Page 5 of 7 FirstFirst ... 34567 LastLast
Results 81 to 100 of 126

Thread: Pendemo Lurah Susan: Ucapan Salam di Lenteng Agung Jadi Good Morning

  1. #81
    pelanggan tetap 234's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    737
    @ mbak Mbok & nak Fere (yg lain menyusul yak...)

    Ikutan nyeletuk juga ya, soale itu ada kaitan dgn tulisan awal saya yg didepan...

    Kalo saya pribadi, ttg ucapan "assalamu alaikum" digunakan dlm adab bertamu (ataupun adab2 yg lain dlm bermasyarakat) saya ndak mempermasalahkannya. Sepanjang kalimat tsb ditempatkan sepenuhnya sbg bagian dr 'budaya/tradisi' (social custom) yg artinya bisa diterima oleh masyarakan scr umum, baik itu yg memberi/mengucapkan salam maupun yg menerima/mendengar maka menurutku oke2 aja. Yg terpenting, namanya juga adab, cara penyampaian/pengucapannya ya mesti beradab.

    Dan sebagai (bagian dari) sebuah budaya, ya harus dipahami karakter ttg budaya, termasuk segala konsekuensi dan implikasinya logisnya kalo ada.

    Artinya, sbg budaya luar yg diserap oleh budaya lokal, "assalamu alaikum" ya mesti manut dan tunduk dgn karakter budaya lokal, bukan sebaliknya 'menjajah' (mengatur) budaya lokal.

    Misalnya dlm hal bertamu hendak masuk rumah orang, dlm budaya lokal ndak ada adab 'mendoakan' scr eksplisit ketika ketok pintu ato pagar, yg ada adalah adab mengucapkan "permisi, selamat pagi/siang/sore/malam, punten, kulonuwun, dll". Kalo "assalamu alaikum" mau masuk ke adab ini ya mesti 'menyesuaikan diri', artinya kalimat tsb bisa saja maknanya harus digeser ato terjadi pergeseran makna, bukan sekedar 'makna harfiah' aja. Artinya "assalamu alaikum" hanyalah (salah satu) adab kesopanan untuk memberikan tanda/isyarat (dlm bertamu). Tidak kurang tidak lebih. Tidak ada makna harfiahnya lagi, sengaja dan memang harus dihilangkan.

    Atau kalo tidak, ya coret aja salam tsb dari adab bertamu, ndak usah dipaksakan untuk mengantikan salam2 lokal.

    Masalahnya, ini yg bisa bikin ribet, kalo misalnya ada pihak tertentu yg merasa memiliki scr ekslusif kalimat tsb. Maunya memasukkan kalimat tsb tanpa memahami karakter budaya lokal itu sendiri. Kalo ini sih menurutku udah sebuah bentuk 'penjajahan budaya'. Sebagai 'orang lokal', saya ndak setuju. Kalo tetep ngeyel ya mendingan ditendang keluar sekalian n dibalikin ke yg punya.

    Tapi bagaimanapun, kita mestinya tetap berusaha untuk bisa menjadi 'tuan rumah' yg baik. Sepanjang 'tamunya' bisa bersikap baik ya kita terima dgn tangan terbuka. Itu malah bisa 'memperindah rumah kita' kok. Tapi kalo 'tamunya kurang ajar' ya suruh ke laut aja.

    Itu juga berlaku untuk budaya2 luar lain yg ingin 'bertamu ke rumah kita'. Semua tergantung 'tamu tsb', baik itu 'siapa tamu tsb' maupun bagaimana 'cara/sikap dia bertamu'. Ente jual, ane borong.

    Tapi kalo untuk dikatikan dgn 'agama' sih saya no komen, krn saya memandang agama itu masuk ranah pribadi/individu, bukan ranah 'sosial masyarakat' (budaya/tradisi) lagi. Tapi ini cuman soal pilihan cara pandang aja lho. Artinya kalo mau pake cara pandang lain pun bisa aja saya ikuti. Saya manut aja, yg penting asal konsisten. :tuing:

    Tapi apa iya bisa/mau? Apa iya ndak ada yg tersedak kalo saya bilang agama itu adalah bagian dari budaya? Jgn2 saya ntar malah dibilang merendahkan makna agama, bisa2 digebukin banyak orang.

    Note: Saya sendiri kalo bertamu ke rumah orang Muslim (baca: beragama Islam) saya selalu ucapkan "assalamu alaikum" lho. Begitu juga kalo masuk rumah sendiri pulang dari bepergian (pulang kerja misalnya), maka pada saat buka pintu saya pun selalu ucapkan salam tsb. Sekedar adab aja, tidak kurang tidak lebih.

    Gusti iku dumunung ing atine wong kang becik, mulo iku diarani Gusti... Bagusing Ati.

  2. #82
    pelanggan setia Fere's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Depan RSJ-KM
    Posts
    6,120
    Quote Originally Posted by itsreza View Post
    ga ada bel bisa pake ini om, lebih banyak ditemukan di rumah warga, kalau diketok sekampung keluar menyambut
    Coba youli tanya ke om [MENTION=6]etca[/MENTION]
    pencetan model apa yang dipake di rumah belio ja..

  3. #83
    pelanggan tetap 234's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    737
    Quote Originally Posted by Asum
    Itu kan menurut logika anda
    Betul banget. Thanks.

    Quote Originally Posted by Asum
    Dalil ini menunjukkan bahwa, minimal salam -yang mendapat pahala 10- adalah ucapakan "Assalamu ‘alaikum", dan ini sesuai sunnah yang diganjar pahala bagi yang mengucapkannya

    Bagaimana jika mengucapkan salam selain kalimat salam syar'i di atas ? Dapat pahala atau tidak ?
    Bagaimana kalo saya mengucapkan salam dgn kalimat "assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh wamaghfiratuh waridhwanuh wari'ayatuh wa'inayatuh...? Dapat pahala ndak? Kalo dapat diganjarnya berapa? Ato udah mentok di angka 30 aja? Kalo tidak, kenapa?

    Atau kalo seandainya setiap kali ketemu orang lain, misalnya aja ketemu anda, saya boro2 bilang "assalamu alaikum" tapi malah mengucapkan salam lain seperti "Ya Allah muliakanlah saudaraku Asum ini, bahagiakan keluarganya, limpahkan rizqinya, jagalah kesehatannya, kuatkan imannya, tinggikan derajatnya, berkahilah kehidupannya, kabulkan doa2nya dan eratkan tali persaudaraan kami. Aamiin."

    Dibandingkan dgn ucapan "assalamu alaikum", salam saya tsb menurut anda ganjarannya sama2 10, atau kurang, atau lebih, atau malah ndak ada sama sekali?

    Monggo dijelaskan pake dalil. Ndak usah pake logika, soale ndak enak kalo malah jadi ngerepotin anda jadinya cuman mondar-mandir sambil pegang jidat padahal belum tentu mikir.

    Gusti iku dumunung ing atine wong kang becik, mulo iku diarani Gusti... Bagusing Ati.

  4. #84
    pelanggan setia spears's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    6,733
    Klo menurut saya sih..segala sesuatu itu dihitung berdasarkan niatnya.

    Kalau om asum yg ngucapin salam niatnya krn itu udah syariat...sehingga mungkin ketika dia bersalam diitung Allah sbg ibadahnya om asum (mudah2an ya. Amin. Ga ngerti itung2an negeri di awan)

    Klo saya, niat ngucapin salam krn pengen mendoakan yg saya salamin, mungkin diitung Allah sbg doa..yang mana bisa di ijabah atau mungkin di pending (bernilai ibadah atau enggak saya nggak tau..mungkin enggak ya, soalnya entu masalah egoisme saya yg pilih2 doanya)


    Klo om 234, niat ngucapin salamnya karena sebagai adab aja, jadi mungkin itungannya juga cuman adab saja, tidak bernilai ibadah..sama spt niat saya ngucapin salam

    Cmiiw

    love came down and rescue me, i am yours, i am forever yours

  5. #85
    juragan kopi noodles maniac's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Noodle Cafe
    Posts
    15,804
    Threadnya memanas nih...
    Jika menurutmu hidup ini tidak menarik, maka buatlah hidupmu semenarik mungkin - Shinsaku Takasugi

    Impossible is nothing!

  6. #86
    pelanggan tetap
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    1,352
    Adab gak bernilai ibadah?
    Hadeeehh...

    Ustadz sumantri, coba tuh diajak ngaji deh yg bener. Kalo agamanya paham dengan bener insya allah kelakuannya yg suka PA jadi sembuh. Aammiiiinn...

  7. #87
    pelanggan setia spears's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    6,733
    ^ udah ya mbah dukun...sana mandiin keris aja..nggak usah memancing di air keruh. Ntar gw ban nyahok lo.

    Nih skalian titip guci ama kaen ijo saya.
    Bawa ke pantai selatan madep utara yeeeee

    love came down and rescue me, i am yours, i am forever yours

  8. #88
    Barista BundaNa's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Na...Na...Na
    Posts
    12,679
    kan lagi bahas bu susan yang didemo karena ganti salam kan ya?

    bu susan agamanya ape? nah kalau dia bilang "Shaloom." apa gak tambah ngamuk tuh yang lagi cari gara2? Bagus dong dia bilang selamat pagi/siang/sore, artinya dia ambil jalan netral...ya dihargailah. Daripada bilang "Assalamu'alaikum." Komentar lagi, kristen kog pake salam Islam. Dimaklumi, kasihan beliau serba salah. Gak segera kerja gara2 direcokin hal2 yang di luar kerjaan dia.

  9. #89
    emangnya salam semacam

    syalom
    selamat pagi
    good morning
    bonjour
    namaste
    hong swastiastu

    itu tdk mengandung doa atau berharap agar yng diberi salam dlm keadaan baek?
    Last edited by pasingsingan; 28-09-2013 at 10:53 PM.
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  10. #90
    dokter RSJ - KM ancuur's Avatar
    Join Date
    May 2011
    Location
    RSJ - KM Jabatan:____ Dokter Jiwa
    Posts
    15,694
    Kelurahan LA = Lenteng Agung
    memang sedang di landa misteri, konon pernah kedatangan Alien


    ---------- Post Merged at 09:03 PM ----------

    Quote Originally Posted by pasingsingan View Post
    emangnya salam semacam

    syalom
    selamat pagi
    good morning
    bonjour
    namaste
    hong swastiastu

    itu tdk mengandung doa atau berharap agar yng diberi salam dlm keadaan baek?
    mangap koreksi mbah bukan "hong swastiastu" tapi "om swastiastu" mengandung do'a

  11. #91
    pelanggan setia spears's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    6,733
    ^ya kan tergantung niatnya mbahhhh..

    Kalau niatnya krn Allah maka diitung ibadah
    Klo niatnya krn manusia ya ga diitung ibadah

    Spt kt tulisan dibawah ini :


    Niat memiliki posisi penting dalam Islam. Karena penilaian apa sebuah perbuatan itu merupakan ibadah atau bukan bergantung pada niat. Allah Swt akan memberikan balasan atas sebuah perbuatan berdasarkan niat dan pelakunya. Dengan demikian, tidak bisa berbicara tentang sebuah ibadah tanpa mengikutsertakan masalah niat. Dalam budaya Islam, niat bahkan lebih penting dari perbuatan. Karena niat inilah yang memaknai sebuah perbuatan memiliki nilai atau justru anti nilai. Perbuatan manusia di dunia secara lahiriah tidak ada bedanya, tapi niat yang membuat nilai hakiki sebuah perbuatan berbeda dengan yang lainnya, bahkan terkadang ada perbuatan baik yang dinilai sebagai anti nilai.*Nabi Muhammad Saw dalam sebuah hadis bersabda, "Nilai sebuah perbuatan ada pada niat dan setiap orang akan mendapat balasan sesuai dengan niatnya."*

    Nah dr survey disini kan byk nih warga yg punya niat masing2.

    Misal om asum blg "krn syariatnya begitu"
    Om 234 blg niatnya "sekedar adab saja, tdk kurang tidak lebih"
    Saya niatnya "cuman pgn doain org2 yg saya care"

    Nahhh..dr masing2 contoh niat diatas bs diketahui mana yg bernilai ibadah.
    Tp itu kan melalui pengamatan indrawi aja.
    Bisa aja saya salah..
    Yg plg tahu niat ssorg ya dirinya sendiri sama Allah SWT
    Kita yg manusia menilai dr ucapan eksplisitnya aja.

    Begono lho om [MENTION=14]pasingsingan[/MENTION]
    Colek me if im wrong

    love came down and rescue me, i am yours, i am forever yours

  12. #92
    Quote Originally Posted by ancuur View Post

    mangap koreksi mbah bukan "hong swastiastu" tapi "om swastiastu" mengandung do'a
    terima kasih koreksinya kop
    yap, sy jg memahaminya begitu
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  13. #93
    [MENTION=145]spears[/MENTION]:

    trus dlm kasus ni lurah Susan yng mengucapkan
    salam "selamat pagi" kpd warganya misalnya
    apakah itu tdk dng niat baek/untuk kebaikan?
    dan dng salam semacam itu ostosmastis tdk ada nilai ibadahnya gitu?
    Last edited by pasingsingan; 28-09-2013 at 11:40 PM.
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  14. #94
    pelanggan setia spears's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    6,733
    Krn dia bukan orh Islam..ya mnurut saya ga diitung ibadah om.
    Nggak tau klo mnurut tuhannya lurah susan

    love came down and rescue me, i am yours, i am forever yours

  15. #95
    pelanggan setia choodee's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Posts
    2,988
    Ini intinya kan di bu susan kan ye.

    Lah suka2 bu susan lah niatnya apa, dia maw niat adab, sopan santun atau mendoakan orang, pahala atau balasannya ya buat pribadi si bu susan. Ini yg sewot orang yg nerima salamnya ibu lurahnya aja ga peduli dia maw dapet pahala atau ga, pastinya yg penting demi menghormati adab dan kesopanan tuh ya. Trus jadi kisahnya yang sewot marah karena nggak didoakan selamat yah, aneh, nggak didoakan terus tiap hari jd bisa terancam akidahnya, beragama macam apa itu

    Beneran penting deh masyarakat macam gini diluruskan, ini contoh bibit2 kecil kerusuhan sara. Smoga temu makan siangnya jokowi atau ahok bisa ngasi pencerahan. Lebih seneng lagi klo pada dibentak ahok

  16. #96
    Quote Originally Posted by spears View Post
    Krn dia bukan orh Islam..ya mnurut saya ga diitung ibadah om.
    Nggak tau klo mnurut tuhannya lurah susan
    oow ..... gitu toh?, yayaya
    jd menurut pemahaman [MENTION=145]spears[/MENTION]
    salam spt apa yng musti diucapken oleh bulur Susan kpd warganya
    agar warganya (terutama yng muslim) dpt menerima dan bernilai kebaikan?
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  17. #97
    pelanggan tetap Neptunus's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Posts
    1,814
    [MENTION=449]choodee[/MENTION]: lebih seneng lagi klo diuplod di youtube

    Owh jadi pahala itu cuman dapet klo beribadah atas nama Tuhan? Hablum minannas ga dapet pahala? Katanya Maha Pemurah?

  18. #98
    pelanggan setia spears's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    6,733
    [MENTION=449]choodee[/MENTION] gw ga bahas niat bu susan. Terserah dialah. I dont give a tiny rat ass.
    Gw kan komen masalah Asum yg dalil assalamualsikum.
    Klo masalah bu susannya gw ga mau komen.
    Org gw bukan org lenteng agung.

    Catet ya pada2.
    Gw dr tadi komen dalil asum.
    Krn dalil dr asum mmberi pengetahuan baru buat gw soal salam.
    Soal bulu..gw ga ngurusin. Ga penting. Semuanya sudah kuserahkan pd the one and only kang mas jokowi.
    Jadi jgn nyambung2in seenak orok

    ---------- Post Merged at 11:37 PM ----------

    Quote Originally Posted by pasingsingan View Post
    oow ..... gitu toh?, yayaya
    jd menurut pemahaman [MENTION=145]spears[/MENTION]
    salam spt apa yng musti diucapken oleh bulur Susan kpd warganya
    agar warganya (terutama yng muslim) dpt menerima dan bernilai kebaikan?
    Klo soal itu sih say nggak faham mbah.
    Soalnya niat aseli warga itu apa saya jg nggak tahu.
    Kali aja ada sensi pribadi tp bawa2 sara. So mo gmnpun si bulu..mungkin ga akan memuaskan mereka.

    Tadi saya cuman bahas soal Assalamualaikum dalam islam...krn tergelitik oleh dalil asum.
    Saya baru tahu juga soal hak org muslim dlm salam.
    Jd ini saya pure bahas agama.
    Bukan bahas fenomena sosial.
    Ini forum agama khan?
    Tapi mungkin ada org yg ngga ngerti bhsamrik..ngertinya bhs london doang yg mengira saya mendiskusikan masalah bulu.
    Pdhal saya c soaal ass wr wb aja.

    Saya komen ke om asum en om 234 juga saya batesin seputar salam.

    Klo pada2 mo bahas bulu silakan. Cuekinlah postingan saya.
    Wong saya mentionnya cuman ke asum n mbh pasing kok.
    Last edited by spears; 29-09-2013 at 12:43 AM.

    love came down and rescue me, i am yours, i am forever yours

  19. #99
    [MENTION=145]spears[/MENTION]:
    yowis, klo mention sy niatnya cumen begitu

    betul, ini forum agama
    krn kasus/contoh soal yng diangkat adlh ucapan salam lurah LA kpd warganya
    yng nota bene lurahnya non-muslim, sedangkan mayoritas warganya adlh muslim
    oleh karenanya menimbulken aksi demo atas model salam yng menurut pendemo tdk lazim
    sehingga dikhawatirken akan menggerus akidah/iman warganya yng muslim.

    perkara ada komentar: ah, masa ampe segitunya seh?
    dan mengapa pendemo dinilai berlebihan/terlalu reaktif terhadap
    persoalan sepele semacam itu yng sebenarnya tdk perlu terjadi?
    justru fenomena itulah yng ingin dibahas disini
    Last edited by pasingsingan; 29-09-2013 at 01:30 AM.
    mbregegeg ugeg-ugeg hemel-hemel sak dulito

  20. #100
    pelanggan setia spears's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    6,733
    Ohh begitu. Sorry mbah..sya ga bc dr pages 1. Kmrn lgsung baca post trakir yg kbtulan post om asum.
    Yg sy heran knp c warganya memaksa bulu buat pake assalamualaikum?
    Bukannya dosa yah klo kita njawab salamualaikumnya non muslim?? Cmiiw
    Jd imho sudah bagus klo si bulu ga pake ass wr wb..supaya nggak mem -force org islam utk scara ga sngaja mnjwb salamnya

    Saya rasa sih ada agenda lain.
    Mudah2an masalahnya clear pas ktemu jokowow besok.

    Klo mnurut mbah [MENTION=14]pasingsingan[/MENTION] sendiri...gemana?

    love came down and rescue me, i am yours, i am forever yours

Page 5 of 7 FirstFirst ... 34567 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •