Results 1 to 14 of 14

Thread: Kopi Luwak Diboikot

  1. #1
    pelanggan tetap ga_genah's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    1,660

    Kopi Luwak Diboikot

    JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi menyangkal tuduhan organisasi pencinta hewan, People for the Ethical Treatment of Animals (PETA), yang menyebut kopi luwak melanggar hak-hak kehewanan.

    Bayu mensinyalir tuduhan yang dialamatkan kepada Indonesia itu hanyalah perang dagang, seiring kian menggeliatkan pasar kopi luwak produksi Indonesia. Lebih lanjut ia mengatakan, masyarakat harus memahami proses yang berbeda-beda dari produksi kopi luwak.

    ”Ada pelanggaran hak-hak kesejahteraan hewan, atau tidak, tetapi tidak bisa digeneralisasi, itu jelek. Ini sama seperti sapi perah dikasih makan dan diperah susunya,” ujar Bayu di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (15/11/2013).

    Ia mengatakan, jika luwak hanya diberi makan biji kopi tetapi tidak diberi makan selain biji kopi, baru bisa disebut melanggar hak-hak hewan. Lagi pula, sambung dia, dengan memaksa luwak untuk mengonsumsi biji kopi sepanjang hari, hal itu dapat mengganggu kesehatan luwak, yang pada akhirnya membuat pengusaha bersangkutan merugi.

    Bayu menjelaskan, produksi kopi luwak terdiri dari tiga macam. Pertama, kopi luwak yang diproduksi alamiah oleh luwak yang hidup di hutan. Kedua, kopi luwak yang diproduksi oleh luwak yang ditangkarkan. Dan ketiga, kopi dengan merek kopi luwak.

    ”Jadi tiga kelompok ini yang ada di Indonesia. Kopi luwak yang alami tidak ada masalah sama sekali. Yang brand enggak ada masalah. Yang menjadi masalah luwak yang dikandangkan itu,” ujar Bayu.

    Asal tahu saja, kopi luwak original (alamiah) dibanderol mencapai 150 euro per kilogram. Meski kopi Indonesia masih di bawah popularitas kopi dari Brasil dan Vietnam, munculnya kopi luwak membuat kopi Indonesia kian dikenal dunia.

    kecap

    INTERNATIONAL BOYCOTT OF KOPI LUWAK STARTING TO PERCOLATE

    As Consumers and Retailers Learn About Torment of Captured Civets, Vile 'Luxury' Coffee Made From Beans Picked From Feces Loses Appeal

    For Immediate Release:

    October 30, 2013

    Jakarta — There's more than just the fact that kopi luwak, or civet coffee, is made from berries that have been eaten and excreted by civets to turn off consumers and retailers from the Far East to Western Europe. That's because People for the Ethical Treatment of Animals (PETA) Asia has been circulating undercover video that shows the civets in their tiny, filthy cages incessantly pacing, spinning, biting the bars, and bobbing their heads—all indications that the wild-caught animals are going insane from boredom and depression. In addition to more than 50,000 consumers in dozens of countries who have taken PETA's pledge not to buy the vile product, some of the world's major hotel chains and biggest retailers have stopped selling it, including the Grand Hyatt in Singapore; the InterContinental, the Langham Hotel, and the Mandarin Oriental in Hong Kong; and the iconic Harrods chain of department stores in the U.K.

    "Drinking coffee made from beans that were plucked from feces isn't the most revolting aspect of civet coffee," says PETA Asia Vice President of International Operations Jason Baker. "Purchasing a product that's the result of animal abuse supports that abuse, which is why consumers and major corporations worldwide are refusing to have anything to do with civet coffee."

    Although some farms advertise their beans as "wild-sourced," many contacts told PETA's investigator that producing large amounts of coffee from exclusively wild sources was not possible. In the wild, civets frequently climb trees to reach the ripe coffee berries, but in captivity, they are fed more of the fruit than would ever be natural for them. One farmer explained that civets are generally kept caged for a maximum of three years before being released back into the wild and that the stress of confinement and lack of nutrition cause them to lose their fur. Another farmer told the investigator that some civets don't survive after they are released back into the wild.

    kecap
    apakah sapi ato domba yg di gunting bulunya itu tidak melanggar hak-hak hewan?
    benar2 politik dagang ini....

  2. #2
    pelanggan setia eve's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    4,118
    Setuju... Politik dagang... Btw, emangnya luwak cuma ada di indonesia ya?
    hai hai hai......

  3. #3
    Chief Cook ndableg's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    5,910
    Ada juga filipina kayaknya.

  4. #4
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694
    karena Luwak binatang langka,
    gue rasa menurut para orang2
    kurang kerjaan (green group)

    buat kopi luwak itu sama juga
    kerja rodi terhadap sang luwak
    dipaksa makan buah kopi, spy
    beraknya kopi luwak

    note: jgn2 Jokowi jga ditelpon, buktinya topeng monyet dihapus

  5. #5
    pelanggan panda's Avatar
    Join Date
    Apr 2013
    Posts
    330
    Kasian ya luwak nya. Memang aslinya luwak makan apa sih , kalau enggak makan biji kopi ?

  6. #6
    pelanggan setia eve's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    4,118
    Ya makan buah2an dan daun lainnya...
    hai hai hai......

  7. #7
    Chief Barista cha_n's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    11,544
    ya emang makan dia aslinya makan buah2an gitu termasuk kopi

    tapi jadi promosi gratis nih
    ...bersama kesusahan ada kemudahan...

    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” ― -Mohammad Hatta
    “Aku Rela di Penjara asalkan bersama akses internet, karena dengan internet aku bebas.” ― -cha_n

    My Little Journey to India

  8. #8
    pelanggan setia TheCursed's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    3,231
    Politik dagang ? Bwa ha ha ha ha ... Kejauhan mikirnya.

    Kenapa PETA ribut soal Kopi Luwak ? Because they are Idiots. That's why. (Sometimes)It is as simple as that.
    Ini kan cuma gerombolan ibu2 dan mbak2 menengah ke atas udah kebanyakan duit terus kurang kerjaan.
    Dalam ideologi-nya PETA, kalo nggak semua manusia jadi herbivor, dunia masih di kuasai setan...
    Bahkan di negara asalnya aja PETA ini udah di plang 'baka', kok. Tanya aja Anthony Bourdain.
    A proud SpaceBattler now.

  9. #9
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    bentar lagi elephant dung coffee juga diboikot PETA
    gajah kok disuruh makan kopi

  10. #10
    pelanggan tetap lattungtatturrus's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    1,445
    ^
    Gimana om rasanya minum kopi ee gajah...mantapkah?

  11. #11
    pelanggan setia TheCursed's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    3,231
    ^Nggak lebih enak dari kopi ee luwak.

    Honestly, itu kayaknya cuma gimmick dagang, dalam rangka usaha negara penghasilnya untuk ikutan ngerebutin 'kue' pasar kopi yang di rajai kopi luwak.
    Di sini, di negara penggila kopi(ja, menschen hier sind 'nuts' fuer kaffee. Musti liat stok kopi di kantor prof gue yang kayak orang mau ngedepin nuclear winter. Vault user will be proud.) yang ngetop masih tetep kopi luwak.
    A proud SpaceBattler now.

  12. #12
    pelanggan JOSERENTCAR's Avatar
    Join Date
    Jun 2016
    Location
    Surabaya, Indonesia
    Posts
    201
    dulu luwak dicari untuk dibunuh sekarang dicari untuk dipelihara tapi dikerangkeng. nggak enak jadi luwak ya..

  13. #13
    Quote Originally Posted by JOSERENTCAR View Post
    dulu luwak dicari untuk dibunuh sekarang dicari untuk dipelihara tapi dikerangkeng. nggak enak jadi luwak ya..
    Baru tau ane om, masa sih gak enak ?
    Kan tinggal makan, buktinya gak ada luwak yg demo djalan.. hehe
    Masih pemula,, harap maklum kalo banyak yang salah ya..


  14. #14
    pelanggan setia Alethia's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Posts
    4,059
    ya udah sih, kasih kopi ama makan tebu juga, jadi pas udah jd kopi, rasanya maniz
    dikasih makan kayu manis juga, cinnamon, daun mint.

    selain bervariasi dan si luwak bs makan macem2, jadi hemat biasaya mesin kpi jg cynn
    Jangan kamu bilang dirimu kaya, bila tetanggamu memakan bangkai kucingnya.
    -Rendra

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •