paling baik.

    pokoknya jadi suamiku enak banget, beruntung, soal ngolah makanan aku ga jijikan, jijik-nya sama tikus, curut ama cacing aja. kalau yang kira2 bisa dimakan, aku sih gagah berani
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  10. #10
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    lebih tega dari lele, penjual kodok di pasar. kodok loncat-loncat dipotong kakinya

  11. #11
    pelanggan setia eve's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    4,116
    Bukan direbus kak chan, dicelupin bentar di air mendidih, kalau kelamaan nanti cabut bulunya ayam bisa ketarik kulit n dagingnya kak chan...
    hai hai hai......

  12. #12
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    Ya ampun...



    Nyerah deh saya... Bendera putih.

    Ga berani.

    Saya kalo mengolah cumi masi berani , kan ga ada darahnya. Fillet juga berani.

    Tapi kalo membantai dari hidup ke mati , enggak deh. Takut saya didatangin kalo pas sendirian.

    Ga mikir deh punya suami ntar gimana. Kalo masak ya pake fillet aja , udah ada fillet ayam , dll

    Bisa teriak saya , kalo dipaksa bunuh ayam. Ih edan , ga berani bayanginnya...



    Eh yang kodok itu beneran dipotong kakinya pas hidup ? Kasian ya binatang

    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  13. #13
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    kepiting masih hidup langsung direbus...

    lily memang ga suka makan kepiting?

  14. #14
    pelanggan tetap waks!!'s Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    1,490
    emg beli dimana ly? kalo di supermarket kan bisa minta dibersihkan atau difillet

  15. #15
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    Saya suka makan telor kepiting yang orange itu. Kalo kepitingnya ga suka.

    [MENTION=188]waks!![/MENTION] : kemaren pas antar O ke sekolah , ada tukang sayur berhenti. Di perumahan saya susah kalo cari tukang sayur , makanya pas keluar , liat ada tukang sayur di jalan , langsung panggil.

    Saya itu lupa kalo ikan itu punya sisik , ama dalemnya harus dibuang

    Pikiran saya , tinggal dicuci trus dimasak

    Lupa bener - bener lupa saya ckckck...

    Saya baru nyadar pas Mama saya telepon , bilang , "Non ikannya jangan lupa ya dibersihin , trus dipotong , dibuang dalemnya."

    WHAT ??? Akhirnya saya pake modal googling. Lha gimana , seumur hidup saya , saya ga pernah mau berhadapan ama binatang yang berdarah , apalagi kalo bersihin.

    Hiks... Saya menyesal kemaren sok beli gurami

    Udah jari berdarah , gurami nya ga enak , tawar...
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  16. #16
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    makan telor kepiting bukannya lebih kejam daripada makan 1 kepiting ya?
    berapa calon kepiting seharusnya bisa tumbuh gembira di alam bebas tapi malah mati dimakan lily

  17. #17
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    Hiks... Reza jangan gitu dong

    Sedih saya... Merasa bersalah
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  18. #18
    pelanggan tetap thin.king's Avatar
    Join Date
    Jun 2013
    Posts
    803
    AFAIK ada daerah di Indonesia yg masak ikan tanpa disiangi.
    jadi ya ikannya langsung dibersihin luarnya dari pasir/tanah, lupa sisiknya dibersihin atau tidak trus dicelup di air laut (kalo ada)
    tanpa dibumbuin langsung digoreng/bakar.

    katanya sih yg gini enak, soalnya rasa asli si ikan bener" kerasa, ga kecampur rasa bumbu.

    eh ini khusus ikan laut yak, gw ga pernah denger yg versi ikan sungai.

    mungkin lily bisa coba cara ini.

  19. #19
    Barista lily's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    a place called home
    Posts
    12,753
    Ikan itu yang ga bersisik cuma lele ya ?

    Kapok saya beli ikan , ga bakal ada yang kedua. Saya milih makan jadi di resto deh , daripada trauma gini.
    - I'm such a very lucky woman and have a very lucky life -

  20. #20
    pelanggan tetap waks!!'s Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    1,490
    banyak kok yg ga bersisik
    kembung, baronang, bbrp jenis bawal

    bersihin sisik gurame sih sebenernya ga seberapa. imo yg lebih susah bersihin dalemannya.kalo pisonya ga tajem derita deh.keras gitu

Page 1 of 5 123 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •