Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 20 of 26

Thread: Memelihara Burung Ocehan

  1. #1
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679

    Memelihara Burung Ocehan

    Tadinya saya males banget lihat bapak sibuk dengan burung2nya. Di rumah bapak memelihara kenari lokal, gelatik jawa, gold amadine, love bird dan emprit jepang. ada dink terkuku, cuma mau tak lelang aja deh...

    Dan gara2 "diwarisi" burung ini, eh jadi suka ama mereka. Terus jadi pengen nambah

    Saya lagi suka sama kenari lokal ini. Warnanya menarik dan kicauannya sudah keluar. Sepertinya sudah waktunya dikawinkan.

    Kenari bukanlah burung asli Kepulauan Canary, tetapi sengaja diperkenalkan sebagai burung kepulauan tersebut. Sejarahnya dimulai dengan karamnya sebuah kapal yang mengangkut sejumlah kandang penuh kenari di dekat pulau canary, seorang pelaut melepaskan burung-burung itu dengan maksud agar tidak mati tenggelam. Banyak di antara burung tersebut mendarat ke pulau terdekat, di sana mereka menemukan banyak makanan dan iklim yang cocok untuk berkembang biak.


    Spoiler for kenari lokal:



    yang ini yang kuning


    KARAKTER DASAR BURUNG KENARI (CANARY)

    Mudah beradaptasi, burung ini sangat mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan.

    Penyanyi dan petarung. Apabila mendengar suara burung kenari lain atau melihat burung sejenis, maka semangat tempurnya langsung berkobar.

    Birahi yang cenderung mudah naik. Burung ini sangat mudah naik birahinya, banyak penyebab yang dapat membuat naiknya birahi pada burung jenis ini. Variasi pakan yang kurang tepat, penjemuran yang berlebih atau melihat burung Kenari betina dapat dengan cepat menaikkan tingkat birahinya.

    Mudah jinak. Karena kemampuan beradaptasinya yang tinggi, maka burung ini mudah jinak kepada manusia.

    Tidak mudah stress. Burung jenis ini sudah ratusan tahun ditangkarkan oleh manusia.


    Gwe suka sama kenari ya karena tidak mudah stress ini. Meskipun jengkel sama harga makanannya. yang campur2an bijian lumayan, sekilo 12rebu. Blum lagi pake tulang ikan sotong tiap minggu, telor puyuh 2 hari sekali, sawi putih tiap hari, eggfood, dan vitamin juga mineral....


    Tapi kebayar tiap dengar ocehan mereka kog

  2. #2
    pelanggan setia choodee's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Posts
    2,988
    Kenari ya....

    Jadi ingat omongan dukun teman gw, disuru nyari kenari putih penangkal bala katanya

    Di rumah juga bapak hobi mlihara burung, dr jaman sy esde, yg paling sering itu burung murai, gw sih ga demen ya karena berisik banget, apalagi bapak suka nyetel kaset suara kicauan burung, katanya buat mancing suaranya.

    Kalo bapak on off gitu sih hobinya, biasanya kalo lagi on bisa bersangkar2 itu di rumah, tapi terus, seringnya dimaling atau lepas pas bersihin kandang, kalo udah abis tu burung, stop deh, terus bertahun2 kemudian mulai lagi deh

    Ini barusan tahun lalu mlihara burung murai, sama apa ya satunya lupa...tapi ilang dimaling lagi

    Selain burung2 kicauan, juga waktu itu sering plihara beo, ampe 3 kali ya, dimalingin juga, terus plihara burung nuri, nih burung ganas amat yeee gw ngasi makan sering dipatuk ampe berdarah. Gw demen ama burung nuri ini, karena kalo hujan dia tereak kencent banget, jd bisa buru2 angkat jemuran tapi si nuri, namanya jack, mati abis dicuri, waktu itu maw dimaling tapi sempat ketangkep, ternyata malingnya udah matahain sayapnya

  3. #3
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694
    [MENTION=152]itsreza[/MENTION] plihara burung yg ngoceh, sampe2 dirinya sendiri suka ngoceh yg kajol
    Note: btw busway di dpn rumah pinggir sungai tiap pagi sama sore banyak burung perkutut liar.. bunyinya muanteb..

  4. #4
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    kenari putih semua gitu? ada ya? soalnya nemunya berwarna semua

    Kenari ini lagi trend emang, love bird lagi turun pamor, gelatik stabil *ciehhhhh pengamaat pasar burung.

    Makanya bapak banyak beli gelatik buat indukan. Kenari cuma beli satu pasang, niatnya buat indukan. Tetapi kemaren ada yg dateng nawar yang jantan 700rebu karena katanya kicaunya udah jadi, bisa ikut lomba. Saya ogah, niatnya emang buat ditangkar. Begitu pesan yang mewarisi

    Kenari kalaau siap lomba harganya minimal 700rebuan, kalau sering menang bisa jutaan. Anakan paling 150rebu juga dapet

    ---------- Post Merged at 04:42 PM ----------

    Quote Originally Posted by ancuur View Post
    [MENTION=152]itsreza[/MENTION] plihara burung yg ngoceh, sampe2 dirinya sendiri suka ngoceh yg kajol
    Note: btw busway di dpn rumah pinggir sungai tiap pagi sama sore banyak burung perkutut liar.. bunyinya muanteb..
    perkutut lagi turun pamor, om. Jaman saya sekolah lagi jaya, bapak nangkar ampe berpuluh2 kandang (kandang susun 2x4). Dan anakannya bisa laku 200rebuan. Dulu biaya kost dan kuliah saya dari sana om

  5. #5
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694
    Quote Originally Posted by BundaNa View Post


    perkutut lagi turun pamor, om. Jaman saya sekolah lagi jaya, bapak nangkar ampe berpuluh2 kandang (kandang susun 2x4). Dan anakannya bisa laku 200rebuan. Dulu biaya kost dan kuliah saya dari sana om
    saya pernah liat di kediri di gudangnya rokok Gudang Garam,
    sangkar utk pertandingan perkutut banyak sekuale.. rupanya
    GG juga salah satu sponsor utk pertandingan burung perkutut (gak tau sekarang)

  6. #6
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    iya om...jaman dulu sponsor lomba kung mania (istilah buat pecinta perkutut) ngetop2. Tapi sekarang sedang trend burung ocehan om...kemaren miara gelatik beli cuma 100rebuan, sebulan kemudian bisa dapet 300rebuan

  7. #7
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694


    Jalak Bali harga gak kira2 20 juta CekiDoT

  8. #8
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    iya om, katanya sih denger2 mahal murahnya harga burung permainan mafia juga sih...

  9. #9
    ★★★★★ itsreza's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    10,216
    eh tau aja si om [MENTION=239]ancuur[/MENTION] daku pelihara burung

    ga pernah punya burung ocehan. burung yang pernah dirawat... juga diterlantarkan

    - parkit: kecil, sering kabur waktu kandangnya dibersihkan, susah rawatnya, gampang sakit & mati
    - puter: ini awal pelihara burung, gara-gara ada burung nyasar ke rumah terus dikandangin. bandel
    sehat, sering bertelur, jarang menetas
    - perkutut: digabung dengan puter akrab dia, cuma punya dua, kalah sama burung puter
    - kakak tua: dikasih om, namanya yakob, paling bandel, makan pilih-pilih banget, banyak perabotan
    yang rusak, kucing & musang kalah sama dia, jago atraksi, paling deket sama adik saya karena dia
    telaten ngurus, mati gara-gara paruhnya luka, ga bisa makan

    karena saya ga telaten mengurus burung, semenjak kematian tragis yakob saya tidak pernah
    memelihara burung. biarlah mereka bebas di alamnya. beruntung di sini saya tinggal di kampung
    masih bisa dengar kicauan burung bagus setiap hari di halaman belakang. kalau mau denger
    suara burung bagus, tinggal ke om tetangga yang punya banyak burung... bukan om [MENTION=239]ancuur[/MENTION] lho
    burung dia sih gampang mabok, kena angin dikit aja muntah

  10. #10
    pelanggan setia choodee's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Posts
    2,988
    Quote Originally Posted by BundaNa View Post
    kenari putih semua gitu? ada ya? soalnya nemunya berwarna semua
    Ga ngerti bun, ga pernah plihara kenari soalnya, tapi pas temen beli kenarinya di kalimantan sini, dikasiin potonya ke dukunnya (org jokja) katanya itu bukan kenari

    Sampe sekarang sih ga bisa nikmatin itu kicauan burung, sebagus apa, prasaan berisik banget. Emang jalo cowo suka mlihara burung2 kicau gitu ya, oom yg di jokja jg hobi, tiap minggu ke pasar burung mulu.

    Kalo sy lebih suka burung2 yg gede, kek nuri atau kakaktua, pengen kakaktua sih, belum kesampaian, waktu ke pasar burung ga ada stoknya yang ada burung nuri harganya 8juta, hedewww... Itu juga kecil dibandingkan jack

    Btw kenari makanannya ribet ya, kalo di sini prasaan makanannya kroto, kek serangga gitu.

  11. #11
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    ^kroto juga, dikasih tiap pagi ama sore satu. Tapi saya ga pake, soalnya udah ada tulang ikan sotong sama telor puyuh. Temen tuh kasih semua, ikan sotong juga, telur puyuh iya, buah pear iya, keroto juga, sawi putih juga. Dia emang niatnya mau gedein kenari buat dijual bakal ikut lomba

  12. #12
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694


    gilee Kenari F1ys harganya 2.5 jt CeKidoT
    bundana klo mau cek harga pasaran silahkan liat aja disitu..

  13. #13
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    yorkshire? hihihihih anakan yang blum keluar suaranya aja udah 500rebuan, apalagi yang udah jadi ocehannya dan siap lomba...ya nembus deh 2 jeti

    Coba piara2 aja om...asal betah nongkrong berjam2 di depan kandang

    Saya berguru sama temannya bapak yang emang peternak burung nomer 1 di blora. Lagi ngerayu dia dapet gretongan anakan kenari 2 pasang. kemaren love bird waktu masih anakan juga cuma dikasih 500rebu sepasang. Kalau diluar ya sejuta

  14. #14
    hmm .....
    jd inget hobi gila yng dah gw tinggalin 15taon yll neh
    saking gilanya ampe berburu burung ocehan kemanapun
    tiap pulang dari dines bawa seekor dua ekor.

    terakhir berguru cara penjurian burung ocehan hingga bersertifikat level advance
    trus menatar calon juri baru untuk kebutuhan kompetisi tingkat regional.

    akhirnya, badan akreditasi juri dan badan pengawas kompetisi pecah jd bbrp kubu (macam kasus pssi)
    Usut punya usut ujungnya cumen rebutan lahan/penghasilan, bahkan mengarah ke judi dlm bentuk laen
    kecawa berat dng sikon saat itu, lalu memutuskan tuk tdk melanjutken hobi burung ocehan.

    TAMAT
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  15. #15
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    saya ga niat sampe ikut2 lomba om...banyak lelakinya, bisa ngamuk hubby

  16. #16
    pelanggan tetap 234's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    737
    [MENTION=14]pasingsingan[/MENTION]

    Hahaha...jgn2 hobi gowes sama piara burung itu masih satu genre kali yak?

    Dulu saya pernah sampe ada sekitar 25 kandang isi burung ocehan bergelantungan di rumah sampe bojoku tiap hari misuh2.

    Padahal waktu kecil masih di ndeso kalo disuruh ngurusin burung2 piaraan bapakku saya paling males.

    Tapi sekarang juga udah berhenti sejak bontotku lair thn 2005 plus ndak lama setelah itu ada wabah flu burung shg burung2 impor (hwa mei, poksai, robin, dll) ndak boleh masuk lagi.

    Gusti iku dumunung ing atine wong kang becik, mulo iku diarani Gusti... Bagusing Ati.

  17. #17
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    ^bojone diwarai to om, dikandani nek ngopeni burung sampe jadi itu muahhaaaal harganya, bisa buat beli kalung 1 Kg gitu

  18. #18
    pelanggan tetap 234's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    737
    ^
    Bojoku bukan wong Jowo mbakyu, lair udah di Jkt. Susah ngajarinnya. Genrenya beda.

    Gusti iku dumunung ing atine wong kang becik, mulo iku diarani Gusti... Bagusing Ati.

  19. #19
    Quote Originally Posted by 234 View Post
    [MENTION=14]pasingsingan[/MENTION]

    Hahaha...jgn2 hobi gowes sama piara burung itu masih satu genre kali yak?
    ya gaklah di
    hobi gowes kantong kobol2 tp badan sehat/fit
    hobi burung ocehan, kantong kobol2 badan kobol2 jg
    (relatif kurang terurus, krn memprioritaskan piaraan)

    Dulu saya pernah sampe ada sekitar 25 kandang isi burung ocehan bergelantungan di rumah sampe bojoku tiap hari misuh2.

    Padahal waktu kecil masih di ndeso kalo disuruh ngurusin burung2 piaraan bapakku saya paling males.
    yng spt itu so pasti, mbok'e jabang ngomel mulu
    urus burung yng wajib aja kadang kewalahan
    ini kok ditambahi lg dng aneka burung laen yng gak genah paedahnya

    Tapi sekarang juga udah berhenti sejak bontotku lair thn 2005 plus ndak lama setelah itu ada wabah flu burung shg burung2 impor (hwa mei, poksai, robin, dll) ndak boleh masuk lagi.

    satu hal yng pasti, yakni
    punya piaraan burung ocehan, apalagi klo sampai lebih dari 3 ekor
    klo bepergian tdk tenang, apalagi perginya sampai lebih dari seminggu
    ada perasaan gak sreg klo piaraan dirawat oleh tangan laen.
    ujung2nya jg nyusahin orang laen
    Last edited by pasingsingan; 28-09-2013 at 09:24 PM.
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  20. #20
    Chief Cook etca's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    aarde
    Posts
    11,069
    Quote Originally Posted by BundaNa View Post
    Gwe suka sama kenari ya karena tidak mudah stress ini. Meskipun jengkel sama harga makanannya. yang campur2an bijian lumayan, sekilo 12rebu. Blum lagi pake tulang ikan sotong tiap minggu, telor puyuh 2 hari sekali, sawi putih tiap hari, eggfood, dan vitamin juga mineral....
    perasaan dulu babe piara kenari, pakannya ga seribet ini deh
    mungkin babe peliharanya masih kegolong yg biasa2 aja,
    saya ingetnya pakan cuman 521, kroto ama biji2an yg khusus buat kenari.
    kalau perkutut dikasi ancik2 batu apung.

    dulu pas saya belum lahir, kata emak hobbynya ini lebih gila.
    setelah ketahuan banyak alergi, akhirnya dikasih2 ke kenalannya.
    baru pas SMP mulai lagi,
    sik ta inget2 jenis2 yang dipiara bapak,
    kenari, poksai, murai batu, perkutut ama derkuku sama ga sih?, cucak rowo, kacer apalagi yak?
    oia burung merpati banyak dikandangin di deket atap rumah,
    belum ayam kate, kelinci

    tapi pas saya kuliah mulai menurun hobbynya atau malah udah stop yak
    lalu beralih ke tanaman

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •