Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 22

Thread: Spirulina

  1. #1
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216

    Spirulina

    Spirulina

    Spirulina ialah tumbuhan Mikro Ganggang yang telah hidup sejak 3,6 miliar tahun yang lalu. Sebagai sumber nutrisi alami, Spirulina memiliki kandungan juga manfaat yang paling lengkap untuk kesehatan dibanding sumber nutrisi lainnya.

    Spirulina memiliki struktur sel yang sama dengan struktur sel bakteri, yaitu bersifat prokariotik. Untuk itu, tumbuhan ini termasuk dalam ganggang hijau biru dan merupakan monera. Ukurannya mikroskopis, umumnya banyak terdapat di perairan tanah yang lembab, dan permukaan dinding tembok, pot, batu karang yang lembab.

    Apa saja yang terkandung pada Spirulina? Vitamin dan mineral lengkap tentunya. Tumbuhan ini juga termausk satu-satunya yang mengandung vitamin B kompleks terlengkap: B1, B2, B3, B6, dan B12. Setiap 10 g spirulina mengandung vitamin B1 (thiamin) 0,31 mg, B2 (riboflavin) 0,35 mg, B3 (niacin) 1,46 mg, B6 (pyridoxine) 80 mcg, dan B12 (cobalamine) 32 mcg.

    Berikut ini beragam keunggulan yang dimiliki ganggang hijau Spirulina dengan suplemen kesehatan lainnya:

    1. Meningkatkan imunitas
    Penelitian terbaru membuktikan ganggang ini mampu berperan sebagai stimulan penyembuhan kanker lewat kemampuannya meningkatkan daya tahan tubuh. Sel-sel seperti antibodi, cytokines (protein pelawan infeksi), ditingkatkan produksinya melalui Spirulina. Bahkan sel lainnya yang meningkatkan imunitas sehingga membantu menyembuhkan infeksi serta penyakit kronis, misalnya kanker.

    2. Sebagai suplemen protein
    Asam amino sebanyak 62% dalam Spirulina memiliki banyak protein dan nutrisi lain. Secara tradisional ganggang ini digunakan sebagai suplemen alami bagi orang yang tak mampu mendapat kalori atau protein yang cukup karena diet atau bagi orang yang membutuhkan nutrisi lebih seperti atlet.

    3. Mengatasi anemia
    Sel-sel darah merah, sel-sel darah putih, dan hemoglobin bisa distabilkan dengan Spirulina. Pada percobaan terhadap hewan, terlihat bahwa Spirulina meningkatkan hematopoiesis yakni pembentukan sel darah merah. Ini membuktikan tingginya zat besi yang terkandung.

    4. Mengatasi alergi
    Spirulina pun mampu melawan reaksi alergi dengan cara mencegah pelepasan histamin atau zat yang menyebabkan gejala alergi seperti hidung tersumbat dan mata berair.

    5. Mengatasi penyakit yang berhubungan dengna antibiotik
    Walau menghancurkan organisme yang merugikan dalam tubuh, antibiotik pun bisa membunuh bakteri baik yang disebut probiotik seperti Lactobacillus acidophilus yang terkadang menyebabkan diare.

    6. Mengatasi infeksi
    Spirulina memiliki keunggulan bisa menangkal herpes, influenza, cytomeglovirus, dan virus HIV.

    7. Mengatasi kanker mulut
    Dalam sebuah penelitian, secara acak sebanyak 87 orang yang mengunyah tembakau dan mempunyai precancerous lesion (leukoplakia) diberikan Spirulina atau plasebo. Hasilnya, lesi atau luka pada mulut pada pemakai spirulina lebih terbantu untuk sembuh daripada pemakai plasebo.

    8. Mengatasi kerusakan lever
    Perusakan lever dan cicirrhosis (gagal lever) pada hepatitis kronis bisa dilawan dengan ganggang ini.

    9. Mengurangi risiko kanker
    Spirulina berfungsi menunjang fungsi kardiovaskuler dan keseimbangan kolesterol, memperbaiki fungsi pencernaan, meningkatkan fungsi detoksifikasi serta mengurangi risiko kanker dengan melindungi tubuh dari radikal bebas.

    10. Mengurangi efek kemoterapi
    Bagi yang menjalani kemoterapi, tentu merasakan efek seperti kepala pusing, tidak nafsu makan, sukar tidur, mual muntah, tenggorokan kering ataupun cemas. Hal tersebut bisa dikurangi dengan Spirulina.
    Akhir-akhir ini banyak sekali Spirulina dalam berbagai bentuk produk muncul di pasaran.
    Sebelumnya saya ga pernah tertarik dengan 'tumbuhan ajaib' apalagi sepengetahuan saya
    produk semacam Spirulina ini lebih banyak dijual melalui skema MLM dan dengan klaim
    manfaat yang cukup fantastis.

    Saya sendiri baru sadar keberadaan Spirulina ini setelah mendapatinya sebagai souvenir
    dari salah satu acara yang saya ikuti. Setelah dibuka baunya cukup menyengat dan agak
    skeptis penampilan serta klaimnya sebagai super food. Nah adakah warga KM yang
    pernah coba Spirulina dan merasakan manfaatnya secara langsung? mohon penuturannya

    terima kasih

  2. #2
    pelanggan setia
    Join Date
    May 2011
    Posts
    4,952
    tak kenal maka tak sayang
    There is no comfort under the grow zone, and there is no grow under the comfort zone.

    Everyone wants happiness, no one wants pain.

    But you can't make a rainbow without a little rain.

  3. #3
    pelanggan sejati ndugu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    7,679
    Fotonya dong

  4. #4
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    sebelum mengenal sebaiknya diperkenalkan terlebih dahulu

    saya dapat yang berbentuk suplemen seperti ini


    menurut google wujud belum diolah seperti ini

  5. #5
    pelanggan panda's Avatar
    Join Date
    Apr 2013
    Posts
    330
    Sudah diminum belum ?

    Apa yang dirasakan setelah minum spirulina ?

  6. #6
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    hmmm g ga tau bener apa ga (udah lupa lagi karena lama ga konsumsi)
    tapi salah satu produk green food yg g makan dulu mengandung spirulina
    khasiatnya emang berasa sih...badan jadi lebih fit dan ga gampang capek
    cuma emang mahal...produknya

    ---------- Post Merged at 10:09 PM ----------

    Quote Originally Posted by itsreza View Post
    sebelum mengenal sebaiknya diperkenalkan terlebih dahulu

    saya dapat yang berbentuk suplemen seperti ini


    menurut google wujud belum diolah seperti ini
    ini SGF bukan nama produknya, za?
    Super Green Food?
    dapet dari acara marathon jakarta kemaren ya?

    kalo iya..berarti itu bener yg g makan dulu
    Popo Nest

  7. #7
    pelanggan tetap thin.king's Avatar
    Join Date
    Jun 2013
    Posts
    803
    dulu sekali pernah makan ginian.
    karena bos beli yaudah terpaksa ikut makan.

    ga meratiin efek ke tubuh.
    tapi rasa dan baunya itu enak lho, sayur sekali

  8. #8
    Barista AsLan's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    9,288
    waktu sd udah pernah makan ginian, bokap gw iseng2 beli...

    gw yakin gak ada khasiat spesial dari ganggang ini.

    hasil penelitian lab juga menunjukkan bahwa spirulina isinya cuma protein, vitamin, mineral dan serat...

    makan lauk pauk biasa aja, lebih murah dengan gizi yg sama.

    ini sih kerjaannya orang mlm, barang aneh dijual mahal, duitnya dibagi2 untuk bonusnya para upline supaya pada bisa beli merci trus dipamerin diseminar

  9. #9
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    2010 gw coba icip2
    eek jadi ijo gelap
    laennya, gak terasa manfaatnya

    mending beli vitamin C dan vitamin E plus susu rendah lemak aja

    o iya, gw beli yg versi kiloan, bukan versi MLM atau apotik yg dosisnya rendah - jadi konsumsinya banyak

  10. #10
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    cicip di 2010, 3 tahun setelah itu giku masih hidup, berarti aman ya?

    produk mlm memang aneh-aneh dan manfaatnya fantastis om. baru sadar
    itu spirulina setelah kemarin liat temen posting masker ijo, bukan diminum

    [MENTION=130]Porcelain Doll[/MENTION], iya dapet dari jakarta marathon, merk super green food.
    sampai saat ini sih gw cuekin, di kemasan cuma tertulis memelihara
    daya tahan tubuh, tapi ga ada informasi nutrisi. itu ada dampak khusus ga
    setelah cicip?

  11. #11
    pelanggan setia serendipity's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,775
    Biasanya kalo warna hijau kaya gitu bikin lancar pencernaan sih. Coba aja za, entar cerita disini
    You were born with the ability to change someone's life - don't ever waste it.

  12. #12
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    Quote Originally Posted by itsreza View Post
    itu ada dampak khusus ga
    setelah cicip?
    pan udah gw tulis
    eeknya bekelir ijo gelap

  13. #13
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    ^^
    berarti hasil nyata cuma eek ijo aja ya.. ada dokumentasinya gik?



    kakak seren: sistem pencernaan saya udah lancar.

  14. #14
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    youli kebanyakan permintaan, za

    telen aja dulu itu kapsul

  15. #15
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    kalo ga mau ditelen, dijadiin masker aja za
    cukup ambil kira2 3 butir, diancurin..terus dicampur air sedikit

    kalo ini beneran bikin kenyal kulit muka loh
    Popo Nest

  16. #16
    Chief Cook GiKu's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    10,315
    ^
    muka jadi kebas

  17. #17
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    fungsi kenyal kulit buat apa? iya yang gw liat dijadiin masker, ditumbuk, terus diisep...

    nanti gw coba telen deh, sekalian liat apa bener ga output cup jadi green tea

  18. #18
    pelanggan setia Porcelain Doll's Avatar
    Join Date
    Mar 2011
    Posts
    6,347
    soalnya ce suka yang beginian
    kenyal..bikin fresh kulit
    kaya ngasih makan ke kulit kan...

    itu kok ada diisep?
    ngapain diisep?
    Popo Nest

  19. #19
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    dampaknya kalau dijadiin masker buat
    cewe jadi kenyal dan fresh tapi buat cowo jadi kebas

  20. #20
    kok diisep sih?udah jadi masker diisep2 pula.
    ada temen konsumsi spirulina merk malaysia,dia bilang sih bagus. melancarkan pencernaan.pas cek harga,100 ribu lebih buat beol doang..mending minum yoghurt ah,murah.
    eh keknya pas hamil pernah deh minum..rasanya ada bau bau nori gitu. sekilas sih. soalnya bentuknya kapsul.
    Good friends, good books, and a sleepy
    conscience: this is the ideal life.
    Mark Twain

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •